Apa Itu Bluelight, Apa Bahaya BlueLight Untuk Mata?

Blue light adalah sinar biru yang dipancarkan dari layar perangkat digital seperti televisi, laptop, PC, smartphone, tablet, dan gadget lainnya. Cahaya biru awalnya diciptakan sebagai cahaya buatan untuk menerangi layar gadget yang kita gunakan. Selain itu, sinar matahari juga merupakan cahaya biru dan itulah yang membuat kita tetap terjaga di siang hari, dan tidur di malam hari. Seperti halnya sinar matahari yang memiliki manfaat bagi kita dan juga bahayanya, tentunya lampu biru pada gadget ini juga memiliki hal yang sama. Sekarang, mari kita cari tahu apa itu bluelight, bahaya dan manfaatnya.

Bahaya Bluelight

Bahaya Bluelight

Bahaya cahaya biru bisa sangat berbahaya jika kita terkena radiasi yang berlebihan. Misalnya saat kita terkena paparan di malam hari, dimana waktu tidur dan istirahatnya. Akibatnya, kita menjadi sulit untuk tidur dan tentunya akan berdampak pada kesehatan kita.

Secara ilmiah, cahaya biru akan mengurangi produksi hormon perangsang tidur atau melatonin. Saat hormon ini berkurang, rasa kantuk juga berkurang. Meski mata dan tubuh sangat lelah, namun kita tidak akan pernah bisa tidur tanpa hormon melatonin.

Saat kita sulit tidur, jam istirahat akan berkurang dan akan menimbulkan gangguan kesehatan, termasuk pada mata. Kurang tidur bisa membuat mata kita lelah sehingga muncul kantung mata atau “mata panda”.

Manfaat Bluelight

Setelah kita mengetahui bahayanya, kini saatnya mengulas kembali manfaatnya. Cahaya biru bisa sangat berguna bagi kita. Seperti membuat kita lebih produktif, fokus, dan terjaga meski badan terasa lelah. Selain itu, cahaya biru juga dapat mempengaruhi jam bangun dan jam tidur kita.

Meski cahaya biru memiliki manfaat tentunya kita juga sangat sadar akan bahayanya bagi mata kita. Sebaiknya atur waktu penggunaan gadget agar tidak terjadi ha l- hal yang mengganggu kesehatan terutama mata. Dengan mengontrol penggunaan gadget, risiko kita mengalami gangguan penglihatan berkurang.

Jika Anda masih bingung bagaimana caranya, salah satu artikel ini akan sangat membantu Anda yang sehari – hari berurusan dengan gadget.

Manfaat Anti Gores Radiasi

Manfaat Anti Gores Radiasi

Bagi orang Indonesia, setelah membeli smartphone baru, mereka harus membeli satu barang sebagai jaminan keamanan untuk gadget mereka. Radiasi Anti Gores, adalah pelindung layar atau lebih dikenal dengan anti gores.

berikut kelebihan dan juga kekurangan masing – masing jenis anti gores yang perlu Anda ketahui sebelum anda membeli.

Radiasi Anti Gores : Anti Spy

Anti gores ini adalah pilihan yang sangat tepat. Gunakan anti gores ini pada ponsel anda untuk membuat layar Anda hanya terlihat oleh Anda. Bagi orang lain yang ingin mengintip layar Anda, maka sudut pandang menjadi lebih terbatas.

Baca juga :   Jenis Salep Mata Tergantung Dengan Penyebabnya

Namun dibalik kelebihannya, fakta membuktikan bahwa jenis anti gores ini memiliki kelemahan. Bentuknya yang lebih tebal yang dapat membuat anti gores ini terlihat lebih buram. Tidak hanya itu, banyak pelangi akan muncul di layar pada saat digunakan.

Anti Gores Radiasi Plastik

Ini adalah jenis anti gores yang paling standar, dibandingkan dengan jenis anti gores lainnya, sebenarnya tidak memiliki kelebihan lagi. Namun, efek anti gores ini paling terlihat saat dipasang di layar smartphone. Tidak hanya itu, anti gores yang jenis ini paling murah di antara jenis anti gores yang lainnya.

Radiasi Anti Gores: Anti – Silau

Seperti namanya, fungsi lain dari perlindungan ini adalah untuk mencegah layar dari silau oleh mata. Anda tidak akan melihat sidik jari Anda pada jenis anti gores ini. Namun, karena anti gores jenis ini agak tebal, bidang pandang akan menjadi sangat gelap.

Radiasi Anti Gores: Kaca Tempered

Berbeda dengan produk lain, anti gores jenis ini terbuat dari kaca yang diberi perlakuan suhu tinggi untuk menghasilkan kaca yang kuat, tahan gores, dan tidak mudah pecah. Selain itu, tempered glass ini juga memiliki permukaan yang bening dan tidak akan mengganggu aktivitas pengguna layar. Smartphone yang dilindungi kaca yang dikeraskan tidak mudah terkena debu, air, kotoran, dll. Untungnya, anti gores ini sangat mudah dipasang dan terlihat seragam.

Apa Bahaya BlueLight?

Apa Bahaya Blue Light

Tahukah Anda bahwa gadget yang Anda gunakan setiap hari menghasilkan cahaya biru atau blue light yang berbahaya bagi kesehatan? Ya, sinar ini harus diwaspadai karena bisa berdampak negatif pada pola tidur dan menyebabkan berbagai penyakit mata. Simak penjelasan berikut ini.

Baca juga : Manfaat Kacamata Anti Radiasi Dapat Mencegah Kerusakan Mata

Apa Itu Blue Light ?

Dalam kesehatan mata, cahaya biru tergolong cahaya tampak berenergi tinggi (HEV light), yaitu cahaya tampak dengan panjang gelombang pendek, sekitar 415 hingga 455 nm, dan tingkat energinya tinggi.

Sumber alami terbesar dari jenis cahaya ini adalah matahari. Selain dari matahari, cahaya biru juga berasal dari berbagai layar digital, seperti:

  • Layar komputer,
  • Televisi,
  • Smartphone,
  • dan peralatan elektronik lainnya.

Beberapa jenis pencahayaan modern, seperti LED (light-emitting diode) dan CFL (compact fluorescent lamps), juga menghasilkan cahaya biru tingkat tinggi.

Baca juga :   Keriting Bulu Mata Lebih Praktis Dan Bisa Lebih Awet

Pada siang hari, manusia sering terkena cahaya biru dari matahari. Cahaya biru di siang hari berguna untuk meningkatkan perhatian dan mood seseorang.

Tak hanya itu, cahaya biru dari matahari juga berperan dalam mengatur jam biologis seseorang yang dikenal dengan circadian rhythm atau ritme sirkadian.

Cahaya biru akan berbahaya bagi kesehatan seseorang ketika seseorang terpapar terlalu banyak dari layar perangkat elektronik di malam hari.

Berikut adalah berbagai risiko cahaya biru yang perlu Anda waspadai.

1. Mengganggu Ritme Sirkadian

Paparan sinar biru yang berlebihan pada malam hari juga dapat menyebabkan penurunan produksi hormon melatonin, hormon yang mengatur siklus tidur pada seseorang.

Normalnya, tubuh memproduksi hormon melatonin dalam jumlah sedikit di siang hari, kemudian akan meningkat jumlahnya pada waktu – waktu tertentu, yaitu:

  • Malam,
    Beberapa jam sebelum tidur,
  • dan mencapai puncaknya pada tengah malam.
  • Terlalu banyak terpapar cahaya terutama cahaya biru pada malam hari mengakibatkan tertundanya jadwal tidur seseorang, bahkan dapat mereset jam tidur seseorang dalam jangka panjang.

Situs National Institute of General Medical Sciences menyatakan bahwa perubahan ritme sirkadian ini dapat menyebabkan gangguan tidur dan dapat menyebabkan penyakit kronis, seperti:

  • Kegemukan,
  • Depresi,
  • Ke gangguan bipolar.

2. Menyebabkan Kerusakan Retina

Mata manusia tidak memiliki perlindungan yang cukup dari paparan Bluelight, baik dari sinar matahari maupun dengan peralatan elektronik.

Sebuah studi dari Universitas Harvard yang menyatakan bahwa cahaya biru telah lama diidentifikasi sebagai cahaya paling berbahaya bagi retina mata kita.

Setelah menembus bagian luar pada mata, cahaya biru juga akan mencapai retina dan juga dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang.

Akibat paparan sinar biru yang berlebihan, Anda memiliki risiko lebih tinggi terkena gangguan mata, seperti:

  • Degenerasi makula,
    Glaukoma,
  • Dan penyakit retina degeneratif.

Pada panjang gelombang tertentu, cahaya biru dikaitkan dengan degenerasi makula terkait usia (AMD), yang dapat menyebabkan kehilangan penglihatan.

3. Meningkatkan Risiko Katarak

Lensa mata yang mampu menyaring cahaya gelombang pendek secara efektif. Dapat melindungi retina dari kerusakan akibat sinar biru. Seperti diketahui, paparan sinar matahari merupakan faktor risiko katarak.

Jika Anda yang terlalu sering terkena cahaya biru dari gadget, Anda juga dapat meningkatkan risiko penurunan fungsi lensa, membuat Anda lebih rentan terhadap mata katarak.

4. Menyebabkan Kelelahan Mata

Seiring dengan perkembangan zaman, bahwa kebanyakan orang menghabiskan waktu di depan layar digital.

Aktivitas tersebut menyebabkan kondisi kelelahan mata yang dikenal dengan digital eye strain, suatu kondisi medis yang dapat mempengaruhi produktivitas seseorang.

Baca juga :   Vitamin Mata Anak Solusi Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Gejala ketegangan mata digital meliputi:

  • Penglihatan kabur,
  • Sulit untuk fokus,
  • Mata iritasi dan kering,
  • Sakit kepala,
  • Leher, sampai ke belakang.

Selain jarak antara mata dan layar serta durasi penggunaan, cahaya biru yang dipancarkan layar juga berperan penting dalam kelelahan mata ini.

Kebiasaan bermain perangkat elektronik di malam hari memang sulit dihilangkan. Namun, untuk dapat mengurangi risiko terkena cahaya biru, kita dapat menurunkan tingkat pencahayaan yang tersedia di perangkat elektronik atau mengaktifkan mode malam yang tersedia pada perangkat elektronik.

Meski begitu, sebaiknya tetap jauhi atau matikan perangkat elektronik, beberapa jam sebelum tidur dan matikan lampu saat menjelang tidur untuk mengurangi risiko kesehatan yang bisa ditimbulkan akibat paparan cahaya biru di malam hari.

Apakah Filter Cahaya Biru Berguna?

Apakah Filter Cahaya Biru Berguna

Filter cahaya biru atau Blue Light Filter adalah pengaturan untuk mengurangi paparan cahaya dan radiasi cahaya biru dari layar HP.

Menurut para ahli dan peneliti bahwa paparan sinar cahaya biru sangat berbahaya bagi kesehatan mata kita bahkan dapat merusak retina mata kita jika kita sering melihat layar handphone.

Pada dasarnya filter cahaya biru atau night mode adalah untuk mengurangi dan meminimalkan paparan radiasi biru yang sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kerusakan pada retina mata.

Maksud dari filter blue light samsung adalah sebagai filter sekaligus pengatur untuk mengurangi paparan cahaya atau cahaya biru pada layar hp.

Karena filter cahaya biru sangat berbahaya bagi kesehatan mata, apalagi jika terus menerus menatap layar ponsel terutama pada malam hari.

Cara Mengatur Filter Cahaya Biru

Untuk mengatur filter cahaya biru klik huruf Filter Cahaya Biru dan klik garis misalnya seperempat, setengah atau tiga perempat sesuka Anda.

Atau jika ponsel Android dan Apple iPhone Anda tidak memiliki filter cahaya biru, Anda dapat menginstal Apk Filter Cahaya Biru atau apk mode malam untuk kesehatan mata Anda dan meminimalkan cahaya biru di google play store atau pasar android lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *