Tips Kesehatan Mata Agar Terhindari Masalah Mata Di Kemudian Hari

Menjaga kesehatan mata itu penting. Berikut adalah tips menjaga kesehatan mata yang bisa anda dilakukan.

Mata adalah jendela hati, begitulah kata banyak orang. Untuk dapat menjaga kesehatan mata bisa menghindarkan kita dari risiko gangguan mata. Berikut tips menjaga kesehatan mata yang dapat Anda lakukan setiap hari:

Tips Kesehatan Mata

1. Makan Makanan Yang Tepat

Penelitian menunjukkan bahwa makanan yang tepat untuk menjaga kesehatan mata adalah yang mengandung vitamin A, C dan E. Misalnya wortel, bayam, tomat dan lain-lain.

Seng, lutein, selenium, dan asam lemak omega-3 juga dikenal sangat baik untuk menjaga kesehatan mata kita. Kita bisa menemukan kandungan semacam ini di dalam telur.

2. Hindari Rokok

Selain berdampak buruk bagi kesehatan paru-paru, merokok juga meningkatkan risiko gangguan mata seperti katarak, degenerasi makula, dan kerusakan saraf retinal.

3. Menggunakan Kaca Hitam

Mata yang terlalu sering terkena sinar matahari juga bisa mengembangkan katarak lebih awal. Oleh karena itu, cara menjaga kesehatan mata saat beraktivitas di luar ruangan adalah dengan menggunakan kacamata hitam yang memiliki perlindungan UV (Ultraviolet).

4. Jangan Terlalau Lama Menatap Gadget

Menatap gadget atau monitor terlalu lama bisa membuat mata tidak nyaman. Seperti:

  • Mata lelah
  • Sakit kepala
  • Sakit leher dan
  • Penglihatan kabur.

5. Lakukan Pemeriksaan Mata Rutin

Lakukan pemeriksaan rutin ke dokter spesialis mata, minimal setahun sekali. Deteksi sejak dini adalah salah satu cara terbaik untuk dapat menjaga kesehatan mata kita.

Cara Merawat Mata Agar Tetap Sehat Dan Jernih

Ada banyak risiko bagi kesehatan mata seiring bertambahnya usia. Secara alami, penglihatan kita berubah dan tubuh kita mulai menua dan memburuk.

Penurunan terkait usia adalah perubahan alami yang pasti akan kita alami. Beberapa perubahan yang akan kita alami, seperti presbiopia, sepenuhnya normal dan tidak menunjukkan masalah yang serius.

Tetapi ada juga risiko penyakit mata yang lebih tinggi ketika kita mencapai titik tertentu dalam hidup kita. Penyebab lain dari kehilangan penglihatan pada orang tua termasuk glaukoma, katarak, dan retinopati diabetik.

Baca juga :   Cara Memilih Metode Kontrasepsi Yang Paling Aman

Semua ini dapat memiliki efek pengurangan penglihatan, terkadang menyebabkan hilangnya penglihatan sepenuhnya. Saat ini tidak ada obat untuk degenerasi makula atau glaukoma, yang merupakan penyakit yang tidak dapat disembuhkan.

Jadi merawat mata sejak dini sangatlah penting jika ingin menghindari masalah mata di kemudian hari.

Berikut Cara-Cara Merawat Mata Agar Tetap Sehat Dan Jernih

Cara Merawat Mata Agar Tetap Sehat Dan Jernih

1. Pemeriksaan Mata Secara Teratur

Mengunjungi dokter mata secara rutin sangat penting dilakukan jika ingin menjaga kesehatan mata dan mencegah penurunan penglihatan mata di kemudian hari.

Dianjurkan oleh dokter mata untuk melakukan pemeriksaan mata setiap dua hingga empat tahun, menurut Glaucoma Research Foundation.

2. Lindungi Mata Anda Dari Sinar Matahari

Kebanyakan orang sadar akan kerusakan akibat sinar matahari pada kulit, tetapi banyak yang lupa memberikan tingkat perlindungan yang sama pada mata mereka.

Ini penting untuk melindungi mata Anda dari sinar ultraviolet (UV) berbahaya di bawah sinar matahari.

Cari kacamata dengan lensa UV400, yang menawarkan perlindungan UV 100%.

3. Makan Diet Buah Dan Sayuran Yang Sehat

Tidak hanya pola makan yang seimbang untuk kesehatan pribadi, namun pola makan yang sehat dapat membantu menjaga kesehatan mata hingga usia tua.

Pola makan dan sayuran berwarna, kacang-kacangan dan biji-bijian, protein dan lemak esensial akan membantu melindungi mata Anda.

4. Perhatikan Superfoods

Perhatikan Superfoods

Sementara nasihat terbaik untuk kesehatan mata yang baik terletak pada pola makan yang baik, perhatian khusus harus diberikan pada makanan super.

Lutein dan zeaxanthin ditemukan di banyak makanan super populer saat ini, termasuk kangkung dan bayam.

Sayuran lain dengan tingkat bahan kimia yang tinggi ini adalah kacang polong, selada, selada hijau, labu, asparagus, kubis Brussel, dan wortel.

5. Olah Raga Secara Teratur

Anda tidak hanya dapat menjaga kesehatan otot, mengontrol berat badan, dan menjaga kesehatan jantung, tetapi Anda juga dapat mendukung penglihatan.

Aktivitas fisik juga dapat membantu melindungi penglihatan anda dan juga dapat mencegah penyakit mata seperti katarak, glaukoma, dan degenerasi makula terkait usia.

Baca juga :   Manfaat Kesehatan Dari Minum Kopi Yang Harus Kita Ketahui

6. Berhenti Merokok

Merokok tidak hanya buruk bagi paru-paru dan juga penyebab utama terjadinya kanker.

Kebiasaan buruk ini juga dikaitkan dengan peningkatan risiko perkembangan degenerasi makula terkait usia, katarak, dan kerusakan saraf optik, ketiganya dapat menyebabkan kebutaan.

Merokok juga diketahui memperburuk kondisi penglihatan terkait diabetes.

7. Menjaga Berat Badan

Menjaga Berat Badan

Diabetes tipe 2 menyebabkan lonjakan gula darah yang abnormal dan akan meningkatkan kemungkinan retinopati diabetik.

Untuk dapat mencegah diabetes tipe 2, juga penting untuk mengontrol berat badan dan lemak tubuh.

8. Lakukan Latihan Mata

Latihan mata telah terbukti memecahkan berbagai masalah yang berhubungan dengan mata.

Latihan mata secara teratur dapat mencegah ketegangan mata, sindrom mata kering, dan menjaga mata Anda tetap terjaga.

9. Suplemen Minuman

Penelitian mengatakan bahwa menambahkan suplemen ke dalam makanan kita dapat menjadi cara untuk mencegah kerusakan kesehatan mata dan dapat membantu menunda timbulnya penyakit mata terkait usia.

10 Minum Lebih Banyak Air

Minum Lebih Banyak Air

Minum lebih banyak air bagus untuk kesehatan mata. Tidak hanya penting untuk mencegah dehidrasi (dan menjaga mata tetap lembab), tetapi juga mendukung struktur sel normal dan fungsi mata.

Penyebab Mata Tidak Jernih

Dalam beberapa kasus dengan mata kuning, penyakit kuning segera diindikasikan. Namun tahukah Anda bahwa mata kuning tidak hanya disebabkan oleh penyakit kuning? Ada banyak faktor yang dapat mengubah warna mata bening menjadi lebih keruh. Berikut ini adalah beberapa penyebab mata keruh dan cara mengatasinya:

Penyebab Mata Tidak Jernih

Kurang Tidur

Kurang tidur bisa terjadi karena memang niat begadang setiap hari atau karena Anda mengalami insomnia. Untuk penyebab kurang tidur, cara pertama menghilangkan mata kuning yang satu ini sangat mudah yaitu dengan memperbanyak jam tidur.

Tubuh membutuhkan setidaknya delapan jam untuk bekerja dan berfungsi kembali dengan baik. Namun untuk penyebab kedua mata kuning yaitu insomnia ada baiknya berkonsultasi dengan ahlinya agar bisa diberikan penanganan yang profesional.

Baca juga :   Vitamin Herboost Dapat Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak

Terlalu Stres

Terlalu banyak memikirkan masalah selain menyebabkan sakit kepala juga bisa diindikasikan dengan mata kuning. Orang yang terlalu memikirkan masalah biasanya memiliki suasana hati yang sangat sensitif dan mudah tersinggung.

Selain itu, ia juga tidak dapat menikmati aktivitas sehari-harinya bahkan saat sedang bersantai karena otaknya akan selalu berputar mencari jalan keluar untuk menyelesaikan beban masalah yang dipikirkannya.

Cara menghilangkan mata kuning pada penyakit yang satu ini adalah dengan berusaha merilekskan pikiran agar otot-otot di sekitar kepala, baik mata maupun rahang, tidak terlalu tegang.

Relaksasi pikiran sangat baik untuk orang yang stres karena selain dapat menenangkan otot, juga dapat membuat seseorang berpikir lebih jernih dan tenang sehingga masalah yang menumpuk selama ini menjadi lebih mudah untuk diselesaikan.

Penyumbatan Saluran Empedu

Memiliki mata kuning bisa menjadi pertanda bahwa ada masalah pada fungsi empedu atau hati. Dalam kasus yang lebih parah, salah satu indikasi ada tumor di pankreas.

Pada penyebab ini biasanya diawali dengan berjangkitnya penyakit, terutama bila mata kuning disertai gejala lain seperti mual, badan selalu terasa lemas dan lelah, tidak nafsu makan, dan demam tinggi.

Jika beberapa gejala tersebut sudah muncul, ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter secepatnya agar penyakit yang Anda derita tidak menjadi semakin kronis.

Merokok

Merokok

Asap apapun sebenarnya adalah penyebab tidak langsung pertama dari mata menguning. Bisa di perhatikan pada orang yang suka merokok, biasanya memiliki warna mata yang lebih kusam.

Bagi yang selalu bersentuhan dengan asap, baik makanan maupun rokok, sebaiknya mulai menjauhkan wajah dari asap agar mata tidak terkena udara panas.

Jadi untuk mengatasi mata kuning anda harus tahu apa penyebabnya. Lakukan tes seperti tes laboratorium SGOT / SGPT. Jika meningkat mungkin terjadi sesuatu di hati Anda. Setelah itu, lakukan pemeriksaan lanjutan ke Dokter Spesialis Penyakit Mata agar mendapatkan terapi terbaik.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.