Manfaat Kacamata Anti Radiasi Dapat Mencegah Kerusakan Mata

Manfaat kacamata anti radiasi, Apakah Anda termasuk orang yang sering menghabiskan waktu di bawah sinar matahari, atau menggunakan perangkat elektronik dalam waktu lama? Hati-hati, kedua aktivitas ini bisa berdampak negatif bagi kesehatan mata Anda.

Manfaat Kacamata Anti Radiasi

Untuk memastikan mata Anda terlindungi, banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya dengan kacamata anti radiasi yang diklaim dapat mencegah kerusakan mata.

Apa Itu Kacamata Anti Radiasi?

Kacamata anti radiasi adalah kacamata yang dirancang khusus untuk melindungi mata dari radiasi yang berasal dari layar komputer, ponsel, dan sinar matahari.

Sebenarnya apa sih radiasi itu? Radiasi adalah energi yang terdiri dari gelombang atau partikel berkekuatan tinggi. Kemunculannya bisa terjadi secara alami atau diproduksi oleh manusia.

Nah, dalam kehidupan sehari-hari, tubuh terpapar 2 jenis radiasi tanpa Anda sadari. Yang pertama adalah radiasi ultraviolet yang berasal dari sinar matahari dan radiasi sinar biru (sinar biru) dari perangkat elektronik Anda.

Itulah sebabnya banyak produsen kacamata anti radiasi yang mengabdikan diri untuk melindungi mata Anda dari 2 jenis radiasi tersebut.

Pahami Bahaya Radiasi UV Dan Cahaya Biru

Sinar radiasi dikatakan memiliki efek kesehatan. Namun, sebenarnya apa sih dampak UV atau radiasi sinar biru terhadap kesehatan mata? Berikut penjelasannya.

Radiasi Ultraviolet

Sinar ultraviolet (UV) dari matahari adalah salah satu bentuk radiasi paling melimpah yang ditemukan dalam hidup kita, karena matahari terus bersinar di planet ini. Ada tiga jenis sinar UV yaitu UVA, UVB, dan juga UVC.

Sinar UVC diserap oleh lapisan ozon di atmosfer, jadi kita tidak perlu khawatir akan bahayanya. Namun, yang perlu diwaspadai adalah sinar UVA dan UVB. Keduanya bisa berdampak negatif bagi mata, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Dalam jangka pendek, radiasi UV dapat menyebabkan fotokeratitis, yaitu peradangan pada korna mata akibat paparan sinar matahari yang terlalu lama. Semakin lama Anda terpapar radiasi UV, semakin tinggi risiko Anda terkena katarak atau degenerasi makula. Oleh karena itu, mengenakan kacamata anti radiasi sangat diperlukan untuk melindungi Anda dari radiasi sinar UV.

Radiasi Blue Light

Radiasi sinar biru atau blue light merupakan jenis radiasi yang berasal dari layar ponsel, laptop, komputer, TV, atau peralatan elektronik lainnya.

Energi radiasi yang dipancarkan sinar biru tidak sebesar radiasi UV. Namun, cahaya biru diduga berdampak buruk bagi kesehatan mata.

sinar biru yang berlebihan pada mata bisa menimbulkan gejala, seperti mata kering, sakit mata, dan gangguan tidur.

Jika mata terpapar sinar biru dalam jangka waktu lama, radiasi tersebut berisiko merusak sel retina dan menyebabkan gangguan penglihatan, seperti degenerasi makula, katarak, bahkan kanker mata.

Namun, keterkaitan cahaya biru dengan kerusakan mata jangka panjang masih membutuhkan penyelidikan lebih lanjut.

Apa Manfaat Dan Fungsi Kacamata Anti Radiasi?

Apa Manfaat Dan Fungsi Kacamata Anti Radiasi?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, penggunaan kacamata anti radiasi adalah untuk melindungi mata dari paparan radiasi yang berlebihan, sehingga mata terhindar dari efek samping yang tidak diinginkan.

Biasanya kacamata anti radiasi dilengkapi dengan lensa khusus yang dapat memblokir sinar radiasi dari matahari dan layar gadget Anda.

Jika Anda cukup sering berada di luar ruangan dan terkena sinar matahari, mengenakan kacamata hitam yang dilengkapi lensa anti radiasi tentunya sangat berguna untuk melindungi mata Anda. Dengan memakai kacamata hitam yang tepat, Anda akan terhindar dari risiko radang kornea, katarak, dan degenerasi makula.

Baca juga :   Cara Mengobati Mata Lelah Sangat Penting Untuk Kesehatan Mata

Sementara itu, manfaat kacamata anti radiasi bagi Anda yang sering beraktivitas di depan layar komputer atau ponsel masih menjadi perdebatan hingga saat ini. Menurut American Academy of Ophthalmology, belum ada penelitian yang membuktikan bahwa cahaya biru dapat menyebabkan kerusakan mata yang serius.

Radiasi sinar biru dari layar gadget terbukti menyebabkan sakit mata dan mata kering. Namun, sebagian besar kondisi ini umumnya disebabkan oleh lamanya waktu yang Anda habiskan untuk menatap layar, bukan karena radiasi dari cahaya biru itu sendiri.

Dengan kata lain, penggunaan kacamata anti radiasi untuk layar komputer atau ponsel sebenarnya tidak terlalu mempengaruhi kesehatan mata Anda. Namun, tak ada salahnya Anda tetap memakainya untuk melindungi mata Anda saat beraktivitas di depan layar.

Selain itu, perlu diingat, meski sudah memakai kacamata anti radiasi, Anda tetap tidak disarankan untuk terlalu lama menatap layar gadget.

Tips Memilih Kacamata Anti Radiasi

Tips Memilih Kacamata Anti Radiasi

Berikut tips memilih kacamata yang tepat untuk melindungi mata Anda:

1. Menghalau 99-100 Persen Sinar UV

Jika Anda memilih sunglasses untuk melindungi mata dari radiasi UV, pastikan Anda memilih kacamata dengan lensa yang menghalangi 99% atau bahkan 100% sinar UV.

Biasanya, lensa plastik dan kaca dapat menyerap sinar UV. Namun, penyerapan sinar UV dapat ditingkatkan dengan lapisan tambahan pada lensa kacamata Anda.

2. Pilih Lensa Dan Ukuran Frame Besar

Semakin lebar ukuran lensa dan bingkai kacamata anti radiasi Anda, semakin kecil risiko terkena sinar matahari.

3. Gunakan Kacamata Dengan Lensa Polarized

Lensa terpolarisasi (polarized) yang memiliki bahan kimia khusus yang dapat membatasi jumlah cahaya yang akan masuk.

Dengan lensa ini, cahaya yang dipantulkan dari objek lain, seperti jalan, jendela, atau cermin tidak akan masuk ke mata Anda. Ini juga dapat membantu Anda mengurangi efek silau pada mata Anda.

Kacamata dengan lensa polarized berbeda dengan kacamata yang dilengkapi dengan radiasi anti UV. Namun sekarang ini banyak lensa polarized yang dikombinasikan dengan lapisan anti UV.

4. Lensa Didesain Dengan Presisi

Anda juga harus memastikan bahwa kacamata yang Anda pilih memiliki kualitas lensa yang baik. Untuk mengetahuinya, kenakan kacamata dan tutup satu mata. Dan Fokuskan penglihatan Anda pada pola persegi atau garis lurus dengan menggunakan satu mata.

Perlahan, gerakkan kacamata Anda dari sisi ke sisi. Jika garis atau bujur sangkar yang Anda lihat tampak bergoyang atau miring, berarti lensa kurang baik.

Jika Anda telah menemukan kacamata anti-radiasi yang sesuai, pastikan Anda menggunakannya setiap kali Anda keluar di bawah sinar matahari. Dengan demikian, kesehatan mata Anda akan selalu terjaga.

Kacamata Anti Radiasi Terbaik

Kacamata anti radiasi dapat membantu Anda mengurangi risiko kerusakan mata. Radiasi yang timbul tidak hanya berasal dari sinar matahari. Barang-barang yang biasa kita gunakan sehari-hari seperti gadget juga memancarkan radiasi yang tidak baik untuk mata kita.

Kacamata anti radiasi bekerja dengan cara memblokir dan mengurangi gelombang radiasi yang masuk dari cahaya yang dipantulkan oleh mata. Jadi mulai sekarang, ada baiknya memakai kacamata anti radiasi sebelum menggunakan komputer atau ponsel.

Model Kacamata Anti Radiasi Yang Bisa Jadi Pilihan

Untuk mendapatkan kacamata anti radiasi, Anda tidak memerlukan resep khusus dari dokter mata. Saat ini banyak terdapat kaca mata yang lensanya telah dilapisi dengan teknologi anti radiasi.

Baca juga :   Lasik Mata Di Jakarta Dengan Harga Yang Lebih Murah

Berikut ini adalah kacamata anti radiasi yang yang dapat membantu Anda menjaga kesehatan mata.

Puma P833

Puma P833

Buat yang mengenal Puma pasti langsung mengira kalau merek ini hanya merilis aksesoris olahraga. Namun, siapa sangka merek Jerman ini juga memproduksi kacamata anti radiasi, yakni Puma P833.

Hal yang menarik dari kacamata anti radiasi seri ini adalah modelnya yang sporty. Sehingga bisa digunakan kapan saja dan memberi kesan lebih muda.

Moscot Lemtosh TR572

Moscot Lemtosh TR572

Moscot merupakan salah satu brand kacamata yang cukup terkenal di kalangan anak muda. Moscot selalu memproduksi kacamata dengan desain frame vintage yang menjadi nilai jual utama merek ini. Selain desain, setiap kacamata yang diproduksi juga memiliki lensa anti radiasi, seperti seri Moscot Lemtosh yang nyaman dipakai saat bekerja.

Desain Porsche P6001

Desain Porsche P6001

Dari namanya saja, produk kacamata ini memang sudah terkenal dengan kemewahannya. Porsche yang dikenal sebagai produsen mobil sport berteknologi tinggi ternyata juga memproduksi kacamata dengan teknologi canggih.

Mungkin karena mata yang sehat menjadi modal utama bagi pengendara mobil. Kacamata anti radiasi buatannya diberi nama Porsche Design P6001. Rangkanya cukup elastis. Anda bisa menyesuaikannya dengan selera dan kenyamanan Anda.

Ionspec Model KID 51

Ionspec Model KID 51

Bagi yang belum tahu, Ionspec merupakan produsen kacamata dengan desain khusus untuk menjaga kesehatan mata.

Misalnya, Ionspec Model KID 51, yang menggunakan lensa anti radiasi dan anti silau, juga dilapisi ion negatif dan infra merah. Kacamata ini sangat cocok untuk terapi bagi penderita minus, plus, dan katarak.

Nobel Franc 041503

Nobel Franc 041503

Franc Nobel adalah produsen kacamata eksklusif. Bagaimana tidak, untuk bisa memiliki kacamata tersebut, Anda harus rela menunggu hingga 7 hari. Apalagi bagi Anda yang ingin memasang lensa minus.

Ini karena bahan asetat yang diaplikasikan pada rangka adalah produk dengan kualitas terbaik. Kacamata ini juga memiliki lensa anti radiasi dan silau yang membuat mata Anda lebih nyaman.

Ionspec Model 29E

Ionspec Model 29E

Kacamata anti radiasi terbaik lainnya dari Ionspec adalah Ionspec Model 29E. Kacamata ini memiliki desain yang trendy dengan bingkai yang terbuat dari plastik sehingga ringan dan nyaman untuk dipakai sehari-hari.

Nobel Franc Louise Light Howlite 041516

Nobel Franc Louise Light Howlite 041516

Kacamata trendi dan elegan lainnya dari Franc Nobel tidak lain adalah seri Franc Nobel Louise Light Howlite 041516. Kacamata ini tidak hanya memiliki desain bingkai yang mewah, tetapi juga dilengkapi dengan lensa anti radiasi untuk memberikan rasa aman bagi mata.

Bagi yang ingin tampil sempurna setiap hari di depan umum dan menjaga kesehatan mata, silahkan pilih kacamata Franc Nobel dalam seri ini.

King’s KY713

Bagi yang memiliki aktivitas keseharian yang berat, sepertinya produk ini cocok untuk melengkapi aktivitas dan menjaga kesehatan mata. King’s KY713 merupakan kacamata safety yang biasa digunakan oleh kontraktor maupun orang-orang di ekspedisi alam.

KING’S KY 8811

King’s juga memiliki kacamata pengaman multifungsi. Kacamata tersebut diberi nama King’s KY8811 yang memiliki desain dinamis. Lensa kacamata ini dilengkapi dengan anti radiasi dan bisa diganti dengan lensa minus untuk penderita miopia.

Kelebihan King’s KY8811 adalah kacamata ini bisa dipakai untuk aktivitas olahraga karena terbuat dari bahan yang sangat kuat.

Cara Mengetes Kacamata Anti Radiasi

Kacamata anti radiasi merupakan kacamata yang memiliki lensa untuk melindungi mata dari bahaya radiasi sinar biru yang dipancarkan oleh smartphone atau komputer.

Baca juga :   Ingin Tanam Bulu Mata? Dan Efek Samping Tanam Bulu Mata

Kacamata anti radiasi didesain dengan lapisan khusus yang dapat mereduksi cahaya biru yang akan masuk ke mata. Sebelum kita membeli kacamata anti radiasi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar setelah membelinya sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan.

Cara Mengetes Kacamata Anti Radiasi

Memilih Lensa

Lensa normal OD / R = 0, OS / L = 0, dalam ukuran netral dan tidak mengganggu penglihatan. Jadi pada dasarnya kacamata murah tidak diukur dari kenetralan lensa, kehalusan permukaan lensa, dan kesejajaran titik tengah.

Dapat menyebabkan sakit mata, penglihatan kabur, sakit kepala, penglihatan ganda, dan dapat menyebabkan katarak dan tumor otak.

Bahan Cat Pada Rangka

Banyak kaca mata murah menggunakan cat yang tidak sesuai dengan standar yang ada dan mengandung bahan berbahaya di dalamnya. Jika kita menggunakan kacamata dengan cat berbahaya, tentunya dapat menyebabkan kulit Anda gatal, iritasi, bahkan terkena kanker.

Karakteristik Anti Radiasi Kamata Asli atau Palsu

Berikut adalah fitur kacamata anti radiasi versi asli atau palsu kami

1. Lensa

Kacamata anti radiasi asli memiliki lensa yang terdiri dari lapisan logam yang dapat menahan radiasi yang datang dari kedua sisi lensa. Kemampuan lensa untuk menahan radiasi berkisar antara 60% hingga 100% tergantung dari bahan pelapis logam, yang mampu menahan atau menangkal adanya gelombang elektromagnetik.

2. Senyawa Yang Terkandung

Dalam kacamata anti radiasi sebenarnya terdapat senyawa logam listrik yang membuat lensa menjadi anti radiasi.

3. Kacamata Pelapis

Kacamata anti radiasi yang terdiri dari lapisan anti silau yang dapat melindungi mata anda dari cahaya yang menyilaukan. Ada juga lapisan keras pada kacamata asli yang pasti akan membedakannya dari kacamata palsu. Kacamata anti radiasi juga tersusun dari logam pelapis kedap air yang tentunya bisa membuat kacamata anti radiasi kedap air.

4. Warna Lensa Pada Kacamata

Untuk kacamata anti radiasi tipe photogrey original. Kacamata ini akan terlihat bening saat berada di dalam ruangan, sedangkan di luar ruangan akan berwarna gelap (hitam atau bahkan abu-abu).

5. Uji Sinar Laser

Dan terakhir, untuk membedakan kacamata anti radiasi asli atau palsu, saat membeli kacamata tersebut, Anda harus mengujinya terlebih dahulu menggunakan laser. Jika disorot pada kacamata biasa kacamata akan tembus cahaya, Namun akan tetapi jika disorot pada lensa anti radiasi, cahaya biru tidak akan menembus.

Sebenarnya untuk membedakan kacamata anti radiasi asli atau palsu sangatlah mudah. Artinya, gunakan saja. Jika kacamata anti radiasi asli, misalnya melihat sebuah lampu, maka kita dapat melihat sebuah lampu yang menyala tanpa ada cahaya di samping lampu tersebut. Namun jika kacamata anti radiasi tersebut palsu maka masih cukup dapat menyilaukan mata anda.

Hal-hal tersebut diatas memang terlihat mendasar Namun bisa dijadikan sebagai pengetahuan, terutama bagi Anda yang akan membeli kacamata anti radiasi. Namun, poin terpenting adalah jika Anda ingin menyesuaikan dengan kebutuhan Anda, konsultasikan dengan dokter Anda atau seseorang yang sudah ahli dalam hal ini. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *