Mata Tidak Jernih Dan Cara Membuat Mata Putih Bersih Alami

Mata kusam dan agak merah dapat membuat kita terlihat sangat lelah, bahkan seperti orang sakit. Faktanya, mata lelah adalah akibat begadang, bekerja berjam – jam di depan layar laptop, dehidrasi, merokok, atau bahkan masalah kesehatan yang serius. Untuk dapat mengurangi Mata tidak jernih akibat masalah kecil, Anda bisa untuk mencoba beberapa cara alami berikut ini di rumah agar mata Anda terlihat lebih jernih.

Mata Tidak Jernih

1. Latihan Mata

Ada beberapa cara yang sangat mudah untuk dapat merileks dan mencerahkan mata Anda yang meningkatkan sirkulasi darah dan meredakan ketegangan mata. Latihan mata pertama dapat anda lakukan dengan menutup mata dan meremasnya dengan erat.

Lalu buka dengan cepat, selebar mungkin. Ulangi sampai mata mulai berair. Ini dapat membantu mata Anda terasa segar dan cerah kembali. Anda juga bisa menggerakkan pulpen atau pensil secara horizontal dan vertikal di depan mata Anda, dengan menjaga agar mata tetap fokus pada ujung pulpen.

Pilihan lainnya adalah menggosok kedua telapak tangan sampai hangat, lalu letakkan di atas kelopak mata selama beberapa menit.

2. Kompres Mata

Jangan langsung membuang teh celup bekas. Kita bisa untuk menggunakannya sebagai kompres mata untuk mengurangi ketegangan mata dan mengembalikan kilau alaminya. Sifat antioksidan dalam teh membantu mengurangi bengkak di sekitar mata.

Bagaimana cara menggunakannya:

  • Seduh dua kantong teh kedalam cangkir air panas selama 5 menit.
  • Keluarkan kantong teh, peras kelebihan air dan letakkan di lemari es selama sekitar 10 menit atau lebih.
  • Kompreskan kantong teh dingin di atas mata tertutup Anda dan diamkan selama 5 menit.
  • Ulangi beberapa kali hingga mata terasa segar.

3. Irisan Mentimun Atau Kentang

Mengompres mata dengan ketimun atau irisan kentang juga akan memberikan keajaiban bagi mata. Kandungan pada kedua sayuran ini justru membantu mencerahkan mata dan mengurangi bengkak serta lingkaran di bawah mata.

Bagaimana:

  • Potong beberapa irisan mentimun atau kentang dan kemudian anda masukkan ke dalam lemari es selama 15 sampai 20 menit.
  • Tempatkan irisan dingin di atas kelopak mata yang tertutup sampai menjadi hangat.
  • Bilas mata dengan air. Ulangi proses ini beberapa kali.
Baca juga :   Retina Mata Lepas Dan Menyebabkan Penglihatan Kabur

4. Selalu Jaga Agar Mata Anda Tetap Terhidrasi

Satu rahasia sederhana untuk mendapatkan mata yang jernih adalah menjaganya tetap terhidrasi. Percikan mata Anda dengan air bersuhu ruangan beberapa kali sehari. Ini akan membantu menghilangkan mata kusam dan lelah.

Hindari menatap layar komputer terlalu lama untuk mencegah mata kering. Jika Anda sering menatap layar, berkedip lebih sering untuk mencegah mata kering. Selain itu, banyak minum air putih dan makan buah dan sayur yang banyak mengandung air.

Cara Membuat Mata Putih Bersih Alami

Mata orang dewasa tidak sejelas mata bayi. Tapi, tahukah Anda bahwa ada cara untuk menjernihkan mata dengan mudah dan alami, agar mata Anda bisa terlihat lebih jernih, bersih, dan lebih putih.

Pasalnya, mata yang merupakan salah satu bagian tubuh yang bisa dibilang sangat sensitif. Jadi, sangat mudah air, merah, hingga iritasi bila terkena benda asing. Faktanya, tidak jarang orang memiliki bagian putih pada mata yang berwarna kekuningan, dan tidak seputih yang seharusnya.

Jika Anda memiliki masalah ini, jangan biarkan begitu. Anda harus rajin merawat mata jika perlu rutin membersihkannya dengan cara menjernihkan mata seperti yang akan dibahas di bawah ini. Dengan memiliki mata yang jernih dan bersih dapat menggambarkan mata yang sehat dan indah.

Bahkan orang lain, dijamin nyaman saat berbicara dengan Anda. Sebab, mata Anda memancarkan cahaya, bersinar, dan bisa menyampaikan perasaan gembira kepada orang yang melihatnya.

Cara Membuat Mata Putih Bersih Alami

9 Cara Menjernihkan Mata

1. Basuh Mata Dengan Rebusan Daun Sirih

Cara menjernihkan mata yang pertama bisa dilakukan dengan cara membasuh mata dengan air rebusan daun sirih. Daun sirih sendiri memang dikenal memiliki banyak khasiat terutama untuk mata. Selain bisa menjernihkan, merebus air daun sirih juga bisa mencegah penyakit mata.

Untuk cara pengaplikasiannya cukup dengan mencuci daun sirih, rebus selama 10-15 menit, lalu dinginkan. Setelah dingin, Anda bisa menggunakan kaca mata pencuci mata, atau Anda bisa meneteskan air rebusan daun sirih, seperti menggunakan obat tetes mata.

2. Kompres Air Dingin Dan Es Batu

Cara untuk menjernihkan mata selanjutnya adalah dengan mengompres mata dengan menggunakan air dingin dan es batu. Cara sederhana ini jika dilakukan secara rutin juga bisa membuat mata Anda terlihat lebih jernih dan segar.

Baca juga :   Daun Untuk Obat Mata Yang Memiliki Khasiat Untuk Penglihatan

Caranya, Anda hanya perlu menyiapkan kain bersih, lalu celupkan ke dalam air dingin. Setelah itu, remas, dan kompres pada bagian mata. Jika perlu, oleskan juga es batu di sekitar mata. Dengan begitu, efek sejuknya akan membuat mata Anda rileks dan segar kembali.

Lihat juga : Tips Kesehatan Mata Agar Terhindari Masalah Mata Di Kemudian Hari

3. Kompres Mata Dengan Jus Mentimun Dingin

Tidak hanya digunakan untuk lalapan, ketimun juga berkhasiat untuk menyegarkan dan menjernihkan mata. Anda bisa mengambil jus mentimun, lalu celupkan kain atau bola kapas ke dalamnya. Simpan di lemari es, sampai dingin. Setelah dingin, ambil kain atau kapas, dan tempelkan ke mata, hingga tidak dingin lagi.

Jika anda ingin yang lebih praktis, Anda juga bisa mengambil timun dingin, kemudian iris tipis – tipis dan langsung untuk meletakkan di atas mata. Selain membersihkan mata, mentimun juga efektif untuk memudarkan lingkaran hitam di bawah mata.

4. Melindungi Mata dari Sinar Matahari Langsung

Apakah Anda ingin mata Anda jernih seperti bayi? Ada baiknya, setiap kali Anda keluar rumah, gunakan sunglasses atau kacamata anti UV, agar mata Anda terhindar dari sinar matahari langsung. Jadi, coba gunakan kacamata, topi atau pelindung lainnya, sebagai cara untuk menjernihkan mata.

5. Mengkonsumsi Banyak Air

Mata merupakan bagian tubuh yang selalu membutuhkan cairan. Tanpa cairan, mata bisa mengering dan mudah iritasi. Nah, cara menjernihkan mata selanjutnya adalah dengan mengonsumsi air yang cukup.

Mengonsumsi banyak air juga dapat membantu menghindari sindrom mata kering yang menyebabkan mata merah.

6. Mengonsumsi Banyak Makanan Yang Baik Untuk Mata

Selain mengonsumsi air putih, cara lain untuk menjernihkan mata adalah dengan mengonsumsi makanan yang baik untuk mata. Jenis makanan apa yang baik untuk kesehatan mata? Asupan tersebut merupakan makanan yang banyak mengandung vitamin A, vitamin, dan vitamin E.

Adapun makanan yang mengandung vitamin tersebut, seperti wortel, jeruk, kacang-kacangan, dan lainnya.

Baca juga :   Tips Menjaga Kesehatan Mata Bagi Para Milenial

7. Melakukan Olahraga Mata

Olahraga tidak hanya bisa dilakukan untuk menyehatkan otot-otot tubuh, tapi juga bisa menyehatkan otot mata. Olahraga mata tentunya berbeda dengan olahraga pada umumnya. Senam mata, juga bisa digunakan sebagai cara untuk menjernihkan mata.

Fungsi utama olahraga mata antara lain mengendurkan otot-otot di sekitar mata, agar peredaran darah mengalir dengan lancar dan penggunaan mata dapat lebih optimal. Senam mata yang bisa dilakukan terbilang mudah, seperti memutar mata secara bergantian ke kanan dan ke kiri.

Selain itu, Anda juga bisa melihat panorama jauh dan lebar, lalu tutup mata selama 10-15 detik secara bergantian.

8. Kurangi Menatap Layar Ponsel Dan Laptop

Bagaimana tidak mendung, jika setiap hari menatap layar hp dan laptop dari pagi hingga malam tanpa istirahat. Tahukah Anda bahwa mata juga butuh istirahat. Mengurangi menatap layar HP dan laptop juga merupakan bagian dari cara menjernihkan mata Anda.

Jika perlu gunakan layar anti radiasi atau kaca mata, agar cahaya biru dari layar hp dan laptop tidak langsung masuk ke mata.

9. Tidur Yang Cukup dan Berkualitas

Cara terakhir yang bisa anda lakukan untuk menjernihkan mata adalah dengan tidur yang cukup dan berkualitas. Pasalnya, jika Anda kurang tidur, cepat atau lambat kemungkinan besar mata Anda akan menunjukkan tanda – tanda kelelahan.

Jadi, sangat dianjurkan untuk tidur yang cukup, minimal 7 hingga 9 jam. Apakah Anda sulit tidur? Coba lepas semua perangkat elektronik sebelum tidur, dan nyalakan pengharum dan musik yang menenangkan.

Apakah Anda sudah cukup tidur, tetapi mata Anda masih terlihat lelah? Cobalah tidur dengan kepala sedikit terangkat. Ini dapat membantu untuk mencegah cairan menumpuk di bawah mata.

Pasalnya, jika sudah terlanjur mengalami sakit mata, menjadi sulit bagi Anda untuk melakukan aktivitas apa pun. Selain itu anda juga akan malu, karena mata anda akan bengkak, berair, dan merah.

Padahal, jika sampai teriritasi parah, Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter, dan dirawat sesuai kebutuhan. Jadi, jangan mengandalkan obat tetes mata yang selalu ada di toko!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.