Manfaat Telur Untuk Kesehatan Yang Dibutuhkan Manusia

Ada banyak manfaat untuk kesehatan yang terdapat dari telur, Telur tidak hanya mudah didapat dan mudah diolah, tetapi telur juga termasuk makanan yang kaya akan nutrisi. Bahkan telur layak untuk digolongkan sebagai makanan super atau superfood karena kandungan nutrisinya. Berikut ini berbagai manfaat telur untuk kesehatan yang bisa didapat:

1. Menawarkan Banyak Nutrisi

Telur tidak hanya mengandung protein berkualitas tinggi. Bahkan telur mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan manusia. Satu butir telur ayam rebus berukuran besar antara lain dapat mengandung nutrisi sebagai berikut:

  • Vitamin A: 6 persen dari kebutuhan vitamin A harian yang direkomendasikan
  • Folat: 5 persen dari kebutuhan folat harian yang direkomendasikan
  • Vitamin B5: 7 persen dari total kebutuhan harian vitamin B5 Direkomendasikan
  • Vitamin B12: 9 persen dari jumlah harian yang direkomendasikan
  • Vitamin B12 Vitamin B2: 15 persen dari jumlah harian yang direkomendasikan
  • vitamin B2 Fosfor: 9 persen dari jumlah harian yang direkomendasikan fosfor Selenium: 22 persen dari jumlah harian yang direkomendasikan

Selenium Telur yang mengandung vitamin D, vitamin E, vitamin K, vitamin B6, kalsium, dan juga seng dalam jumlah yang cukup baik. Selain itu, telur juga menawarkan 77 kalori, 6 gram protein, dan 5 gram lemak sehat.

2. Kolesterol Tinggi, Tapi Tidak Mempengaruhi Kolesterol Darah

Memang benar telur mengandung kolesterol tinggi. Padahal, satu butir telur bisa mengandung 212 mg kolesterol atau lebih dari setengah kebutuhan kolesterol harian yang direkomendasikan, yakni 300 mg.

Namun, penting untuk diingat bahwa kolesterol makanan tidak selalu meningkatkan kolesterol darah. Hati sebenarnya menghasilkan sejumlah besar kolesterol setiap hari. Ketika Anda meningkatkan asupan kolesterol makanan, hati Anda akan memproduksi lebih sedikit kolesterol untuk menyeimbangkannya.

Dalam hal ini, respons terhadap makan telur dapat bervariasi antar individu. Namun setelah diuji, konsumsi telur sama sekali tidak meningkatkan kolesterol pada 70 persen orang. Sedangkan pada 30 persen orang lainnya, telur dapat sedikit meningkatkan kolesterol total dan LDL. Jadi, makan telur tidak mempengaruhi kolesterol dalam darah bagi sebagian orang.

Baca juga :   Lensa Anti Pantul Yang Dilengkapi Dengan Teknologi Khusus

3. Meningkatkan Kadar Kolesterol Baik

Kolesterol high – density lipoprotein (HDL) telah dikenal sebagai kolesterol baik. Orang yang memiliki kadar HDL yang lebih tinggi biasanya memiliki risiko lebih rendah untuk terkena penyakit jantung, stroke, dan juga masalah kesehatan lainnya.

Makan telur adalah cara yang sangat bagus untuk meningkatkan kadar HDL ini dalam darah. Dalam sebuah penelitian, makan dua telur per hari selama enam minggu meningkatkan kadar HDL sebesar 10 persen.

4. Mengandung Kolin

Mengandung Kolin

Sebagai nutrisi penting yang banyak orang tidak mendapatkan, Kolin adalah nutrisi yang kebanyakan orang tidak tahu keberadaannya. Kolin yang digunakan untuk membangun membran sel dan yang berperan dalam memproduksi molekul sinyal di otak, bersama dengan banyak fungsi lainnya.

Gejala kekurangan kolin bisa sangat serius. Selain dapat menyebabkan penyakit pada hati, kekurangan kolin juga dapat memicu penyakit berbahaya lainnya, seperti dengan penyakit jantung, gangguan saraf, bahkan juga bisa terjadi kanker. Telur utuh merupakan sumber kolin yang sangat baik. Satu butir telur mengandung lebih dari 100 mg nutrisi yang sangat penting ini.

5. Telur memiliki protein berkualitas tinggi

Launching Australian Eggs, protein adalah bahan pembangun kehidupan dan satu telur mengandung sekitar 6,3 gram protein berkualitas tinggi. Fungsi utama dari protein dalam tubuh adalah membangun, memperkuat, dan juga memperbaiki jaringan tubuh.

Telur memberi kita protein berkualitas sangat tinggi yang mengandung jumlah yang tepat dari semua sembilan asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh untuk pertumbuhan dan pemeliharaan yang optimal.

Beberapa makanan lain mungkin mengandung lebih banyak protein secara proporsional dari pada telur, tetapi kualitas protein dalam telurlah yang benar – benar menonjol.

6. Telur Mengisi Dan Membantu

Anda menurunkan berat badan Padat nutrisi dan sumber protein berkualitas tinggi, telur adalah salah satu makanan tersehat yang dapat Anda makan untuk mengatur berat badan.

Baca juga :   Maskara Untuk Bulu Mata Pendek Dapat Mengubah Penampilan

Penelitian telah menemukan bahwa makan telur dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama dengan: Meningkatkan kadar hormon yang membantu Anda merasa kenyang setelah makan Menunda laju makanan keluar dari perut Makan telur juga dapat membantu mengurangi variasi kadar glukosa yang dapat bermanfaat bagi berat badan pengelolaan.

Telur dikemas penuh dengan protein berkualitas tinggi yang menjadikannya ideal sebagai bagian dari banyak diet berbeda yang dapat membantu orang mengatur berat badan mereka.

Tingkat rasa kenyang yang tinggi pada telur menyebabkan perasaan puas yang lebih besar, lebih sedikit rasa lapar, dan keinginan yang lebih rendah untuk makan nanti. Artinya, dengan anda makan telur dapat membantu Anda mengurangi asupan kalori harian yang bermanfaat dalam membantu menjaga atau menurunkan berat badan.

7. Telur Mengandung Antioksidan Yang Bermanfaat Bagi Mata

Telur juga dapat untuk membantu melawan degeneratif penglihatan seiring dengan bertambahnya usia. Telur kaya akan antioksidan lutein dan zeaxanthin, yang keduanya diyakini memainkan peran protektif dalam mengurangi risiko penyakit mata tertentu, termasuk katarak dan degenerasi makula.

Studi juga menunjukkan bahwa antioksidan yang ada pada telur lebih baik diserap tubuh dari pada dari sumber nabati. Vitamin A dan asam lemak omega-3 yang ada dalam telur juga dapat melindungi mata dari kerusakan retina.

8. Membantu Meningkatkan Asupan Nutrisi Untuk Penuaan Yang Sehat

Penting bagi setiap lansia untuk menjaga kesehatannya dan juga lebih memperhatikan apa yang mereka makan untuk memastikan mereka mendapatkan jumlah nutrisi yang tepat dalam makanan mereka.

Peningkatan kebutuhan nutrisi dan penurunan nafsu makan dapat meningkatkan risiko kekurangan serat, kalsium, vitamin A, vitamin E, vitamin C, vitamin B6, vitamin B12, folat, zat besi, magnesium, dan seng.

Kelompok lansia yang kebanyakan tinggal di dalam rumah juga berisiko lebih tinggi mengalami kekurangan vitamin D karena kurangnya paparan sinar matahari. Karena mengandung 11 vitamin dan mineral yang berbeda, telur menjadi makanan yang baik untuk dikonsumsi untuk menambah asupan nutrisi. Telur juga merupakan salah satu dari sedikit makanan yang tinggi vitamin D.

Baca juga :   Tips Mengatasi Perut Buncit yang Mengganggu Penampilan

9. Menurunkan Kadar Trigliserida

Rangkuman Berita Medis Saat ini, tidak semua telur diciptakan sama. Komposisi nutrisi yang ada pada telur juga cukup bervariasi tergantung dengan bagaimana ayam diberi makan dan juga dibesarkan. Telur dari ayam yang dibesarkan di padang rumput atau yang diberi makan makanan yang diperkaya dengan omega-3 cenderung mengandung kadar asam lemak omega-3 yang lebih tinggi.

Nah, asam lemak omega-3 ini diketahui dapat menurunkan kadar trigliserida dalam darah, salah satu faktor risiko penyakit jantung yang terkenal. Studi juga menunjukkan bahwa mengonsumsi telur yang diperkaya dengan omega-3 adalah cara yang sangat efektif untuk dapat menurunkan trigliserida darah.

Dalam sebuah penelitian menunjukkan, Bahwa dengan makan hanya lima telur yang diperkaya omega-3 per minggu selama tiga minggu mengurangi trigliserida sebesar 16-18 persen. Selain dari pada itu keberadaan telur juga mudah untuk kita temukan.

Tidak hanya di pasar besar, di supermarket dan di toko kelontong juga banyak yang menjual bahan makanan yang satu ini. Selain warung atau toko offline, kamu juga bisa membeli telur melalui toko online. Untuk pembelian online, Anda bisa mengunjungi situs belanja online untuk kebutuhan sehari – hari seperti sesa.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *