Mata Rusak Karena Hp Yang Memerlukan Perhatian Medis

Sakit mata dan mata lelah akibat penggunaan gadget, Walaupun mata rusak karena hp tidak menimbulkan konsekuensi serius atau jangka panjang, hal itu bisa bertambah parah dan sangat tidak nyaman.

Terlalu sering menatap gadget akan membuat mata sakit, lelah, dan mengurangi kemampuan berkonsentrasi. Biasanya, kondisi ini akan hilang setelah Anda mengistirahatkan mata atau mengambil langkah-langkah untuk mengurangi rasa tidak nyaman pada mata. Dalam beberapa kasus, tanda dan gejala sakit mata dapat menunjukkan kondisi mata yang memerlukan perhatian medis segera.

Mengatasi Sakit Mata Akibat Sering Bermain Gadget

Akibat Sering Bermain Gadget

Biasanya pengobatan mata rusak karena hp dimulai dengan mengubah kebiasaan atau lingkungan sehari-hari. Beberapa orang mungkin memerlukan perawatan medis jika mereka mengalami masalah mata terlebih dahulu.

Bagi sebagian orang, penggunaan kacamata resep dapat membantu aktivitas yang berkaitan dengan penggunaan gadget. Dokter Anda mungkin menyarankan agar Anda mengistirahatkan mata secara teratur untuk membantu mata Anda fokus pada jarak yang berbeda. Selain itu, simak juga beberapa cara mengatasi berikut ini:

  • Sesuaikan Pencahayaan.
  • Saat melihat gadget atau komputer, akan lebih nyaman jika ruangan tetap terang.
  • Saat Anda harus melihat gadget dari jarak dekat, sesekali istirahatkan mata dengan mengalihkan pandangan dari layar digital.

Batasi Waktu Layar

Hal ini sangat penting bagi anak-anak yang mungkin tidak menyadari hubungan antara penglihatan lama, sakit mata, kelelahan mata, dan kebutuhan untuk mengistirahatkan mata secara teratur.

Gunakan Tetes Mata

Obat tetes mata yang dijual bebas dapat membantu mencegah dan meredakan sakit mata akibat kekeringan. Tetap gunakan obat tetes mata meskipun mata Anda terasa baik-baik saja. Kondisi ini untuk menjaga agar mata tetap terlumasi dengan baik dan mencegah kambuhnya gejala.

Tingkatkan Kualitas Udara Kamar

Beberapa perubahan yang membantu mencegah sakit mata dan mata kering antara lain menggunakan humidifier, menyesuaikan termostat untuk mengurangi aliran udara, dan menghindari asap.

Berhenti Merokok.

Pertimbangkan berhenti merokok untuk mengurangi jumlah udara kering yang mengalir di mata dan wajah Anda.

Pilih Kacamata Yang Tepat.

Jika Anda membutuhkan kacamata atau lensa kontak untuk bekerja di sebuah gadget, pertimbangkan untuk membeli yang khusus dirancang untuk pekerjaan komputer.

Pentingnya Berkedip Saat Melihat Layar

Manusia biasanya berkedip sekitar 15 kali per menit. Namun, bila Anda terpaksa terlalu sering fokus menatap layar gadget dan dalam durasi yang lama, kemungkinan besar mata Anda hanya akan berkedip 5-7 kali per menit.

Baca juga :   Cream Penghilang Mata Panda Di Apotik Yang Ampuh

Padahal, proses berkedip merupakan aktivitas yang sangat dibutuhkan mata, fungsinya untuk membersihkan partikel debu yang masuk ke dalam mata dan agar permukaan bola mata menjadi lembab.

Terlalu lama dan terlalu sering menatap layar gadget merupakan salah satu aktivitas yang dapat menyebabkan sakit mata. Awalnya mata lelah, kemudian memicu stres dan sakit mata. Hal tersebut bisa bertambah parah jika penggunaan gadget tidak didukung oleh pencahayaan yang baik.

Sakit mata akibat sering bermain gadget diawali dengan mata kering, nyeri, berair, perih, dan gatal. Kondisi ini bisa membuat mata lebih sensitif terhadap cahaya sehingga mudah silau.

Selain itu, stres mata bisa membuat penglihatan Anda kabur dan terganggu. Jadi, penggunaan gadget memang perlu, namun tetap mengutamakan kesehatan mata.

Ciri Ciri Mata Rusak Karena Hp

Handphone atau gadget merupakan salah satu hal yang tidak bisa lepas dari kehidupan, mulai dari orang dewasa hingga anak kecil yang sudah memegang handphone.

Ciri Ciri Mata Rusak Karena Hp

Di balik banyaknya manfaat tersebut, penggunaan HP atau gadget secara berlebihan dapat merusak kesehatan mata, terutama mata. Pasalnya, mata merupakan organ yang paling banyak berfungsi saat menggunakan ponsel.

Sinar radiasi pada ponsel memancarkan energi dalam bentuk panas atau gelombang elektromagnetik. Dimana energi ini merupakan energi yang dapat menyebabkan mata anda menjadi rusak. Berikut ini beberapa kerusakan ponsel akibat sinar radiasi pada ponsel:

  • Meningkatkan risiko terjadinya blepharitis
  • Mata kering
  • Meningkatkan risiko penglihatan kabur
  • Memiliki kerusakan pada retina
  • Memicu katarak
  • Memicu kanker mata

Itulah beberapa bahaya yang ditimbulkan oleh radiasi sinar ponsel bagi kesehatan mata. Karenanya sangatlah bijak untuk menggunakan handphone atau gadget.

Ciri – Ciri Mata Terpapar Radiasi Ponsel

Secara kasat mata, mata yang terpapar radiasi ponsel tidak bisa dilihat tapi bisa dirasakan penderitanya. Berikut beberapa gejala yang Anda rasakan setelah terpapar radiasi ponsel:

1. Mata Menjadi Sering Lelah

Hal ini disebabkan mata bekerja terlalu lama menatap layar ponsel sehingga banyak paparan radiasi ponsel yang masuk ke mata. Dengan begitu mata akan mudah lelah.

2. Mata Menjadi Kering

Selain mata mudah lelah, mata yang terlalu lama menatap layar ponsel menyebabkan mata menjadi kering.

Baca juga :   Cara Agar Mata Tidak Sayu Tampil Bersemangat Dan Menarik

Anda bisa merasakan mata kering bersamaan dengan mata merah yang sangat gatal sehingga Anda merasa tidak nyaman. Jangan sekali-kali menggosoknya saat mata Anda kering karena dapat menyebabkan iritasi.

3. Peningkatan Kepekaan Terhadap Cahaya

Kondisi ini bisa meningkat pesat ke segala bentuk cahaya, termasuk dari layar ponsel dan sinar matahari. Kondisi ini disebut sebagai fotofobia. Jika kondisi ini terus berlanjut, segera hubungi dokter Anda.

4. Tampilan Menjadi Kabur

Kapanpun Anda merasa penglihatan Anda terasa kabur, buram atau Anda tidak melihat dengan jelas, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter. Pasalnya, kondisi ini bisa menjadi gejala penyakit mata, seperti katarak, mata minus, glaukoma atau mata silinder.

Lihat juga : Mata Merah Karena HP Coba Cara Ini Untuk Mengatasinya

Penyakit Mata akibat gadget

Umumnya semua orang akan terpaku pada gadget yang dimilikinya. Kebiasaan ini justru bisa menyebabkan penyakit mata. Setiap orang, termasuk anak-anak, telah menggunakan gadget setiap hari dan mata mereka akan tertuju pada layar gadget tersebut. Ternyata, terkena sinar biru yang dipancarkan layar gadget bisa menimbulkan efek buruk bagi kesehatan mata. Saat ini, tidak sedikit orang yang mengalami ketergantungan pada teknologi digita.

Penyakit Mata akibat gadget

Ketergantungan pada teknologi digital adalah masalah tersendiri. Padahal, perangkat digital menghasilkan cahaya berenergi tinggi berupa cahaya biru yang dapat dengan mudah masuk ke mata semua orang, termasuk anak-anak.

Cahaya biru adalah cahaya gelombang pendek yang berbahaya, karena merupakan panjang gelombang energi tertinggi dari cahaya tampak. Hal tersebut dapat ditemukan diberbagai tempat, bahkan matahari juga memancarkan sinar biru, sehingga langit dan lautan berubah menjadi biru. Namun, cahaya biru ini juga ditemukan pada elektronik buatan manusia, seperti gadget, TV, lampu fluorescent, dan LED.

Cahaya biru yang dipancarkan gadget hanyalah sebagian kecil dari yang dipancarkan matahari. Meski begitu, seseorang yang menghabiskan banyak waktu menatap gadget akan terpapar cahaya tersebut lebih lama. Selain itu, kedekatan layar dengan mata juga menjadi penyebab semakin meningkatnya kepedulian para dokter mata terhadap kesehatan mata banyak orang.

Beberapa penyakit mata yang bisa terjadi pada seseorang yang sering menatap gadget terlalu lama adalah:

Baca juga :   Vitamin Mata Biovision Sangat Bagus Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Penyakit Mata Digital

Penyakit mata digital atau computer vision syndrome merupakan suatu kondisi yang sering dikaitkan dengan seseorang yang bergantung pada gadget. Penyakit tersebut terjadi saat Anda mengalami ketidaknyamanan visual setelah menonton TV atau menggunakan gadget dalam waktu lama. Anda mungkin merasa sakit, berat, dan lelah, disertai sakit kepala, mual, dan mata kering.

Miopia

Penyakit mata lain yang bisa terjadi pada seseorang yang terlalu lama menatap layar gadget adalah miopia. Dinyatakan bahwa anak yang menghabiskan waktu tanpa menggunakan gadget memiliki risiko lebih rendah untuk terserang miopia dibandingkan dengan mereka yang sering menatap gadget. Jika seseorang sudah terbiasa menggunakan gadget maka resiko terkena myopia akan semakin besar.

Bahaya Cahaya Biru bagi Anak-anak

Cahaya biru yang terpancar dari gadget bisa sangat berbahaya bagi anak-anak. Hal ini dikarenakan ketergantungan gadget pada segala hal, tidak hanya untuk bermain, tapi juga untuk mengerjakan tugas sekolah dan kegiatan lain yang menunjang pendidikan.

Mata anak-anak yang sedang berkembang membuat paparan sinar biru menjadi lebih berbahaya. Hal ini dikarenakan pigmen pelindung belum berkembang sempurna, sehingga tidak dapat menyaring cahaya yang masuk.

Cara Mencegah Penyakit Mata yang Disebabkan Gadget

Cahaya biru yang dipancarkan dari gadget bisa berbahaya, menyebabkan penyakit mata. Salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan mengurangi waktu melihat layar, untuk mengurangi eksposur ke cahaya tersebut. Selain itu, disebutkan juga bahwa paparan sebelum tidur pada malam hari dapat memengaruhi kemampuan tubuh untuk tidur nyenyak.

Cara lainnya adalah dengan menggunakan lensa yang dapat menyaring cahaya biru yang masuk. Coba tanyakan kepada dokter mata tentang bagaimana cara melindungi mata rusak karena hp yang memancarkan cahayanya. Pencegahan dini sangat bermanfaat agar mata tidak cepat rusak. Itulah beberapa penyakit mata yang bisa terjadi pada seseorang yang sering menatap layar gadget.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *