Cara Merawat Rambut Agar Cepat Panjang Yang Praktis

Potongan rambut pendek memang membuat penampilan Anda terlihat lebih chic, namun tidak sedikit wanita yang malah lebih percaya diri dengan rambut panjang. Namun salah satu masalah yang sering terjadi adalah rambut sulit tumbuh, sehingga tidak jarang mereka yang rela mengeluarkan biaya banyak untuk mendapatkan perawatan rambut. Ternyata cara merawat rambut agar cepat panjang tidaklah ribet. Kamu hanya perlu mengikuti tujuh cara cepat memanjangkan rambut yang praktis dan efektif!

1. Cuci Setiap Dua Hari

Cuci Setiap Dua Hari

Keramas terlalu sering mempengaruhi pertumbuhan rambut lho. Sebab, sampo dan air hangat membuat rambut kehilangan kelembapan alaminya dan mengering. Rambut cenderung rusak dan mudah rontok. Karena itu, Anda hanya perlu untuk mencuci rambut anda setiap dua hari sekali dan menggunakan air bersuhu ruangan untuk dapat menjaga rambut tetap sehat dan lembap.

2. Jangan Menyisir Saat Rambut Masih Basah

Rambut basah cenderung lebih rapuh, tetapi Anda bisa menggunakan sela – sela jari atau sisir bergigi lebar untuk meluruskan rambut. Nah, menyisir rambut sangat penting dalam upaya memanjangkan rambut. Sebab, saat disisir kulit kepala akan menghasilkan minyak alami dan menyebar ke setiap helainya. Ini membuat rambut lebih sehat.

3. Kurangi Penggunaan Penata Rambut

Meluruskan rambut memang membuat Anda terlihat lebih memukau, tetapi jika Anda sering menggunakan penata rambut, pertumbuhan rambut Anda bisa terhambat. Suhu panas dari penata rambut juga akan membuat rambut kita mudah rusak dan juga kering, sehingga pertumbuhan rambut tidak akan sempurna. Kurangi penggunaan penata rambut agar rambut cepat panjang!

Baca juga :   Cara Memilih Hosting Untuk Blog Kesehatan Mata

4. Kurangi Mengikat Rambut

Kurangi Ikatan Rambut

Cara cepat memanjangkan rambut selanjutnya adalah dengan mengurangi ikatan rambut. Tidak semua ikat rambut nyaman dan aman digunakan, terkadang justru membuat kulit rambut terasa tertarik dan menyebabkan kerusakan. Jika hal ini terus berlanjut, pertumbuhan rambut akan terhambat.

5. Potong Ujung Rambut Secara Teratur

Potong Ujung Rambut Secara Teratur

Rambut akan tumbuh lebih panjang jika ujungnya dipotong secara teratur. Pasalnya, rambut yang bercabang bisa menghambat pertumbuhan dan membuat setiap helainya menipis. Anda hanya perlu memotong 1-3 cm, atau sampai ujung yang bercabang hilang.

6. Konsumsi Makanan Yang Tinggi Protein

Tidak hanya perawatan dari luar, cara merawat rambut agar cepat panjang juga bisa dari dalam, yaitu dengan mengonsumsi makanan yang tinggi protein. Protein berfungsi untuk menutrisi folikel rambut agar cepat tumbuh. Protein bisa didapatkan dari berbagai jenis makanan seperti aneka kacang – kacangan, daging, keju, hingga susu.

7. Kendalikan Stres

Ini mungkin terdengar sulit, tetapi mengendalikan stres bisa menjadi pilihan terakhir untuk menumbuhkan rambut. Stres yang berlebihan membuat rambut lebih rapuh dan mempengaruhi kesehatan rambut.

Jika Anda merasa stres, Anda bisa mencoba berbagai aktivitas menenangkan seperti yoga, meditasi, atau sekadar menceritakan masalah Anda kepada teman dekat. Dengan begitu, stres bisa dikendalikan.

Baca juga :   Cara Merawat Rambut Agar Sehat Dan Tebal Dengan Cara Sederhana

Baca juga : Cara Melebatkan Alis Yang Ampuh Dan Dapat Menjaga Kesehatan Alis

Berapa Lama Rambut Bisa Panjang?

Berapa Lama Rambut Bisa Panjang

Bagi sebagian orang, memiliki rambut panjang adalah impian. Banyak juga yang percaya bahwa keramas setiap hari adalah cara ampuh untuk mendapatkan rambut panjang dengan cepat.

Benarkah Sering Keramas Membuat Rambut Cepat Panjang?

Rata – rata rambut akan tumbuh sekitar 15 cm per tahun atau minimal 0,44 mm per hari. Namun, setiap orang juga memiliki tingkat untuk pertumbuhan rambut yang berbeda – beda.

Sampai saat ini, belum terbukti bahwa sering keramas bisa membuat rambut cepat panjang. Bahkan,ada beberapa penelitian yang menyatakan bahwa terlalu sering kita keramas maka justru dapat menyebabkan kulit kepala menjadi rapuh sehingga rambut tidak tumbuh dengan sempurna.

Ini juga dapat memengaruhi kecepatan pertumbuhan rambut Anda. Memiliki rambut rapuh dapat mempengaruhi kesehatan rambut Anda secara keseluruhan.

Banyak di luar sana mengklaim bahwa produk mereka dapat membuat rambut Anda tumbuh dengan cepat, tetapi sebenarnya produk ini hanya membantu merangsang pertumbuhan dan tidak ada jaminan bahwa Anda akan memiliki rambut panjang dalam waktu singkat.

Sederhananya, tidak ada yang dapat Anda lakukan untuk membuat rambut Anda tumbuh lebih cepat. Pertumbuhan rambut tergantung pada gen, pertumbuhan sel, dan juga hormon masing – masing pada tubuh kita. Contohnya adalah ini: dibandingkan dengan wanita Bahwa rambut pria membutuhkan waktu lebih lama untuk dapat tumbuh panjang. Tentu saja hal ini disebabkan oleh perbedaan hormon dan fungsi tubuh masing – masing.

Baca juga :   Cara Kerja Mata Dan Kesehatan Mata Perlu Dijaga

Apa Yang Bisa Dilakukan Untuk Memiliki Rambut Panjang?

Apa Yang Bisa Dilakukan Untuk Memiliki Rambut Panjang

Anda dapat melakukan beberapa hal untuk merangsang dan membantu rambut Anda tumbuh lebih panjang. Namun tidak dengan kebiasaan keramas setiap hari, berikut hal – hal yang bisa Anda lakukan:

  • Makan makanan yang baik untuk kulit kepala dan rambut. Semua makanan sehat baik untuk tubuh Anda, termasuk rambut. Jika ingin rambut bagus dan kuat, Anda bisa mengandalkan makanan yang mengandung protein, zinc, dan zat besi, seperti daging sapi, telur, ayam, dan seafood.
  • Rawat dengan baik dan berikan lebih banyak nutrisi pada rambut. Ini tidak berarti Anda harus untuk selalu mencuci rambut setiap hari. Pemberian nutrisi pada rambut dapat dilakukan dengan menggunakan kondisioner atau masker rambut secara rutin.
  • Batasi penggunaan alat kecantikan yang dapat merusak rambut. Jika Anda menggunakan pengering rambut atau pelurus setiap hari, itu akan mempengaruhi kualitas rambut Anda. Rambut menjadi rapuh dan mudah rontok, jadi
  • Terapkan gaya hidup sehat. Meski gaya hidup sehat memiliki dampak yang sangat umum bagi kesehatan Anda, namun kebiasaan tersebut tentunya berpengaruh pada kesehatan rambut Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.