Macam Macam Bentuk Mata Yang Terlihat Lebih Menggemaskan

Mata adalah salah satu organ tubuh yang sangat berhaga. Dengan mata, kita bisa melihat jendela dunia dan mengenali berbagai bentuk. Meski mata merupakan organ penting, kita tetap harus menjaganya. Jika tidak, maka bisa jadi ada masalah dengan kesehatan mata meski terlihat normal, karna dengan macam macam bentuk mata ada yang tidak normal dan juga ada yang normal.

Pada dasarnya, mata sering dikaitkan dengan dunia kecantikan. Hal ini dikarenakan mata sangat mempengaruhi cara wanita mengaplikasikan riasan mata. Namun, mata juga bisa mencerminkan kondisi kesehatan penggunanya.

Jenis Bentuk Mata Normal

Jenis Bentuk Mata Normal

Ternyata, setiap manusia memiliki macam macam bentuk mata. Hal ini bisa terjadi karena berbagai hal seperti ras, usia, hingga kondisi yang dialami seperti pernah mengalami operasi. Beberapa jenis mata normal adalah sebagai berikut.

1. Mata Monolid

Jenis mata ini dapat dilihat secara langsung. Hal ini terlihat pada kelopak mata yang tidak memiliki lipatan. Dengan begitu, mata terlihat lebih rata.

2. Mata Yang Dalam

Untuk jenis mata ini, membuat tulang alis terlihat lebih menonjol. Ini karena bola mata terlihat lebih dalam dan lebih besar di tengkorak.

3. Mata Menonjol

Dari namanya, kita bisa melihat bahwa mata menonjol hampir mirip dengan mata melotot. Bentuk mata ini membuat kelopak mata tampak bergerak keluar dari area rongga mata. Meski begitu, jenis mata ini masih terbilang normal.

4. Mata almond

Sesuai dengan namanya, jenis mata ini sangat mirip dengan almond. Bentuk mata ini sedikit terangkat di sudut luar mata.

5. Mata Bulat

Nah, jenis mata yang satu ini cukup sering dikatakan oleh banyak orang. Mata bulat memiliki bentuk yang lebih bulat dari mata almond. Kemudian, bola mata juga jauh lebih terlihat. Bagian putih terlihat lebih jelas.

Baca juga :   Aplikasi Apotek Android Membantu Anda Mengelola Bisnis Apotek

6. Hooded Eyes

Jenis berikutnya adalah Hooded Eyes. Jika dilihat sekilas, mata jenis ini terlihat mirip dengan mata monolid. Namun, kelopak mata hampir tidak terlihat karena tertutup oleh lapisan kulit.

7. Mata Lebar

Sesuai dengan namanya, bentuk mata yang satu ini memiliki jarak antara kedua mata yang lebih lebar. Biasanya dipengaruhi oleh gen.

8.  Mata Dekat

Nah, untuk mata yang satu ini kebalikannya dengan mata lebar yaitu jarak antara kedua mata lebih dekat.

Jenis Bentuk Mata Tidak Normal

Jenis Bentuk Mata Tidak Normal

Yang dimaksud dengan mata tidak normal disini adalah jenis mata yang menunjukkan adanya penyakit tertentu. Berikut ini ada beberapa bentuk mata yang tidak normal diantaranya adalah :

1. Ptosis

Bentuk mata ini ditandai dengan kulit kelopak mata yang terkulai. Dalam dunia medis, bentuk mata seperti itu disebut ptosis atau disebut juga dengan blepharoptosis. Jika keadaan semakin parah, maka kulit kelopak mata akan terkulai menutupi sebagian atau bahkan seluruh pupil.

Untuk dapat mengatasi masalah mata ini yaitu dengan cara operasi. Nantinya, kelopak mata yang turun akan diangkat melalui pembedahan. Dengan begitu, pupil tidak akan lagi tertutup dan mata secara bertahap bisa kembali normal.

2. Astigmatisme

Jenis mata abnormal selanjutnya adalah astigmatisme. Kondisi mata seperti ini adalah cahaya tidak jatuh atau masuk ke retina. Akibatnya, mata mengalami rabun jauh dan rabun jauh. Untuk dapat mengatasi hal tersebut perlu dilakukan uji optik. Nanti akan ada pilihan seperti menggunakan kacamata, lensa kontak atau operasi.

Demikianlah berbagai macam bentuk mata normal dan abnormal. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat. Jaga kesehatan mata Anda dengan mengonsumsi suplemen dan vitamin berikut untuk kesehatan mata.

Baca juga :   Alat Pembersih Udara Yang Cukup Efektif Untuk Mengubah Udara

Baca juga : Bentuk Mata Orang Indonesia Dan Riasan Mata Yang Sesuai

Bentuk Mata Yang Paling Indah

Setiap wanita memiliki pesonanya masing – masing, terutama mata yang selalu menarik perhatian banyak orang karena memancarkan kecantikannya sendiri. Selain itu, karakteristiknya juga menambah nilai keindahan. Terlahir dengan berbagai keunikan, keindahan bentuk, dan warna mata bisa memukau banyak orang, berikut ini telah terkumpul beragam bentuk mata yang paling menarik perhatian dunia karena keunikannya.

Keindahan Bentuk Mata Wanita Dari Berbagai Belahan Dunia

Bentuk Mata Yang Paling Indah

1. Mata Indah Tanpa Pigmentasi Warna

Terlahir berbeda dari keunikannya, pengidap albinisme memiliki kelainan genetik yang menyebabkan kurang atau tidak adanya pigmentasi pada kulit, mata, dan rambut mereka. Genetika albinisme memiliki kulit yang sangat sensitif dan pucat. Sensitivitas kulit albinisme mudah terbakar sinar matahari.

Menurut peringatan dari NHS, kelainan kulit genetik ini disebabkan oleh kurangnya atau tidak adanya melanin, yang mempengaruhi warna dan penglihatan.

Tak heran, banyak yang mengidap penyakit mata (rabun jauh, rabun dekat, atau astigmatisme). Ini karena sensitivitas mata yang tinggi terhadap cahaya. Meski begitu, keunikan perbedaan warna antara mata albinisme dengan mata normal lainnya kerap menarik perhatian dan membuat heran banyak orang.

2. Dua Warna Pada Dua Bola Mata

Umumnya, seseorang akan dilahirkan dengan sepasang bola mata dengan warna yang sama. Tapi itu tidak berlaku untuk orang dengan heterochromia iridium.

Keahliannya adalah membentuk dua bola mata dengan warna berbeda. Berdasarkan peringatan dari dunia kedokteran, perbedaan warna iris mata disebabkan oleh kelebihan pigmen melanin atau pewarisan genetik.

3. Bentuk Mata Seperti Almond

Bentuknya mirip dengan almond, ini menjadi ciri khas bola mata orang Asia. Beberapa orang Asia tidak menyukai tampilan mata sipit dan tidak memiliki kelopak mata sehingga tidak sedikit yang melakukan operasi wajah untuk meniru bentuk mata orang Barat.

Baca juga :   Cara Mengobati Tenggorokan Sakit Dan Dapat Mempercepat Pemulihan

Meski begitu, masih banyak yang merasa bangga dengan bentuk unik mata seperti almond ini sebagai identitasnya. Di Asia, beberapa aktris seperti Bae Doona, Ali Wong, Constance Wu, Lana Condor dan lainnya tetap tampil cantik dengan mata berbentuk almond.

4. Mata Biru Seperti Biru Laut

Tidak ada yang baru tentang keindahan mata biru. Banyak selebriti memiliki bola mata biru, termasuk Alexis Bledel, Taylor Swift, Brad Pitt, dan lainnya.

5. Keindahan Bola Mata Yang Besar

Ada berbagai bentuk mata yang berbeda untuk setiap orang. Salah satu dari mereka memiliki mata yang lebih besar dari yang lain. Memiliki bola mata yang besar membuat Anda terlihat lebih menggemaskan.

6. Bulu Mata Yang Panjang Menambah Keindahan Mata

Memiliki mata yang indah dan bulu mata yang panjang merupakan dambaan banyak wanita. Perpaduan ini menambah kecantikan wanita dalam berpenampilan. Tidak hanya penampilan fisik, bulu mata juga bermanfaat bagi kesehatan.

7. Ragam Warna Dalam Sepasang Bola Mata

Ciri lain dari sepasang bola mata berwarn a- warni. Variasi warna yang terlihat di sekitar pupil menarik perhatian banyak orang. Ada beberapa selebriti, seperti Shailene Woodley, Carrie Underwood, Jada Pinkett Smith dan masih banyak lagi.

Berdasarkan pola mata ini dihiasi dengan warna emas, di sekitar pupil berwarna coklat kehijauan. Di luar ruangan, mata yang cenderung cokelat dapat meniru cahaya sekitar atau memantulkan warna dari pakaian atau riasan. Itulah macam macam bentuk mata yang paling menarik perhatian dunia karena keunikannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.