Cara Mengobati Mata Lelah Sangat Penting Untuk Kesehatan Mata

Kelelahan yang ada pada mata umumnya bukanlah masalah yang serius dan bisa hilang dengan sendirinya setelah Anda istirahat. Kelelahan mata telah digambarkan sebagai kelainan mata yang disebabkan oleh penggunaan mata dalam waktu lama tanpa istirahat. Dan cara mengobati mata lelah bisa disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:

  • Mengendarai kendaraan jarak jauh.
  • Menatap layar komputer atau gadget dalam waktu lama.
  • Terlalu lama untuk membaca.
  • Mengalami gangguan refraksi mata.
  • Menonton terus menerus dalam cahaya redup.
  • Terkena cahaya terlalu terang atau menyilaukan.

Cara Mengobati Mata Lelah Sangat Penting Untuk Kesehatan Mata

Apa Gejala Mata Lelah?

Mata lelah dapat dikenali dari beberapa gejala yang sering terjadi, di antaranya:

  • Mata terasa perih, perih atau gatal.
  • Mata berair atau terasa kering.
  • Penglihatan kabur atau berbayang.
  • Mata lebih sensitif terhadap cahaya.

Gejala mata lelah juga dapat menyebar ke seluruh bagian tubuh lainnya seperti:

  • Nyeri di bahu
  • Leher
  • Punggung
  • Dan bahkan sakit kepala.

Beberapa gejala tersebut mungkin akan semakin terasa jika Anda kurang tidur. Karena itu, tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan mata. Saat tidur, mata juga akan istirahat dan mendapat nutrisi untuk perbaikan jaringan, sehingga mata yang lelah bisa teratasi. Kurang tidur sama artinya dengan mengurangi atau mengganggu proses istirahat pada mata.

Cara Mencegah Mata Lelah

Mata lelah sangat erat kaitannya dengan pekerjaan seseorang. Beberapa hal di bawah ini yang bisa anda lakukan untuk mencegahnya.

Cara Mencegah Mata Lelah

Sesuaikan Pencahayaan Dan Posisi Layar Komputer

Menyesuaikan pencahayaan layar komputer dapat dilakukan dengan bantuan filter. Saat beraktivitas dengan membawa komputer, selalu pastikan untuk menjaga jarak aman antara layar dan mata, yaitu sekitar 50-60. Agar jarak antara mata dan layar komputer ideal, maka gunakan kursi yang bisa diatur.

Baca juga :   Pengobatan Katarak Tanpa Operasi Yang Cepat Dan Efektif

Perhatikan Pencahayaan Ruangan

Usahakan agar pencahayaan ruangan tidak terlalu terang, agar tidak menyilaukan mata Anda, termasuk mengatur arah pencahayaannya.

Istirahat Secara Berkala Selama 20 Detik

Saat mengoperasikan komputer atau membaca, Maka Anda sangat disarankan untuk sesekali beristirahat dari aktivitas ini.

Perawatan Mata

Kelelahan mata juga dapat dicegah dengan melakukan perawatan pada mata, termasuk dengan mengompres mata dengan kain yang dibasahi air hangat, atau bahkan dengan menggunakan obat tetes mata untuk menyegarkan mata saat mulai terasa kering.

Cobalah Cara Berikut Ini Untuk Mengobati Mata Lelah

Untuk Mengobati mata lelah, Anda bisa mencoba langkah-langkah di bawah ini.

Saat membaca terlalu melelahkan mata, sering-seringlah berkedip. Jika perlu, istirahat sejenak dari membaca agar mata Anda bisa istirahat. Tutup mata Anda dan pijat pelipis Anda selama beberapa menit untuk mengurangi kelelahan mata. Jangan lupa sesuaikan pencahayaan yang ideal untuk mata.

Saat layar komputer membuat mata Anda lelah, tingkatkan resolusi layar dan kurangi pencahayaan di dalam ruangan. Kemudian sesuaikan jarak, kontras, dan ukuran huruf. Berpaling dari layar komputer untuk beberapa saat juga dapat membantu mengurangi kelelahan mata. Berdiri dan meregangkan lengan, kaki, bahu, dan punggung dapat membantu mengurangi kelelahan.

Jika mata Anda terasa kering dan berkedip tidak membantu, obat tetes mata bisa digunakan. Anda juga bisa memejamkan mata lalu mengompresnya dengan waslap yang dibasahi air hangat.

Beberapa orang perlu memakai kacamata saat membaca atau menggunakan komputer untuk mengatasi kelelahan mata. Lihat juga : Vitamin Untuk Mata Lelah Dapat Mencegah Kebutaan

Baca juga :   Vitamin Untuk Mata Lelah Dapat Mencegah Kebutaan

Sama seperti bagian tubuh lainnya, mata juga perlu istirahat. Pastikan Anda selalu mengistirahatkannya di tengah aktivitas, agar mata Anda bisa istirahat. Jika Anda mengalami gejala mata yang lelah dan tidak kunjung membaik, jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter.

Cara Mengatasi Mata Lelah Karena Kurang Tidur

Kurang tidur juga dapat berdampak negatif bagi kesehatan kita, salah satunya yaitu gangguan pada mata. Mulai dari munculnya lingkaran hitam hingga sleep apnea.

Cara Mengatasi Mata Lelah Karena Kurang Tidur

Tidur merupakan kebutuhan yang sangat penting yang harus dipenuhi setiap hari. Apabila kebutuhan tidur yang tidak terpenuhi maka akan menyebabkan lingkaran hitam pada mata, otot mata kejang, dan mata kering. Berikut penjelasan dari permasalahan tersebut.

Lingkaran Hitam Mata

Lingkaran hitam yang ada pada mata atau mata panda yang merupakan kondisi yang sangat umum terjadi saat seseorang mengalami kurang tidur. Kurang tidur dapat menyebabkan kulit tampak lebih pucat.

Kejang Otot Mata

Kejang otot mata yang didefinisikan sebagai gerakan kedutan yang tidak disengaja terjadi pada kelopak mata.

Kejang pada otot mata karena kurang tidur pada umumnya tidak menyebabkan nyeri atau masalah penglihatan. Namun dalam beberapa kasus, kejang pada mata dapat mengindikasikan gangguan pada saraf.

Cara termudah untuk dapat menghindari kejang pada otot mata adalah dengan tidur yang cukup setiap malam.

Jika kedutan tidak kunjung sembuh, Anda bisa meminta dokter untuk melakukan suntikan toksin botulinum. Selain itu, pelemas otot dapat membantu meredakan kedutan.

Mata Kering

Mata kering juga bisa disebabkan oleh kurang tidur. Pada saat anda mengalami mata kering, Maka mata Anda menjadi lebih sensitif terhadap cahaya. Selain itu, Anda juga mungkin akan mengalami sakit mata, penglihatan kabur, gatal, dan kemerahan.

Baca juga :   Fungsi Kelenjar Air Mata Untuk Menjaga Kelembaban Mata

Apnea Tidur Dan Mata

Sleep apnea adalah gangguan tidur yang dapat menyebabkan pernapasan seseorang terhenti sementara untuk beberapa kali saat mereka sedang tidur. Kondisi ini bisa ditandai dengan mendengkur saat tidur dan masih merasa mengantuk setelah tidur lama.

Istilah sleep apnea berarti nafas berhenti atau henti nafas. Kondisi yang seperti ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan tubuh kekurangan oksigen.

Mata Merah

Kurang tidur juga bisa mengurangi oksigen yang tersedia untuk mata anda. Ini bisa menyebabkan pembuluh darah membesar dan dapat membuatnya tampak kemerahan.

Cara Mengatasi Masalah Mata Akibat Kurang Tidur

Untuk anda dapat mengatasi masalah mata kurang tidur, Anda bisa mengompres mata anda dengan air dingin atau mentimun. Jika mata Anda terasa kering, gunakan air mata buatan untuk mengurangi gejala Anda. Cara terbaik untuk anda melakukannya adalah dengan tidur yang cukup untuk setiap hari. Selain durasi, kualitas tidur juga penting diperhatikan.

Cara Mengatasi Masalah Mata Akibat Kurang Tidur

Kualitas tidur yang baik dapat dicapai jika Anda tertidur kurang dari 30 menit, bangun tidak lebih dari sekali di malam hari, dan mendapatkan setidaknya 85% dari waktu Anda tidur di tempat tidur. Dengan kualitas dan kuantitas tidur yang baik, Anda tidak hanya akan menjaga kesehatan mata, tetapi juga menjaga kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

Jika Anda sering menggunakan lensa kontak setiap hari, pastikan Anda melepasnya sebelum tidur untuk mengurangi risiko infeksi mata dari bakteri pada lensa kontak. Dalam kedua kasus tersebut, jangan pernah memakai kontak lebih lama dari petunjuk yang direkomendasikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.