Bentuk Mata Orang Indonesia Dan Riasan Mata Yang Sesuai

Kesalahan yang sering dilakukan orang adalah mengcopy eye makeup beauty guru dari youtube, mengaplikasikannya sama persis, lalu kecewa karena hasilnya tidak sama. Mungkin skill Anda tidak sepadan, tapi bisa juga karena bentuk mata Anda tidak sama dengan bentuk mata beauty vlogger. Bukan berarti kamu tidak bisa berdandan sama dengan orang lain, tapi sesuaikan dengan bentuk mata masing – masing bentuk mata orang indonesia berbeda – beda.

Anda dan siapa pun bisa tampil cantik dengan smoky eyes, paint eyeliner, dan bulu mata palsu 3D. Tapi, mungkin Anda perlu sedikit mengubah volume bulu mata, gradasi warna, dan panjang garis eyeliner dan menyesuaikannya dengan bentuk mata Anda sendiri. Pada kesempatan kali ini, kami akan mengajak Anda untuk mengenal berbagai bentuk mata orang indonesia dan cara mempertegasnya dengan riasan.

Area mata bisa dikatakan menjadi fokus utama riasan wajah selain pengaplikasian alis dan tampilan bedak yang merata. Sedikit saja, riasan akan terlihat tidak sempurna jika Anda tidak pandai mengatasi kurangnya area mata yang pada akhirnya menyebabkan mata terlihat tidak besar dan justru terlihat sangat sipit.

Seperti yang dikatakan para ahli, jika Anda sudah mengetahui bentuk mata Anda, maka merias wajah bisa lebih mudah dan sesuai dengan wajah Anda.

Jenis Mata

Jenis Mata

Ada empat jenis mata bagi wanita Indonesia, antara lain hooded, monolid, downturned, dan round eyes.

untuk mengetahui jenis mata Anda, hal pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa apakah Anda memiliki lipatan mata atau tidak. Jika Anda tidak memiliki lipatan, maka jenis mata Anda adalah monolid.

Kemudian, jika Anda memiliki lipatan, lihat apakah terlihat atau tidak. Jika lipatan mata Anda tidak terlihat, maka Anda masuk ke dalam jenis mata hooded.

hooded eye adalah kondisi mata yang unik, di mana lipatan dan kelopak mata tidak terlihat lebih kecil karena lipatannya terlalu besar. Kondisi ini tentu tidak menghalangi Anda untuk tampil cantik dengan eyeliner, lho!

Jika Anda memiliki lipatan yang jelas, Anda juga harus melihat sudut mata Anda, apakah terkulai atau tidak. Jika di ujung mata Anda melihat ke bawah, maka masuklah ke dalam tipe mata downturned.

Sebaliknya, jika sudut mata Anda tidak melihat ke bawah, mata Anda termasuk dalam tipe round.

Nah, sekarang Anda tahu jenis mata Anda. Kini, Anda bisa mengaplikasikan riasan mata sesuai dengan jenis mata Anda agar lebih cocok dan membuat penampilan Anda terlihat lebih sempurna.

Bentuk Bentuk Mata

Bentuk Bentuk Mata

1. Almond Eyes

Pertama ada bentuk mata almond. Sama seperti wajah oval, mata berbentuk almond dianggap sebagai bentuk paling serbaguna untuk tampilan apa pun. Jika iris atas dan bawah mata Anda ditutupi oleh kelopak mata atas dan bawah, maka Anda memiliki mata almond.

Bentuk mata almond simetris sempurna dengan sudut luar (ekor mata) sedikit terangkat. Jika penjelasannya membingungkan, bayangkan saja bentuk buah almond. Jika mata Anda terlihat seperti itu, maka mata Anda berbentuk almond.

Untuk menonjolkan mata almond, maka pilih eyeliner dengan konsistensi yang lebih creamy seperti eyeliner krim atau juga gel. Karena mata almond adalah yang paling simetris dari semua bentuk mata, mereka dapat digunakan dengan semua jenis eyeliner.

Baca juga :   Obat Bisul Anak Agar Bisul Cepat Sembuh Dan Tidak Kambuh Lagi

Namun, teknik paling mudah untuk mengaplikasikan eyeliner adalah mengikuti bentuk alami mata. Ikuti garis bulu mata Anda sebelum mengoleskannya dengan eyeliner untuk hasil akhir yang lembut. Kemudian, buat ketebalan dari sepertiga ekor mata ke arah luar.

2. Round Eyes

Round Eyes

Round eyes alias mata bulat. Cara mengenali mata bulat adalah dengan memperhatikan apakah warna putih di bagian bawah iris mata Anda terlihat saat Anda melihat lurus ke depan atau tidak. Indikator lainnya adalah Anda pasti bisa melihat lipatan kelopak mata dengan jelas saat membuka mata.

Untuk membuat mata bulat terlihat lebih cerah, pilih riasan mata yang memanjang agar mata tidak terlihat terlalu bulat. Pastikan garis eyeliner lebih tipis di sudut dalam dan lebih tebal di bagian ekor dan tepi luar mata.

3. Downturned Eyes

Downturned Eyes

Mata downturned adalah mata yang murung. Anda merasa mata Anda terkulai tetapi tidak yakin apakah itu termasuk mata yang terkulai? Begini saja. Gambarlah garis horizontal dalam imajinasi Anda melalui bagian tengah mata. Jika sudut luar mata turun atau lebih rendah dari garis horizontal yang tidak terlihat, maka bentuk mata Anda downturned. Atau sederhananya jika mata Anda terlihat sedih, itu berarti mata Anda downturned.

Untuk menonjolkan mata yang droopy, gunakan eyeliner pensil. Gambarlah sedikit mata kucing (eyeliner yang sayapnya tidak terlalu panjang tetapi juga tidak terlalu pendek) dengan eyeliner pensil. jentikkan ujung eyeliner sayap ke arah pelipis Anda untuk membuat sedikit pengangkatan di sudut luar mata Anda. Jadi mata Anda yang tadinya ke bawah akan terlihat sedikit ke atas.

Saat mengaplikasikan eyeshadow, jangan terlalu banyak mengoleskan pada bagian ekor mata. Jangan menggambarnya terlalu lebar dan panjang di luar bentuk alami mata Anda, terutama jika terkulai. Sebelum memasang bulu mata palsu, maka ukur terlebih dahulu agar tidak terlalu panjang. Potong ujung ekor bulu mata palsu jika perlu. Pemasangannya juga perlu diperhatikan, jangan mengikuti bentuk kelopak mata tapi dibuat sedikit ke atas. Tidak apa – apa untuk menempel sempurna pada garis bulu mata juga, ya.

Dan, jangan menggambar eyeliner pada garis bulu mata bagian bawah (lower lash line) karena nantinya mata Anda akan terlihat lebih rendah dan lebih kecil karena dengan eyeliner atas dan bawah. Jika ingin gambarnya tipis atau tidak semuanya, cukup area luar mata saja.

4. Upturned Eyes

Upturned Eyes

Kebalikan dari downturned, ada upturned. Akan cukup sulit untuk menentukan apakah mata Anda terbalik atau almond, karena mata yang terbalik memiliki bentuk klasik almond, tetapi dengan ekor yang sedikit terangkat. Ciri – ciri mata terbalik adalah mereka lebih fokus pada kelopak mata bawah dan kelopak mata bawah juga terlihat lebih panjang.

Untuk meratakan proporsi mata atas dan bawah, aplikasikan eyeshadow gelap atau pensil eyeliner gelap di sepanjang sudut luar bawah mata untuk mengurangi efek mata yang meninggi. Kemudian, selalu padukan eyeshadow atau gunakan pensil eyeliner berwarna gelap di sepanjang garis bulu mata bawah agar mata terlihat “berat” di bawah.

Baca juga :   Cuci Tangan 6 Langkah Paling Mudah Supaya Terhindar dari Kuman

Baca juga : Cara Merawat Rambut Kering Bekas Smoothing Agar Normal Kembali

5. Wide-Set Eyes

Wide-Set Eyes

Kemudian sikat bulu mata atas dan bawah ke arah hidung. Gunakan sikat bulu mata kecil untuk bulu mata bagian bawah jika Anda merasa sulit. Aplikasikan eyeshadow dengan memfokuskan pada sudut dalam (yang dekat hidung) dari garis bulu mata atas dan bawah. Dan, minimalkan produk apa pun yang diterapkan pada sudut luar mata untuk membantu menciptakan lebih banyak keseimbangan di mata dan menarik fokus ke area mata.

6. Small Eyes

Small Eyes

Mata kecil berbeda dengan mata sipit, ya. Mata kecil dapat diidentifikasi dengan cukup mudah. Lagi pula, jika mata Anda terlihat lebih kecil dari bagian wajah lainnya, Anda memiliki mata yang kecil. Ciri lainnya adalah jarak antara ujung bulu mata dan tulang alis yang pendek.

Pemilik mata kecil sebaiknya memilih warna eyeshadow yang lebih terang atau warna metalik yang memantulkan cahaya seperti emas dan perak. Karena warna eyeshadow ini akan membuat mata Anda terlihat lebih cerah. Dan lewati penggunaan eyeliner pada garis bulu mata bawah Anda, yang dapat membuat mata Anda terlihat lebih kecil.

7. Big Eyes

Big Eyes

Kebalikan dari mata kecil adalah mata besar. Sementara mata kecil berarti mata sangat kecil dibandingkan dengan fitur lain di wajah seperti hidung dan mulut, mata besar sebenarnya lebih besar secara proporsional dengan fitur wajah lainnya.

Berbahagialah pemilik mata besar! Karena bentuk mata ini, Anda bisa menggunakan eyeliner dalam berbagai ukuran dan gaya. Anda dapat bereksperimen dengan tampilan yang lebih tidak konvensional, seperti eyeliner bersayap ganda.

Mata besar sebaiknya tidak menggunakan eyeshadow dengan warna cerah karena dapat membuat mata terlihat lebih besar. Gunakan eyeshadow yang ringan, tetapi buat eyeliner sekencang mungkin. Fungsinya untuk membuat mata terlihat seperti kacang almond.

8. Hooded Eyes

Hooded Eyes

Menggunakan riasan mata adalah yang paling memakan waktu. Memerlukan teknik yang tepat untuk membuat riasan mata yang indah dan sesuai dengan bentuk mata (juga bentuk wajah). Setiap bentuk mata memiliki kesulitannya masing – masing untuk merias wajah. Tapi, itu semua tidak ada apa – apanya dibandingkan dengan mengaplikasikan produk mata pada hooded eyes (kelopak mata yang masuk).

Hooded eyes sering disebut sebagai mata bengkak atau mata cekung. Kelopak mata hooded ini disebabkan oleh kelebihan kulit di bawah tulang alis yang terlipat di atas kelopak mata Anda. Sehingga kelopak mata Anda tidak akan terlihat banyak, walaupun ada kelopak mata karena sebagian besar akan tertutupi kulit yang “bengkak”.

Meskipun kelihatannya tidak ada gunanya mengaplikasikan eyeshadow, ada banyak trik mudah yang bisa Anda lakukan. Jika Anda memiliki kelopak mata bengkak, penting untuk memahami cahaya dan bayangan. Terang adalah area di kelopak mata dan warna eyeshadow terang untuk highlight dan warna mid-tone & dark eyeshadow untuk menekankan area kelopak mata yang disorot.

Oleskan eyeliner lebih tebal ke sudut luar. Pastikan liner sedekat mungkin dengan bulu mata Anda! Dan, mengapa harus tebal? Karena garis tipis dan sederhana bisa hilang dengan mudah saat mata terbuka, karena kelopak mata Anda kecil, kan. Tapi, jangan buat eyeliner yang over juga karena nanti mata kamu akan terlihat kecil. Setelah menggambar “pola” eyeliner, buat lebih berani dengan mata terbuka, karena hasilnya akan berbeda dengan saat Anda menutup mata.

Baca juga :   Cara Merawat Rambut Rusak Agar Kembali Sehat Dan Ternutrisi

9. Close-set Eyes

Close-set Eyes

Ada mata yang dalam dan ada juga mata yang tertutup. Jika deep-set eyes adalah mata yang menonjol ke dalam, close-set eyes adalah mata yang terlihat berdekatan. Jika jarak antara sudut mata Anda kurang dari lebar salah satu mata Anda, maka mata Anda adalah mata tertutup.

Memiliki mata tertutup atau mata yang tertutup sebenarnya bukan masalah besar. Tapi, itu bisa menjadi masalah jika Anda mencari kesempurnaan, karena mata yang tertutup memiliki proporsi wajah yang tidak seimbang.

Orang dengan mata tertutup bermimpi memiliki mata yang lebih lebar atau setidaknya sedikit terpisah satu sama lain. Untuk membuat mata Anda terlihat lebih lebar, cukur alis Anda dengan bentuk melengkung (tidak lurus seperti gaya riasan Korea). Memperpanjang ekor alis saat digambar juga bisa membuat mata terlihat lebih lebar.

Gunakan warna eyeshadow yang berbeda secara bersamaan. kemudian Gunakan warna eyeshadow yang lebih terang di sudut dalam, dan warna yang lebih gelap di sudut luar. Warna eyeshadow yang terang akan menciptakan ilusi jarak yang lebih jauh di antara mata Anda, sementara sudut luar yang gelap akan memberikan definisi mata Anda.

10. Protruding Eyes

Protruding Eyes

Mata menonjol juga dikenal sebagai mata protruding Banyak orang yang tidak percaya diri memiliki mata yang menonjol, padahal semuanya sama – sama cantik.

Mata yang menonjol terlihat cukup besar dan bulat. Jadi, saat menggunakan riasan, sebaiknya seimbangkan dengan bermain dengan warna eyeshadow agar mata terlihat kecil. Dan, membuat mata terlihat sedikit lebih lebar (lebih berbentuk almond) juga.

Yang penting adalah Anda harus membuatnya sedekat mungkin dengan garis luar dan bahkan ke garis air. Tapi, jangan bawa eyeshadow terlalu rendah di garis bulu mata bawah. Dengan cara ini, riasan mata akan memberikan postur mata Anda dan tidak menonjolkan kantung mata yang dimiliki mata yang menonjol secara alami.

Gunakan eyeshadow yang agak tinggi pada kelopak mata karena kelopak mata Anda cenderung menutup. Jika eyeshadow terlalu rendah, akan terlihat kelopak mata yang terlipat. Kemudian, bawa eyeshadow ke sudut luar (cat-eye look) juga untuk menciptakan efek mata berbentuk almond.

Mata juga dapat diidentifikasi sebagai monolid (hanya satu kelopak mata) dan kelopak mata ganda (dua lipatan kelopak mata). Namun, setiap bentuk mata memiliki salah satu dari jenis ini atau bahkan keduanya, misalnya ada mata kecil dengan kelopak mata ganda atau monolid. Namun, ada juga yang campuran, seperti satu kelopak mata tunggal dan satu kelopak mata ganda. Jadi, kita tidak akan membahas lebih jauh tentang lipatan kelopak mata.

Cara tercepat untuk menentukan bentuk mata Anda adalah dengan membayangkan garis horizontal melintasi mata Anda (saat Anda tidak memakai riasan). Jika Anda tidak sedang membayangkan sesuatu, Anda dapat menggunakan penggaris panjang atau seutas tali untuk membantu melihat garis horizontal. Apa bentuk mata yang Anda miliki?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.