Obat Untuk Mata Gatal Lebih Efektif Dalam Mengurangi Peradangan

Ada banyak hal yang menyebabkan mata Anda iritasi dan gatal, salah satunya adalah alergi. Jika Anda mengalami kondisi ini, coba gunakan Obat untuk mata gatal yang terbuat dari bahan – bahan alami di sekitar Anda.

Agar efek obat yang Anda gunakan bisa maksimal, usahakan untuk menghindari faktor – faktor penyebab Anda alergi. Juga, pastikan untuk menghindari hal lain yang mengiritasi mata. Misalnya, asap rokok, polusi udara, atau paparan sinar matahari yang berlebihan.

Karena terbuat dari bahan alami, tidak banyak efek samping yang akan muncul. Namun, Anda tetap perlu berhati – hati untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan.

Obat Untuk Mata

1. Mentimun

Bahan alami pertama yang bisa Anda gunakan sebagai obat sakit mata adalah mentimun. Jenis sayuran ini banyak mengandung antioksidan yang dapat mengatasi iritasi dan peradangan.

2. Kantong Teh

Mengutip dari One Good Thing (onegoodthingbyjillee.com), teh celup mengandung asam tanat yang berguna untuk meredakan rasa gatal pada mata. Caranya, dinginkan teh celup yang sudah direbus. Selanjutnya, letakkan kantong teh di atas kelopak mata yang tertutup.

3. Lidah Buaya

Sakit mata juga bisa diobati dengan menggunakan lidah buaya, lo. Selain mengatasi mata iritasi, penggunaan lidah buaya juga dapat mengatasi berbagai masalah kulit terutama kulit yang terkena paparan sinar matahari secara berlebihan.

4. Air Mawar

Bahan lain yang bisa digunakan untuk mengobati sakit mata adalah air mawar. Celupkan dua lembar kapas ke dalam air mawar dan letakkan di atas mata tertutup Anda. Rasa sakit dan gatal di mata Anda akan cepat hilang setelah menggunakan air mawar.

5. Susu Dan Madu

One Good Thing mengatakan bahwa madu cocok untuk mengobati sakit mata karena mengandung sifat antibakteri. Coba kombinasikan dengan susu hangat agar iritasi mata cepat reda.

Anda hanya perlu mencampur madu dan susu hangat dalam porsi yang sama. Setelah itu, celupkan dua potong kapas ke dalam campuran tersebut dan gunakan pada mata yang tertutup. Diamkan selama 10 menit agar kandungan dalam susu dan madu bisa meredakan iritasi Anda.

Obat Apotik Untuk Mata Gatal

Obat tetes mata untuk mata yang gatal sebenarnya berbeda – beda, mungkin akan membingungkan untuk memilih obat tetes mata yang tepat.

Untuk itu kali ini kami akan memberikan informasi mengenai penyebab mata gatal, kandungan obat tetes mata yang tepat untuk mengobatinya.

Cara Memilih Obat Tetes Mata Untuk Mengobati Mata Gatal

Karena penyebab mata gatal berbeda – beda, maka penting untuk memilih obat tetes mata sesuai dengan gejala yang muncul. Kami akan menjelaskan hal – hal apa saja yang dapat menyebabkan mata gatal dan bahan – bahan yang dapat mengurangi mata gatal.

Pilih Kandungan Bahan Aktifnya Sesuai Dengan Gejala Yang Anda Rasakan

Pilih Kandungan Bahan Aktifnya Sesuai Dengan Gejala Yang Anda Rasakan

Mata gatal bisa disebabkan oleh alergi, infeksi bakteri, atau mata kering karena kelelahan. Yuk pilih obat tetes mata dengan bahan yang tepat untuk mengobati mata gatal sesuai gejalanya.

Untuk Mata Gatal Karena Alergi, Pilih Bahan Anti Alergi Dan Antihistamin

Untuk mata gatal yang disebabkan oleh alergi seperti serbuk sari atau debu rumah, Anda harus melihat seberapa parah gejalanya. Jika mata gatal Anda disebabkan oleh serbuk sari, perlu waktu untuk menunjukkan efek obat tetes mata. Untuk itu,Silakan pilih obat tetes mata yang bertuliskan “alergi” pada labelnya atau mengandung sodium cromoglycate.

Baca juga :   Kebiasaan Ini Bikin Mata Minus Tambah Parah, Yuk Waspada

Sedangkan mata gatal akibat debu hanya bersifat sementara, sebaiknya pilih obat tetes mata yang mengandung antihistamin karena dapat bekerja dengan cepat. Kandungan ini juga ampuh untuk mengurangi rasa gatal pada mata.

Untuk Mata Gatal Karena Disebabkan Oleh Iritasi, Pilih Bahan Anti Inflamasi

Untuk mata gatal disertai peradangan, seperti konjungtivitis, sebaiknya pilih obat tetes mata yang mengandung bahan anti inflamasi, seperti dipotassium glycyrrhizinate dan epsilon-aminocaproic acid. Bahan – bahan tersebut lebih efektif dalam mengurangi peradangan dan meredakan gatal pada mata dibandingkan obat tetes mata biasa.

Baca juga : Air Mata Buatan Yang Paling Cocok Untuk Anda Gunakan

Untuk Mata Gatal Yang Disebabkan Oleh Infeksi Bakteri, Pilih Bahan Antibakteri

Jika mata gatal disebabkan oleh infeksi bakteri, pilihlah obat tetes mata yang mengandung obat sulfa yang bersifat antibakteri. Anda dapat memilih bahan seperti sulfametoksazol di tabel bahan. Selain itu, bahan – bahan seperti benzalkonium klorida yang berfungsi sebagai agen antibakteri selain berfungsi sebagai pengawet.

Meski begitu, obat sulfa bisa menyebabkan alergi, jadi bagi Anda yang memiliki alergi obat harus lebih berhati  -hati. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membelinya.

Penggunaan obat tetes mata untuk mengobati infeksi bakteri biasanya akan dihentikan segera setelah gejala infeksi teratasi. Untuk alasan ini, kami menyarankan Anda memilih produk yang penggunaannya hanya untuk sekali pakai.

Tanpa Bahan Pengawet Untuk Mata Gatal Akibat Kekeringan

Mata gatal bisa disebabkan oleh mata kering, untuk itu anda bisa menggunakan obat tetes mata yang bisa mengobati mata kering. untuk mata gatal akibat kekeringan, Anda perlu berhati – hati dengan bahan pengawet yang digunakan.

Namun, kondisi mata kering akan sangat rentan memburuk jika terkena bahan pengawet. Karena itu, sebaiknya pilih obat tetes mata yang tidak mengandung bahan pengawet. Kebanyakan obat tetes mata untuk mata kering tidak mengandung bahan pengawet, melainkan mengandung bahan untuk melembabkan dan menyehatkan mata. Jadi, pilihlah yang tidak mengandung bahan pengawet jika ingin mengatasi mata kering Anda.

Hindari Mentol Jika Gatal Di Mata Cukup Parah

Untuk mengobati mata gatal, produk yang mengandung mentol yang langsung terasa dingin saat diteteskan akan efektif. Level sensasi pendinginan menthol biasanya ditampilkan dalam beberapa tahapan, seperti level 10, level 7, level 5, dan seterusnya tergantung dari produsennya. Semakin tinggi angkanya, sensasi dingin dan menyegarkan dari mentol akan semakin terasa untuk menekan rasa gatal.

Namun, ternyata produk yang mengandung mentol memberikan efek stimulan yang cukup kuat sehingga bisa menimbulkan kemacetan dan berbagai efek lain yang justru menimbulkan masalah baru. bisa dibilang kandungan mentol efektif untuk mengobati mata gatal ringan, namun sesuaikan penggunaannya sesuai dengan gejala yang Anda alami. Ada juga produk yang tidak mengandung mentol, Anda bisa memilih sesuai dengan tingkat gatal yang Anda rasakan.

Baca juga :   Softlens Hilang Dimata Dan Pertolongan Pertama Softlens Masuk Mata

Periksa Apakah Produk Dapat Digunakan Bersama Dengan Lensa Kontak

Beberapa tetes mata tidak dapat dimasukkan ke dalam mata Anda saat Anda memakai lensa kontak. Jadi, bagi Anda yang memakai lensa kontak, pastikan obat tetes mata yang Anda pilih bisa digunakan saat memakai lensa kontak.

Meski pada kemasannya tertulis aman digunakan saat Anda memakai lensa kontak, sebaiknya gunakan lensa kontak jenis hard lens. Bagi Anda yang menggunakan softlens, sebaiknya cari tahu lebih dalam tentang obat tetes mata ini.

Hindari Terus Menggunakan Produk Yang Mengandung Vasokonstriktor

Mata yang gatal dapat menyebabkan kemacetan atau penyumbatan pada aliran mata. Tak jarang kondisi ini dapat menyebabkan vasokonstriksi atau penyempitan pembuluh darah akibat penyumbatan yang merupakan efek langsung dari kemacetan. Efek jangka panjang dapat menyebabkan pembuluh darah mata menebal dan akan mengakibatkan hiperemia.

Penggunaan obat mata untuk mengatasi vasokonstriksi dapat dilakukan jika kemacetan yang terjadi cukup parah. Silakan pilih obat tetes mata sesuai gejala yang tepat atau jika mungkin konsultasikan ke dokter.

Obat Tetes Mata Untuk Mengobati Mata Gatal

 

Obat Tetes Mata Untuk Mengobati Mata Gatal

Obat tetes mata untuk mengobati mata gatal akibat alergi, infeksi bakteri, dan mata kering. Silakan pilih sesuai dengan gejala yang Anda alami!

1. Visine

Gatal dari matahari dan angin? Bukan masalah lagi! Jika Anda sering bepergian dengan sepeda motor atau melakukan aktivitas di luar ruangan, Visine Tears bisa menjadi solusi mata gatal Anda!

Produk ini yang sangat efektif untuk dapat meredakan iritasi ringan dan rasa panas pada mata yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari dan angin. Mata Anda akan terasa sejuk dan nyaman kembali setelah produk ini dijatuhkan.

2. V. Rohto Baru – Tetes Mata

Mencegah peradangan, mata kering, sekaligus menyehatkan mata, Obat tetes mata dari Rohto ini mengandung dipotassium glycyrrhizinate sehingga efektif meredakan gatal pada mata akibat peradangan. Selain itu, produk yang juga mengandung mentol ini dilengkapi dengan chlorpheniramine maleate yang dapat mengobati mata gatal akibat debu.

Tak hanya itu, obat tetes mata ini juga dapat menyehatkan mata karena mengandung vitamin B5, B6, dan asam amino.

3. Rohto

Jaga kesehatan mata saat bekerja di luar ruangan, Rohto Cool yang mengandung senyawa bernama naphazoline hydrochloride yang digunakan untuk dapat meredakan gatal dan mata merah akibat asap, debu, cuaca dingin, dan lain – lain.

4. Kontak Lycee

Sering mengganti jenis lensa kontak menjadi mata kering? Produk ini solusinya! Produk ini juga diperkaya dengan sodium chondroitin sulfate yang dapat melindungi kornea mata dan juga dapat menjaga kelembapan pada mata.

Selain kaya akan pelembab, obat tetes mata ini bisa meredakan mata kering dan rasa tidak nyaman akibat terlalu sering menggunakan lensa kontak. Jadi, buat kamu yang sering ganti-ganti jenis lensa kontak, mulai dari hard lens, soft lens, lensa O2, lensa kontak sekali pakai hingga yang berwarna, produk ini patut dipertimbangkan!

Baca juga :   Krim Mata Terbaik Dapat Mengatasi Berbagai Masalah Pada Kulit

5. Insto

Jaga agar mata tetap lembab saat harus menghabiskan waktu di depan komputer
Jika Anda menghabiskan banyak waktu di depan komputer atau bermain game di smartphone, produk Insto ini cocok untuk Anda!

6. Cendo Xitrol

Lawan infeksi bakteri pascaoperasi dengan produk ini! Dengan kandungan neomycin sulphate dan polymyxin sulphate B, Cendro Xitrol adalah produk yang tepat untuk Anda gunakan untuk mengobati mata gatal akibat bakteri. Bahan aktifnya juga mampu mencegah infeksi bakteri pasca operasi pada mata. Kemudian, produk ini juga dipercaya efektif dengan deksametason untuk mengurangi pembengkakan.

7. Matafres

Produk ini dibuat tanpa bahan pengawet sehingga aman digunakan dalam jangka panjang dan tidak menimbulkan efek samping pada mata.

Selain itu, kemasannya yang sekali pakai membuat obat tetes mata ini lebih steril dan praktis untuk dibawa bepergian. Sangat cocok untuk Anda yang sering bepergian bukan?

8. Navitae

Produk ini yang mengandung sodium hyaluronate yang dapat melumasi dan juga dapat melembabkan mata yang kering dan lelah akibat penggunaan lensa kontak.

Produk ini juga dapat meningkatkan kenyamanan pada saat anda memakai lensa kontak karena adanya vitamin A yang efektif yang dapat mengurangi kerusakan sel epitel konjungtiva dan kornea.

Cara Mengobati Mata Gatal

Cara Mengobati Mata Gatal

Mata gatal sering membuat Anda ingin mengucek mata. Namun, hal ini dapat mengakibatkan lecet pada kelopak mata dan kerusakan pada kornea mata. Nah, sekarang kami akan menjelaskan bagaimana cara menghilangkan rasa gatal pada mata tanpa menggunakan obat tetes mata.

Gunakan Pencuci Mata (Eye drain) Atau Kompres Dengan Handuk Dingin

Mencuci mata dengan cairan pencuci mata efektif untuk meredakan mata gatal akibat alergi. Produk pencuci mata yang memiliki komponen air mata buatan telah banyak dijual di pasaran dan aman untuk mata. Cairan tersebut juga akan membersihkan debu dan serbuk sari yang menempel di mata.

Selain itu, Anda juga bisa mengompres mata dengan menggunakan handuk dingin. Sensasi dingin dapat mengurangi produksi histamin yang dapat menyebabkan gatal pada mata.

Gunakan Kacamata Saat Bepergian

Penggunaan kacamata tidak dapat mengobati mata yang gatal, tetapi dapat mencegah masuknya debu dan serbuk sari ke dalam mata. Saat ini sudah banyak produk kacamata dengan tampilan stylish dan mampu menahan debu atau serbuk sari hingga 98% yang dijual di pasaran. Dengan banyaknya desain yang tersedia, Anda tidak perlu khawatir dengan penampilan Anda. Jadi, mengapa tidak mencobanya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *