Cara Mengurangi Minus Mata Agar Mata Segera Sembuh

Mata minus atau miopia disebut rabun jauh karena berkurangnya kemampuan untuk melihat jauh tetapi dapat melihat lebih dekat dengan lebih baik.

Selama ini pengobatan yang paling umum untuk mata minus adalah dengan menggunakan kacamata. Namun penggunaan kacamata tersebut bukan untuk menyembuhkan mata minus atau menghilangkan minus.

Penyembuhan mata minus umumnya akan dibantu dengan tindakan medis, salah satunya operasi. Tapi operasi laser pada mata juga membawa resiko yang sangat besar.

Cara Mengurangi Minus Mata

Berikut Cara Mengurangi Mata Minus Tanpa Tindakan Medis:

1. Memfokuskan Visi Menggunakan Jari Telunjuk

Untuk melakukan latihan ini, Anda bisa menggunakan jari telunjuk Anda sebagai penunjuk.

Caranya dengan menempatkan jari telunjuk 10 cm dari hidung. Fokuskan pandangan Anda ke arah jari telunjuk, lalu alihkan fokus ke objek jauh di belakang jari telunjuk. Lakukan ini hanya dengan melihat sekilas tanpa menggerakkan kepala dan mengulanginya hingga 10 kali sehari.

2. Latihan Mata

Selain berlatih fokus menggunakan jari telunjuk, mengurangi mata minus bisa dilakukan dengan melakukan senam mata. Mata lelah bisa membuat risiko mata minus semakin besar. Anda bisa melakukan gerakan-gerakan ringan pada mata untuk merangsang otot mata agar berkontraksi dengan baik.

Caranya cukup dengan menggelengkan mata dari kiri ke kanan, lalu berputar dan berkedip 100 kali sehari.

3. Mengeringkan Mata di Pagi Hari

Lakukan aktivitas ini dengan menutup mata dan mengarahkan mata ke matahari hingga terasa hangat. Sebaiknya lakukan ini di pagi hari, agar Anda juga bisa mendapatkan cukup vitamin D.

4. Teknik Palming Mata

Teknik eye palming ini dilakukan dengan menggosokkan kedua tangan anda hingga terasa hangat dan kemudian menutupi mata dengan kedua tangan. Teknik ini bisa Anda lakukan kapan pun Anda merasa mata lelah.

5. Terapi Lilin

Terapi lilin merupakan cara tradisional yang bisa Anda coba untuk mengurangi mata minus. Menggunakan wax dipercaya dapat menyembuhkan mata minus dengan cepat. Namun, tidak disarankan untuk melakukan terapi lilin ini dengan frekuensi yang sering.

6. Lakukan Latihan Trataka Indian

Baca juga :   Lensa Kontak Buta Warna Dapat Membantu Mengatasi Buta Warna

Latihan ini dapat membantu mata dan pikiran Anda tetap fokus. Tujuan dari latihan ini adalah untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang sesuatu sebelum mata Anda lelah.

Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu duduk di ruang terbuka dan menatap benda kecil, seperti lilin. Fokuskan mata dan perhatian Anda pada lilin dan cobalah untuk tidak berkedip. Catat setiap detail lilin dalam ingatan Anda. Kemudian tutup mata Anda dan coba ingat setiap detail lilin yang Anda lihat sebelumnya. Anda bisa melakukan latihan ini selama 10 menit.

7. Konsumsi Wortel

Dengan mengkonsumsi banyak wortel akan mengurangi minus pada mata anda.

Wortel mengandung betakaroten yang dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan vitamin A. Vitamin A sangat baik untuk kesehatan mata. Mengkonsumsi jus wortel dua gelas sehari selama satu bulan dapat membantu mengurangi mata minus.

8. Konsumsi Bit

Bit dipercaya baik untuk mengurangi mata minus secara alami. Anda bisa meminum jus bit dengan mencampurkan belimbing atau wortel untuk khasiat yang lebih manjur.

9. Daun Sirih

Daun sirih tidak hanya memiliki khasiat untuk kesehatan alat reproduksi wanita saja, tetapi juga memiliki khasiat untuk mengobati mata minus. Mengapa daun sirih dipercaya dapat membantu menyembuhkan mata minus? Ini karena daun sirih kaya akan minyak atsiri, seperti cineol, eugenol, cadinen, dan kavikol.

Selain itu minyak atsiri pada daun sirih juga mengandung gula pasir, tanin, pati, seskuiterpen dan kavikol. Kavikol sendiri bermanfaat untuk membunuh jamur, bakteri, dan sebagai antioksidan.

Untuk mengurangi mata minus dengan daun sirih, anda hanya perlu mengoleskan daun sirih yang sudah dicuci bersih pada mata anda sebelum tidur dan membuang daun sirih pada pagi hari. Anda juga bisa merendam mata dengan air sirih. Pada bagian mata yang sudah terendam air, usahakan untuk membuka mata agar air daun sirih masuk ke dalam mata. Lakukan ini selama 30 menit setiap hari.

10. Lepaskan Kacamata Jika Tidak Dibutuhkan

Lepaskan Kacamata Jika Tidak Dibutuhkan

Saat berkacamata, mata akan terbiasa untuk fokus pada bagian tengah lensa atau bagian tengah kacamata, dan hal ini dapat menyebabkan otot mata menjadi kaku karena bola mata jarang bergerak untuk melihat ke arah lain.

Baca juga :   Cara Membersihkan Mata Kelilipan Yang Aman Dan Ampuh

Lepaskan kacamata Anda kapan pun Anda tidak membutuhkannya. Saat Anda masih bisa melakukan aktivitas tertentu tanpa kacamata, sebaiknya tidak menggunakan kacamata. Selain itu juga dapat mengurangi efek kelelahan mata akibat pemakaian kacamata yang terlalu lama.

Doa Menyembuhkan Mata Minus

Doa dzikir saat sakit mata. Ada beberapa jenis penyakit yang tergolong penyakit berat, salah satunya adalah penyakit yang menyerang mata. Segala penyakit di mata akan sulit disembuhkan.

Sebut saja beberapa sakit mata, diantaranya adalah rabun jauh, mata minus, sobek, mata berair, pendarahan, lecet dan yang paling parah adalah kebutaan, yaitu suatu kondisi mata yang tidak bisa melihat. Kita pasti ingin mata kita selalu bisa melihat sekeliling kita.

Oleh karena itu bersyukurlah bagi yang masih memiliki mata yang sehat, karena dengan kondisi mata yang baik kita bisa melihat indahnya dunia ciptaan Allah SWT, keagungan awan dan langit, apalagi saat cuaca cerah. Bersyukurlah dengan mengucapkan doa syukur atas nikmatnya.

Bagi yang mempunyai penyakit mata apapun itu usahakan jangan sampai mata anda menjadi buta karena jika anda buta maka satu-satunya cara untuk menyembuhkannya adalah dengan operasi penggantian mata. Bagi mereka yang masih memiliki kesempatan untuk sembuh dari penyakit mata, dapatkan perawatan rutin dan konsultasikan dengan dokter mata.

Selain itu salah satu upaya yang dapat kita lakukan untuk menghilangkan sakit mata adalah dengan berdoa kepada Allah SWT, karena apapun yang terjadi di dunia ini semuanya berdasarkan kehendak Allah SWT. Jika kita ingin penyakit mata segera hilang, silahkan baca lebih lanjut doa-doa kepada Allah SWT.

Berikut ini adalah beberapa doa yang bisa dibaca saat anda mengalami sakit mata, ketika anda menderita penyakit mata.

Bacaan Doa Saat Sakit Mata

Bacaan Doa Saat Sakit Mata

Doa sakit mata bisa diucapkan kapan saja, namun yang terpenting adalah saat merasakan sakit mata, terasa perih, penglihatan mulai kabur, atau bisa juga sebelum minum obat pagi, siang dan malam hari. Baik untuk diri Anda sendiri maupun saat mengunjungi orang sakit.

Baca juga :   Fungsi Aqueous Humor Untuk Menjaga Keseimbangan

Inti dari doa ini adalah meminta kesembuhan dari segala macam penyakit. Rasulullah SAW sendiri mencontohkan bahwa ketika ada bagian tubuh yang sakit, disarankan untuk memegang bagian tubuh tersebut sambil membaca doa.

Berikut Bacaan Doa Sakit Mata Sesuai Sunnah Berdasarkan Hadits Yang Benar Agar Mata Segera Sembuh, Sehingga Penyakit Mata Bisa Langsung Diatasi Dalam Bahasa Arab, Tulisan Latin dan Artinya atau Terjemahan Bahasa Indonesia

doa menyembuhkan mata minus

Syifaa-u kullii daa-in birahmatika yaa arhamar raahimiina.

Berarti:
“Obat untuk semua penyakit. Dengan keagungan-Mu, yang paling penyayang dari semua yang penyayang.”

Zikir Saat Sakit Mata

Ada juga doa-doa lain yang bisa kita ucapkan untuk memohon kesembuhan mata yang lebih lama, inti dari doa ini adalah memohon kepada Allah SWT untuk mengangkat segala jenis penyakit yang kita derita dan membuat kita tidak dapat menjalankan aktivitas normal sehari-hari.

Doa ini sangat bagus untuk dibaca setelah selesai sholat, seperti sholat tengah malam untuk kesembuhan penyakit atau sholat agar penyakit mata bisa segera sembuh. Tapi kita juga bisa membacanya sebagai amalan atau refleksi sebelum atau sesudah shalat.

Berikut bacaan lafadz dzikir atau wirid bila mata sakit dalam bahasa arab, tulisan latin beserta artinya atau terjemahan bahasa indonesia yang panjang dan lengkap menurut sunnah berdasarkan hadits.

Zikir Saat Sakit Mata
Laqad kunta fī gaflatim min hāżā fa kasyafnā ‘sosok giṭāʻaka fa baṣarukal-yauma ḥadīd.

Berarti:
“Sesungguhnya kamu dalam keadaan terabaikan dari (benda) ini, lalu Kami melepas darimu penutup (yang menutupi) matamu, maka penglihatanmu hari itu sangat tajam.”

Kesimpulan

Semoga artikel ini menjelaskan tentang doa sakit mata agar cepat sembuh, cepat sembuh, apa yang diajarkan Rasulullah SAW, doa mengobati sakit mata, doa untuk menghindari sakit mata, doa untuk menghilangkan berbagai penyakit mata dan lain sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.