Bintitan Di Bawah Mata Dan Cara Mencegah Bintitan Datang Kembali

Mungkin sebagian besar dari Anda pernah mengalami stouts. Membuat Anda tidak percaya diri, berbagai cara untuk menghilangkan bintitan di mata akan dilakukan.

Ya, meski sebenarnya tidak terlalu berbahaya, pewarnaan juga bisa membuat seseorang merasa minder. Terkadang kondisi ini juga dapat mengganggu kenyamanan aktivitas.

Apa Itu Bintit?

bintitan di bawah mata

Bintil pada mata adalah infeksi mata berupa benjolan kecil berwarna merah yang muncul di tepi kelopak mata.

Ini biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri staphylococcus. Bintitan juga dikenal sebagai hordeolum.

Bagaimana Cara Menghilangkan Bintit Di Mata

Berikut cara-cara untuk membantu menghilangkan bintitan di mata:

1. Kompres Dengan Air Hangat

Cara menghilangkan bintit bisa dilakukan dengan mengompres mata yang terkena. Gunakan handuk yang sebelumnya telah dibasahi air hangat.

Kemudian peras handuk hingga tidak ada sisa air yang menetes, lalu letakkan di area yang terkena selama kurang lebih 10 menit. Lakukan ini 3 hingga 4 kali sehari.

Yang harus diperhatikan, Jangan menggunakan kain kompres yang terlalu panas karena bisa menyebabkan kelopak mata anda terluka.

2. Menggunakan Lidah Buaya

Lidah buaya kaya akan mineral, vitamin, enzim, dan berbagai senyawa lain yang bermanfaat sebagai analgesik alami atau pereda nyeri.

Bahan ini bisa digunakan sebagai alternatif menghilangkan bintit.

Cara untuk menggunakannya, siapkan lidah buaya dan belah terbuka untuk diambil getah atau lendirnya, dan gunakan kapas untuk mengumpulkannya.

Oleskan getah lidah buaya pada bintit yang muncul di kelopak mata. Anda bisa mengaplikasikannya beberapa kali sehari sampai bintit mengempis atau hilang.

3. Tempatkan Kantong Teh Di Atas Mata

Bahan lain yang bisa digunakan untuk mengatasi bintit pada mata adalah mengompresnya dengan menggunakan kantong teh.

Teh hijau dianjurkan, karena memiliki fungsi antibakteri yang dapat mengurangi infeksi.

Caranya, rendam kantong teh dalam air panas selama kurang lebih lima menit, keluarkan kantong teh tersebut dan biarkan hingga suhunya menjadi hangat.

Biarkan sisa air merembes keluar agar saat dikompres tidak terlalu membasahi mata. Kompres area mata yang terkena selama sekitar 15 menit. Lakukan ini beberapa kali sehari sampai bintit mengempis.

Baca juga :   Masker Penghilang Mata Panda Dengan Berbagai Bahan Alami

4. Manfaatkan Larutan Air Garam

Cara mengatasi bintit adalah dengan menggunakan air garam. Garam mengandung magnesium, yang dapat membunuh bakteri dan juga mengurangi rasa sakit yang diakibat infeksi pada bintit. Garam juga memiliki sifat antiseptik yang alami.

Larutkan garam dalam air hangat dan kemudian aduk hingga merata. Kemudian celupkan kain bersih dan lembut, atau Anda bisa menggunakan bola kapas ke dalam larutan air garam.

Langkah selanjutnya, tempelkan kain atau kapas pada mata bintit. Diamkan kurang lebih 15 menit, ulangi beberapa kali sehari hingga bintit mereda.

5. Hindari Sering Memencet Bintil Di Mata

Saat Anda mengalami bintit, hindari menyentuh dan bahkan meremasnya. Penting juga untuk menghindari menyentuh atau menggosok area kelopak mata.

Kondisi tersebut bisa menyebarkan infeksi ke kelopak mata dari tangan yang kotor. Jaga kebersihan area mata.

Sering membersihkan kelopak mata di area bintit sangat dianjurkan, selalu gunakan air bersih untuk membersihkan kelopak mata dan lakukan secara perlahan.

Bagaimana Mencegah Bintit Di Mata

Bagaimana Mencegah Bintit Di Mata

Setelah mengetahui cara mengatasi bintitan di mata, ada baiknya untuk selalu mencegah bintitan datang kembali. Berikut beberapa cara mencegah bintit yang bisa dilakukan:

Jagalah selalu kebersihan tangan dan cuci tangan sebelum menyentuh mata, dan coba kenakan pelindung mata saat berada di tempat yang berdebu

Jangan gunakan handuk yang juga digunakan dengan orang lain, apalagi dengan orang yang sedang mengalami bintit

Bagi Anda yang memakai lensa kontak pada mata, selalu sterilkan lensa kontak sebelum digunakan dan cuci tangan terlebih dahulu sebelum memasang lensa kontak pada mata Anda.

Jangan gunakan kosmetik yang sudah kadaluwarsa, atau gunakan kembali kosmetik mata yang pernah digunakan selama bintitan.

Bintik Putih Di Kelopak Mata Bagian Dalam

Bintik-bintik kecil di bagian dalam kelopak mata bisa disebabkan oleh banyak hal. Dari keadaan yang Anda sebutkan, munculnya benjolan di bagian dalam kelopak mata dan nyeri biasanya disebabkan oleh hordeolum.

Hordeolum dapat tumbuh di luar kelopak mata (hordeolum eksternal) atau di dalam kelopak mata (hordeolum internal). Pada hordeolum internal, awalnya dapat menyebabkan benjolan seperti benjolan pada kelopak mata yang semakin membesar, dan akan terasa nyeri dan menggumpal. Dan itu juga bisa disertai dengan mata kemerahan.

Baca juga :   Vitamin Untuk Mata Lelah Dapat Mencegah Kebutaan

Namun selain itu kondisi yang Anda alami juga bisa disebabkan oleh sebab lain seperti:

  • Kalazion
  • Alergi
  • Iritasi mata
  • dll

Oleh karena itu untuk mengetahui penyebab kondisi Anda, sebaiknya periksakan dulu ke dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan langsung oleh dokter tersebut.

Sehingga nantinya dokter bisa memberikan pengobatan yang tepat untuk Anda. Mungkin dokter akan memberikan obat tetes mata, obat radang, atau antibiotik jika perlu.

Disarankan agar Anda melakukan kompres hangat pada bagian mata yang sakit, kenakan sunglasses saat berada di luar rumah dan hindari melihat sinar matahari secara langsung. Pakai kacamata (kalau memang pakai kacamata), sebaiknya jangan pakai softlens dulu. Makan sayur dan buah yang cukup.

Luka Di Kelopak Mata Bagian Dalam

Kondisi Anda dapat menyebabkan suatu kondisi medis yang berhubungan dengan kelopak mata yang dalam istilah medis disebut blepharitis, yaitu peradangan (biasanya karena bakteri) di tepi kelopak mata yang menyebabkan area tersebut menjadi bengkak dan merah.

Luka Di Kelopak Mata Bagian Dalam

Gejala yang dapat timbul dari kondisi ini antara lain: kelopak mata gatal, mata terasa menggumpal seperti debu atau pasir, mata terasa panas, tepi kelopak mata bisa terlihat bengkak, mata menjadi sensitif terhadap sinar matahari, dll.

Coba atasi keadaan ini di rumah dengan cara: basuh mata dengan air matang, dan kompres area yang ada keluhan dengan handuk lembut yang sudah dibasahi air hangat. Namun, jika dengan cara ini kondisi Anda masih terjadi atau semakin parah, segera temui dokter spesialis mata.

Dokter kemungkinan akan melakukan beberapa macam pemeriksaan yang berkaitan dengan masalah ini, diantaranya: pemeriksaan fisik terutama kelopak mata, dll. Sehingga penyebab pasti dari munculnya keadaan ini dapat diketahui dan akhirnya pengobatan yang tepat dapat diberikan.

Makanan Yang Harus Dihindari Saat Mata Bintitan

Sakit mata atau dalam istilah kedokteran disebut Hordeolum, yaitu infeksi yang menyerang kelenjar zeis di mata kita yang akan menyebabkan munculnya jerawat kecil, seperti jerawat di bagian dalam atau luar kelopak mata.

Baca juga :   Cara Mengatasi Mata Bengkak Akibat Menangis Dan Iritasi

Dan penyebab sakit mata ini adalah infeksi bakteri stafilokokus yang hidup di kulit manusia, dan risiko sakit mata akan meningkat jika kita sering menggosok mata dengan tangan kotor, penyebab sakit mata adalah sebagai berikut:

  • Penggunaan kosmetik kadaluarsa
  • Jika sebelum tidur jangan bersihkan sisa kosmetik terlebih dahulu
  • Memakai lensa kontak dengan tangan kotor
  • Ada infeksi bakteri di kelopak mata kita

Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Saat Sakit Mata

1. Makanan Cepat Saji

Pelayanan fast food pada umumnya harus dihindari oleh semua orang. karena terdapat kandungan lemak jenuhnya yang tinggi pada fast food, melayani ini dan dapat meningkatkan kerja kelenjar sebaceous yang akan mampu menyebabkan sakit mata.

2. Makanan Manis

Makanan dan minuman kaleng yang mengandung gula tinggi, meningkatkan gula darah dan kadar insulin yang bisa menyumbat, pori-pori yang menyebabkan sakit mata meradang.

3. Makanan Mengandung Lemak

Jika lemaknya terlalu banyak maka akan menghambat transportasi, sehingga kadar gula darah akan mudah mengalami gangguan, meningkat dan menurun secara drastis.

4. Makanan Yang Membuat Alergi

Pada kulit sering timbul masalah terutama karena alergi makanan, dalam susu dan telur, dan jerawat akan muncul karena sistem, tubuh akan mencoba melawan racun yang dirasakannya

5. Produk Susu

Karena kandungan lemaknya sangat tinggi dan ini akan menambah kadarnya, lemak di dalam tubuh dan di darah, dan saat dikonsumsi, Produk ini berjerawat yang akan mempengaruhi mata kita, akan menjadi sakit atau menjadi bintitan.

Demikian informasi tentang cara mengatasi mata bintit yang bisa Anda coba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *