Cara Merawat Rambut Kering Dan Rontok Dengan Cara Sederhana

Ada banyak Cara merawat rambut kering dan rontok yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Misalnya dengan kita memperhatikan frekuensi keramas dan juga harus memilih sampo yang paling tepat untuk rambut kering, hingga membatasi untuk penggunaan pengering rambut.

Cara – cara tersebut di atas juga akan mendapatkan hasil yang maksimal jika Anda memperhatikan pola makan Anda. Pasalnya, kekurangan nutrisi tertentu juga bisa memicu rambut menjadi rusak dan rontok.

Cara Merawat Rambut Kering Dan Rontok

Cara Merawat Rambut Kering Dan Rontok

Bagi Anda yang ingin untuk memiliki rambut yang lembut dan juga kuat, berikut ini ada beberapa cara mengatasi rambut kering dan rontok yang bisa Anda lakukan.

1. Sesuaikan Waktu Keramas

Cara untuk mengatasi rambut kering dan rambut rontok perlu untuk memperhatikan frekuensi keramas. Ya, meski bisa menghilangkan kotoran, dengan air dan sampo justru menghilangkan minyak alami yang dihasilkan kulit kepala.

Untuk itu, maka pemilik rambut kering dan rontok sebaiknya tidak sering mencuci rambut dan disarankan juga untuk waktu mencuci rambut setiap 3 hari sekali, bukan setiap hari.

2. Pilih Produk Perawatan Rambut Yang Tepat

Untuk mengatasi rambut kering yang Anda miliki, pilihlah sampo yang cocok untuk rambut kering. Perhatikan juga bahan – bahan yang tertera pada kemasan.

Hindari produk perawatan rambut yang mengandung alkohol karena produk tersebut dapat membuat rambut Anda menjadi semakin kering.

3. Gunakan Kondisioner Setelah Keramas

Penggunaan kondisioner yang merupakan salah satu hal yang wajib untuk dilakukan sebagai bagian dari perawatan rambut kering dan juga rambut rontok. Karena penggunaan kondisioner dapat mencegah rambut Anda menjadi kering. Oleskan saja kondisioner mulai dari batang hingga ujung rambut.

Pastikan kondisioner telah digunakan secara merata dengan menyisirnya menggunakan tangan.
Anda juga bisa menggunakan kondisioner sebagai masker rambut.

4. Manfaatkan Minyak Jojoba

Manfaatkan Minyak Jojoba

Salah satu cara merawat rambut kering dan rontok secara alami adalah dengan menggunakan minyak jojoba. Minyak ini biasanya ditambahkan sebagai campuran kondisioner. Namun, Anda juga bisa menggunakan minyaknya saja sebagai pelembab rambut alami.

Untuk menggunakannya secara alami, Anda cukup mengoleskan sekitar setengah sendok teh minyak jojoba ke ujung rambut saat rambut masih sedikit lembap setelah keramas.

5. Melindungi Rambut Dari Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat membuat rambut rapuh dan mudah rontok. Apalagi jika rambut Anda berwarna terang, seperti pirang atau abu – abu.

Baca juga :   Lensa Adaptive Dapat Melihat Sekeliling Dengan Nyaman

Oleh karena itu, saat berada di area panas, sebaiknya lindungi rambut dengan topi, payung, atau gunakan produk perawatan rambut dengan bahan yang dapat menghalangi sinar ultraviolet.

6. Menggunakan Minyak Kelapa

Manfaat minyak kelapa sudah lama dipercaya sebagai cara merawat rambut kering dan rontok. Berikut cara menggunakannya:

  • Siapkan minyak kelapa dan daun kari.
  • Panaskan minyak kelapa dan juga daun kari selama 2-3 menit saja.
  • Tiriskan dan biarkan hingga dingin.
  • Kemudian Oleskan campuran tersebut ke rambut dan kulit kepala Anda, lalu tutupi rambut Anda dengan handuk hangat.
  • Diamkan beberapa menit lalu bilas.

7. Makan Makanan Bergizi

Untuk dapat menjaga kesehatan rambut yang selanjutnya, dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan kaya omega-3 dan antioksidan bisa membuat rambut lebih sehat dan juga berkilau.
Beberapa makanan yang baik untuk dimakan jika Anda memiliki rambut kering meliputi:

  • Tuna, sarden, dan salmon
  • Tomat
  • Brokoli
  • Kacang merah
  • Bluberi

8. Memotong Rambut Secara Teratur

Potongan rambut secara teratur adalah salah satu cara untuk menjaga rambut Anda tetap sehat. Meski begitu, bukan berarti Anda hanya bisa memiliki rambut pendek.

Memotong ujung rambut sedikit saja dianggap bisa memicu tumbuhnya rambut baru yang lebih sehat. Jadi, disarankan agar Anda memotong rambut setidaknya setiap 3 bulan sekali.

9. Perhatikan Suhu Penata Rambut

Jika Anda sering menggunakan pelurus atau pengering rambut, pastikan untuk tidak menggunakan pengaturan terpanas. Pasalnya, hal itu akan membuat rambut menjadi rusak dan kering.

Satu hal lagi yang perlu untuk diperhatikan dalam perawatan rambut kering dan rontok adalah cara menggunakannya. Kebanyakan orang langsung meluruskan atau mengeringkan rambut dalam jumlah banyak.

Baca juga : Cara Mengikat Rambut Panjang Saat Berjilbab Yang Benar

Padahal, cara yang tepat adalah dengan membagi rambut menjadi beberapa bagian agar panas yang keluar dari hairdresser bisa menyebar secara merata dan sempurna.

Apa Penyebab Rambut Kering Dan Rontok?

Apa Penyebab Rambut Kering Dan Rontok

Rambut kering yang dapat terjadi ketika kulit kepala tidak menghasilkan cukup minyak untuk dapat melembabkan rambut atau ketika lapisan pelindung rambut (kutikula) rusak. Dengan kita menghindari berbagai penyebab yang terjadi dan melakukan perawatan rambut yang tepat, rambut kering bisa segera teratasi.

Masalah yang terjadi pada rambut kering umumnya yang ditandai dengan keluhan berupa rambut tampak rusak, kusam, tidak berkilau, mudah kusut atau susah diatur, dan mudah patah sehingga sering terlihat seperti rambut rontok saat disisir.

Baca juga :   Tips Kesehatan Mata Agar Terhindari Masalah Mata Di Kemudian Hari

Berbagai Penyebab Rambut Kering

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan rambut kering, antara lain:

1. Usia

Meski rambut yang kering bisa dialami oleh segala usia, Namun risiko rambut kering meningkat seiring dengan bertambahnya usia.

Pasalnya, seiring dengan bertambahnya usia, maka produksi minyak rambut alami juga akan semakin berkurang, sehingga rambut anda akan menjadi kering. Selain itu, pada wanita, perubahan hormonal pasca menopause juga bisa menyebabkan rambut menjadi kering.

Ketika proses penuaan terjadi, rambut tidak hanya menjadi lebih kering, tetapi juga mudah patah, rapuh, dan berwarna putih atau abu – abu.

2. Keadaan Lingkungan

Kondisi lingkungan juga dapat menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya rambut kering. Seseorang bisa mengalami rambut kering jika orang tersebut sering berada di tempat yang kering dan panas.

Selain itu, rambut yang kering juga bisa disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlebihan, serta kebiasaan berenang di kolam yang mengandung klorin atau di laut juga dapat menyebabkan rambut kering.

3. Perawatan Rambut

Perawatan rambut tidak selalu dapat membuat rambut menjadi sehat, karena terkadang perawatan rambut yang tidak tepat juga dapat menyebabkan rambut kita menjadi kering dan juga kerontokan, misalnya:

  • Terlalu sering mencuci rambut
  • Menggunakan sampo, kondisioner, atau produk penataan rambut yang mengandung bahan kimia keras
  • Mewarnai rambut
  • Terlalu sering untuk menggunakan pengering rambut, pelurus rambut, atau pengeriting rambut

4. Kondisi Kesehatan

Kondisi kesehatan yang buruk atau penyakit tertentu juga dapat menyebabkan rambut tidak dapat mempertahankan kelembapan alaminya, sehingga mengakibatkan rambut menjadi kering.

Berikut ada beberapa penyakit atau kondisi medis yang dapat menyebabkan rambut anda menjadi kering:

  • Gangguan makan, misalnya anoreksia nervosa
  • Malnutrisi atau malnutrisi
  • Anemia
  • Gangguan hormonal, seperti hipoparatiroidisme dan hipotiroidisme
  • Sindrom Menkes, kondisi genetik yang langka pada ketika tubuh kita tidak dapat menyerap cukup tembaga maka dapat mempengaruhi kesehatan rambut

Cara Merawat Rambut Kering

Umumnya, rambut kering dapat diobati dengan mengubah cara Anda merawat rambut. Di bawah ini ada beberapa perawatan untuk rambut kering yang bisa Anda coba, agar rambut Anda bisa menjadi lebih lembap dan juga sehat:

Baca juga :   Cara Mengikat Rambut Panjang Saat Berjilbab Yang Benar

1. Hindari Kebiasaan Keramas Terlalu Sering

Hindari Kebiasaan Keramas Terlalu Sering

Untuk dapat memperbaiki rambut kering, maka disarankan agar Anda tidak selalu mencuci rambut setiap hari.

2. Kenakan Masker Rambut

Untuk menyehatkan rambut dan kulit kepala, Anda bisa menggunakan masker rambut dengan bahan – bahan alami, seperti minyak zaitun, lidah buaya, atau minyak kelapa. Bahan – bahan tersebut dapat membuat rambut lebih lembut dan melembabkan rambut kering.

3. Jangan Sering Terkena Panas

Hindari untuk terlalu sering melakukan penataan rambut yang menggunakan suhu panas, misalnya dengan menggunakan pengering rambut, pengeriting rambut, atau juga pelurus rambut.

Setelah keramas, Anda cukup mengeringkan rambut dengan handuk secara perlahan dan lembut, agar kelembapan pada rambut tetap terjaga.

4. Lindungi Rambut Dari Sinar Matahari

Untuk dapat mencegah rambut kering, sebaiknya hindari kebiasaan berjemur terlalu lama di bawah sinar matahari. Jika harus beraktivitas di bawah sinar UV, biasakan untuk memakai pelindung rambut, seperti topi atau payung.

5. Hindari Produk Yang Mengandung Bahan Kimia Keras

Rambut juga bisa kering karena paparan bahan kimia yang berlebihan, seperti alkohol, wewangian, atau pewarna. Oleh karena itu, Anda perlu untuk berhati – hati dalam memiliki produk perawatan rambut.

Selain itu, Anda juga dapat memperbaiki rambut kering dengan memotong rambut secara teratur. Ini juga dapat mencegah rambut bercabang.

Itulah sederet penyebab rambut kering dan cara mengobatinya. Untuk dapat memperbaiki rambut anda yang kering, maka Anda juga harus menerapkan pola makan yang sehat untuk dapat menjga menutrisi rambut dari dalam dan mencegah kondisi yang dapat menyebabkan rambut kering, seperti anemia.

Jika kondisi rambut kering tidak kunjung membaik meski anda telah melakukan beberapa cara yang di atas atau muncul keluhan lain, seperti dengan rambut rontok, kebotakan, atau tubuh lelah, sebaiknya konsultasikan ke dokter agar dokter dapat melakukan pemeriksaan dan pengobatan yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *