Cara Agar Mata Tidak Sayu Tampil Bersemangat Dan Menarik

Tidak peduli seberapa tampan ataupun cantik seseorang, jika matanya sayu, Maka tetap akan membuatnya terlihat kurang menarik. Glazed eyes memang bisa mematikan kesan bersemangat dan energik pada diri seseorang. Untuk itu ketahui penyebab mata sayu dan cara mengatasinya.

cara agar mata tidak sayu

 

Apa Yang Dimaksud Dengan Mata Sayu?

Mata yang terkulai menggambarkan kondisi mata di mana kelopak mata bagian atas terkulai, yaitu area di mana terdapat kantong, terkadang disertai dengan lingkaran hitam di sekitar mata.

Apa Penyebab Mata Sayu?

Ada alasan mengapa mata seseorang bisa terkulai, lelah, atau tampak terus-menerus seperti mengantuk. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Kurang Tidur

Jika seseorang kurang tidur, Maka otomatis matanya akan nampak mengantuk atau terus lesu karena kantuk. Kurang tidur atau begadang juga bisa membuat darah di jaringan otot mata kekurangan oksigen sehingga mata anda terlihat lelah setelah bangun tidur.

2. Kebiasaan Merokok

Anda mungkin akan menyangkal alasan pertama karena Anda sudah merasa sudah cukup tidur. Namun, jika anda memiliki kebiasaan buruk seperti merokok juga dapat menyebabkan mata terkulai.

Seperti yang kita ketahui bersama, Bahwa asap rokok mengandung racun dan radikal bebas yang tidak hanya merusak paru-paru, Namun akan tetapi juga bagian tubuh lain termasuk jaringan pada mata. Asap rokok juga dapat menghambat kelancaran peredaran darah ke seluruh tubuh anda.

Jika peredaran darah anda terganggu maka oksigen di mata juga akan berkurang. Asap rokok juga membuat syaraf pada mata mudah teriritasi dan kurang elastis sehingga mudah kendor.

3. Mata Jarang Beristirahat Jadi Lelah

Jika dalam keseharian Anda selalu berkutat dengan :

  • Mengemudi
  • Membaca buku
  • Menulis atau mengecek catatan
  • Menonton TV
  • Menatap layar komputer atau ponsel,

maka itu juga bisa menyebabkan mata berkaca-kaca. Saat anda melakukan berbagai aktivitas tersebut, biasanya mata anda jarang diistirahatkan.

Jika mata anda terus menerus menyala, itu akan membuat mata anda lelah dan juga kering. Selain itu, radiasi elektromagnetik dari layar juga dapat membebani organ visual, yang akan dapat merusak saraf dan jaringan otot pada mata.

4. Pencahayaan Minimal

Menatap benda-benda kecil seperti tulisan atau benda lain di ruangan yang remang-remang juga bisa membuat mata cepat lelah dan cepat kering.

5. Dehidrasi

Ternyata kurang minum juga tidak hanya berdampak pada kulit atau bibir lho, tapi juga bisa membuat mata anda terlihat kurang segar. Selain anda kurang minum, dehidrasi juga bisa disebabkan seseorang mengalami diare atau juga muntah.

Saat tubuh anda kekurangan air, produksi air mata otomatis akan menurun. Karena itu, pastikan Anda tetap terhidrasi sepanjang hari, terutama saat musim panas tiba.

6. Sering Menangis

Kebiasaan menangis, entah karena tergerak untuk mendengar kepercayaan orang lain, efek menonton drama, atau berduka, juga bisa membuat mata sedih. Saat kita menangis, saraf di mata juga akan menjadi tegang dan terus menekan otot di sekitarnya untuk merangsang produksi air mata. Yang akan terjadi pembengkakan sehingga setelah tampak bengkak mata berubah menjadi sayu.

7. Kekurangan Zat Besi

Jika mata anda terus menerus berkaca-kaca, juga bisa jadi itu pertanda tubuh kekurangan zat besi. Saat anda kekurangan zat besi membuat pembuluh darah di sekitar mata melebar sehingga mata menjadi bengkak dan sayu.

8. Cedera

Cedera pada mata yang memengaruhi otot atau saraf juga bisa menyebabkan mata berkaca-kaca.

Baca juga :   Cara Mengencangkan Kelopak Mata Atas Yang Sangat Ampuh

9. Masalah Kesehatan

Ada gangguan kesehatan tertentu yang juga bisa memengaruhi penampilan mata, yang semula terlihat segar, berubah menjadi tampilan kusam. Beberapa di antaranya karena:

  • Alergi.
  • Angioedema (bengkak di bawah kulit sebagai reaksi alergi).
  • Blepharitis (infeksi pada kelopak mata karena kelenjar yang terlalu produktif di dekat bulu mata anda).
  • Selulitis orbital (infeksi mata bakteri).
  • Distrofi otot okulofaringeal (kelainan otot genetik langka yang akan muncul sekitar usia anda 40-60 tahun).
  • Myasthenia gravis (kelainan autoimun kronis yang membuat otot lemah).
  • Bell ‘palsy (kelumpuhan yang bersifat sementara pada salah satu sisi otot wajah).
  • Multiple sclerosis (penyakit autoimun yang dapat menyebabkan tubuh menyerang mielin / selaput pelindung otak dan saraf tulang belakang pada mata).
  • Tumor di kelopak mata atau lekuk mata.

10. Usia

Seiring dengan bertambahnya usia seseorang, Maka mengendurnya kulit di tingkat wajah juga bisa membuat mata terlihat terkulai. Tak hanya itu, usia tua juga menyebabkan otot mata semakin kendur sehingga tampak semakin kendur.

11. Faktor Genetik

Jika salah satu atau kedua orang tuanya memiliki karakter mata terkulai, maka biasanya bisa juga diturunkan kepada anak-anak anda.

Cara Mengatasi Mata Sayu

Cara untuk mengatasi mata sayu sebenarnya sangat bergantung pada penyebabnya. Jika penyebabnya adalah genetik, mungkin tidak ada banyak hal yang bisa dilakukan.

Cara Mengatasi Mata Sayu

Untuk itu, Anda bisa mengelabui tampilan mata agar terlihat lebih segar dengan memakai riasan.

Dan jika penyebabnya adalah karena cedera atau juga penyakit tertentu seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Maka anda mungkin akan memerlukan bantuan dokter untuk memulihkan kondisi mata yang sayu.

Terlepas dari kondisi tersebut, untungnya kita tidak perlu untuk ke dokter untuk mengembalikan glazed eyesnya. Kamu hanya perlu mempraktikkan tips berikut jika ingin tampilan mata sedih langsung segar.

1. Berkedip

Tindakan untuk mengedipkan mata juga bisa meningkatkan produksi cairan di mata anda agar mata tidak mengering dan juga tetap lembab.

2. Kompres Saja

Jika Anda histeris saat anda melihat ukuran kantung mata Anda setelah bangun tidur, maka jangan anda tunda lagi untuk segera mengompresnya. Ada beberapa bahan alami yang bagus untuk dapat anda gunakan dalam proses mengompres dan semuanya ada di dapur rumah Anda. Bahan alami tersebut adalah:

  • Kantong teh

Setelah anda selesai menyeduh teh, Maka rendam kantong teh sebentar ke dalam air es, lalu letakkan di atas mata sebagai kompres untuk melancarkan pembuluh darah pada mata anda.

Kantong teh

Kandungan kafein yang ada dalam teh juga terbukti bisa mengurangi bengkak pada mata anda. Setelah 5 menit berlalu, perbedaan pasti sudah dimulai. Dan bila anda sudah selesai mengompres, maka jangan anda membuang kantongnya begitu saja. Simpan lagi di lemari es untuk dapat digunakan kembali setelah bekerja.

  • Timun

Selain teh celup bekas, irisan ketimun juga bisa menenangkan mata yang anda yang sayu. Alasan mentimun bisa membantu mata terkulai karena sayuran ini mengandung silika yang berfungsi sebagai kolagen sintetis.

  • Sendok

Jika di rumah Anda tidak memiliki bahan alami yang dapat digunakan untuk mengompres mata sayu, maka Anda bisa menggunakan bagian belakang sendok. Caranya sangat mudah, Yaitu cukup dinginkan sendoknya sebentar, entah dengan memasukkannya ke dalam freezer atau anda mencelupkannya ke dalam air dingin.

Setelah sendok mengering, segera anda letakkan bagian belakang sendok pada kelopak mata selama 1 menit, dan dapatkan tampilan mata anda yang segar kembali.

  • Kain Dingin
Baca juga :   Cara Penggunaan Obat Tetes Mata Sesuai Dengan Kebutuhan

Jika Anda tidak memiliki mentimun, Anda juga bisa menggunakan kain bersih atau handuk yang dibasahi air dingin.

  • Masker Mata Es

Anda hanya perlu mendinginkan masker mata es dan kemudian anda memakainya. Selain praktis dan tidak repot, produk ini juga dapat digunakan berulang kali sehingga lebih hemat.

Berbicara tentang efek yang mengerikan dari sensasi dingin pada mata, Anda tidak disarankan untuk mengoleskan es langsung ke kelopak mata.

3. Jalani Gaya Hidup Sehat

Pola hidup sehat selalu juga dapat menghindarkan kita dari berbagai gangguan kesehatan termasuk dengan mata sayu, salah satunya. Selain dengan menjaga pola makan, berolahraga secara teratur, Dan cukup tidur, mengatasi stres, dan cukup minum air putih.

4. Kurangi Aktivitas Yang Memperburuk Mata

Jika dalam keseharian Anda cuma sibuk berkutat di depan layar komputer atau ponsel, maka di luar jam-jam tersebut, minimalkan penggunaannya. Dan jangan lagi menatap layar ponsel atau komputer saat anda di rumah.

Istirahatkan mata mata anda sebanyak mungkin setiap 20 menit dengan mengarahkan mata ke depan. Tataplah ke objek yang berjarak enam meter selama dua puluh detik agar ketegangan indera penglihatan anda dapat berkurang.

Alternatif lain juga bisa anda lakukan dengan menutup mata selama beberapa menit. Anda juga bisa istirahat 15 menit setiap 2 jam, dan saat mata mulai terasa kering, sering-seringlah berkedip seperti saran no. 1. Bahkan jika memungkinkan, mengapa tidak tidur siang sebentar di kantor setelah makan siang ?! Tidur 30 menit saja sudah bisa mengistirahatkan tubuh dan mata agar segar kembali.

5. Relaksasi Mata

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Yaitu salah satu pemicu mata melorot adalah rasa lelah. Karenanya, tidak ada salahnya mencoba teknik relaksasi mata untuk mengurangi bengkak, kemerahan, dan mata lelah.

Anda juga bisa memejamkan mata anda sejenak, lalu membukanya, Dan kemudian melirik ke kiri selama beberapa detik, dan ke kanan selama beberapa detik, lalu ke atas dan ke bawah.

6. Gunakan Tetes Mata

Bekerja secara rutin di ruangan ber-AC tidak hanya dapat mengeringkan kulit Anda, Namun akan tapi juga mata Anda. Jika solusi nomor 1 tidak berhasil, maka tidak ada salahnya juga untuk membeli obat tetes mata yang dapat membantu melembabkan mata Anda. Yang pasti, Dan gunakan produk tersebut dengan bijak agar tidak melebihi dosis yang telah dianjurkan.

Mata Sayu Menandakan

Pernahkah Anda melihat orang yang matanya selalu terlihat mengantuk atau kurang tidur? Biasanya kondisi ini disebut dengan mata terkulai. Namun dalam istilah medis, kondisi ini disebut dengan ptosis atau blepharoptosis.

Mata Sayu Menandakan

Mata yang tampak sayu sebenarnya tidak berbahaya, selama kelopak mata yang terkulai tidak menutupi hampir seluruh bola mata. Kondisi ini bisa muncul di satu mata, atau keduanya.

Selain itu, mata yang terkulai belum tentu merupakan kondisi bawaan. Pasalnya, dalam beberapa kasus, mata baru terbentuk saat mereka dewasa.

Apa Sebenarnya Penyebab Mata Sayu?

Keenam kondisi ini bisa menyebabkan mata menjadi terkulai, mulai dari kelainan sejak lahir hingga kelainan otot.

Kelainan Sejak Lahir:

Bayi yang lahir dengan mata terkulai memiliki kelainan perkembangan otot yang mengangkat kelopak mata bagian atas.

Jika kelopak mata yang turun menutupi pandangan bayi, maka diperlukan operasi untuk memperbaikinya. Pembedahan juga penting dilakukan untuk mencegah bayi kehilangan kemampuan melihat di kemudian hari.

Baca juga :   Kelainan Refraksi Mata Adanya Perubahan Bentuk Kornea

Gangguan Saraf

Kelopak mata kita, bisa bergerak karena otot. Sedangkan otot-otot ini diatur oleh saraf. Jika saraf rusak, kelopak mata akan menjadi lebih “terkulai” dan sulit untuk kembali ke posisi semula dengan sendirinya.

Proses Penuaan

Penuaan adalah penyebab paling umum yang bisa membuat mata terlihat lesu pada orang dewasa. Efek jangka panjang dari gravitasi dan penuaan, membuat otot bertanggung jawab untuk mengangkat kelopak mata.

Penyakit Mata

Penyakit Mata

Dalam beberapa kasus, tetes mata juga dapat terjadi karena kerusakan akibat infeksi, tumor, atau benturan pada mata. Selain itu, kerusakan mata juga bisa terjadi karena kebiasaan menggosok mata terlalu keras, menggunakan lensa kontak yang kaku, dan akibat operasi mata.

Myasthenia Gravis

Mata berkaca-kaca bisa menjadi salah satu gejala awal miastenia gravis. Penyakit ini jarang terjadi dan dapat menyebabkan otot di sekitar mata menjadi terlalu lemah untuk menahan kelopak mata di tempatnya.

Tak hanya di bagian mata, penyakit ini juga bisa menyerang otot lain di tubuh, seperti tangan, kaki, dan wajah.

Gangguan Otot

Salah satu kelainan otot yang dapat menyebabkan mata terkulai adalah distofi otot okulofaringeal. Penyakit ini dapat mempengaruhi cara gerak mata dan menyebabkan penderitanya kesulitan menelan makanan.

Jenis gangguan otot lain yang dapat menyebabkan mata terkulai adalah opthalmoplegia eksternal progresif. Kondisi ini bisa menyebabkan mata terkulai, gangguan pergerakan mata, dan gejala lain yang melibatkan tenggorokan bahkan otot jantung.

Apa Pengobatan Untuk Mata Sayu?

Apa Pengobatan Untuk Mata Sayu?

Pengobatan untuk mata sayu, bisa bermacam-macam, tergantung tingkat keparahannya. Padahal, ada kemungkinan kondisi ini tidak memerlukan pengobatan. Pasalnya, mata sayu jarang menimbulkan keluhan atau gangguan kesehatan lainnya.

Namun bila diperlukan, berikut beberapa langkah perawatan yang bisa dilakukan:

Operasi

Dalam beberapa kasus, orang yang memiliki mata yang terlalu sayu, perlu dioperasi untuk mengatasinya. Dokter akan melakukan operasi untuk mengencangkan otot di sekitar mata, agar kelopak mata bisa terlihat lebih terangkat.

Prosedur pembedahan ini umumnya dianggap aman untuk dilakukan. Meski begitu, risiko komplikasi tetap ada.

Pengobatan Sesuai Penyebab Penyakit

Jika mata disebabkan oleh riwayat penyakit tertentu, dokter biasanya akan memilih untuk menangani kondisi yang mendasarinya. Bila penyakitnya bisa sembuh dengan baik, maka Anda tidak perlu lagi khawatir dan malu karena mata sayu.

Penggunaan Kacamata Khusus Untuk Mata Sayu

Kacamata yang khusus dibuat untuk mata terkulai memiliki pegangan yang dapat menahan kelopak mata agar tidak terjatuh. Perawatan ini biasanya dipilih saat mata tertekan sementara, atau pasien tidak dapat dioperasi karena suatu alasan.

Bisakah Mata Terkulai Dicegah?

Sayangnya, mata yang terkulai tidak bisa dicegah. Jadi, Anda perlu mengenali gejalanya sejak dini dan segera memeriksakannya ke dokter mata, untuk mencegah keparahannya.

Glazed eyes tidak bisa dianggap enteng, karena lama kelamaan akan memengaruhi kemampuan Anda untuk melihat. Semakin lama Anda menunda pengobatan, semakin besar risiko mata yang berkaca-kaca semakin buruk, semakin besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *