Mata Merah Gatal Berair Bisa Mengkhawatirkan Jika Terasa Sakit

Mata merah gatal berair tidak terlalu berbahaya tetapi bisa mengkhawatirkan jika disertai dengan sakit mata atau gangguan penglihatan yang parah. Didalam postingan ini kami akan membahas tentang kategori utama penyebab mata merah gatal berair.

Gejala mata merah gatal berair

Mata adalah salah satu organ kita yang paling sensitif dan rentan, dan jika ada yang salah dengan mereka, itu bisa sangat mengkhawatirkan. Namun mata Anda memiliki perlindungannya sendiri dan sangat tangguh dalam banyak hal.

Bahkan cedera yang melibatkan kemerahan dan memar di dalam dan sekitar mata Anda biasanya terlihat jauh lebih buruk daripada yang sebenarnya.

Ciri-ciri umum mata merah

Kemerahan mata Anda kemungkinan besar dapat terjadi oleh beberapa sebab berikut ini:

  • Kemerahan yang tersebar luas: Seluruh sklera, atau putih mata Anda, tampak memerah dan berubah warna. Jaringan spidery urat merah juga dapat terlihat.
  • Bintik merah: Satu atau lebih bintik merah darah dapat terlihat di bagian putih mata Anda.
  • Matamu terasa kering: Atau mungkin gatal, iritasi, dan terbakar
  • Pembengkakan dan / atau pelepasan: Ini akan muncul di sepanjang permukaan bagian dalam kelopak mata Anda.
  • Anda merasa ada sesuatu di mata Anda

Tingkat keparahan mata merah gatal berair

Tingkat keparahan mata merah pada akhirnya tergantung pada penyebabnya.

  • Tidak serius: Kemerahan pada mata terjadi dengan sendirinya tanpa penyebab lainnya.
  • Cukup serius: Jika disertai gejala penyakit lain, seperti pilek atau infeksi lain, Anda mungkin perlu menemui penyedia layanan medis.
  • Serius: Jika disertai sakit mata dan gangguan visual, ini dapat mengindikasikan kondisi serius.
Baca juga :   Mata Merah Sebelah Kanan Langsung Lakukan Tindakan Ini

Baca juga : Mata Merah Karena HP Coba Cara Ini Untuk Mengatasinya

Penyebab mata merah gatal berair

Banyak kondisi yang bisa menyebabkan mata merah. Yang paling umum adalah yang melibatkan iritan dan infeksi, serta cedera.

Mata merah gatal yang disebabkan oleh iritan

Jenis penyebab kemerahan mata yang paling umum adalah iritan yang menyebabkan pembengkakan, iritasi, atau pembesaran pembuluh darah di dalam sklera (putih) mata Anda:

Alergi: Ini bisa berupa alergi terhadap hal-hal eksternal, seperti serbuk sari, atau hal-hal yang Anda konsumsi, seperti kacang. Kedua jenis alergi tersebut menyebabkan iritasi parah pada mata.

Debu: Ini mungkin debu rumah, debu yang bertiup di luar ruangan, debu dari pekerjaan di sekitar jerami atau biji-bijian, atau bahkan debu dari tekstil di dalam pabrik.

Paparan berlebihan terhadap matahari: Paparan sinar matahari atau cahaya sangat terang lainnya, seperti pantulan matahari di salju atau air, dapat menyebabkan mata merah.

Kekeringan pada mata: Kekeringan pada mata bisa disebabkan oleh penuaan atau oleh kelainan autoimun seperti rheumatoid arthritis.

Mata merah gatal karena infeksi atau penyakit

Jenis penyebab mata merah gatal berair yang kurang umum adalah infeksi atau penyakit lain:

Infeksi bakteri pada konjungtiva: Konjungtiva adalah jaringan bening yang melapisi kelopak mata dan permukaan mata Anda.

Ulserasi kornea: Kornea adalah transparansi di atas iris dan pupil. Ulserasi adalah luka yang disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri yang parah. Jenis bakteri kadang-kadang dikaitkan dengan penggunaan lensa kontak, sedangkan jenis virus paling sering terlihat pada mereka yang memiliki riwayat luka dingin.

Baca juga :   Apakah Glaukoma bisa Disembuhkan, Begini Penjelasannya!

Gangguan autoimun: Beberapa di antaranya menyebabkan peradangan berbagai struktur di dalam mata Anda

Glaukoma kronis: Ini adalah peningkatan bertahap dalam tekanan di dalam bola mata Anda.

Hangover: Setelah sesi minum alkohol, mata Anda bisa terlihat merah. Ini karena alkohol membuat dehidrasi, membuat mata Anda kering dan mengalami iritasi, dan juga karena alkohol membuat pembuluh darah membesar. Ini terlihat pada bagian putih mata Anda, membuatnya terlihat merah.

Mata merah gatal berair karena cedera

Jenis mata merah gatal berair karena cedera, seperti yang berikut ini.

Subconjunctival hemorrhage: Ini adalah pembuluh darah yang rusak di dalam mata Anda . Ini bisa terjadi jika mata Anda dipukul dengan benda atau jika Anda batuk parah. Gangguan emosi yang berkepanjangan, seperti menangis atau menjerit, juga dapat menyebabkan pembuluh darah di mata Anda pecah.

Goresan pada kornea: Ini dapat disebabkan oleh debu, pasir, atau benda asing lainnya di mata Anda. Penyebab lain dari cedera mata adalah lensa kontak dibiarkan terlalu lama.

Cara Mengatasi Mata merah gatal berair

Sebagian besar kasus Mata merah gatal berair mudah diobati. Mata gatal ringan, misalnya yang disebabkan oleh iritasi, bahkan dapat dirawat di rumah dengan kompres dingin atau menggunakan obat tetes mata yang dijual bebas.

Baca juga :   Penyakit Mata Pterigium Dapat dicegah Dengan Kacamata Hitam

Namun pada kondisi tertentu, Mata merah gatal berair terkadang memerlukan obat yang diresepkan oleh dokter. Beberapa contohnya adalah:

Antihistamin

Mata gatal akibat alergi bisa diobati dengan antihistamin. Obat ini bisa diresepkan dalam bentuk pil atau obat tetes mata, tergantung kondisi mata yang gatal.

Antibiotik atau antivirus

Jika mata gatal disebabkan oleh infeksi, misalnya pada konjungtivitis, dokter akan meresepkan antibiotik atau obat antivirus untuk mengendalikan infeksinya. Obat antibiotik atau antivirus yang diresepkan oleh dokter bisa berupa salep atau obat tetes mata dengan dosis berbeda.

Tetes mata steroid

Dalam kasus mata gatal yang disebabkan oleh uveitis atau blepharitis, dokter Anda mungkin meresepkan obat tetes mata yang mengandung steroid. Obat ini bekerja dengan cara menekan kerja sistem kekebalan tubuh untuk mengurangi peradangan yang bisa memicu rasa gatal.

Penyebab mata gatal itu bermacam-macam, ada yang tergolong ringan dan ada yang dalam kondisi parah sehingga memerlukan resep dokter. Jika Anda mengalami mata gatal, terutama yang tidak kunjung sembuh dan disertai gejala mengganggu lainnya, segera konsultasikan ke dokter untuk penanganan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *