Cara Mengkonsumsi Kayu Ular Dan Dapatkan Manfaatnya

Kayu ular (Strychnos lucida) banyak terdapat di pegunungan Papua. Biasanya digunakan untuk pengobatan puluhan penyakit secara tradisional dan Cara mengkonsumsi kayu ular hanya dengan meminum air rebusannya. Kayu ular memilik manfaat untuk kesehatan tubuh? Kayu ular dikenal sebagai salah satu kayu yang banyak digunakan sebagai tanaman herbal karena dipercaya mampu mengobati berbagai jenis penyakit, termasuk penyakit kronis.

Mendengar nama kayu ular mungkin terdengar asing bagi sebagian orang karena jenis kayu ini tidak begitu dikenal dengan kayu lain yang digunakan sebagai tanaman herbal seperti kayu secang hingga kayu manis namun kayu ular banyak memiliki manfaat dan Cara mengkonsumsi kayu ular sebagai berikut.

Manfaat Kayu Ular untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Kayu Ular untuk Kesehatan Tubuh

Kayu ular dikenal sebagai tanaman yang dapat bermanfaat bagi kesehatan. Karena kayu ular memiliki banyak kandungan yang bermanfaat yang terkandung pada kayu ular sehingga dapat digunakan dalam pengobatan.

Beberapa manfaat kayu ular untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui adalah:

1. Manfaat Kayu Ular untuk Gatal

Manfaat kayu ular yang pertama yaitu dapat mengobati gatal – gatal hingga berbagai penyakit kulit yang lainnya.

Kayu ular mengandung zat galat dan tanin yang dapat mengobati radang kulit. Kandungan tanin juga dapat berperan sebagai antibakteri yang dapat membantu menghilangkan bakteri dan kuman penyebab gatal pada kulit.

Untuk dapat merasakan manfaatnya, anda bisa merebus kayu ular dan meminum air rebusannya setiap hari secara rutin. Anda juga bisa untuk mengoleskan kayu ular yang sudah dihancurkan pada area kulit yang gatal sebagai salep.

2. Manfaat Kayu Ular Untuk Perut

Manfaat kayu ular yang selanjutnya adalah dapat digunakan sebagai ramuan herbal yang dapat membantu menurunkan kadar asam lambung dalam tubuh anda.

Baca juga :   Cara Membuat Alis Untuk Sehari Hari Terlihat Sangat Sederhana

Asam lambung adalah penyakit pencernaan yang menyebabkan penderitanya merasakan sensasi terbakar di dada hingga rasa sesak saat kadar asam lambung naik ke atas.

Kayu ular mengandung sifat antimikroba, kloroform, dan etanol. Senyawa ini akan sangat bermanfaat untuk melancarkan dan mengobati penyakit pencernaan, salah satunya asam lambung.

Dengan mengkonsumsi rebusan kayu ular, asam lambung bisa diredakan secara perlahan. Ditambah lagi, dengan saluran pencernaan seperti dengan usus juga bisa menjadi lebih sehat.

3. Manfaat Kayu Ular Untuk Kejantanan

Kayu ular juga dapat digunakan untuk meningkatkan stamina dan kejantanan seorang pria dan juga dapat mengatasi disfungsi ereksi.

anda bisa untuk memberikan air rebusan kayu ular ini kepada pasangan anda di sore hari setelah selesai beraktivitas.

Hal ini karena mengandung zat sponin dan alkeloid yang berfungsi untuk meningkatkan gairah seksual.

4. Manfaat Kayu Ular Untuk Mencegah Diabetes

Manfaat Kayu Ular Untuk Mencegah Diabetes

Manfaat kayu ular juga dapat membantu mencegah penyakit diabetes. Jadi jika Anda menderita diabetes, mulailah rutin mengonsumsi kayu ular ini.

Dalam jurnal berjudul Pengaruh Pemberian Ekstrak Kayu Ular ‘Strychnos Ligustrina’ Terhadap Kadar Glukosa Darah, kayu ular dipercaya dapat membantu memperbaiki gangguan metabolisme glukosa darah, kadar kolesterol, kadar trigliserida, dan kadar HDL (High Density Lipoprotein).

Hal ini karena dalam kayu ular yang terdapat saponin atau steroid dan triterpenoid yang berfungsi untuk membantu menurunkan dan juga menjaga kadar gula darah dalam tubuh Anda.

5. Manfaat Kayu Ular Untuk Menurunkan Demam

Pada awalnya, masyarakat di Papua menggunakan kayu ular ini sebagai obat alami yang dapat untuk menurunkan demam, yang di akibatkan oleh bakteri hingga virus.

Baca juga :   Cara Mengobati Mata Pterigium Agar Sembuh Totol

Ini dimulai ketika malaria menyebar di Papua dan masyarakat setempat mulai menggunakan kayu ular untuk mengurangi demam pada malaria.

Kayu ular mengandung zat galat dan tanin yang berfungsi untuk menurunkan demam dalam tubuh. anda juga bisa menggunakan rebusan kayu ular atau kayu ular halus untuk dioleskan di dahi agar demamnya turun secara perlahan.

Baca juga : Khasiat Kayu Ular Untuk Mata Sebagai Obat Tetes Mata

6. Manfaat Kayu Ular Untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat kayu ular juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan alkaloid dalam kayu ular dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh.

Selain kandungan alkaloid, terdapat juga senyawa antioksidan pada kayu ular yang berguna untuk menangkal berbagai macam bakteri dan virus penyebab penyakit.

7. Manfaat Kayu Ular Untuk Mencegah Risiko Kanker

Manfaat Kayu Ular Untuk Mencegah Risiko Kanker

Manfaat terakhir dari kayu ular adalah dapat mencegah risiko kanker. Kayu ular mengandung antioksidan dan antibakteri yang dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh, terutama kanker payudara.

Menurut jurnal yang berjudul Uji Aktivitas Antikanker Ekstrak Daun Bidara Laut dan Fraksi Terhadap Sel Kanker Payudara, di dalam daun bidara laut alias kayu ular terdapat senyawa aktif seperti saponin, tanin, dan steroid yang dapat membantu menghambat dan melawan sel kanker di payudara.

Salah satu tips saat ingin membuat air rebusan kayu ular adalah hindari menambahkan pemanis seperti gula dan madu secara berlebihan.

Air rebusan kayu ular ini memiliki rasa yang cukup pahit sehingga banyak yang ingin menambahkan pemanis di dalamnya. Namun uniknya, semakin banyak pemanis yang ditambahkan, semakin pahit rasa air rebusannya. Jadi sebaiknya Anda hanya menggunakan sedikit pemanis. Itulah berbagai macam manfaat kayu ular untuk kesehatan tubuh.

Baca juga :   Mimpi Bulu Mata Rontok Isyarat Yang Akan Datangnya Suatu Kejadian

Efek Samping Kayu Ular

Belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa efektivitas meminum air rebusa kayu ular untuk menjaga kesehatan. Oleh karena itu, sebelum tergiur dengan manfaatnya, sebaiknya pertimbangkan juga risiko yang bisa terjadi pada saat mengonsumsi kayu ular.

Salah satunya adalah keracunan. Keracunan juga bisa terjadi jika racun dan bakteri Salmonella yang masih menempel pada kayu ular itu tertelan. Risikonya juga akan semakin besar jika Anda meninum rebusan air kayu ular yang dimasak dengan cara yang tidak tepat.

Risiko lain meminum rebusan kayu ular adalah terkena infeksi parasit. Sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa dengan mengkonsumsi air rebusan kayu ular dapat menyebabkan berbagai infeksi parasit, seperti trikinosis, pentastomiasis, gnathostomiasis, dan sparganosis. Infeksi ini tidak bisa dianggap remeh karena dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Jadi, jangan mudah tergiur dengan berbagai berita dan klaim tentang manfaat kayu ular. Jika Anda memiliki kondisi medis tertentu dan ingin menjalani pengobatan alternatif, termasuk dengan mengonsumsi air rebusan kayu ular, selalu konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapatkan informasi yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *