Merawat Rambut Agar Berkilau Yang Sangat Ampuh

Untuk merawat rambut agar berkilau alami, kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang atau pergi ke salon setiap saat, lho. Karena dengan bahan alami, rambut berkilau bisa didapatkan.

Perlu diketahui, ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk dapat merawat rambut anda agar berkilau. Namun, tahukah Anda untuk dapat membuat rambut anda berkilau ada solusi yang lebih mudah dan murah yang bisa langsung untuk dicoba?

Yaitu dengan memanfaatkan bahan – bahan alami, efektif dapat merawat rambut agar berkilau dan bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Bahan – Bahan Alami Untuk Masker Rambut

Bahan - Bahan Alami Untuk Masker Rambut

Lidah Buaya Dan Minyak Kelapa

Salah satu perawatan terbaik untuk rambut berkilau adalah dengan lidah buaya. Lidah buaya merupakan bahan alami yang memiliki khasiat luar biasa.

Diantaranya yang dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut, melembabkan rambut, dan membuatnya tetap berkilau.

Bagaimana membuat:

  • Siapkan bahan – bahannya berupa 2 sendok makan gel lidah buaya dan 1 sendok makan minyak kelapa murni (suhu ruang).
  • Dalam mangkuk, campur kedua bahan. Aduk rata hingga menjadi pasta masker yang kental.
  • Oleskan masker rambut alami ini pada helaian rambut mulai dari tengah hingga ujung rambut menggunakan jari yang bersih. Anda dapat membagi rambut menjadi beberapa bagian agar lebih mudah diaplikasikan.
  • Jika semua helai rambut sudah diolesi masker lidah buaya, Anda bisa memijat kulit kepala secara perlahan. Jika Anda ingin menggunakan masker lidah buaya untuk mengatasi ketombe, Anda bisa mengoleskan lidah buaya terlebih dahulu ke kulit kepala, lalu lanjutkan ke helai rambut.
  • Setelah selesai, sisir rambut Anda dengan sisir bergigi jarang. Hal ini agar masker lidah buaya dapat terserap merata pada helaian rambut Anda.
  • Tutupi rambut Anda dengan topi mandi. Kemudian, bungkus kepala Anda dengan handuk bersih. Anda dapat menggunakan handuk yang direndam dalam air hangat untuk efek pelembab.
  • Biarkan selama 30 menit hingga 1 jam.
  • Bilas rambut menggunakan air dan sampo sampai bersih.
  • Lakukan masker rambut untuk lidah buaya ini seminggu sekali secara rutin.
Baca juga :   Hipnoterapi Jogja Dapat Membantu Mengatasi Masalah Anda

Minyak Zaitun

Minyak Zaitun

Minyak zaitun juga sangat efektif untuk rambut berkilau.
Minyak zaitun kaya akan nutrisi, asam lemak, antioksidan, dan vitamin E yang dapat membantu memperbaiki rambut rusak, melembabkan rambut, dan membuatnya berkilau.

Bagaimana membuat:

  • Panaskan dua atau tiga sendok makan minyak zaitun hingga hangat.
  • Selanjutnya, oleskan ke kulit kepala Anda.
  • Pijat kulit kepala Anda dengan lembut, lalu diamkan selama 15 menit.
  • Saat Anda membiarkannya duduk, disarankan untuk menutupi kepala Anda dengan handuk hangat untuk meningkatkan khasiatnya.
  • Setelah itu, cuci rambut Anda seperti biasa.
  • Anda bisa menggunakan masker alami ini sekali atau dua kali seminggu.

Itulah tips yang bisa Anda terapkan di rumah untuk mendapatkan rambut yang cerah dan berkilau.

Cara Agar Rambut Lembut Dan Jatuh

Sulit untuk tidak merasa iri ketika kita melihat seseorang dengan rambut lembut dan indah. Sementara Anda terjebak dengan rambut kusam dan kasar. Namun, Anda dapat memperbaiki masalah ini dengan rutinitas perawatan rambut yang tepat. Anda dapat memiliki rambut yang halus dan terhidrasi yang akan membuat Anda ingin bermain – main dengan rambut Anda sepanjang hari.

Cara Agar Rambut Lembut Dan Jatuh

Rambut kasar dan rusak bisa disebabkan oleh banyak hal. Bisa jadi karena Anda terlalu sering mewarnai rambut, menggunakan alat styling rambut yang panas, terlalu sering mencuci rambut, menggunakan sampo dengan bahan kimia yang keras, dan lain sebagainya. Lihat tips ini jika Anda ingin tahu cara menjaga rambut Anda agar tetap lembut dan sehat.

Baca juga :   Cara Membedakan Bercak Putih di Mata Akibat Ulkus Kornea dan Katarak

1. Kondisioner

Cara membuat rambut lembut dan rontok adalah dengan menggunakan kondisioner secara rutin. Conditioner adalah bahan pelembab rambut yang biasanya terbuat dari silikon, minyak, dan bahan lainnya. Jika digabungkan, bahan – bahan tersebut memberikan berbagai manfaat bagi rambut kita seperti, memberikan perlindungan dan mencegah kerusakan pada rambut.

Baca juga : Cara Merawat Rambut Pecah Pecah Secara Alami Dan Dengan Vitamin

Dengan kondisioner, Anda memberi rambut Anda nutrisi yang cukup untuk melindunginya dari kerusakan. Kandungan di dalam conditioner juga menutrisi rambut dari akarnya sehingga dapat menjaga kelembapan rambut dan mencegah rambut lepek. Rambut juga menjadi lebih halus dan mudah ditata.

2. Bilas Dengan Air Dingin

Cara membuat rambut lembut dan rontok selanjutnya adalah dengan membilas rambut dengan air dingin karena jika terlalu sering keramas menggunakan air panas, minyak alami yang terdapat pada helaian rambut akan hilang.

Air panas juga dikatakan membuka lapisan kutikula (lapisan luar) helaian rambut dan menyebabkan kesehatan rambut mudah terganggu. Oleh karena itu, coba seimbangkan keramas dengan air dingin agar kutikula rambut kembali menutup.

3. Hindari Keramas Terlalu Sering

Anda tidak perlu mencucinya setiap hari. Jangan mencuci lebih dari yang diperlukan. Keramas yang berlebihan dapat menghilangkan minyak alami rambut Anda. Ini adalah minyak alami di rambut kita yang membantu membuatnya bersinar dan mencegah kerusakan.

4. Masker Rambut

Mengenakan masker rambut secara rutin juga dapat membantu Anda mendapatkan rambut yang lembut dan rontok sesuai dengan impian Anda dengan bahan – bahan alami yang mudah ditemukan. Beberapa bahan alami tersebut adalah pepaya, teh hijau, madu, susu, lidah buaya, minyak zaitun, minyak kemiri, dan minyak kelapa.

Baca juga :   Cara Memilih Suplemen Herbal Yang Bagus Untuk Kesehatan

Cara alami melembutkan rambut ini dapat membantu melembabkan rambut Anda secara efektif sehingga membuatnya terasa lebih lembut. Anda bisa memilih masker rambut yang berfungsi khusus untuk melembutkan rambut. Kemudian, oleskan ke helai rambut basah setelah keramas. Bilas masker setelah dibiarkan selama 10-15 menit.

5. Serum

Jika Anda belum familiar dengan serum rambut, produk ini mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan rambut Anda dalam bentuk cair berupa minyak. Dengan menggunakan serum rambut setelah keramas atau sebelum menata rambut, rambut Anda akan terlindungi dari kerusakan.

6. Kurangi Alat Penata Rambut

Anda perlu membatasi penggunaan alat penata rambut jika ingin memiliki rambut yang lembut dan tidak kasar. Penggunaan alat penata rambut secara berlebihan, seperti pengering rambut, pelurus rambut, pengering rambut, atau peralatan lainnya dapat membahayakan kesehatan rambut.

Panas yang dihasilkan dari alat penata rambut dapat merusak rambut, membuatnya kasar dan rapuh, serta kilau alami rambut juga akan hilang. Jika harus menggunakannya, aplikasikan serum pelindung rambut terlebih dahulu untuk melindungi rambut Anda.

7. Minyak Jojoba & Vitamin E

Bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk melembutkan rambut adalah minyak jojoba yang diekstrak dari tanaman jojoba. Anda dapat menggunakan minyak ini untuk melembabkan dan mengendurkan rambut kaku. Minyak jojoba memiliki manfaat alami untuk menghidrasi dan mengunci kelembapan rambut.

Selain minyak jojoba, vitamin E juga merupakan salah satu bahan alami yang berguna untuk merelaksasi rambut. Antioksidan dalam vitamin E dapat meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh bagian tubuh, termasuk kulit kepala.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat rambut Anda lembut dan jatuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.