Makanan Agar Mata Sehat Yang Wajib Anda Konsumsi, Simak Yuk

Makanan agar mata sehat ada beragam jenisnya. Sayangnya, banyak orang tidak memperhatikan apa yang mereka makan hingga membuat kesehatan menurun termasuk juga kesehatan mata.

Mata adalah organ penglihatan yang sebaiknya dijaga agar tetap optimal hingga tua. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi beragam jenis makanan sehat yang berikut ini!

1. Wortel

Wortel termasuk ke dalam jenis makanan agar mata sehat yang pertama. Jenis sayur yang satu ini tidak hanya murah namun juga mudah untuk ditemukan di lingkungan sekitar. Mulai dari pasar tradisional hingga pasar modern sekalipun, anda bisa menemukan wortel dengan mudahnya.

Wortel memiliki banyak nutrisi sehat yang bagus untuk menjaga kesehatan mata seperti halnya vitamin A juga beta karoten. Adapun jenis kandungan lain yang bisa ditemukan di dalam wortel adalah mineral mulai dari potasium dan iodin. Jika dikonsumsi secara teratur, maka khasiat wortel untuk mata akan segera anda dapatkan.

Langkah pengonsumsian wortel juga cukup beragam mulai dari dimakan langsung, di buat jus hingga dicampur ke dalam masakan. Pilih sendiri cara konsumsi yang anda inginkan.

Baca juga :   4 Penyakit Mata Pada Lansia Dan Cara Mencegah Kerusakan Mata

2. Bayam

makanan sehat untuk mata minus

Selanjutnya adalah sayur bayam. Jenis sayur yang satu ini sangat digemari dan bisa diolah menjadi beragam masakan seperti sayur berkuah hingga keripik.

Bayam yang juga identik dengan kartun popeye ini memiliki banyak nutrisi sehat yang tidak boleh diremehkan. Adapun salah satu nutrisi yang terkandung di dalam bayam adalah vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata.

Agar hasilnya maksimal, anda bisa mengonsumsi segelas jus bayam ketika perut dalam keadaan kosong di pagi hari. Jika dilakukan secara rutin, kebiasaan ini akan membuat mata tetap sehat sekaligus menghindarnya dari kerusakan di kemudian hari.

Baca juga : Tips Praktis Menjaga Kesehatan Mata, Anda Harus Tahu!

3. Ubi jalar

makanan yang mengandung vitamin a

Selain bayam, ubi jalar juga menjadi makanan yang cocok untuk mata yang selanjutnya. Ubi jalar mengandung vitamin A yang bagus untuk mencegah katarak hingga meningkatkan kesehatan penglihatan.

Baca juga :   Biaya Operasi Retina Mata Tergantung Dari Kondisi Pasien

Hebatnya lagi, konsumsi ubi jalar juga bagus untuk kesehatan tubuh lainnya dengan kandungan serat, beta karoten hingga kalium di dalamnya. Anda bisa membelinya dalam bentuk kiloan ataupun bijian sesuai kebutuhan.

4. Salmon

makanan superfood untuk bayi

Selain dari jenis sayuran, anda juga bisa meningkatkan kesehatan mata dengan mengonsumsi makanan sehat lainnya yakni ikan salmon. Jenis ikan yang satu ini mampu membantu melindungi retina dari kerusakan hingga mencegah kebutaan.

Ikan salmon kaya akan asam lemak omega-3 yang juga bagus untuk mencegah mata kering. Kandungan ini juga bagus untuk menangkal degenerasi makula yang berkaitan dengan usia.

5. Kacang-kacangan

makanan yang mengandung lutein

Makanan agar mata sehat yang selanjutnya adalah kacang-kacangan. Jenis makanan yang satu ini memiliki kandungan vitamin E yang tinggi di dalamnya. Vitamin E juga dikenal sebagai vitamin yang bagus untuk melindungi mata dari terjadinya kerusakan karena bertambahnya usia.

Baca juga :   Hifema Adalah Pendarahan Di Mata Dapat Membahayakan Penglihatan

Hebatnya lagi, kacang-kacangan juga kaya akan asam lemak omega-3 di dalamnya. Beberapa jenis kacang yang baik untuk penglihatan antara lain adalah kacang Brazil, kacang kenari hingga kacang mete. Dengan kandungan sehatnya, anda bisa menjadikan kacang-kacangan sebagai salah satu camilan sehat anda di rumah.

Ada begitu banyak jenis makanan agar mata sehat yang bisa anda konsumsi sehari-hari. Kesehatan mata sangatlah penting untuk dijaga hingga tua nantinya. Pastikan jika anda mencukupinya dengan beragam jenis makanan di atas. selain hindari hal buruk yang bisa membuat kesehatan mata anda menurun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *