Cara Agar Rambut Tidak Kering Dengan Perawatan Yang Tepat

Rambut adalah mahkota kecantikan wanita. Rambut membuat wanita terlihat lebih anggun, cantik, feminim, dan menawan. Oleh karena itu, wanita suka merawat rambutnya agar terlihat lebih menarik, terutama di depan lawan jenis. Namun ada beberapa masalah yang terjadi pada rambut, salah satunya adalah rambut kering dan rambut rontok. Oleh karena itu, wanita harus tahu cara agar rambut tidak kering dan rontok.

Apa Itu Rambut Kering?

Rambut kering terjadi ketika kelenjar minyak di kulit kepala tidak menghasilkan cukup minyak. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor internal seperti pembentukan hormon dan bisa juga karena jenis rambut itu sendiri.

Pengaruh dari luar tubuh yang menyebabkan rambut kering juga ada, misalnya pewarnaan rambut menggunakan bahan kimia atau sering terpapar sinar matahari dalam jangka waktu yang lama.

Mengeringkan rambut dengan cara yang salah dan berlebihan juga bisa menyebabkan rambut kering. Contohnya adalah menggunakan pengering rambut saat rambut masih basah, menggunakan pengering rambut dengan suhu yang terlalu panas, dan jarak rambut yang terlalu dekat saat mengeringkannya.

Terlalu sering keramas juga tidak baik untuk rambut. Mengapa? karena terlalu sering keramas akan menyebabkan kandungan minyaknya hilang, dan rambut akan menjadi lebih pecah – pecah dan kering. Rambut kering akan menyebabkan hilangnya kilau dan kesegaran rambut, dan juga dapat membuatnya rentan terhadap kerontokan.

Bagaimana Anda Menjaga Rambut Anda Dari Kekeringan?

Bagaimana Anda Menjaga Rambut Anda Dari Kekeringan

Nah, jika Anda memiliki masalah dengan rambut kering dan rambut rontok akibat tindakan di atas, maka sekarang saya akan mengulas beberapa cara mencegah rambut kering. Cara – cara tersebut sangat mudah dan bisa dilakukan tanpa biaya yang mahal.

1. Jangan Terlalu Sering Mencuci Rambut

Yang pertama dan sangat mudah dilakukan adalah jangan terlalu sering keramas. Seperti yang saya katakan tadi, hal ini dimaksudkan agar kandungan minyak tidak cepat hilang. Cukup cuci rambut setiap 3 hari sekali agar tetap bersih dan segar.

2. Sisir Rambut Anda Dengan Benar

Banyak orang yang menyepelekan hal ini, padahal ada efek yang bisa terjadi jika menyisir sembarangan atau kasar. Satu – satu rambut bisa kusut dan patah, apalagi jika rambut Anda masih basah.

Karena itu, tunggulah sampai rambut Anda kering sebelum menyisirnya. Anda juga bisa menggunakan handuk untuk mengeringkannya secara perlahan terlebih dahulu. Setelah itu, sisir rambut dengan baik dan benar.

Baca juga :   Hipnoterapi Jogja Dapat Membantu Mengatasi Masalah Anda

3. Gunakan Alpukat Dan Jeruk Nipis

Alpukat banyak mengandung karotenoid, vitamin B1, vitamin B2, sumber protein dan nutrisi, oleh karena itu alpukat dapat membantu meremajakan dan melembabkan kulit kepala. Bagaimana cara menggunakannya? ambil daging buah alpukat dan haluskan sampai halus seperti pasta.

Setelah itu, oleskan alpukat yang sudah dihaluskan ke seluruh bagian rambut mulai dari kulit kepala hingga ujung rambut. Kemudian diamkan selama kurang lebih dari 20 menit, lalu bilas rambut anda hingga bersih. Lakukan dua atau tiga kali seminggu.

Jeruk nipis juga berkhasiat untuk membersihkan kotoran yang menempel di permukaan kulit kepala, dan juga bisa membuat rambut sehat dan berkilau. Caranya adalah dengan memijat kulit kepala secara perlahan menggunakan air jeruk nipis. Setelah itu, tunggu selama 30 menit, lalu cuci rambut dengan keramas.

4. Gunakan Ramuan Madu

Selain bahan – bahan di atas, Anda juga bisa menggunakan madu untuk merawat rambut kering. Caranya sangat mudah, cukup pijat rambut Anda dengan menggunakan setengah cangkir madu selama 20 menit. Setelah itu bilas rambut Anda dengan air hangat. Lakukan kegiatan ini sebulan sekali.

Untuk memudahkan proses pemijatan, Anda juga bisa mencampurkan madu dengan 1 atau 2 sendok makan minyak zaitun. Ramuan madu ini juga bisa dicampur dengan bahan kaya protein seperti alpukat dan kuning telur jika rambut Anda benar – benar rusak.

5. Jangan Ikat Rambut Saat Tidur

Mengapa? karena ini akan membuat akar rambut tidak bisa bernafas dengan baik. Bebaskan rambut Anda saat ingin tidur. Hindari mengikat rambut terlalu kencang, terutama jika Anda berkeringat. Hal ini bertujuan untuk menghindari rambut agar tidak berbau dan resiko rambut patah.

6. Jangan Mencuci Rambut Dengan Air Panas

Tidak apa – apa jika Anda ingin mencuci rambut dengan air hangat. Namun, jangan gunakan air hangat yang mendekati panas. Hal ini menyebabkan rambut kehilangan nutrisi dan membuat rambut menjadi kering dan mudah rontok. Cukup sebulan sekali cuci dengan air hangat. Lebih baik dicuci dengan air biasa.

7. Hindari Menggunakan Sisir Yang Giginya Terlalu Rapat

Menyisir rambut merupakan tindakan yang sering dilakukan pada rambut, untuk itu anda juga harus memperhatikan sisir yang anda gunakan. Sisir dengan gigi yang terlalu rapat lebih cenderung menyebabkan kerontokan rambut, terutama jika Anda menyisir rambut dalam keadaan basah. Usahakan menggunakan sisir bergigi jarang agar rambut Anda tidak mudah rontok dan menjadi rapuh.

Baca juga :   Masker Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat Yang Efektif

8. Hindari Menggaruk Kulit Kepala Saat Keramas Atau Gatal

Mengapa? karena dikhawatirkan akan mengiritasi kulit kepala bahkan menyebabkan perih. Jika kulit kepala teriritasi, maka akan mengurangi kelembapan alami rambut yang dihasilkan oleh kulit kepala. Sebisa mungkin, pijat dengan lembut jika Anda merasa gatal di kulit kepala atau saat keramas.

9. Sering Pijat Kulit Kepala Saat Mencuci Dan Menyisir

Memijat kulit kepala akan memperlancar peredaran darah yang dapat meningkatkan sekresi kelenjar minyak dan membuat rambut aktif. Pijat rambut dan kulit kepala menggunakan minyak alami, seperti minyak zaitun, minyak jagung, dan minyak almond setelah mencuci rambut. Setelah itu, bungkus rambut Anda dengan handuk hangat selama setengah jam, ini juga dikenal sebagai “mandi minyak”.

Baca juga : Cara Merawat Rambut Agar Cepat Panjang Yang Praktis

Trik Meminyaki Rambut Kering

Trik Meminyaki Rambut Kering

Salah satu cara untuk membuat rambut kering Anda terlihat lebih indah dalam waktu singkat adalah dengan mengoleskannya. Namun, meminyaki rambut tidak bisa dilakukan sembarangan karena justru bisa mengurangi keindahannya. Berikut cara meminyaki rambut dengan benar:

  • Jangan mengoleskan minyak jika rambut Anda tidak kering. Proses meminyaki rambut sebaiknya dilakukan setelah keramas, tetapi Anda harus menunggu hingga kering sebelum meminyakinya.
  • Letakkan seperempat sendok teh minyak vaseline putih di telapak tangan Anda, kemudian celupkan jari – jari Anda ke dalamnya, dan oleskan ke akar rambut Anda. Setelah itu, oleskan minyak tersebut ke seluruh rambut hingga ujungnya hingga terlihat berkilau dan menjadi lembut.
  • Sisir rambut Anda dengan sisir berbentuk sikat setelah mengoleskan Vaseline. Ini akan membuat rambut Anda lembut dan halus.
  • Setelah melakukan langkah – langkah di atas, jangan semprot rambut Anda dengan kosmetik lain.

Dengan anda melakukan perawatan ini, otomatis rambut Anda akan terhindar dari berbagai masalah lain seperti rambut pecah – pecah dan rambut rontok.

Minyak Alami Untuk Rambut Kering

Minyak Alami Untuk Rambut Kering

Anda mungkin mengalami rambut kering yang membuat Anda kurang percaya diri. Tapi, tahukah Anda bahwa ada sejumlah minyak alami yang bisa menjadi solusinya? Minyak alami memiliki sifat asli dari alam tanpa bahan kimia yang membahayakan kesehatan rambut.

Meski efeknya tidak instan, minyak alami bisa diandalkan untuk mengoptimalkan kesehatan rambut dan menutrisi rambut kering dengan baik. Untuk menggunakan minyak alami juga sangat mudah. Kita bisa melakukannya di rumah kapan saja.

Baca juga :   Cara Membuat Alis Mata Agar Penampilan Terlihat Sempurna

Lalu, minyak alami apa yang bisa diandalkan untuk merawat rambut kering? Baca lebih lanjut di bawah ini.

1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah minyak yang sangat baik untuk rambut dan juga kulit. Hal ini karena minyak kelapa kaya akan karbohidrat, vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk menutrisi dan melembabkan rambut.

Cara pemakaiannya sangat mudah, gunakan minyak kelapa pada akar hingga ujung rambut. Oleskan minyak kelapa secara merata, diamkan selama 30 menit dan bilas dengan sampo. Lakukan ritual ini setidaknya dua kali seminggu.

2. Minyak Argan

Minyak argan, juga dikenal sebagai minyak Maroko. Kaya akan asam lemak, antioksidan, dan Vitamin E. Pilihlah minyak argan organik karena diproses secara minimal dan tidak mengandung bahan kimia atau aditif, sebaiknya digunakan.

Penggunaan minyak argan sama dengan minyak kelapa, namun karena tidak terlalu berminyak maka minyak argan dapat digunakan setiap hari.

3. Minyak Jojoba

Minyak jojoba dapat melembabkan rambut, mencegah ketombe dan kulit kering, serta membuat rambut lembut dan berkilau. Untuk cara menggunakan minyak jojoba, Anda bisa mengoleskannya ke kulit kepala sebelum keramas dan diamkan selama 30 menit.

Anda bisa membiarkannya semalaman, Anda juga bisa mencoba menambahkan beberapa tetes ke kondisioner atau mengaplikasikannya langsung ke ujung rambut Anda setelah keramas.

4. Minyak Almond

Minyak almond mengandung vitamin E, asam lemak, protein, dan antioksidan, serta magnesium yang dapat membantu pertumbuhan rambut dan mengurangi kerusakan rambut, terutama bagi Anda yang memiliki rambut kering.

5. Minyak Biji Anggur

Terbuat dari minyak biji anggur, minyak biji anggur juga merupakan salah satu minyak alami yang baik untuk rambut dan kulit. Ini kaya akan omega 3 alami dan asam lemak yang sangat bergizi. Penggunaan secara teratur juga dapat membuat rambut lebih berkilau dan bebas dari kekeringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *