Apakah Glaukoma bisa Disembuhkan, Begini Penjelasannya!

Glaukoma adalah gangguan penglihatan pada lansia yang disebabkan oleh kerusakan saraf mata akibat tekanan tinggi pada bola mata. Penting bagi Anda untuk segera mendapatkan penanganan agar masalah penglihatan tidak semakin parah. Pasalnya, kebutaan akibat glaukoma bersifat permanen. Sehingga muncul pertanya, apakah glaukoma bisa disembuhkan ?

Apa itu glaukoma ?

Glaukoma adalah kerusakan pada indera penglihatan akibat kerusakan saraf mata akibat peningkatan tekanan pada bola mata secara terus menerus. Glaukoma adalah penyebab utama kebutaan kedua di dunia setelah katarak dan glaukoma tidak dapat disembuhkan. Berbeda dengan katarak yang masih bisa disembuhkan. Gejala glaukoma hampir sama dengan gejala katarak.

Gejala glaukoma meliputi:

  • Penglihatan kabur atau penglihatan sampai tidak bisa melihat
  • Perbedaan antara kedua pupil mata
  • Sering terlihat bayangan pelangi
  • Infeksi
  • Cedera atau benturan pada bola mata
  • Radang bola mata

Penyebab Penyakit Glaukoma

Diduga kelainan gen merupakan faktor utama terjadinya glaukoma. Ditambah lagi ada beberapa faktor sekunder yang menjadi penyebab glaukoma, seperti:

  • Cedera kimia
  • Infeksi
  • Peradangan
  • Penyumbatan pembuluh darah

Apakah glaukoma bisa disembuhkan ?

Jadi, seperti yang sudah di jelaskan, glaukoma memang tidak bisa disembuhkan tapi bisa dicegah agar tidak parah dan mengganggu penglihatan. Sebaiknya terus kontrol ke dokter spesialis mata agar kesehatan mata juga diperiksa dan dirawat agar tidak terjadi kerusakan pada kedua bola mata.

Cara Menghindari Terkena Penyakit Glaukoma

Kenali lebih dalam tentang glaukoma untuk terhindar dari penyakit ini.

1. Glaukoma Merupakan Salah Satu Penyakit Mata Yang Umum

Glaukoma adalah penyakit mata yang umum. Salah satu penyebab utama glaukoma adalah karena tekanan bola mata yang tinggi yang mengiritasi saraf mata. Kondisi tekanan bola mata kerap terjadi saat seseorang memasuki usia 60 tahun.

Baca juga :   Penyakit Mata Pterigium Dapat dicegah Dengan Kacamata Hitam

2. Glaukoma dibagi menjadi beberapa jenis

Glaukoma terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu glaukoma sudut terbuka, glaukoma sudut tertutup, glaukoma kongenital atau glaukoma yang disebabkan oleh kondisi bawaan, dan glaukoma sekunder, yaitu glaukoma yang disebabkan oleh penyakit lain dalam kesehatan Anda.

3. Waspadai Mata Berkabut sebagai Gejala Glaukoma

Banyak gejala umum yang dirasakan saat Anda mengidap glaukoma mata. Penderita glaukoma akan merasakan nyeri pada mata yang diikuti dengan mata yang memerah. Biasanya saat kondisi ini terjadi pada bayi, matanya terlihat sedikit berkabut.

Penderitanya mengalami sakit kepala yang disertai bayangan melingkar pada setiap benda yang dilihat oleh mata. Lebih buruk lagi, kondisi ini menyebabkan penglihatan semakin mengecil. Jika tidak segera ditangani, penderita bisa mengalami kebutaan.

4. Glaukoma, penyebab kebutaan terbesar kedua di dunia

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, glaukoma merupakan penyakit yang menyebabkan kebutaan terbesar kedua di dunia setelah katarak. Menurut informasi Kementerian Kesehatan tahun 2007, penderita glaukoma di Indonesia mencapai 4,6 per 1000 penduduk.

5. Tekanan mata bukanlah penyebab utama glaukoma

Masalah tekanan bola mata adalah salah satu penyebab terbesar namun bukan satu-satunya penyebab glaukoma. Ada beberapa penyebab glaukoma, antara lain kurangnya suplai darah ke area saraf mata dan gangguan kesehatan pada saraf mata.

Baca juga : Inilah 9 Vitamin Mata Yang Alami

Cara Mengobati Penyakit glaukoma

Berikut ini kami sebutkan obat agar sembuh dari penyakit glaukoma yang bisa anda pilih.

Baca juga :   Kantung Mata Merah Sering Terjadi Seiring Bertambahnya Usia

1. Obat tetes mata

Obat tetes mata untuk mengobati glaukoma tentunya bukan obat tetes generik yang bisa Anda dapatkan di toko atau apotek. Obat Tetes untuk glaukoma harus diperoleh dengan resep, karena jenis dan dosisnya akan ditentukan oleh dokter Anda berdasarkan tingkat keparahan kondisi Anda.

2. Obat Minum

Ada dua pilihan obat minum untuk mengobati glaukoma, yaitu:

Golongan inhibitor karbonik anhidrase. Misalnya acetazolamide. Obat ini umumnya hanya digunakan untuk pengobatan singkat serangan glaukoma akut. Namun, dalam beberapa kasus, obat ini dapat diberikan dalam jangka waktu lama kepada pasien yang tidak dapat menjalani operasi tetapi obat tetes mata tidak efektif lagi.

Golongan hiperosmotik. Misalnya glisero. Obat ini bekerja dengan cara menarik cairan dari bola mata ke dalam pembuluh darah. Pemberian hanya dilakukan pada kasus akut dan dalam waktu singkat (jam).

Namun, risiko efek samping obat minum lebih tinggi daripada obat tetes mata, sehingga obat minum kurang disarankan sebagai pengobatan glaukoma.

3. Kacamata untuk penderita glaukoma

Ada juga yang menggunakan kacamata hitam atau topi ketika akan keluar ruangan. Kacamata untuk penderita glaukoma dipercaya dapat membantu menyembuhkan penyakit ini.

Apakah glaukoma bisa sembuh dengan operasi ?

Operasi glaukoma umumnya dilakukan jika pengobatan tidak lagi membaik. Operasi biasanya berlangsung selama 45 hingga 75 menit.

Operasi umum untuk mengobati glaukoma meliputi:

Trabekulektomi, dilakukan dengan membuat sayatan kecil di bagian putih mata dan juga membuat kantong di daerah konjungtiva (bleb). Dengan demikian, kelebihan cairan bisa mengalir melalui sayatan ke dalam kantong bleb dan kemudian diserap oleh tubuh.

Baca juga :   Mata Merah Karena HP Coba Cara Ini Untuk Mengatasinya

Perangkat drainase glaukoma. Prosedur ini melibatkan penempatan implan seperti tabung untuk membantu mengalirkan cairan ekstra di bola mata.

Untuk informasi lebih lanjut tentang biaya operasi glaukoma, Silakan Diskusikan lebih lanjut dengan dokter Anda, sekaligus untuk mengetahui metode pengobatan glaukoma apa yang paling cocok untuk Anda.

Makanan yang bisa menyembuhkan glaukoma

Penderita glaukoma akan mengalami penumpukan tekanan di mata mereka yang menyebabkan kerusakan pada saraf optik. Saraf optik berperan dalam menyuplai informasi visual dari mata ke otak. Jika saraf optik terganggu, penglihatan akan menurun.

Selain metode pengobatan medis, penting bagi penderita glaukoma untuk memenuhi asupan nutrisi yang menunjang kesehatan mata. Berikut lima makanan yang bisa menyembuhkan glaukoma yang direkomendasikan para ahli kesehatan.

  • Kaya karotenoid seperti wortel, bayam dan tomat
  • Kaya vitamin E seperti almond, kacang hazelnut dan minyak nabati lainnya
  • Menggunakan ramuan herbal seperti adas dan ginkgo biloba
  • Minum teh hangat minimal secangkir sehari
  • Teh hijau

Demikianlah postingan tentang Apakah Glaukoma bisa Disembuhkan, semoga setelah anda membaca postingan ini dapat terbantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *