Masker Mata Dan Bibir Untuk Dapat Merawat Kesehatan Dan Kecantikan

Cara untuk memakai masker mata dan bibir yang benar yaitu dengan membersihkan wajah terlebih dahulu. Dan Kemudian, tempelkan atau oleskan masker pada area bawah mata dan juga bibir. Dengan demikian, manfaat masker mata dan bibir bisa didapatkan secara optimal.

Cara pemakaian masker mata dan bibir yang praktis plus beragam bahan aktif menjadikannya salah satu produk andalan dalam rutinitas perawatan kulit harian Anda. Sebenarnya apa sih manfaat masker mata dan bibir dan bagaimana cara menggunakan masker mata yang benar?

Masker Mata

Masker mata atau under-eye mask adalah penutup mata dengan bentuk menyerupai bulan sabit atau setengah lingkaran yang terbuat dari bahan katun, bioselulosa, hidrogel, dan lain – lain. Menurut bentuknya, masker mata dimaksudkan untuk merawat kesehatan dan kecantikan area kulit di bawah mata Anda.

Masker jenis ini pertama kali dipopulerkan di Korea Selatan. Mirip dengan sheet mask, eye mask juga diperkaya dengan serum dan bahan aktif lainnya sebagai bahan utama di dalamnya.

Bahan aktif dalam masker mata adalah retinol, asam hialuronat, ceramide, peptida, kolagen, pelembab, berbagai vitamin dan mineral yang menawarkan berbagai manfaat yang baik untuk area kulit bawah mata.

Cara Memakai Masker Mata Yang Benar

Cara Memakai Masker Mata Yang Benar

Ada beberapa cara untuk memakai masker mata dengan benar agar manfaat yang didapat bisa maksimal adalah sebagai berikut.

1. Wajah Bersih

Sebelum menerapkan cara memakai masker mata dengan benar, pastikan Anda telah membersihkan seluruh wajah menggunakan face wash. Langkah ini bertujuan untuk menghilangkan make-up, kotoran, dan minyak di wajah.

2. Baca Aturan Tentang Cara Memakai Masker Mata

Cara memakai masker mata yang benar adalah dengan membaca petunjuk di bagian belakang masker sebelum menggunakannya. Pasalnya, setiap jenis masker mata bisa saja memiliki kandungan dan aturan yang berbeda tentang cara penggunaan masker mata.

3. Tempelkan Masker Mata

Inti dari cara memakai masker mata adalah pada tahap ini. Untuk jenis masker penutup mata ini, Anda hanya perlu melepas plastik tipis penutup masker (jika ada). Kemudian tempelkan pada area bawah mata, dekat hidung, sebagai cara memakai masker mata dengan benar. Tekan perlahan masker mata agar menempel sempurna.

Sedangkan untuk jenis masker mata yang berbentuk krim, ambil krim secukupnya dan ratakan dengan dua jari bersih sambil dipijat lembut. Lakukan pijatan dengan gerakan memutar, dari bawah mata dekat hidung, lalu ke kelopak mata. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan kerutan di bawah mata dan garis – garis halus pada wajah.

4. Jangan Memakai Masker Mata Terlalu Lama

Cara memakai masker mata yang benar adalah selama 10-20 menit. Selama waktu ini, Anda dapat melakukan aktivitas lain, seperti membaca buku, menonton serial televisi, atau bermain di ponsel Anda.

Cara menggunakan masker mata selama lebih dari 20 menit, bahkan semalaman, dapat menimbulkan reaksi tertentu pada area kulit di bawah mata Anda.

5. Hentikan Penggunaan Jika Terjadi Iritasi

Kulit di bawah mata adalah area yang sangat sensitif. Oleh karena itu, jika penggunaan masker mata menyebabkan ketidaknyamanan, bahkan iritasi, sebaiknya lepaskan atau bersihkan masker mata dan hentikan penggunaannya.

6. Gunakan Perawatan Kulit Lainnya

Rangkaian terakhir cara menggunakan masker mata adalah dengan terus menggunakan produk perawatan kulit lainnya, seperti serum, esens, atau krim mata. Jangan gunakan produk perawatan kulit ini sebelum menggunakan masker mata karena masker penutup mata tidak bisa menempel sempurna.

Baca juga :   Cara Menghilangkan Debu Di Mata Yang Paling Efektif

Berbagai Manfaat Masker Mata

Ada berbagai manfaat masker mata yang dipercaya dapat memberikan efek positif pada area kulit di bawah mata Anda. Berbagai manfaat masker mata adalah sebagai berikut.

1. Melembabkan Area Kulit Di Bawah Mata

Salah satu manfaat masker mata adalah melembapkan area kulit di bawah mata. Area kulit mata cenderung memiliki sedikit kelenjar minyak, yang membuatnya rentan terhadap kekeringan.
Oleh karena itu, penting untuk menjaga kelembapan kulit dengan menggunakan masker mata.

2. Dapat Menghilangkan Mata Panda

Manfaat masker mata selanjutnya adalah untuk dapat menghilangkan mata panda atau lingkaran hitam di bawah mata. Berkat berbagai bahan aktif dalam masker mata, dapat mengencangkan dan mencerahkan area bawah mata Anda.

Penyebab mata panda sering dikaitkan dengan berbagai kondisi, seperti stres, kelelahan, atau kurang tidur. Untuk dapat mengatasinya, Anda bisa menggunakan masker mata secara rutin.

3. Menyamarkan Tanda Penuaan Dini

Tekstur kulit area mata sangat tipis dan sensitif sehingga rentan menimbulkan tanda – tanda penuaan dini, seperti garis – garis halus, kerutan, dan lain – lain. Cara menggunakan masker mata secara rutin dapat membantu menyamarkan tanda – tanda penuaan sekaligus mengencangkan area kulit di bawah mata.

Pastikan Anda membaca bahan aktif dan cara menggunakan masker mata yang tertera pada kemasan dengan benar sebelum menggunakannya.

Jika Anda ragu memilih masker mata yang tepat untuk wajah Anda, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter kulit. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan manfaat masker mata secara optimal.

Masker Bibir

Masker bibir atau lip mask yang hadir dalam bentuk patch dan gel dengan fungsi utamanya dapat melembabkan bibir dan mengatasi bibir pecah – pecah. Ada beberapa jenis masker bibir yang perlu Anda ketahui.

Bibir kering, terlihat pecah – pecah, berkerut, tidak berwarna cerah, dan kulit mengelupas biasanya diobati dengan menggunakan produk kosmetik untuk bibir yang mengandung pelembab. Namun jika langkah tersebut tidak membuahkan hasil, Anda bisa mencoba perawatan bibir menggunakan masker bibir atau lip mask.

Masker bibir pada prinsipnya mirip dengan masker wajah atau masker mata, yaitu produk yang kaya akan zat untuk menghidrasi dan melembutkan kulit. Khusus pada bibir, masker bibir juga diklaim dapat menghasilkan efek bibir lebih penuh dan merah.

Sekilas, masker bibir mirip dengan lip balm dari segi bentuk dan fungsinya, yakni membuat bibir terasa lebih lembab. Namun, masker bibir memiliki efek hidrasi yang lebih baik dari pada lip balm, sehingga cocok digunakan pada bibir yang sangat kering.

Masker Bibir

Bahan Masker Bibir Dan Manfaatnya

Bahan utama dalam masker bibir adalah pelembab yang terdiri dari kombinasi berbagai vitamin, mineral, dan bahan lainnya yang berfungsi untuk melembabkan bibir. Tak sedikit masker bibir juga mengandung asam hialuronat, vitamin C dan E, serta gliserin, yang semuanya berfungsi untuk membuat kulit bibir lebih lembab.

Ada juga masker bibir yang mengklaim mengandung kolagen yang berfungsi meremajakan kulit dan membuat bibir terlihat lebih penuh. Pengguna masker bibir mengklaim bahwa kandungan kolagen menghadirkan sensasi kesemutan saat digunakan, yang menandakan kolagen sedang diserap oleh kulit.

Namun, beberapa ahli kulit menyatakan bahwa kolagen tidak dapat diserap oleh kulit karena molekulnya yang besar. Rasa kesemutan yang dirasakan oleh pengguna masker bibir diduga berasal dari kandungan minyak mawar atau ekstrak buah ceri.

Jenis – Jenis Masker Bibir

Di Indonesia, masker bibir hadir dalam bentuk patch atau gel yang bisa digunakan saat Anda tidur alias sleeping mask. Apa perbedaan dari kedua produk ini?

Baca juga :   Manfaat Kuaci Bunga Matahari Sangat Baik Untuk Kesehatan Tubuh

1. Masker Bibir Berbentuk Patch

Masker bibir ini yang berbentuk lembaran yang biasanya diklaim mengandung kolagen untuk meremajakan kulit. Selain itu, beberapa merek masker bibir juga menyatakan mengandung hidrogel dan ekstrak madu yang dapat menghasilkan efek bibir lebih lembab dan bercahaya setelah digunakan.

Masker bibir ini sangat praktis digunakan karena kamu tinggal membuka kemasannya, taruh di bibir, lalu diamkan selama 5 – 10 menit sebelum dikupas seperti sedang memakai sheet face mask. Harganya juga relatif lebih murah dibandingkan masker tidur bibir.

Baca juga : Manfaat Masker Mata Dapat Menunda Tanda – Tanda Penuaan

2. Masker Bibir Dalam Bentuk Gel

Secara fisik, masker bibir ini mirip dengan lip balm berbentuk gel padat yang dioleskan ke bibir dengan jari atau pelumas khusus. Masker bibir ini biasanya digunakan sebelum tidur sehingga dikenal juga sebagai masker tidur bibir dan diklaim memiliki tingkat hidrasi yang lebih baik.

Secara teori, masker yang dibiarkan semalaman (overnight mask) berfungsi sebagai pelindung sekaligus pelembab yang lebih efektif. Masker jenis ini bisa membuat bibir Anda terlihat lebih sehat, berkilau, dan tidak lagi pecah – pecah di pagi hari.

Meski disebut sebagai sleeping mask, masker bibir gel ini juga bisa digunakan di pagi hari atau di sela – sela aktivitas Anda di siang hari. Pasalnya, masker bibir ini tidak terasa berat di kulit dan juga bisa berfungsi sebagai pelindung bibir agar tetap terlihat lembab selama kurang lebih 8 jam.
Dalam memilih masker bibir yang tepat, sebaiknya perhatikan komposisi bahannya. Pasalnya, ada beberapa produk yang mengandung pewangi sehingga cenderung kurang cocok untuk diaplikasikan pada kulit bibir yang sensitif.

Masker Bibir Alami

Selain wajah, bibir juga membutuhkan perawatan khusus. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan masker bibir, agar bibir terlihat sehat dan terawat. Tak perlu khawatir dengan masker bibir yang harganya mahal. Coba saja membuat masker bibir dengan bahan – bahan alami.

Cara untuk membuat masker bibir dengan bahan alami tentu sangatlah mudah. Bahan yang digunakan benar – benar aman. Cukup gunakan gula, madu, lemon, mentimun, tomat, jeruk nipis, dan masih banyak lagi. Tentu saja, dibuat tanpa bahan kimia berbahaya seperti pada kebanyakan produk kosmetik lip balm.

Manfaat masker bibir dari bahan alami bisa untuk mengatasi bibir pecah – pecah. Bisa juga untuk digunakan untuk mencerahkan dan membuat bibir anda merona secara alami. Berikut berbagai cara membuat masker bibir dengan bahan – bahan alami.

Masker Bibir Alami

1. Gula, Madu dan Minyak Zaitun

Mencampur madu, minyak zaitun, dan gula termasuk cara membuat masker bibir dengan bahan – bahan alami. Madu dan minyak zaitun bermanfaat untuk menjaga kesehatan bibir dan kelembapan alami. Cukup campur madu, minyak zaitun, dan gula. Oleskan campuran ini pada bibir dan gosok perlahan selama 3 menit. Jika sudah, diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air bersih/hangat.

2. Gula Dan Lip Butter

Mencampur gula pasir dengan lip butter/petroleum jelly merupakan salah satu cara membuat masker bibir dengan bahan – bahan alami. Lip butter dapat membantu melembapkan bibir. Sedangkan bila keduanya dicampur akan menjadi scrub bibir yang mampu mengangkat sel kulit mati.

Campur seperempat sendok mentega bibir dengan tambahan sedikit gula. Oleskan campuran ini pada bibir dan gosok perlahan selama 3 menit. Jika sudah, diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air bersih/hangat.

Baca juga :   Jerawat Di Mata Dapat Terjadi Karena Infeksi Tertentu

3. Madu Dan Lemon

Mencampur madu dan lemon bisa menjadi salah satu cara membuat masker bibir dengan bahan-bahan alami. Manfaat pelembab madu dan lemon untuk mencerahkan cocok untuk nutrisi bibir. Campurkan lemon dan madu dalam mangkuk. Oleskan ke seluruh bibir Anda dan biarkan selama 15-20 menit. Jika sudah, bilas dengan air bersih/hangat.

4. Madu

Selain kaya akan manfaat, ternyata madu bisa berfungsi sebagai masker bibir. Cara membuat masker bibir dengan bahan alami seperti madu juga cukup mudah. Cukup dengan mengoleskan madu murni tanpa campuran apapun pada bibir setiap pagi dan malam. Madu murni ini sangat efektif membantu mengatasi bibir pecah – pecah dan memerahkan bibir secara alami.

5. Timun

Cara untuk membuat masker bibir dengan bahan alami selanjutnya anda bisa untuk mengandalkan mentimun. Siapkan saja mentimun secukupnya. Haluskan atau hancurkan mentimun. Kemudian aplikasikan ke seluruh bagian bibir. Jika sudah didiamkan selama 15-20 menit dan bilas dengan air bersih/hangat.

6. Tomat

Anda bisa untuk membuat masker bibir dengan bahan alami bisa dengan menggunakan tomat. Bisa dengan tomat tanpa campuran apapun dan bisa dengan gula. Siapkan tomat secukupnya. Hancurkan atau hancurkan tomat. Kemudian aplikasikan ke seluruh bagian bibir. Jika sudah didiamkan selama 15-20 menit dan bilas dengan air bersih/hangat.

7. Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan salah satu bahan untuk membuat masker bibir. Kita Hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya ke seluruh bagian bibir sebelum tidur. Kemudian bilas masker bibir ini di pagi hari. Lakukan perawatan rutin untuk hasil yang maksimal.

8. Minyak Zaitun

Minyak zaitun juga dikenal sebagai minyak esensial. Minyak ini dapat digunakan untuk membuat masker bibir. Kandungan dalam minyak ini dapat membantu melembabkan bibir dan mencerahkan secara alami.

Cara untuk membuat masker bibir dengan minyak zaitun juga sangat mudah. Gosokkan saja minyak ke seluruh bibir. Disarankan untuk menerapkannya di malam hari. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

9. Jeruk Nipis

Masker bibir selanjut nya bisa menggunakan jeruk nipis, Jeruk nipis sangat cocok untuk bibir gelap dan kering. Sedangkan kandungan vitamin C pada jeruk nipis akan membuat bibir semakin merona. Ambil jeruk nipis dan potong menjadi dua. Oleskan jeruk nipis yang sudah dibelah dua ke seluruh bagian bibir. Jika sudah, diamkan selama 30 menit. Kemudian bersihkan dengan air bersih/air hangat.

10. Kentang

Kentang merupakan salah satu bahan yang dapat digunakan untuk membuat masker bibir. Cara membuat masker bibir dengan bahan alami seperti kentang cukup mudah. Hanya perlu menyiapkan kentang. Kemudian tumbuk kentang hingga halus.

Jika sudah, aplikasikan ke seluruh bibir. Biarkan kentang di bibir Anda selama 30 menit hingga kering. Kemudian bilas bibir dengan air bersih/air hangat. Jika Anda ingin lebih banyak rasa, Anda bisa mencampurnya dengan madu dan minyak zaitun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *