Cara Menghilangkan Memar Di Mata Dan Mempercepat Penyembuhan

Gunakan kompres dingin segera setelah cedera terjadi. Temukan asal darahnya, jika terlihat mencurigakan, segera cari dokter spesialis yang bisa membantu Anda. Jika penglihatan Anda menjadi kabur dan rasa sakitnya tak tertahankan, segera cari Cara menghilangkan memar di mata dengan menggunakan bantuan medis.

Saat Anda melakukan aktivitas fisik, baik ringan maupun berat, ada kemungkinan terjadi kecelakaan atau kejadian yang dapat menyebabkan cedera. Cedera yang terjadi cukup beragam, mulai dari yang ringan hingga yang cukup serius. Dalam hal ini, Anda perlu lebih waspada dan mengenali tanda dan gejala yang muncul saat Anda mengalami kecelakaan. Bisa jadi cedera yang Anda alami berupa memar, keseleo, atau benjolan.

Cara Mengobati Memar, Keseleo, dan Benjolan

Tak jarang, seseorang yang mengalami cedera juga akan membutuhkan tindakan lebih lanjut atau perawatan lain, tergantung dari kondisi dan luasnya cedera tersebut. Misalnya, menggunakan bidai atau alat bantu untuk menjaga area yang cedera agar tidak sembuh dengan benar.

Yang pasti, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter guna mendapatkan petunjuk pengobatan dan tindakan yang tepat untuk cedera yang dialami. Berikut beberapa cara untuk mengobati kondisi cedera seperti memar, keseleo, dan benjolan:

Cara Mengobati Memar, Keseleo, dan Benjolan

 

1. Cara Menghilangkan Memar

Memar adalah bercak yang muncul di kulit saat kapiler pecah atau terbuka di bawah kulit. Jika Anda mengalami kecelakaan seperti jatuh, menabrak sesuatu, atau benturan keras, Anda mungkin mendapatkan memar di bagian tubuh tersebut.

Pada kulit gelap, bercak ini mungkin berwarna ungu tua, coklat atau hitam. Warna ini muncul karena darah dari kapiler pembuluh darah masuk ke jaringan lunak di bawah kulit dan menyebabkan perubahan warna. Pada awalnya, memar akan terasa lunak atau bengkak.

Untuk mengobati memar, Anda harus menghentikan pendarahan agar tidak terjadi. Dapatkan kompres dingin (kain yang direndam dalam air dingin) atau es yang dibungkus handuk.
Untuk menyiapkan kompres, Anda dapat memasukkan beberapa es batu atau sayuran beku ke dalam kantong plastik dan kemudian membungkusnya dengan handuk.

Tahan area yang terkena dampak setidaknya selama 10 menit. Jangan letakkan es langsung di kulit karena bisa terlalu dingin dan menyakiti Anda. Obat pereda nyeri seperti parasetamol atau ibuprofen juga dapat digunakan untuk meredakan nyeri akibat memar.

2. Cara Menghilangkan Memar Di Mata

Mata memar adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh pendarahan di bawah kulit di sekitar mata. Meskipun sebagian besar memar mata disebabkan oleh cedera yang tidak serius, hal ini dapat menjadi indikator cedera serius seperti cedera pada bagian dalam mata, patah tulang di sekitar mata.

Untuk dapat mengobati dan Cara menghilangkan memar di mata, Anda perlu melakukan hal berikut:

  • Gunakan kompres dingin segera setelah cedera terjadi. Lakukan dengan lembut dan perlahan, kompres dengan kain dingin berisi es di sekitar mata. Jangan menekan mata itu sendiri.
  • Lakukan ini segera setelah cedera terjadi untuk menghindari pembengkakan. Ulangi beberapa kali sehari selama satu atau dua hari.
  • Temukan asal mula darah. Jika Anda melihat darah di bola mata, segera cari bantuan darurat oleh dokter mata (ophthalmologist).
  • Cari pertolongan medis segera jika Anda mengalami gangguan penglihatan (penglihatan ganda, penglihatan kabur), rasa sakit yang tak tertahankan, memar di kedua mata, pendarahan di satu mata atau dari hidung.
  • Kompres dengan kain hangat. Intervensi ini mungkin berguna setelah beberapa hari pembengkakan. Lakukan beberapa kali sehari atau dua hari.

3. Cara Menghilangkan Benjolan Di Kepala

Pukulan di kepala seringkali menyebabkan munculnya benjolan di kepala. Untuk mencegah pembengkakan dan nyeri bertambah parah, Anda bisa menggunakan kompres es.

Namun, meskipun benjolan sering terjadi, pastikan untuk segera memeriksakan diri jika benturan atau cedera kepala diikuti dengan pendarahan dari kepala atau wajah, sakit kepala parah atau muntah, tidak sadarkan diri, bicara tidak jelas, masalah penglihatan, atau pupil dengan ukuran yang tidak rata, masalah pernapasan, kebingungan, dan kejang.

Baca juga :   Cara Menghilangkan Mata Panda Permanen Yang Ampuh

4. Cara Mengobati Keseleo

Keseleo adalah cedera pada pita yang menghubungkan dua atau lebih tulang ke sendi. Pita ini juga disebut ligamen. Keseleo biasanya disebabkan oleh sendi yang dipaksa untuk bergerak di luar rentang gerak yang biasa.

Secara umum, Anda akan pulih dengan sendirinya jika mengalami keseleo, terutama jika Anda mendapatkan perawatan yang tepat dan dini setelah cedera. Dalam kebanyakan kasus, ini berarti Anda melakukan terapi RICE (Rest, Ice, Compression, and Elevation):

Rest: Istirahatkan Pergelangan Kaki Sampai Rasa Sakitnya Hilang

Tubuh Anda perlu istirahat untuk menyembuhkan. Latihan intensitas tinggi sebelum keseleo sembuh total dapat memperburuk keseleo dan meningkatkan kemungkinan Anda akan melukai diri sendiri lagi.

Ice: Berikan Kompres Dingin Sesegera Mungkin

Kompres pergelangan kaki Anda dengan handuk basah dan letakkan kantong plastik penuh es atau sebungkus jagung atau kacang beku di atasnya. Kompres selama 10-20 menit, lalu angkat kompres selama 40 menit. Dan Ulangi mengompres sesering mungkin selama 48-72 jam pertama setelah cedera.

Compress: Tekan Dengan Perban Elastis

Perban akan membantu mengontrol pembengkakan

Elevate: Angkat Pergelangan Kaki

Duduk di kasur, sofa, atau kursi, dan gunakan bantal untuk mengangkat kaki yang cedera – sedikit di atas panggul.

Itulah beberapa cara menghilangkan memar di mata yang bisa Anda lakukan dan juga untuk mengobati cedera seperti memar di area lainnya, keseleo, atau benjolan. Meski tampak normal, tetap waspada dan perhatikan bagian tubuh yang cedera untuk menghindari kemungkinan komplikasi dan masalah yang lebih serius.

Cara Menghilangkan Lebam Di Mata Karena Menangis

Ada kalanya kita tidak ingin orang lain tahu bahwa kita telah menangis. Sayangnya, menangis seringkali meninggalkan tanda yang jelas: mata bengkak. Yuk, cari tahu di sini cara menghilangkan mata sembab setelah menangis.

Cara menghilangkan mata sembab setelah menangis sebenarnya mudah. Tapi pertama – tama, mari kita cari tahu apa penyebab mata bengkak setelah menangis. Air mata yang keluar saat menangis karena luapan emosi dikatakan memiliki kandungan air yang lebih tinggi.

Jaringan di sekitar mata yang mengandung cukup banyak garam dan sedikit air akan menyerap kelebihan air ini saat Anda menangis. Itu sebabnya mata mudah membengkak setelah menangis.

Cara Menghilangkan Lebam Di Mata Karena Menangis

Cara Menghilangkan Mata Bengkak Setelah Menangis

Berikut beberapa cara menghilangkan mata sembab setelah menangis yang cukup mudah dilakukan:

1. Kompres Dingin

Mengompres mata dengan menggunakan air dingin bisa menjadi salah satu cara untuk dapat menghilangkan mata bengkak setelah anda menangis. Tutup mata Anda, lalu letakkan handuk atau kain yang telah direndam air dingin ke area mata selama kurang lebih 10 menit.

2. Tidur Dengan Kepala Tegak

Cara menghilangkan mata sembab setelah menangis yang satu ini bisa kamu lakukan jika ada waktu luang. Caranya adalah dengan tidur, namun dengan posisi kepala lebih tinggi. Selain mengurangi mata bengkak, Anda mungkin juga membutuhkan cara ini untuk menenangkan hati.

3. Kompres Dengan Irisan Mentimun Dingin

Anda juga bisa menggunakan irisan mentimun dingin untuk menghilangkan mata bengkak setelah menangis. Untuk menerapkan cara ini, pertama cuci mentimun yang sudah dingin, lalu potong mentimun menjadi 2 bagian. Setelah itu, letakkan irisan mentimun di mata Anda sampai mentimun tidak lagi dingin.

4. Kompres Dengan Kantong Teh Dingin

Mengompres mata dengan teh celup dingin juga bisa menjadi cara Anda menghilangkan mata sembab setelah menangis. Anda hanya perlu membasahi 2 kantong teh celup, lalu simpan di lemari es selama 20 menit. Setelah itu, letakkan kantong teh di mata Anda selama 15–30 menit.

Baca juga :   Vitamin Mata Terbaik Bagi Pengguna Gadget Setiap Hari

5. Gunakan Make-up

Jika Anda sedang terburu – buru, Anda bisa mengaplikasikan concealer favorit Anda pada area mata yang bengkak. Meski sebenarnya mata Anda masih bengkak, cara ini setidaknya bisa menyamarkan mata bengkak setelah menangis beberapa saat.

Cara Mencegah Mata Bengkak Setelah Menangis

Mencegah mata bengkak setelah menangis bisa dikatakan cukup sulit karena cara yang paling efektif tentunya adalah dengan tidak menangis. Namun, semakin sedikit air mata yang keluar saat Anda menangis, semakin ringan pembengkakannya.

Nah, ada cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menghentikan tangisanmu. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • Hadapi pandangan Anda dan angkat dagu.
  • Jauhkan pikiran Anda dari emosi dan hal – hal yang membuat Anda sedih.
  • Jepit kulit di antara ibu jari dan jari telunjuk.
  • Tarik napas dalam – dalam, lalu hembuskan perlahan.

Menangis adalah respons alami tubuh terhadap stres atau emosi tertentu, sehingga perasaan itu bisa dilepaskan dan Anda bisa kembali tenang. Jadi, mata bengkak karena menangis sebenarnya tidak masalah.

Meski begitu, kamu bisa menerapkan cara menghilangkan mata sembab setelah menangis di atas jika memang tidak ingin terlihat seperti habis menangis.

Obat Memar Di Apotik

Memar bisa muncul secara tiba – tiba tanpa Anda ketahui penyebabnya. Untungnya, memar bisa diobati di rumah tanpa harus repot ke dokter. Tapi, obat memar seperti apa yang paling manjur?

Tahapan Perubahan Warna Memar

Memar adalah jenis cedera kulit yang biasanya diakibatkan oleh benturan atau benda tumpul yang mengenai kulit secara langsung, sehingga menyebabkan pecahnya pembuluh darah kecil di dekat permukaan kulit.

Untuk mengobati memar, biasanya Anda memerlukan waktu yang berbeda – beda tergantung pada tingkat keparahan memar dan lokasi memar. Dari terbentuk hingga benar – benar hilang, memar biasanya berlangsung selama dua hingga tiga minggu.

Dalam beberapa kasus, memar membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh. Beberapa bagian tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh, terutama kaki dan tangan. Berikut ini adalah tahapan proses perubahan warna memar, dari pertama kali terkena hingga benar – benar sembuh.

1. Merah Muda Menjadi Merah

Segera setelah dampak terjadi, kulit Anda akan terlihat merah. Anda mungkin juga memperhatikan bahwa area yang terkena menjadi sedikit bengkak dan nyeri saat Anda menekan.

Baca juga : Putih Mata Memerah Dapat Mengganggu Fungsi Penglihatan

2. Biru Ke Ungu Tua

Suatu hari setelah tumbukan, memar akan menjadi gelap, berubah menjadi kebiruan atau ungu. Hal ini disebabkan kurangnya asupan oksigen, serta pembengkakan di area sekitar memar. Akibatnya, hemoglobin yang biasanya berwarna merah maka akan berubah menjadi biru. Memar biru-ungu ini bisa bertahan hingga lima hari setelah benturan.

3. Hijau Pucat

Sekitar hari keenam, warna memar pada kulit berubah menjadi hijau. Ini menandakan bahwa hemoglobin dalam darah mulai rusak. Pada tahap ini, proses penyembuhan telah dimulai.

4. Kuning – Coklat

Setelah seminggu, memar secara bertahap akan berubah menjadi warna yang lebih terang, yaitu menjadi kuning pucat atau coklat muda. Tahap ini yang merupakan tahap terakhir dari proses penyembuhan memar. Memar Anda tidak akan lagi berubah warna, tetapi perlahan akan memudar dan kembali ke warna kulit asli Anda.

Cara mengobati memar secara alami

Anda mungkin tidak selalu dapat mencegah terjadinya memar, tetapi Anda dapat mempercepat penyembuhan memar di rumah dengan cara-cara berikut sebelum menggunakan obat-obatan medis.

Baca juga :   Lemak Di Mata Dapat Merusakkan Bola Mata Anda

1. Teknik PADI (Istirahat, Es, Kompresi, Elevasi)

Penyembuhan memar paling efektif bila dilakukan sesegera mungkin setelah memar muncul. Cara paling umum untuk menghilangkan memar untuk menghilangkan rasa sakit dan bengkak adalah dengan menggunakan teknik RICE—istirahat (rest), es (kompres dingin), kompresi (tekan), dan elevasi (angkat).

2. Oleskan Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan bahan alami yang dipercaya ampuh mengobati berbagai kondisi kesehatan, termasuk memar. Lidah buaya mengandung berbagai jenis vitamin, mineral, enzim, asam amino, dan zat bioaktif lainnya yang dapat mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka.

Penggunaan terbaik adalah menggunakan gel lidah buaya alami yang diambil langsung dari tanamannya. Namun, Anda juga bisa menggunakan gel lidah buaya yang dijual bebas di pasaran. Pastikan produk yang Anda beli tidak terlalu banyak mengandung bahan kimia tambahan di dalamnya.

3. Gunakan Obat Alami Arnica

Arnica adalah bunga yang sering digunakan sebagai obat alami untuk menyembuhkan memar dan bengkak. Sebuah studi dari British Journal of Dermatology menunjukkan bahwa mengoleskan salep yang mengandung arnica dapat mengurangi memar yang terjadi akibat prosedur laser.

Ekstrak bunga arnica tersedia dalam bentuk salep, gel, dan obat oral. Ikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan, atau konsultasikan dengan dokter mengenai penggunaannya.

4. Kompres Cuka

Cuka yang dicampur dengan air hangat ternyata bisa digunakan sebagai obat untuk penyembuhan luka memar. Cuka meningkatkan aliran darah di dekat permukaan kulit, yang dapat membantu meringankan darah yang menumpuk di area memar.

Campur air dan cuka dalam mangkuk dan basahi kain lap bersih dengan larutan tersebut. Oleskan pada area yang memar selama 10-15, ulangi jika perlu.

5. Makan Nanas

Nanas mengandung campuran enzim yang disebut bromelain. Nah, bromelain dipercaya ampuh untuk memudarkan memar dan mengurangi peradangan.

Anda bisa makan nanas atau mengonsumsi suplemen yang mengandung bromelain. Ada juga salep bromelain yang bisa Anda gunakan untuk memar.

Berbagai Pilihan Obat Memar Di Apotik

Obat Memar Di Apotik

Selalu berhati – hati saat menggunakan obat – obatan, termasuk obat untuk memar. Saat rasa sakit dan nyeri hilang, mulailah peregangan perlahan dan terus tingkatkan intensitasnya dari waktu ke waktu.

1. Salep

Untuk memudarkan memar, Anda dapat memilih obat topikal atau topikal seperti trombofob, yang tersedia dalam bentuk salep, gel, atau krim. Beberapa di antaranya mengandung vitamin K. Vitamin K sendiri merupakan nutrisi penting yang membantu proses pembekuan darah.

Selain vitamin K, Anda juga bisa menggunakan vitamin C untuk mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka dengan cepat. Vitamin C biasanya tersedia dalam bentuk gel, salep, atau serum. Anda juga bisa mendapatkan vitamin C dengan cukup makan sayur dan buah.

2. Obat Penghilang Rasa Sakit

Jika memar terasa nyeri, Anda bisa mencoba mengonsumsi parasetamol (Panadol, Biogesic, Tempra, Termorex, Omegrip) atau ibuprofen (Proris, Midol, Bodrex Extra, Motrin IB) untuk meredakan nyeri dan mengurangi pembengkakan pada memar. Jangan gunakan aspirin, terutama untuk anak – anak dan balita.

Kapan Memar Harus Diperiksakan Ke Dokter?

Dalam beberapa kasus, memar mungkin tidak berubah warna atau mungkin tidak sembuh. Memar yang terasa sulit untuk disentuh, membesar, dan semakin menyakitkan dapat menandakan adanya gangguan pembekuan darah, seperti gangguan trombosit atau pembentukan hematoma.

Hematoma adalah benjolan yang terbentuk ketika darah mulai terkumpul di bawah kulit atau otot. Alih – alih mengalami proses pembusukan dan penyembuhan seperti dijelaskan di atas, darah di hematoma justru membeku di dalam tubuh.

Hematoma hanya dapat dihilangkan dengan perhatian medis, jadi periksakan ke dokter jika Anda mengalami gejala memar yang tidak kunjung hilang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.