Warna Mata Manusia Berdasarkan Warna Mata Dunia

Manusia dilahirkan dalam berbagai cara, salah satunya tentang warna mata atau lebih tepatnya bola mata. Tidak hanya coklat, tapi ada juga warna biru, hijau sampai heterochromia atau multicolor. Sebagian besar warna mata manusia coklat.

Sedangkan 2% penduduk bermata hijau dan 10% bermata biru. 86% orang di Irlandia dan Skotlandia memiliki salah satu dari dua warna ini.

untuk albino umumnya memiliki mata merah, akibat kurangnya pigmentasi pada mata yang kemudian mengekspos pembuluh darah di bawah mata.

Beberapa orang juga mengatakan bahwa mata adalah jendela jiwa. Yang lain mengatakan itu mencerminkan lanskap genetik yang beragam.

Warna Mata Manusia

Berikut jumlah penduduk penduduk dunia berdasarkan warna mata dunia, dari yang paling besar sampai yang paling langka:

1. Mata Coklat – 70% Sampai 79%

Mayoritas penduduk dunia memiliki mata coklat. Faktanya, antara 70% dan 80% orang memiliki mata coklat, menjadikannya warna mata manusia yang paling umum di dunia.

Jika Anda memiliki mata coklat, kemungkinannya turun dari salah satu orang tua Anda.

Warna bola mata sebagian bersifat genetik. Warna coklat dianggap paling dominan. Artinya, jika salah satu orang tua Anda memiliki warna mata selain cokelat meskipun yang lainnya tidak, kemungkinan besar Anda memiliki mata cokelat.

Warna mata manusia dapat ditentukan dengan cara iris menyebarkan cahaya saat melewatinya. Ini dikenal sebagai hamburan Rayleigh, dan jumlah melanin di kulit Anda. Melanin adalah pigmentasi kulit yang diproduksi oleh tubuh kita, semakin banyak melanin yang diproduksi, Maka semakin gelap warna pada mata.

2. Bola Mata Biru – 8% hingga 10%

Bola mata biru adalah jenis paling umum kedua di Bumi pada manusia.

Hanya antara 5% dan 10% manusia yang dapat membanggakan warna biru bola mata mereka. Menariknya, mutasi genetik ini diperkirakan terjadi antara 6.000 dan 10.000 tahun yang lalu, yang dikatakan sebagai asal mula warna mata ini.

Mutasi tersebut menghasilkan sakelar yang dapat mematikan mekanisme genetik untuk mata coklat. Jadi, jika Anda memiliki mata biru dan Anda bertemu dengan orang yang memiliki warna mata yang sama, dapat dikatakan Anda memiliki nenek moyang yang sama.

3. Bola Mata Berwarna Hazel – 5%

Pemilik bola mata yang berwarna hazel mata yang memiliki kombinasi warna pada irisnya. Ada campuran hijau dan oranye atau emas yang hampir sama dengan warna mata kucing.

Meskipun hampir semua orang dapat memiliki warna ini, Namun warna seperti ini yang paling sering ditemukan di Afrika Utara, Timur Tengah, Brasil, dan orang-orang keturunan Spanyol.

4. Bola Mata Amber – 5%

Seperti mata berwarna hazel, mereka hanya sedikit, hanya 5% dari populasi dunia.

Bola mata kuning ini berwarna coklat muda, terkadang seperti oranye-coklat. Orang-orang dengan keturunan Asia, Spanyol, Amerika Selatan, dan Afrika Selatan bisa dibilang lebih cenderung memiliki bola mata yang berwarna kuning.

5. Mata Abu – Abu – 3%

Beberapa orang yang dapat memiliki warna mata yang sama dengan kucing. Mengapa demikian?

Orang dengan mata abu-abu memiliki iris yang tidak mengandung banyak melamin serta kolagen, yang dikenal sebagai stroma. Akibatnya, menghalangi munculnya warna biru di mata mereka, yang pada akhirnya menghasilkan rona abu-abu.

6. Mata Hijau – 2%

Seperti zamrud yang berkilauan, mata hijau adalah warna paling langka di dunia. Beberapa daerah yang memiliki konsentrasi orang bermata hijau yang sangat besar.

Meskipun jarang ditemukan di tempat lain, orang bermata hijau dan biru sangat umum di Irlandia dan Skotlandia sehingga lebih dari 86% populasinya dimiliki oleh negara.

Manusia tidak dilahirkan dengan mata hijau, tetapi mereka bisa tumbuh dan menghasilkan warna itu.

Semua bayi yang lahir dengan mata biru atau coklat bisa berubah menjadi hijau sekitar usia 6 bulan.

Baca juga :   Vitamin Mata Tetes Untuk Menjaga Kesehatan Mata Kita

7. Mata Violet / Merah – Kurang Dari 1%

Pikiran itu mengejutkan mengetahui bahwa merah dan ungu ada di daftar warna untuk mata manusia. Namun, kasus ini jarang terjadi.

Kurang dari 15 populasi dunia sebenarnya memiliki mata merah atau ungu.

Seseorang bisa tampak memiliki mata ungu, ketika ia kekurangan pigmentasi di bola mata dan cahaya memantulkan pembuluh darahnya.

Orang dengan mata berwarna ini biasanya albino. Kurangnya pigmentasi pada kulit mereka yang menyebabkan munculnya pembuluh darah dan membuat mata tampak merah.

8. Heterochromia – Kurang Dari 1%

Beberapa orang memiliki dua warna pada kedua matanya, dan yang lainnya memiliki warna yang berbeda untuk tiap matanya.

Heteros adalah bahasa Yunani yang artinya berbeda, dan Chroma yang artinya warna. Namun, warna mata ini biasanya dikaitkan dengan kondisi tertentu seperti penyakit yang disebut Bourneville, sindrom Bloch-Sulzberger, dan penyakit Recklinghausen.

Warna mata alami Anda bukanlah warna yang bisa dipilih.

Alam menentukan warna mata dan kulit Anda untuk melindungi Anda dari sinar UV matahari.

Secara teori, semakin gelap mata Anda, semakin sedikit kerusakan akibat sinar matahari pada hari yang cerah.

Warna Mata Orang Indonesia

Warna mata orang Indonesia rata-rata coklat tua, bukan hitam. Hal ini juga dipengaruhi oleh letak geografis negara kita yang memiliki sinar matahari yang melimpah. Kenapa begitu?

Warna Mata Orang Indonesia

Tahukah kamu kalau warna mata orang Indonesia kebanyakan coklat tua? Tidak hitam seperti yang dipikirkan banyak orang. Warna mata coklat memang merupakan warna mata paling umum di dunia. Sekitar 80% orang di dunia memilikinya.

Tidak hanya di Indonesia, warna mata coklat tua juga menjadi warna dominan di Asia Tenggara, Afrika dan Asia Timur. Sedangkan coklat muda banyak ditemukan pada masyarakat dari Asia Barat, Amerika, dan Eropa. Lihat juga : Mata Beda Warna Dan Warna Mata Manusia Paling Langka

Selain yang disebutkan di atas, masih banyak fakta lain seputar warna mata orang Indonesia yang bisa kamu ketahui, seperti di bawah ini.

Fakta Menarik Tentang Warna Mata Orang Indonesia

Tahukah Anda alasan dibalik warna mata orang Indonesia yang kebanyakan berkulit gelap? Ataukah ternyata orang yang memiliki warna mata gelap dianggap lebih berisiko terkena katarak? Kedua hal yang disebutkan di atas hanyalah contoh dari sekian banyak fakta menarik seperti di bawah ini.

1. Bagian Mata Yang Berwarna Disebut Iris

Ada dua bagian mata yang bisa dilihat dengan mata telanjang, yaitu iris dan sklera. Sklera adalah bagian putih mata. Sedangkan iris mata merupakan bagian bola mata yang diwarnai dengan berbagai macam warna, mulai dari coklat tua, biru, hingga hijau.

2. Warna Mata Orang Indonesia Yang Gelap Karena Banyak Sinar Matahari

Sebagian besar warna mata orang Indonesia maupun orang yang tinggal di daerah tropis berwarna coklat tua. Semakin gelap warna mata seseorang berarti semakin banyak pigmen yang dimilikinya.

Warna iris yang gelap dapat melindungi mata dari kerusakan akibat sinar ultraviolet seperti fotokeratitis dan sinar matahari yang terlalu terang.

Sementara itu, orang di daerah yang tidak terlalu banyak terkena sinar matahari cenderung memiliki warna mata yang lebih terang. Ini akan memudahkan mereka untuk melihat dalam kondisi dingin dan gelap.

3. Saat Bayi, Warna Mata Masih Bisa Berubah

Ternyata bayi masih bisa mengalami perubahan warna mata. Pasalnya, produksi melanin yang memberi warna pada mata akan optimal saat anak berusia 1 tahun. Jadi, saat masih bayi, warna mata masih bisa terlihat lebih cerah. Memasuki usia 3 tahun, anak sudah memiliki warna mata tetap.

4. Warna Mata Tidak Sepenuhnya Diturunkan Dari Orang Tua

Baca juga :   Operasi Mata Katarak Yang Aman Tidak Menimbulkan Komplikasi

Faktor utama yang menentukan warna mata seseorang memang dari orang tuanya. Namun, ini bukan satu-satunya faktor. Faktor lain yang berkontribusi adalah produksi melanin.
Anak-anak mungkin memiliki warna mata yang sangat berbeda dari kedua orang tuanya.

5. Orang Yang Memiliki Mata Gelap Biasanya Lebih Bisa Dipercaya

Tahukah Anda bahwa berdasarkan penelitian, memiliki warna mata gelap membuat seseorang terlihat lebih bisa dipercaya? Namun, penelitian ini juga menyimpulkan bahwa faktor lain, seperti fitur wajah orang yang memiliki warna mata gelap, berperan besar dalam membuat mereka terlihat lebih dapat dipercaya.

6. Orang Dengan Warna Mata Gelap Lebih Tahan Terhadap Kebisingan

Dari sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa orang yang memiliki mata gelap memiliki lebih sedikit gangguan pendengaran dibandingkan dengan mereka yang memiliki mata yang terang.

Ini diyakini karena jumlah melanin yang lebih tinggi di area mata dan telinga mereka. Melanin memberikan sedikit perlindungan bagi telinga saat suara mulai berisik.

7. Katarak Lebih Mudah Terjadi Pada Mata Gelap

Orang yang memiliki warna mata gelap dikatakan berisiko dua kali lipat terkena katarak. Sebuah penelitian di Australia mencapai kesimpulan ini. Meski begitu, diperlukan lebih banyak penelitian untuk memastikannya.

8. Warna Mata Gelap Lebih Baik Pada Olahraga

Orang yang memiliki warna mata gelap dikatakan lebih ahli dalam olahraga reaksi, seperti tinju, menjadi bek dalam sepak bola atau rugby, dan olahraga yang melibatkan memukul bola.
Sementara itu, orang dengan warna mata cerah lebih mahir melakukan olahraga yang membutuhkan kontrol dari awal hingga akhir, seperti golf, bowling, atau baseball.

9. Wanita Yang Memiliki Mata Gelap Tidak Tahan Sakit

Warna mata juga tampaknya terkait dengan kemampuan seseorang untuk menahan rasa sakit. Orang yang memiliki mata gelap dinilai kurang tahan terhadap rasa sakit dibandingkan dengan orang yang bermata terang.

10. Warna Mata Bisa Menandakan Penyakit Tertentu

Tak hanya warna iris, warna sclera juga bisa menjadi penanda suatu penyakit. Pada penderita kerusakan hati misalnya, warna mata akan menguning (jaundice) akibat tingginya kadar bilirubin dalam tubuh.

Bentuk Mata Orang Indonesia

Mata terdiri dari berbagai macam bentuk. Apa sajakah bentuk mata yang berbeda? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Jenis Mata Mata merupakan salah satu organ tubuh yang fungsinya sangat vital yaitu untuk melihat. Nah, mata itu sendiri memiliki berbagai macam bentuk. Ada 6 (enam) bentuk umum yaitu:

  • Bulat (round)
  • Monolid
  • Bertudung (hooded)
  • Turun (dowturned)
  • Terbalik (upturned)
  • Almond

Masing-masing bentuk tentunya menakjubkan dengan caranya masing-masing. Terlepas dari enam bentuk utama, sebenarnya ada sejumlah bentuk lain, tetapi kurang umum, seperti wideset, closeset, asimetris, besar, dan kecil.

Berikut ini adalah bentuk mata yang perlu Anda ketahui. Manakah yang paling menggambarkan mata Anda?

1. Mata Bulat

Sesuai dengan namanya, mata bulat adalah mata bulat. Ciri umum mata bulat adalah sebagai berikut:

Mata bulat biasanya besar, menonjol dan tampak lebih membulat. Kornea mata bulat dikelilingi warna putih di sekitarnya. Sudut dalam dan luar dari mata bulat dibulatkan dan tidak ditarik masuk atau keluar.

2. Monolid

Monolid adalah salah satu dari berbagai bentuk mata yang umumnya dimiliki masyarakat Asia khususnya. Apakah Anda pemilik monolid eyes? Anda bisa mengetahuinya dengan mengetahui ciri-ciri bentuk yang satu ini, yaitu:

  • Mata monolid menampilkan lipatan yang tidak terlalu terlihat.
  • Sering disebut kelopak mata dangkal atau halus. Ini karena kelopak mata monolid tidak sejelas kelopak mata pada umumnya.

3. Mata Berkerudung

Bentuk mata selanjutnya adalah mata berkerudung. Ciri-ciri mata ini hampir mirip dengan mata monolid. Ciri-ciri yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Mata berkerudung memiliki tulang alis tebal dengan lipatan dalam.
  • Saat tudung mata terbuka, kelopak mata umumnya tidak terlihat dan tertarik ke dalam lipatan.
Baca juga :   Manfaat Krill Oil Mampu Melawan Bakteri Berbahaya

Seiring dengan bertambahnya usia, ruang kelopak mata Anda akan berkurang. Inilah yang dapat membuat kelopak mata terlihat seperti tudung.

4. Mata Menunduk

Seperti namanya – adalah bentuk mata yang memang tampak terkulai atau ‘turun’. Secara garis besar ciri-ciri mata ini adalah sebagai berikut: Sudut mata luar yang mengecil lebih rendah dari sudut dalam. Juga dikenal sebagai “kelopak mata terkulai”. Ini karena mata memiliki kelopak mata atas yang tampak terkulai dan memenuhi garis bulu mata bagian bawah.

5. Terbalik (upturned)

Mata terbalik adalah bentuk mata yang merupakan kebalikan dari mata yang menunduk. Fakta umum tentang mata yang menengadah meliputi:

Ini adalah kebalikan dari mata ke bawah, yaitu mata yang melihat ke atas, memiliki sudut luar yang mengarah ke atas, dan lebih tinggi dari sudut dalam mata. Juga dikenal sebagai “mata kucing”.

6. Almond Eye

Selanjutnya dari berbagai bentuk mata tersebut adalah mata almond (mata almond). Sesuai dengan namanya, mata ini terlihat seperti kacang almond. Berikut ini adalah ciri-ciri umum mata almond:

Mata almond memiliki kelopak mata yang lebih kecil dan lebarnya lebih panjang daripada bentuknya yang bulat (inilah yang membuatnya tampak seperti kacang almond). Mata berbentuk almond tampak menyempit sampai ke suatu titik oleh saluran air mata dan mata bagian luar.

7. Wide-Set

Mata lebar ini memiliki ciri-ciri umum sebagai berikut: Jarak antara kedua mata lebih dari satu bola mata. Menurut proporsi wajah – dalam ruang yang dianggap sempurna di antara mata – harus ada cukup ruang untuk menempatkan ketiga mata Anda berdampingan di wajah Anda, dan inilah yang terjadi dengan tipe mata lebar.

8. Close-set

Berbeda dengan wide-set eyes, close-set eyes adalah mata yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut: Jarak antara kedua mata yang berdekatan (kurang dari satu bola mata). Memiliki proporsi wajah yang tidak seimbang.

Anda yang memiliki mata tertutup mungkin akan merasa terganggu dengan penampilannya mengingat bentuk wajah yang tidak proporsional. Namun jangan khawatir, Anda bisa mengatasinya dengan melakukan beberapa modifikasi, seperti mencukur alis hingga melengkung.

Atau, Anda juga bisa memanjangkan ekor alis dengan pensil alis, bahkan menggunakan eyeshadow cerah saat merias wajah. Cara ini diklaim bisa menciptakan kesan mata lebih lebar.

9. Protruding

Protruding yang disebut juga dengan mata menonjol, menonjol adalah mata yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut: Mata menonjol. Matanya cukup besar & bulat.

10.Mata Kecil

memiliki ciri-ciri umum sebagai berikut: Ukuran mata lebih kecil – tidak miring – jika dibandingkan dengan ciri wajah lain seperti hidung dan mulut. Jarak antara tulang alis dan ujung bulu mata sangat pendek.

Beberapa orang – mungkin termasuk Anda salah satunya – mungkin kurang percaya diri saat memiliki bentuk mata yang satu ini. Tidak apa-apa, Anda bisa menyiasatinya dengan menggunakan eyeshadow dengan warna cerah (silver, gold, dll). Ini akan membuat mata tampak lebih besar.

11. Mata Besar

Bentuk mata lain yang perlu Anda ketahui adalah mata besar. Ciri-ciri kamu yang memiliki mata besar adalah sebagai berikut: Ukuran mata lebih besar jika dibandingkan ciri wajah lainnya yaitu hidung dan mulut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *