Penyakit Mata Pterigium Dapat dicegah Dengan Kacamata Hitam

Penyakit Mata Pterigium dapat diawali dengan munculnya pinguekula yang merupakan bercak kekuningan pada bagian putih mata. Pinguecula terjadi karena penggumpalan protein, lemak, atau kalsium di mata. Tapi anda tak perlu khawatir jika dokter sudah memberi tahu nama obat tetes mata untuk pterigium sehingga anda bisa dengan mudah untuk membelinya.

Apa itu pterigium ?

Pterigium adalah pertumbuhan jaringan jinak di permukaan mata. Pertumbuhan ini seringkali berbentuk segitiga, jika tidak ditangani, dapat meluas ke seluruh pupil sehingga mengaburkan penglihatan, atau menyebabkan permukaan mata berubah bentuk dan “melengkung” sehingga penglihatan kabur.

Penyebab penyakit mata pterigium

Hal-hal yang membuat Anda kemungkinan besar terkena penyakit mata pterigium meliputi:

  • Banyak paparan sinar ultraviolet (seperti dari matahari)
  • Mata kering
  • Iritasi seperti debu dan angin

Anda kemungkinan besar akan mendapatkannya jika Anda tinggal di dekat khatulistiwa dan Anda adalah pria berusia antara 20 dan 40 tahun. Tapi itu dapat memengaruhi siapa saja yang tinggal di tempat yang cerah.

Baca juga :   Mata Merah Sebelah Kanan Langsung Lakukan Tindakan Ini

Jika anda sering berada di bawah sinar matahari tanpa pelindung mata seperti kacamata hitam (kacamata hitam adalah perlindungan terbaik). Air mata Anda mungkin tidak menutupi pinguekula secara merata yang dapat menyebabkan mata Anda terasa kering, jadi mungkin terasa seperti ada sesuatu yang terjebak di dalamnya.

Apakah pterigium dapat disembuhkan ?

Semua penyakit bisa disembuhkan termasuk pterigium juga dapat disembuhkan. Oleh sebab itu Pterigium perlu di diagnosis lebih cepat, Pterigium biasanya dapat didiagnosis dengan penampilan dan gejalanya yang khas.

Namun, pada tahap awal mungkin bingung dengan kondisi serupa seperti pinguecula, yang merupakan bentuk lain dari pertumbuhan mata non-kanker yang mempengaruhi konjungtiva (lapisan tipis jaringan transparan yang menutupi bagian putih mata).

Untuk diagnosis yang akurat, rujukan ke dokter mata (spesialis mata) mungkin sangat direkomendasikan, supaya anda langsung diberikan nama obat mata pterigium di apotik.

Baca juga :   Mata Merah Gatal Berair Bisa Mengkhawatirkan Jika Terasa Sakit

Apakah pterigium harus operasi ?

Pembedahan mungkin disarankan jika penglihatan terpengaruh atau gejalanya sangat bermasalah. Selama operasi, pterigium diangkat dengan hati-hati dan bagian konjungtiva diambil dari bawah kelopak mata dan dicangkokkan ke area tempat pterigium berada.

operasi dilakukan menggunakan anestesi lokal dan membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk melakukannya. Obat tetes mata untuk pterigium dan salep mata biasanya diresepkan setelah operasi untuk mencegah infeksi dan membantu penyembuhan. Resiko operasi pterigium mungkin kambuh setelah operasi pengangkatan, meskipun ini hanya terjadi pada sebagian kecil kasus.

Cara mencegah terkena pterigium

Jika memungkinkan, hindari paparan faktor lingkungan yang dapat menyebabkan pterigium. Anda dapat membantu mencegah perkembangan pterigium dengan memakai kacamata hitam atau topi untuk melindungi mata dari sinar matahari, angin, dan debu. Kacamata hitam Anda juga dapat memberikan perlindungan dari sinar ultraviolet (UV) matahari.

Jika Anda sudah memiliki pterigium, membatasi paparan Anda pada hal-hal berikut dapat memperlambat pertumbuhannya:

  • angin
  • debu
  • serbuk sari
  • merokok
  • sinar matahari
Baca juga :   Cara Mengobati Penyakit Mata Pterigium bagi Peselancar

Menghindari kondisi ini juga dapat membantu mencegah pterigium kembali daripada anda membeli obat cina untuk mata pterigium.

Seberapa parah penyakit mata pterigium?

Pterigium dapat menyebabkan jaringan parut parah pada kornea, tetapi ini jarang terjadi. Jaringan parut kornea perlu dirawat karena dapat menyebabkan hilangnya penglihatan.

Untuk kasus kecil, pengobatan biasanya melibatkan obat tetes mata cendo untuk pterigium atau salep untuk mengobati peradangan. Pada kasus yang lebih serius, pengobatan dapat melibatkan operasi pengangkatan pterigium.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *