Kantung Mata Membesar Merupakan Pertanda Adanya Penyakit

Bagi yang sangat memperhatikan penampilan, kantung mata bengkak dan hitam tentunya sangat mengganggu.

Bukan hanya kantung mata saja, namun ada beberapa penyakit dan kondisi yang bisa menyebabkan kantung mata.

Terbentuknya kantung mata adalah faktor penuaan, Dan penumpukan cairan dan beberapa penyakit lain.

Kantung Mata Membesar

Berikut beberapa alasan terbentuknya kantung di bawah mata,

1. Gangguan Ginjal

Area lunak di bawah mata berhubungan langsung dengan ginjal (area yang berhubungan langsung dengan usus besar). Dalam beberapa kasus, kantung di bawah mata merupakan pertanda adanya masalah ginjal.

Tanda – Tanda Lain Seperti :

  • Buang air kecil
  • Tampilan urine
  • Bengkak di pergelangan kaki
  • Wajah
  • Tangan
  • Kelelahan
  • Gatal
  • Ruam kulit
  • Rasa tidak enak di mulut
  • Pusing
  • Sulit berkonsentrasi
  • Rasa dingin yang terus-menerus
  • Serta nyeri di kaki dan panggul

2. Hipotiroidisme (tingkat tirod rendah)

Tingkat tiroid yang lambat mempengaruhi 2 dari 100 wanita atau 2 persen dari populasi wanita. Jika mengalami kelelahan, sulit berkonsentrasi, berat badan turun, sensitif terhadap cuaca dingin, kelemahan otot atau kram otot, kulit kering dan rambut tipis, nyeri haid, denyut nadi lambat dan jaringan bengkak, ini pertanda kadar tiroid Anda rendah dan bisa juga menyebabkan kantong. di bawah mata.

3. Retensi Cairan

Minum terlalu banyak sebelum tidur atau mengonsumsi makanan asin dapat menyebabkan retensi cairan di dalam tubuh. Retensi air dapat menyebabkan kantung pada mata yang biasanya terjadi pada saat tidur malam.

4. Masalah Di Hati

Kantong di mata juga bisa menandakan adanya masalah pada lever, apalagi jika disertai keringat di sekitar mata.

5. Reaksi Alergi

Kantong di bawah mata juga bisa disebabkan oleh reaksi alergi. Anda mungkin alergi terhadap makanan atau bulu dari bawah bantal Anda. Perubahan hormonal saat menstruasi juga menyebabkan kantung mata.

6. Penuaan

Penuaan dapat menyebabkan kantung mata terbentuk. Penuaan menyebabkan kulit di sekitar mata menjadi lebih tipis dan melemahkan elastisitas sehingga menyebabkan lemak menonjol.

Cara Menghilangkan Mata Cekung Kedalam

Saat Anda bercermin, Anda mungkin terkejut melihat mata Anda tampak cekung dan menghitam. Memiliki mata cekung bisa membuat Anda terlihat lesu dan tidak segar sehingga membuat Anda kurang percaya diri.

Baca juga :   Apa Itu Bluelight, Apa Bahaya BlueLight Untuk Mata?

Cara Menghilangkan Mata Cekung Kedalam

Mata cekung juga bisa dialami oleh kaum muda. Lantas, bagaimana cara mengatasinya?

Penyebab Mata Cekung

Ada berbagai kemungkinan penyebab mata cekung. Namun, kebanyakan kasus terkait dengan nutrisi dan gaya hidup individu. Adapun faktor-faktor penyebab mata cekung, antara lain:

1. Kurang Tidur

Seseorang umumnya membutuhkan 7-9 jam tidur di malam hari. Kurang tidur atau kualitas tidur yang buruk dapat menyebabkan mata cekung dan lebih gelap, yang dapat memengaruhi penampilan Anda.

2. Penuaan

Seiring bertambahnya usia, kulit Anda kehilangan kolagen, yang membuatnya lebih tipis dan transparan. Ini menyebabkan lekukan wajah di sekitar mata yang membuatnya tampak cekung. Selain itu, berkurangnya lemak dan kepadatan tulang juga berkontribusi pada kondisi tersebut.

3. Dehidrasi

Menurut para ahli, mata cekung merupakan pertanda anak mengalami dehidrasi sedang hingga berat. Waspada jika anak Anda terus-menerus gelisah dan rewel, terlihat lesu atau lemas, dan mulai malas untuk minum.

Anak-anak sangat rentan mengalami dehidrasi yang disebabkan oleh virus dan bakteri pencernaan. Tak hanya mata cekung, dehidrasi juga bisa menimbulkan gejala seperti rasa haus berlebihan, jarang buang air kecil, mulut kering, dan lesu.

4. Penurunan Berat Badan Yang Ekstrim

Saat Anda menurunkan berat badan secara drastis, Anda kehilangan banyak lemak dari semua area tubuh Anda termasuk wajah Anda. Kehilangan lemak wajah dapat membuat pembuluh darah di sekitar mata lebih terlihat dan transparan, sehingga tampak cekung.

5. Genetika

Mata cekung juga bisa disebabkan oleh faktor genetik atau DNA seseorang. Pasalnya, posisi mata pada rongga mata bergantung pada faktor genetik. Anda lebih mungkin mengalami kondisi ini jika anggota keluarga Anda yang lain juga memilikinya.

6. Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari juga dapat menyebabkan lingkaran hitam di bawah mata yang terlihat seperti bayangan, membuat mata tampak cekung.

Baca juga :   Minyak Zaitun Untuk Bulu Mata Agar Bulu Mata Sehat Dan Cantik Alami

7. Kekurangan Vitamin

Seperti dilansir SM Journal of Nutrition and Metabolism, fakta bahwa mata cekung merupakan gejala malnutrisi. Kekurangan vitamin C, vitamin K, dan zat besi bisa menyebabkan mata cekung. Tak hanya itu, kekurangan vitamin ini juga bisa menyebabkan kulit mudah memar dan tidak sehat.

8. Alergi

Alergi juga dapat menyebabkan lingkaran hitam terbentuk di bawah mata, membuat mata tampak cekung. Gejala alergi lain yang mungkin Anda rasakan termasuk hidung tersumbat, bersin, atau gatal di tenggorokan dan mata.

9. Merokok

Merokok bisa mengurangi kolagen, membuat kulit kehilangan elastisitasnya. Hal ini menyebabkan kulit di sekitar wajah menjadi kendur dan tampilan mata menjadi cekung. Bahkan rokok juga dikaitkan dengan berbagai penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung, kanker, dan lainnya.

10. Infeksi sinus

Radang pada sinus atau infeksi sinus bisa membuat mata tampak gelap dan cekung. Tak hanya itu, gejala infeksi sinus lain yang bisa terjadi adalah tekanan, nyeri, dan hidung tersumbat.

11. Trauma

Setiap cedera pada wajah atau tulang di sekitar mata dapat menyebabkan mata tampak cekung, salah satunya adalah patah tulang akibat ledakan orbital. Ini adalah kondisi di mana tepi tulang mata utuh tetapi pangkal rongga mata yang tipis telah pecah atau retak.

Bagaimana Cara Menghilangkan Mata Cekung

Berikut beberapa hal yang harus Anda lakukan:

  • Patuhi jadwal tidur yang teratur dan pastikan Anda cukup tidur
  • Oleskan pelembab yang dilengkapi tabir surya
  • Tempatkan kantong teh hangat dan lembap tepat di bawah mata.
  • Letakkan irisan mentimun dingin di mata Anda selama 10-20 menit untuk mengurangi iritasi dan menambah kelembapan
  • Kenakan pelindung matahari, termasuk tabir surya, kacamata hitam, dan topi saat pergi keluar
  • Minum air yang cukup
  • Hindari mengonsumsi terlalu banyak kafein
  • Makan sayuran berdaun hijau tua
  • Berhenti merokok
  • Jika hal itu disebabkan oleh alergi, menghindari alergen adalah satu-satunya cara untuk menghilangkan mata cekung
  • Makan makanan bergizi untuk memenuhi kebutuhan vitamin Anda
  • Perawatan bedah mungkin diperlukan untuk orang yang mengalami mata cekung karena penuaan.
Baca juga :   Obat Tetes Mata Glaukoma Untuk Pengobatan Pertama Yang Dilakukan

Dermal filler atau operasi kosmetik bisa jadi pilihan, namun tentunya tidak ada operasi yang tanpa resiko sehingga Anda perlu berhati-hati dan selalu berkonsultasi ke dokter.

Jenis Kantung Mata

Kesempurnaan penampilan Anda berkurang karena bayangan gelap melayang di bawah mata Anda? Kantung mata dapat disebabkan karena berbagai alasan.

Anda pasti pernah mendengar berbagai macam solusi untuk menyamarkan dan menghilangkan kantung mata. Mulai dari solusi alami hingga instan dengan operasi. Namun terkadang kantung mata masih membandel.

Jenis Kantung Mata

Sebenarnya cara yang efektif untuk mengatasi kantung mata adalah dengan mencari tahu penyebabnya terlebih dahulu. Bagaimana caranya?

Kenali Ciri – Ciri Kantung Mata Di Bawah Ini:

1. Kebiruan

Kantung mata berwarna kebiruan disebabkan oleh gaya hidup yang tidak seimbang. Kurang tidur, stres, alergi dan gangguan hidung menjadi penyebab utamanya.

Kantung mata ini bersifat sementara. Ini akan memudar segera setelah penyebabnya teratasi.

2. Merah Keunguan

Kantung mata dalam nuansa merah dan ungu? Kalau yang satu ini adalah penyebab penuaan dan faktor genetik. kulit menipis, sehingga pembuluh darah tampak menggembung.

3. Hitam Kecoklatan

Bayangan kecoklatan dan kehitaman di sekitar mata?

Kantung mata ini termasuk yang paling sulit dirawat. Tapi Anda bisa mencoba produk perawatan yang mengandung retinoid, antioksidan (niacinamide dan vitamin C) dan membatasi paparan sinar matahari sebanyak mungkin.

4. Gelap Dan Teduh

Jika kantung mata Anda tidak berwarna, hanya mengarsir di sekitar area mata, berarti volume otot di sekitar mata berkurang sehingga menciptakan ‘cekungan’.

Sayangnya, kantung mata seperti ini tidak bisa dirawat dengan produk perawatan biasa. Anda harus menjalani prosedur pengisian asam hialuronat dan hidroksilapatit melalui bantuan dokter kulit.

Itulah 4 jenis kantung mata beserta penyebab utamanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.