Cara Menjaga Kesehatan Mata Anak Sejak Masih Dalam Kandungan

Mata sering disebut sebagai jendela dunia. Maka untuk itulah kita harus menjaga kesehatan mata anak menjadi sangat penting, karena berperan dalam proses tumbuh kembang. Bahkan kita bisa untuk menjaga kesehatan mata si Kecil sejak masih dalam kandungan.

Ada berbagai dampak yang mungkin bisa dirasakan anak ketika mengalami gangguan kesehatan pada mata. Mulai dengan kesulitan membaca, hingga sampai terhambat dalam mempelajari berbagai hal.

Berbagai Cara Menjaga Kesehatan Mata Anak

Ada berbagai cara untuk dapat dilakukan setiap orang tua dalam menjaga kesehatan mata anaknya, seperti:

Cara Menjaga Kesehatan Mata Anak

Stimulasi Visual Anak

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menstimulasi penglihatan si kecil agar bisa berkembang dengan baik. Salah satunya dengan memberikan mainan menarik dengan berbagai bentuk dan warna. Pastikan mainan yang disediakan aman untuk si kecil.

Gunakan Kacamata Hitam Saat Berada Di Luar Ruangan

Jika Anda akan beraktivitas di bawah sinar matahari dalam waktu lama, disarankan agar anak-anak memakai kacamata hitam.

Batasi Penggunaan Gadget

Saat ini gadget sulit dipisahkan dari anak-anak. Padahal, terlalu sering mengunakan gadget yang bisa berdampak negatif pada mata, seperti mata lelah, mata minus, dan mata kering. Untuk mencegahnya, para bapak dan ibu disarankan untuk membatasi penggunaan gadget si kecil hingga 1-2 jam per hari. Jelaskan kepada si kecil tentang porsi waktu menggunakan gadget, dengan konsep yang mudah dipahami.

Makan Makanan Bergizi

Sebenarnya konsumsi makanan bergizi untuk menjaga kesehatan mata sudah bisa dilakukan sejak anak masih dalam kandungan. Saat hamil, ibu disarankan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A dan omega-3, seperti ubi jalar, salmon, wortel, dan bayam. Nah, setelah si kecil bisa mengonsumsi berbagai makanan selain ASI, Anda bisa memberikan makanan yang kaya antioksidan, vitamin C, vitamin E, zinc dan omega 3. Diantaranya adalah telur, sayuran hijau, kacang-kacangan, dan susu.

Baca juga :   Terapi Mata Minus Efektif Dalam Membantu Mengatasi Minus Mata

Pemeriksaan Kesehatan Mata Rutin

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan rutin memeriksakan kesehatan mata si kecil ke dokter mata, yaitu setiap 2 tahun sekali. Semakin cepat terdeteksi, diharapkan gangguan tersebut dapat cepat teratasi.

Penglihatan anak dapat berfungsi penuh setelah anak berusia tujuh tahun. Jika Anda mencurigai si kecil mengalami gangguan penglihatan atau jika Anda memiliki pertanyaan tentang kesehatan mata anak Anda, sebaiknya konsultasikan ke dokter.

Lihat juga : Vitamin Mata Anak Solusi Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Makanan Untuk Kesehatan Mata Anak

Tahukah Anda cara sederhana dan terbukti dapat menjaga kesehatan mata anak? Caranya cukup mudah, penuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan Si Kecil, terutama nutrisi yang dibutuhkan untuk dapat menjaga kesehatan mata.

Nah, berikut ini makanan yang bisa Anda masukkan ke dalam menu harian Si Kecil, agar kesehatan matanya tetap terjaga.

Makanan Untuk Kesehatan Mata Anak

1. Ikan Laut

Ikan seperti salmon, tuna, dan mackerel yang kaya akan asam lemak omega-3. Nah, omega-3 ini membantu menjaga pelumasan mata anak dan mencegah sindrom mata kering.

Baca juga :   Penyebab Mata Gatal Setiap Malam Dan Cara Mengatasi Mata Gatal

2. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau merupakan salah satu makanan yang dapat meningkatkan kesehatan mata anak. Ada berbagai jenis sayuran hijau yang bisa Anda pilih, misalnya kangkung, bayam, atau collard greens yang tinggi lutein dan zeaxanthin.

Kedua zat tersebut mengandung antioksidan kuat yang dapat membantu menangkal radikal bebas di mata. Antioksidan ini juga dapat mencegah degenerasi makula dan pembentukan katarak seiring dengan bertambahnya usia anak.

3. Berry Dan Jeruk

Kedua buah ini kaya vitamin C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Nah, saat sistem kekebalan tubuh semakin baik, maka daya tahan tubuh terhadap infeksi akan semakin kuat.

4. Telur Dan Wortel

Selain makanan di atas, Anda juga bisa memberikan telur pada buah hati Anda untuk menjaga kesehatan matanya. Telur kaya vitamin A yang dapat membantu mencegah rabun senja dan mata kering.

Selain telur, ada juga wortel yang kaya akan beta karoten (senyawa tumbuhan alami yang merupakan bentuk awal vitamin A). Beta karoten dapat menjaga keutuhan struktur mata, dan meningkatkan fungsi komponen mata si kecil.

5. Kacang

Kacang juga termasuk dalam makanan yang dapat meningkatkan kesehatan mata anak. Anda bisa memilih almond, pistachio, dan walnut untuk dimasukkan dalam menu harian si kecil. Ketiga kacang ini kaya vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan yang dapat membantu menjaga penglihatan anak.

Baca juga :   Mata Bengkak Pada Anak Dan Berbagai Penyebabnya

6. Daging Sapi Dan Ayam Tanpa Lemak

Selain kelima makanan di atas, ada juga lauk pauk untuk menjaga kesehatan mata si kecil.

Jangan Tunggu Masalah Muncul

Orang tua perlu memeriksakan mata anak mereka sejak lahir. Tujuannya untuk mengetahui apakah ada kemungkinan tanda-tanda kelainan penglihatan.

Saat anak berusia 6 bulan hingga 1 tahun, coba periksa kembali perkembangan matanya. Tahap selanjutnya, saat anak berusia 12-36 bulan, dilakukan pemeriksaan untuk melihat perkembangan mata yang sehat.

Lalu, saat si kecil memasuki usia 3-5 tahun, perlu dilakukan tes ketajaman visualnya. Dalam pemeriksaan ini, dokter akan mendeteksi masalah mata seperti mata malas, astigmatisme, atau miopia yang dapat memengaruhi ketajaman penglihatan.

Saat anak berusia 5 tahun ke atas, pemeriksaan ketajaman visual perlu dilakukan lagi. Miopia atau rabun jauh adalah masalah yang cukup umum terjadi pada anak-anak di usia ini. Jika anak mengalami kondisi ini, ada kemungkinan dokter akan merekomendasikan penggunaan kacamata untuk si kecil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *