Menghilangkan Kerutan Dibawah Mata Dan Kulit Menjadi Halus

Cara menghilangkan kerutan di bawah mata penting dilakukan agar Anda terlihat lebih muda. Pasalnya, kulit akan kehilangan elastisitasnya seiring bertambahnya usia. Akibatnya, risiko munculnya tanda-tanda penuaan, seperti kerutan wajah dan garis-garis halus, termasuk di area bawah mata, tidak bisa dihindari.

Meski tidak ada salahnya membiarkan timbulnya kerutan tersebut, ada beberapa cara mengatasi kerutan di bawah mata yang bisa Anda lakukan.

Menghilangkan Kerutan Dibawah Mata

Setidaknya cara ini bisa membantu menyamarkan garis-garis halus di bawah mata sehingga terlihat lebih muda. Apa sajakah pilihan untuk bagaimana?

Cara Menghilangkan Kerutan Di Bawah Mata Secara Alami

Penyebab kerutan di bawah mata bisa terjadi karena berbagai faktor. Selain faktor usia, penyebab keriput di bawah mata bisa terjadi akibat paparan sinar matahari, kebiasaan merokok, gerakan wajah yang berulang, alergi, dan konsumsi makanan yang mengandung gula tinggi secara berlebihan.

Untuk mengatasinya, berikut beberapa cara menghilangkan kerutan di bawah mata secara alami.

1. Gunakan Pelembab

Salah satu cara menghilangkan kerutan di bawah mata adalah dengan menggunakan pelembab secara rutin.

Kulit yang tidak terjaga kelembapannya dapat meningkatkan risiko munculnya garis-garis halus di sekitar mata.

Anda bisa menggunakan pelembab yang berfungsi meningkatkan sirkulasi darah sekaligus merangsang pertumbuhan sel kulit baru.

2. Gunakan Krim Mata

Gunakan Krim Mata

Anda bisa mengoleskan krim mata pada malam hari sebagai cara menghilangkan garis-garis halus di bawah mata.

Pilih krim mata yang tidak rawan menyebabkan alergi (hypoallergenic) dan pewangi agar tidak menyebabkan iritasi pada kulit di bawah mata.

Anda juga bisa memilih krim mata yang bertekstur ringan dan tidak berminyak. Beberapa bahan yang harus ditemukan dalam krim mata adalah retinol atau retinoid (turunan vitamin A), peptida, mengandung vitamin C, dan asam hialuronat.

Sejumlah bahan tersebut dapat merangsang regenerasi sel kulit, meningkatkan elastisitas kulit, menjaga kelembapan kulit, dan merangsang produksi kolagen.

3. Dengan Lembut Eksfoliasi Kulit Di Area Mata

Cara menghilangkan kerutan di bawah mata anda, bisa dilakukan dengan merangsang pertumbuhan sel kulit yang baru. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk melakukan pengelupasan secara lembut pada sel kulit mati di bawah mata.

Pastikan Anda hanya menggunakan produk perawatan kulit yang didesain khusus untuk area bawah mata. Penting juga diingat untuk melakukan eksfoliasi dengan lembut dan tidak menyentuh permukaan mata secara langsung. Pasalnya, area mata sangat sensitif terhadap paparan zat kimia.

4. Oleskan Minyak Zaitun

Oleskan Minyak Zaitun

Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan memang sangat melimpah. Hal tersebut dikarenakan kandungan minyak zaitun yang baik untuk kulit karena mengandung vitamin E dan K.

Tak ayal sebagian orang menggunakannya untuk melembabkan kulit dan sebagai cara menghilangkan kerutan di bawah mata.

Meski belum ada penelitian medis yang membuktikan manfaat minyak zaitun untuk menghilangkan kerutan di bawah mata, mengoleskan sedikit pada area sekitar mata bisa membantu menjaga kelembapan kulit, lho.

Selain mengoleskan minyak zaitun langsung ke permukaan kulit di bawah mata, Anda bisa menambahkan sejumput bubuk kunyit. Aduk rata sampai menjadi pasta kental.

Lalu, oleskan pada permukaan kulit di bawah mata. Dan diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air yang hangat hingga bersih.

5. Gunakan Masker Pepaya

Cara menghilangkan kerutan di bawah mata secara alami juga tidak ada salahnya untuk dilakukan.
Anda bisa menumbuk ΒΌ pepaya dan sedikit madu dalam mangkuk kecil. Aduk hingga menjadi pasta masker yang kental.

Baca juga :   Protesa Mata (Mata Palsu) Dan Biaya Operasi Pengangkatan Bola Mata

Oleskan pada area bawah mata, biarkan mengering. Lalu, bilas wajah Anda dengan air hangat.
Buah pepaya mengandung vitamin A, C dan E yang berasal dari antioksidan di dalamnya untuk membantu menutrisi dan melembabkan kulit.

6. Gunakan Topi Dan Kacamata Hitam

Jika harus beraktivitas di luar ruangan, disarankan agar Anda mengenakan topi dan kacamata hitam. Penggunaan keduanya bisa menghindarkan Anda dari menyipitkan mata akibat paparan sinar matahari yang terlalu terik.

Kebiasaan menyipitkan mata ini bisa menyebabkan lebih banyak kerutan di area bawah mata.
Selain itu, penting juga untuk menggunakan tabir surya atau tabir surya pada area bawah mata sebelum beraktivitas di luar ruangan.

7. Mengatasi Alergi Mata

Alergi bisa menjadi masalah mata, seperti menyebabkan radang dan mata berair. Jika Anda memiliki alergi, Anda berisiko lebih besar untuk menggosok area mata, membuatnya menjadi merah dan area di sekitarnya menjadi kering.

Oleh karena itu, jika Anda merasa memiliki alergi mata, atau memiliki riwayat alergi, jadikanlah prioritas untuk mengatasinya terlebih dahulu. Mengatasi alergi bisa membantu wajah Anda terlihat lebih rileks. Selain itu, kulit di bawah wajah lebih terlindungi.

8. Makan Makanan Sehat

Cara alami menghilangkan kerutan di bawah ini juga perlu dilakukan dari dalam. Artinya, Anda perlu makan makanan yang sehat dan bergizi.

Berbagai nutrisi dan nutrisi yang mengandung vitamin A, vitamin C, dan vitamin E dapat membantu kulit tetap terjaga dengan baik sehingga tanda-tanda penuaan di bawah mata dapat dihindari.

Beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan kulit yaitu ikan, alpukat, brokoli, tomat, dark chocolate, dan aneka buah-buahan.

9. Hindari Stres

Hindari Stres

Cara mengatasi kerutan di bawah mata selanjutnya adalah dengan menghindari stres.
Pasalnya, saat Anda stres, tubuh akan mengeluarkan hormon stres atau kortisol secara berlebihan di dalam aliran darah.

Peningkatan produksi hormon kortisol dapat menyebabkan rusaknya sel-sel di kulit, termasuk area di sekitar mata.

10. Atur Posisi Tidur

Mengatur posisi tidur juga menjadi salah satu cara mengatasi kerutan di bawah mata. Tidur miring atau tengkurap dapat meningkatkan risiko munculnya kerutan. Sebagai solusinya, Anda bisa tidur telentang sebagai cara menghilangkan kerutan pada mata.

11. Hindari Merokok

Cara lain untuk menghilangkan kerutan di bawah mata adalah dengan menghindari rokok.
Ini karena rokok dapat mempercepat proses penuaan dini dan mengurai kolagen sehingga merusak elastisitas kulit. Alhasil, kerutan dan kerutan di bawah mata tidak bisa dihindari.

Cara Menghilangkan Kerutan Pada Mata Dengan Prosedur Medis

Meski ada berbagai cara menghilangkan keriput di bawah mata secara alami, nyatanya mungkin tidak sedikit orang yang lebih memilih cara instan menghilangkan kerutan di bawah mata.

Pasalnya, dalam beberapa kasus, cara mengatasi kerutan pada mata melalui prosedur medis dapat membuahkan hasil yang lebih cepat dan sesuai keinginan daripada cara alami.

Berikut beberapa pilihan medis yang bertujuan untuk menghilangkan kerutan di bawah mata.

1. Chemical Peeling

Salah satu cara menghilangkan kerutan di bawah mata melalui prosedur medis adalah chemical peeling.

Meskipun keriput di bawah mata tidak dapat dihilangkan seluruhnya, chemical peeling merupakan prosedur medis yang bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati dan meningkatkan regenerasi kulit sehingga dapat terbentuk lapisan kulit baru yang lebih halus.

2. Mikrodermabrasi

Baca juga :   Cara Menghilangkan Memar Di Mata Dan Mempercepat Penyembuhan

Mikrodermabrasi juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan kerutan di bawah mata melalui prosedur medis.

Microdermabaration adalah prosedur kosmetik non-bedah yang bertujuan untuk memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan.

Cara kerjanya, prosedur medis ini akan mengangkat permukaan kulit yang terdapat kerutan untuk membentuk lapisan kulit baru yang lebih halus.

3. Perawatan Laser

Cara menghilangkan garis halus di bawah mata juga bisa dengan pengobatan laser. Tindakan ini dilakukan dengan memberikan sinar laser ke area di bawah mata.

Penggunaan laser bertujuan untuk merangsang produksi elastin dan kolagen sehingga kulit baru yang tumbuh lebih kencang dan halus. Dengan demikian, kerutan dan garis halus di area bawah mata bisa disembunyikan.

4. Microneedling

Mikroneedling adalah prosedur yang dilakukan dengan menggunakan jarum suntik yang sangat kecil. Microneedling dapat merangsang produksi kolagen dan membuat kulit tampak lebih halus. Namun metode perawatan ini perlu diulang beberapa kali agar hasilnya bisa terlihat maksimal.

5. Filler

Filler

Cara menghilangkan kerutan di mata yang mungkin paling Anda kenal adalah filler. Filler adalah pengisian zat tertentu ke dalam jaringan kulit dan jaringan di bawah kulit untuk mengurangi kerutan dan memberi tampilan awet muda.

Umumnya, mengurangi kerutan di bawah mata dengan filler bisa bertahan dari 6 bulan hingga maksimal 2 tahun.

6. Suntikan Botoks

Selain filler, suntik botox juga bisa dilakukan sebagai cara menghilangkan garis halus di bawah mata. Hasilnya juga bisa dilihat dalam waktu seminggu dan bisa bertahan hingga beberapa bulan.

Cara Menghilangkan Kerutan Di Wajah

Selain garis-garis halus, kerutan adalah tanda penuaan lain yang bisa muncul di kulit Anda. Meski tidak berbahaya, namun kemunculannya kerap mengganggu penampilan.

Cara Menghilangkan Kerutan Di Wajah

Untuk dapat mengatasinya, ada beberapa cara yang dapat menghilangkan kerutan di wajah yang bisa Anda coba.

Waktu Tidur Yang Cukup

Bagi Anda yang memiliki kebiasaan tidur larut malam, cobalah hentikan kebiasaan tersebut agar kerutan bisa hilang. tidur merupakan waktu yang digunakan kulit untuk memperbaiki selnya.

Jika Anda tidak cukup tidur dalam jangka waktu yang lama, kulit Anda menjadi keriput dan masalah kulit lainnya lebih mungkin muncul. Jika mengalami kesulitan tidur, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Menjaga Kelembaban Kulit

Kerutan bisa muncul pada semua jenis kulit, terutama jika jenis kulit Anda kering. Oleh karena itu, usahakan untuk selalu menjaga kelembapan kulit dengan berbagai cara. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan krim atau lotion pelembab setiap hari agar munculnya kerutan bisa dicegah.

Eksfoliasi Kulit Anda

Anda juga bisa melakukan cara menghilangkan kerutan di wajah dengan melakukan eksfoliasi. Eksfoliasi merupakan kegiatan yang dilakukan untuk membersihkan sel kulit mati yang menumpuk. Alhasil, tidak hanya kerutan saja yang hilang, masalah kulit pun akan berkurang.

Eksfoliasi juga bermanfaat untuk meningkatkan produksi kolagen. Jadi, keriput dan tanda penuaan lainnya bisa disamarkan. Sebaiknya lakukan eksfoliasi fisik dan chemical exfoliation agar kondisi kesehatan kulit tetap terjaga.

Pakai Sunscreen

Salah satu faktor yang mempercepat dan memperburuk munculnya kerutan di wajah adalah paparan sinar matahari. Oleh karena itu, memakai tabir surya merupakan hal yang wajib Anda lakukan, baik saat Anda sedang beraktivitas di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

Baca juga :   Salep Mata Untuk Anak Yang Cepat Untuk Meredakan Sakit Pada Mata

Jika Anda beraktivitas di luar ruangan dalam waktu lama, jangan lupa untuk menggunakan tabir surya setiap beberapa jam sekali. Selain itu, pastikan juga untuk memakai tabir surya dengan minimal SPF 30 agar kulit Anda tidak rusak akibat efek sinar matahari.

Perhatikan Makanan Yang Dikonsumsi

Perhatikan Makanan Yang Dikonsumsi

Cara menghilangkan kerutan di wajah juga bisa Anda lakukan dengan memperhatikan makanan apa yang Anda konsumsi sehari-hari. Alih-alih mengonsumsi gula, sebaiknya mengonsumsi sumber makanan yang mengandung vitamin C dan antioksidan untuk meningkatkan produksi kolagen di kulit.

Cara Menghilangkan Kerutan Di Bibir

Memiliki bibir merah muda dan mulus tanpa kerutan adalah salah satu impian Anda, bukan? Tak hanya wajah, ternyata bibir juga memiliki kerutan yang membuat kamu kurang percaya diri meski sudah memakai lipstik mahal.

Ada berbagai macam penyebab bibir keriput. Faktor utama pertama adalah penuaan. Seiring bertambahnya usia, kulit Anda kehilangan kolagen dan elastisitasnya, yang bertanggung jawab untuk menjaga bibir tetap kencang dan halus.

Cara Menghilangkan Kerutan Di Bibir

Penyebab utama lainnya adalah paparan radiasi UV yang memecah produksi kolagen di kulit bibir Anda dan membuatnya terkelupas dan berkerut. Selain itu, merokok, dehidrasi, atau pola makan yang salah juga bisa membentuk garis halus di bibir Anda. Untuk dapat mengatasi masalah tersebut, Maka Anda bisa menggunakan 7 bahan alami berikut ini:

Gula

Sama seperti kulit tubuh Anda, kulit di bibir Anda juga perlu melakukan pengelupasan agar kulit baru yang halus dan merah muda di bawahnya terlihat. Gula berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati dan meningkatkan sirkulasi darah ke bibir Anda.

Campur satu sendok makan gula merah dengan setengah sendok makan minyak zaitun. Oleskan di bibir Anda menggunakan kuas. Gosok perlahan dengan gerakan melingkar lalu bilas hingga bersih.

Pijat Dengan Vitamin E.

Karena mengandung antioksidan, vitamin E sangat berguna untuk melembabkan kembali bibir dan mengembalikan warna aslinya. Ambil sedikit minyak Vitami E dan pijat dengan lembut di bibir Anda selama satu menit.

Cinnamon Lipbalm

Kayu manis bekerja menstimulasi pembuluh darah dan membawa darah ke permukaan, sehingga meringankan garis halus dan membuat bibir tampak lebih berisi atau lebih tebal. Campur kayu manis bubuk dengan minyak esensial seperti minyak almond atau minyak jojoba. Aduk rata dan aplikasikan pada bibir Anda sebelum tidur.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah pelembab alami yang kaya akan sifat antibakteri dan anti-inflamasi. Tidak hanya melembabkan, minyak kelapa juga melindungi bibir Anda dari paparan sinar UV yang berbahaya. Pijat bibir Anda dengan minyak kelapa dua kali sehari, maka Anda akan merasakan perbedaannya.

Pepaya Dan Madu

Pepaya Dan Madu

Pepaya kaya akan papain dan enzim yang mengangkat sel kulit mati dan merangsang aliran darah. Sedangkan madu mengandung vitamin C yang mengurangi garis-garis halus dan memberi volume pada bibir. Campur 2 sendok teh pepaya bubuk dan 2 sendok teh madu. Oleskan tipis-tipis pada bibir dan diamkan selama 20 menit lalu bilas hingga bersih.

Jus Nanas

Nanas kaya akan vitamin C dan bromelian yang melindungi bibir dari radikal bebas dan memperbaiki jaringan kulit bibir yang membantu mencerahkan warna bibir Anda. Celupkan bola kapas ke dalam jus nanas segar lalu gosokkan pada bibir Anda. Biarkan selama 10 menit lalu bilas hingga bersih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.