Penyebab Mata Plus Dan Cara Mengatasi Mata Plus

Mata plus bisa terjadi kepada siapa saja, dari anak-anak bahkan hingga orang dewasa. Dan ada berbagai penyebab mata plus serta cara untuk dapat membantu meningkatkan fungsi penglihatan bagi penderita mata plus, baik dengan menggunakan kacamata, lensa kontak, maupun melalui prosedur pembedahan.

cara mengobati mata plus tradisional

Plus eye atau rabun dekat merupakan gangguan penglihatan yang membuat penderitanya sulit melihat benda dari jarak dekat. Mereka benar-benar dapat melihat sesuatu yang jauh dengan jelas. Bagaimana bisa? Pada mata normal, cahaya yang masuk ke mata jatuh tepat di retina. Tapi di mata plus, cahaya tertinggal di belakang retina.

Cahaya bisa tertinggal di belakang retina bukan tanpa sebab. Bisa jadi dikarenakan memang ada masalah gangguan pada mata kita. Misalnya lensa mata tidak bisa fokus dengan baik, kornea mata terlalu datar, bola mata kita terlalu pendek, atau lensa mata menjadi kaku seiring bertambahnya usia. Selain itu, penderita mata plus bisa menularkan kondisi ini kepada anak-anaknya.

Berbagai Cara Mengatasi Penyebab Mata Plus

Agar bisa melihat objek dari jarak dekat dengan jelas, Penyebab mata plus bisa diperlakukan dengan berbagai cara. Mulai dari yang sederhana, seperti memakai kacamata atau lensa kontak, hingga prosedur pembedahan yang lebih rumit. Perawatan ditujukan untuk menekuk cahaya agar jatuh tepat di retina mata.

Kacamata

Kacamata disebut sebagai cara teraman, termurah dan termudah untuk menangani mata plus. Kita juga bisa memilih bentuk, model, warna, dan bahan kacamata sesuai dengan keinginan dan budget kita. Namun sebelum anda membeli kacamata, Anda juga perlu melakukan pemeriksaan mata ke dokter mata untuk mendapatkan resep kacamata yang sesuai dengan kondisi mata Anda.

Lensa Kontak

Jika Anda tidak suka kacamata, Anda bisa memilih lensa kontak plus perawatan mata Anda. Lensa kontak dapat memberikan tampilan yang lebih jelas dan lebih luas, tetapi harganya cenderung lebih mahal daripada kacamata dan membutuhkan kebersihan dan perawatan yang lebih telaten. Oleh karena itu, lensa kontak dinilai lebih cocok digunakan oleh remaja dan dewasa.

Operasi

Tidak ingin menyatukan, merawat, dan mengganti kacamata atau lensa kontak? Operasi refraktif bisa jadi solusinya. Prosedur pembedahan ini dilakukan agar dapat mengubah bentuk kornea mata secara permanen. Cara ini terdiri dari beberapa jenis yaitu:

LASIK. Operasi LASIK adalah tindakan medis untuk menghilangkan lapisan di bagian tengah kornea menggunakan laser, kemudian mengubah bentuk kornea untuk meningkatkan fungsi penglihatan.

Baca juga :   Tips Merawat Lensa Kontak Yang Digunakan Dengan Benar

LASEK. Dapat membentuk kembali lapisan di luar kornea dan dapat memperbaiki kelengkungannya kembali.

PRK. Membentuk kembali kornea menggunakan sinar laser dengan terlebih dahulu menghilangkan area permukaan epitel mata. dan kemudian epitel akan tumbuh kembali dengan mengikuti bentuk kornea yang baru.

CK. Menggunakan energi frekuensi radio untuk mentransfer panas ke titik-titik kecil di sekitar kornea.

Setelah operasi, Anda mungkin mengalami beberapa komplikasi seperti mata kering, infeksi, dan pembentukan jaringan parut pada kornea. Bahkan setelah operasi ada risiko gangguan penglihatan yang terus-menerus.

Untuk menentukan obat mata plus mana yang paling cocok, Anda harus berkonsultasi dengan dokter mata terlebih dahulu. Juga, jangan lupa untuk pergi ke dokter mata setiap dua atau empat tahun untuk memeriksakan mata Anda. Lihat juga : Mata Kabur Sebelah Penyebab Mata Kabur Dan Cara Mengatasinya

Ciri Ciri Mata Plus

Sebagai indra penglihatan, tentunya mata memiliki fungsi yang sangat penting. Gangguan pada penglihatan juga dapat menurunkan fungsinya, salah satunya adalah penyebab mata plus. Lantas, apa saja ciri mata plus?

Ciri Ciri Mata Plus

Ketahui Tentang Rabun Jauh

Rabun jauh atau mata plus adalah suatu kondisi dimana seseorang dapat dengan jelas melihat suatu benda yang jauh, tetapi suatu benda yang dekat terlihat tidak jelas. Dalam istilah medis, kondisi ini dikenal dengan istilah hyperopia.

Kondisi ini bisa dialami siapa saja, termasuk anak-anak. Salah satu faktor risiko mata plus adalah riwayat keluarga. Perlu diketahui, tingkat keparahan plus mata bisa memengaruhi kemampuan fokus.

Seseorang dengan mata plus parah mungkin dapat melihat objek dengan jelas dari jarak yang sangat jauh. Sementara itu, seseorang dengan kondisi yang lebih ringan mungkin bisa melihat dengan jelas benda-benda yang ada di dekatnya.

Sebelum Mengetahui Ciri Mata Plus, Ketahui Dulu Penyebabnya

Pada bagian mata, terdapat dua bagian yang bertanggung jawab atas kemampuan fokus, yaitu kornea dan lensa. Kornea adalah bagian depan mata yang jernih yang dapat menerima dan memfokuskan cahaya yang masuk ke mata.

Lensa adalah struktur transparan di dalam mata yang membuat sinar cahaya terfokus pada retina. Mata fokus pada sinar cahaya dan mengirimkan gambar dari apa yang Anda lihat ke otak. Ketika mata plus muncul, sinar cahayanya tidak terfokus sebagaimana mestinya.

Kornea dan lensa berperan dalam memfokuskan gambar secara langsung pada permukaan retina yang terletak di belakang bola mata. Mata plus terjadi ketika cahaya tidak dibiaskan dengan baik melalui kornea atau lensa, yang dapat menyebabkan cahaya tertinggal di belakang retina, bukan di retina.

Baca juga :   Buah Untuk Vitamin Mata Dan Sayuran Untuk Menjaga Kesehatan

Di sisi lain, mata plus juga bisa terjadi jika ukuran bola mata lebih pendek dari ukuran normalnya, seperti dilansir Healthline.

Apa Ciri – Ciri Mata Plus?

penyebab mata plus di usia muda

Saat mata plus muncul, mata harus bekerja keras untuk melihat objek dari jarak dekat. Ini bisa menyebabkan mata lelah (eyestrain). Berikut ciri-ciri mata plus yang perlu Anda ketahui.

  • Kesulitan memfokuskan pada objek dalam jarak dekat
  • Objek jarak dekat mungkin tampak buram
  • Menyipitkan mata atau mempertajam mata untuk melihat dengan jelas
  • Kelelahan mata juga bisa terjadi, yang ditandai dengan rasa tidak nyaman di dalam atau di sekitar mata

Sakit kepala setelah membaca atau melakukan tugas lain yang membutuhkan fokus pada sesuatu dari jarak dekat

Jika fitur mata plus terjadi dan parahnya mata plus dapat mengganggu Anda untuk melakukan tugas atau menjalankan aktivitas sehari-hari, sebaiknya segera hubungi dokter.

Pasalnya, jika kondisi ini tidak segera ditangani, kondisi mata lain bisa berkembang, seperti ambliopia atau bahkan strabismus.

Ciri – Ciri Mata Plus Harus Diperhatikan, Ini Merupakan Komplikasi Dari Rabun Dekat

Seperti diketahui, ciri mata plus harus segera dibenahi. Ada beberapa komplikasi dari rabun dekat, di antaranya:

Mata juling (strabismus): Pada anak-anak, strabismus dapat berkembang jika rabun dekat yang signifikan belum diobati. Kacamata dengan desain khusus bisa mengatasi masalah ini

Memengaruhi kualitas hidup: Jika rabun dekat tidak ditangani, orang dengan kondisi ini mungkin tidak dapat tampil sebaik yang diinginkan. Penglihatan yang terbatas akibat kondisi ini juga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari

Kelelahan mata: Kelelahan mata atau sakit kepala juga bisa terjadi karena mempertahankan fokus

Bagaimana Pengobatan Untuk Mata Plus?

Tujuan dari perawatan mata plus adalah untuk membantu agar cahaya tetap fokus pada retina. Beberapa perawatan untuk kondisi ini meliputi:

1. Penggunaan Kacamata

Bergantung pada tingkat keparahan rabun dekat, kacamata mungkin diperlukan untuk meningkatkan fungsi penglihatan.

2. Lensa Kontak

Lensa kontak tersedia dalam berbagai bahan dan desain. Sebagai gantinya, tanyakan kepada dokter Anda terlebih dahulu tentang keamanan penggunaan lensa kontak untuk mengatasi kondisi ini.

3. Operasi Refraktif

Pada dasarnya, operasi refraksi dilakukan untuk mengatasi rabun jauh (miopia). Namun, prosedur ini juga bisa dilakukan untuk mengatasi rabun dekat. Prosedur ini menangani rabun dekat dengan membentuk kembali lengkungan kornea. Operasi refraksi meliputi:

  • Keratomileusis in situ dengan bantuan laser (LASIK)
  • Keratomileusis epitel laser (LASEK)
  • Keratektomi fotorefraktif (PRK)
  • Keratoplasti konduktif (CK)
Baca juga :   Pembuluh Darah Mata Dan Jenis - Jenis Pembuluh Darah

Nah, itulah beberapa informasi mengenai ciri mata plus, penyebab, dan pengobatannya. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut terkait kondisi ini, jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter, ya.

Cara Mengukur Mata Plus

Setiap orang berpotensi mengalami gangguan penglihatan seperti rabun jauh (mata minus) atau rabun jauh (mata plus) baik karena faktor genetik, kebiasaan, lingkungan, maupun faktor usia.

Cara Mengukur Mata Plus

Untuk mengetahui ukuran mata minus atau plus, kebanyakan orang memeriksakan mata ke optik atau dokter mata untuk mengetahui ukuran mata minus atau plus, namun untuk mengetahui ukuran mata minus atau plus bisa dilakukan. di rumah, Atau pergilah ke dokter mata.

Keuntungan & Kerugian Cek Sendiri Di Rumah

Keuntungan

  • Menghemat waktu, biaya dan tenaga
  • Bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun
  • Cepat mengetahui hasilnya

Kekurangan

  • Hasilnya tidak 100% akurat

Alat

  • Buku catatan dan pena untuk menulis
  • Alat ukur (bisa penggaris dll)
  • Kartu Snellen atau kertas / buku dengan tulisan (sebagai obyek yang dilihat)

langkah-langkah untuk mengukur ukuran mata minus / plus

A. Untuk Mata Minus (Rabun Jauh)

  • Lihatlah kartu Snellen atau kertas / buku yang sebelah matanya ada satu bergantian
  • Mencari jarak terjauh yang masih bisa dilihat dengan jelas menggunakan alat ukur

Tips: Jarak pandang terjauh diperoleh dengan mengukur menggunakan alat ukur dari alis ke benda yang dilihat

  • Masukkan rumus dan hitung

mengobati mata plus dengan madu

Informasi

PR = ujung mata (punctum remotum)

Contoh: Seseorang memiliki jarak terjauh yang masih dapat dilihat dengan jelas sejauh 50 cm. Berapa ukuran mata minusnya?
Jawab: P = – 100: 50 = -2
Jadi dia minus -2 mata

B. Untuk Mata Plus

  • Langkahnya sama seperti mengukur mata minus tetapi carilah jarak terdekat yang masih bisa terlihat dengan jelas menggunakan alat ukur
  • Masukkan rumus dan hitung

obat mata plus di apotik

Informasi
Sn = jarak baca normal (25 cm)
PP = titik dekat mata (punctum proximum)

Contoh: Saat anda membaca maka bacaannya dijauhkan 45 cm, berapa plus size matanya?
Jawab: P = ((100: 25) – (100: 45)) = + 1,77 dibulatkan + 1,75
Jadi mata plus + 1,75

Begitulah cara mengukur sendiri ukuran minus / plus di rumah.
Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.