Materi Kesehatan Mata Agar Tetap Sehat Dan Jernih

Mata merupakan bagian tubuh yang vital. Tanpa indra penglihatan yang baik, kualitas hidup dijamin menurun. Selain itu, aktivitas pun akan terganggu. Karena itu, menjaga kesehatan mata sangatlah penting.

Saat ini gaya hidup manusia modern telah mengalami perubahan. Ada lebih sedikit aktivitas luar ruangan yang dilakukan. Bersamaan dengan itu maka muncul kebiasaan yang baru yaitu beraktivitas di dalam ruangan dengan gadget.

Tidak ada salahnya melakukan aktivitas tersebut. Namun, jika berlebihan, kesehatan mata rentan terganggu. Ingat, layar perangkat memancarkan cahaya biru yang mengancam. Selain itu, berada di dalam ruangan sering kali memberikan upaya ekstra pada mata karena hanya menerima cahaya dengan intensitas rendah.

materi kesehatan mata

Tidak aneh lagi jika masalah kesehatan mata cenderung meningkat. Prevent Blindness America mencatat peningkatan orang dengan masalah penglihatan sebesar 89 persen dalam 20 tahun terakhir. Sebagian besar penderitanya adalah mereka yang berusia 40 tahun ke atas.

Tentu Anda tidak ingin mengalami gangguan penglihatan seperti itu. Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata. Langkah-langkah ini mudah diterapkan untuk siapa saja.

1. Cek Kesehatan Mata Secara Teratur

Untuk menjaga kesehatan mata, pemeriksaan rutin akan sangat membantu. Tak perlu menunggu keluhan atau gangguan dulu, Untuk datang memeriksakan mata anda ke dokter.

Padahal, mata harus selalu diperiksa sejak bayi. Delapan hari setelah lahir, kesehatan mata bayi harus diperiksa. Selanjutnya pemeriksaan dapat dilakukan pada usia empat bulan, delapan bulan dan 24 bulan.

Setelah itu, mata harus diperiksa secara berkala setiap 12 bulan hingga 18 bulan sekali. Padahal, saat sudah memasuki usia 40 tahun ke atas, pemeriksaan tertentu seperti presbiopia adalah wajib.

2. Lakukan Kebiasaan Yang Baik Untuk Mata

Agar mata tetap sehat, Anda disarankan melakukan sejumlah kebiasaan yang baik untuk penglihatan. Hal-hal tersebut tidaklah rumit, bahkan praktis untuk dilakukan.

Misalnya biasakan memakai pelindung mata saat berada di luar ruangan. Mengenakan topi atau memakai sunglasses bisa jadi pilihan.

Anda juga bisa terbiasa membatasi penggunaan gadget secara terus menerus dalam jangka panjang. Cobalah setiap 20 menit, pandangan dialihkan ke objek lain.

Selain itu, penting juga untuk mengonsumsi makanan yang bermanfaat bagi kesehatan mata. Carilah makanan yang mengandung omega 3, lutin, seng, vitamin C dan vitamin E seperti sayuran hijau, salmon, tuna, telur, kacang-kacangan, dan jeruk.

Baca juga :   Masker Penghilang Mata Panda Dengan Berbagai Bahan Alami

3. Gunakan Alat Bantu Penglihatan Jika Diperlukan

Masalah penglihatan bisa dialami oleh siapa saja, apapun. Jika Anda merasa mata mengalami iritasi, tak ada salahnya menggunakan alat bantu seperti kacamata.

Ini sangat penting. Ini karena masalah mata bisa menjadi parah jika tidak ditangani dengan alat seperti lensa resep.

Untuk bisa mendapatkannya, datanglah ke dokter mata. Mereka yang dapat meresepkan lensa yang diperlukan. Kemudian lakukan pemeriksaan rutin. Pasalnya, seringkali kelainan mata akan berubah.

Cara menjaga kesehatan mata yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Mempraktikkannya akan membuat fungsi penglihatan menjadi optimal.

Cara Menjaga Kesehatan Mata Saat Membaca

Membaca bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, dan tentunya dengan berbagai media. Mulai dari buku bacaan hingga bahan bacaan dari gadget kita.

Namun aktivitas membaca dan juga bermain gadget (screen time) seringkali membuat orang lupa waktu dan kurang memperhatikan kesehatan mata. Bukan pemandangan baru, jika kita melihat banyak anak hingga remaja harus menggunakan kacamata atau bahkan kebanyakan mengalami keluhan mata kering yang mengganggu.

Oleh karena itu, agar kegiatan membaca anda tetap lancar dan tidak menimbulkan gangguan kesehatan mata maka anda harus diimbangi dengan cara yang tepat.

Berikut 4 cara sehat yang wajib Anda terapkan saat anda membaca atau bermain gadget.

1. Bacalah Di Ruangan Yang Cukup Terang

1. Bacalah Di Ruangan Yang Cukup Terang

Jika kita mencoba fokus di ruangan yang remang-remang, akibatnya mata kita akan lebih cepat mengalami kelelahan. Membaca dalam gelap juga dapat menyebabkan mata kering dengan mengurangi frekuensi berkedip. Ada baiknya, Anda menambahkan lampu baca yang diletakkan di atas buku atau gadget untuk membantu menambah penerangan.

2. Beri Jeda Untuk Istirahat

 

Penting untuk memperhatikan rekomendasi 20-20-20. Artinya, setiap 20 menit pembacaan diberikan jeda untuk istirahat dengan melihat jarak kurang lebih 20 kaki (6 meter) selama 20 detik.

3. Tetapkan Posisi Terbaik

 

Posisi terbaik untuk membaca adalah dengan posisi duduk dengan punggung tegak, dimana posisi benda bacaan tegak lurus dengan mata. Hal baiknya adalah, buku atau layar tidak terlalu ke atas atau ke bawah. Sehingga tidak menimbulkan keluhan pada leher atau mata yang kelelahan.

Baca juga :   Cara Mengatasi Softlens Yang Perih Agar Tidak Membahayakan Mata

4. Perhatikan Durasi Membaca / Layar

Apalagi menjelang tidur, membaca bisa menimbulkan keluhan mata kering yang bisa mengganggu tidur. Jadi, jangan lupa baca juga durasi yang pas ya. Jangan terlalu lama dengan posisi yang salah!

Dari 4 tips di atas, sudahkah Anda menerapkan semuanya?

Mari perbaiki cara kita membaca atau waktu layar kita,

Bagaimanapun, keluhan pada mata bisa datang kapan saja yang berasal dari gaya hidup kita yang salah.

Cara Merawat Mata Agar Tetap Sehat Dan Jernih

Mata merupakan organ visual dengan ukuran yang kecil. Namun mata juga memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu sangat penting menjaga kesehatan mata dengan menempuh berbagai cara agar tetap sehat dan jernih.

Pasalnya, jika kurang memperhatikan kesehatan mata, mereka yang memiliki mata bisa mengalami berbagai gangguan yang tentunya bisa menjadi penghambat dalam melakukan aktivitas. Mungkin banyak dari Anda yang masih bingung bagaimana cara merawat mata agar tetap sehat dan jernih.

Untuk itu, kami akan membagikan sedikit cara merawat mata agar tetap sehat dan jernih yang tentunya bisa kamu lakukan.

1. Perhatikan Jarak Mata Saat Menonton Atau Membaca

Perlu diperhatikan, bahwa sebagai cara merawat mata agar tetap sehat dan jernih, tentunya hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengontrol jarak antara mata dan benda, baik saat Anda sedang menonton televisi maupun membaca buku.

Karena hal ini bisa membuat mata bekerja ekstra untuk fokus pada objek dan bisa menyebabkan otot mata menjadi tegang, yang bisa membuat kepala terasa pusing.

2. Kurangi Waktu Layar

Cara Merawat Mata Agar Tetap Sehat Dan Jernih

Perlu diperhatikan, bahwa sebagai cara merawat mata agar tetap sehat dan jernih, tentunya hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengontrol jarak antara mata dan benda, baik saat Anda sedang menonton televisi maupun membaca buku.

Karena hal ini bisa membuat mata bekerja ekstra untuk fokus pada objek dan bisa menyebabkan otot mata menjadi tegang yang bisa membuat kepala terasa pusing.

3. Air Putih

Cara Merawat Mata Agar Tetap Sehat Dan Jernih

Tak bisa dipungkiri, banyak minum air putih merupakan salah satu cara merawat mata agar tetap sehat dan jernih yang wajib Anda lakukan. Air memiliki sejuta manfaat bagi tubuh, termasuk menjaga kesehatan mata. Untuk itu, jangan lupa untuk terus mengonsumsi banyak air putih.

Baca juga :   Bahaya Softlens Untuk Mata Normal Dapat Menyebabkan Kebutaan

4. Jangan Lupa Mengonsumsi Makanan Dengan Kandungan Vitamin A Yang Tinggi

4. Jangan Lupa Mengonsumsi Makanan Dengan Kandungan Vitamin A Yang Tinggi

Semua orang tahu bahwa vitamin A sangat baik untuk kesehatan mata Anda. Beberapa ahli kesehatan juga menganjurkan mengonsumsi berbagai makanan yang tinggi vitamin A, seperti wortel, labu kuning, alpukat, tomat, dan lainnya. Cara merawat mata agar tetap sehat dan jernih ini sangat berpengaruh besar pada kesehatan mata Anda dan dapat menjaga kesehatan mata hingga Anda tua.

5. Perbanyak Konsumsi Sayuran Hijau

Perbanyak Konsumsi Sayuran Hijau

Selain mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin A, Anda juga harus melakukan cara merawat mata agar tetap sehat dan jernih yang satu ini. Perbanyak konsumsi sayuran hijau seperti:

  • Bayam,
  • Sawi,
  • Brokoli,
  • Dan jenis sayuran lainnya.

sayuran hijau dipercaya mengandung lutein yang dapat menjaga kesehatan mata.

6. Gunakan Kacamata Khusus Untuk Melindungi Area Mata

Gunakan Kacamata Khusus Untuk Melindungi Area Mata

Penggunaan kacamata tidak hanya diperuntukkan bagi sebagian orang yang membutuhkan saja, namun kacamata harus digunakan oleh semua orang jika ingin menjaga kesehatan mata.

Untuk anda yang selalu bekerja di depan layar gunakan kacamata anti radiasi yang dapat membantu mata anda tidak cepat lelah dan bagi anda yang sedang beraktivitas di luar ruangan gunakan juga kacamata yang memiliki pelindung sinar UV untuk menghindari kerusakan mata akibat sinar UV. sinar.

7. Perhatikan Kadar Gula Dalam Tubuh Anda

Perhatikan Kadar Gula Dalam Tubuh Anda

Cara merawat mata yang terakhir agar tetap sehat dan jernih adalah dengan memperhatikan kadar gula dalam tubuh Anda. Pasalnya, kadar gula juga berdampak cukup besar bagi mata Anda. Untuk itu, berhati-hatilah dengan mengonsumsi lebih banyak makanan sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *