15 Cara Menjaga Kesehatan Mata Bagi Pengguna Komputer

Mengetahui cara menjaga kesehatan mata bagi pengguna komputer merupakan suatu keharusan karena mata adalah organ yang diperlukan untuk melihat sesuatu yang anda inginkan, cara yang tepat untuk memelihara kesehatan mata adalah dengan cara menjaga sebaik mungkin agar mata tetap sehat sampai anda tua nanti.

Dalam artikel kesehatan mata ini, kami akan mengulas beberapa tips menarik bagi anda yang berkeja dengan menggunakan laptop atau komputer.

Cara menjaga kesehatan mata bagi pengguna komputer

Radiasi gelombang elektromagnetik yang dipancarkan oleh komputer atau layar laptop dapat menyebabkan kelelahan mata dan gangguan mata lainnya. Hasil lain dari duduk terlalu lama di depan komputer adalah sakit kepala / pusing, sakit leher dan pinggang, sakit bahu dan banyak lainnya.

Tetapi jika aktivitas harian Anda berada di depan layar monitor komputer, Anda perlu melakukan beberapa tips di bawah ini supaya busa menjaga mata tetap sehat.

1. Kurangi kecerahan layar Monitor

Sesuaikan posisi dan kecerahan layar monitor dengan posisi yang paling nyaman bagi Anda. Jangan biarkan layar monitor terlalu terang atau terlalu gelap sehingga penglihatan anda terganggu.

2. Gunakan Pelindung Layar

Coba pasang Pelindung Layar untuk mengurangi radiasi dari layar monitor ke mata Anda, sehingga tidak cepat membuat mata Anda lelah ketika melihat layar monitor.

3. Atur Jarak Mata

Sesuaikan jarak antara mata dan monitor, idealnya jarak antara mata dan monitor yang aman adalah 50-100 cm. Jangan memasang monitor terlalu dekat dengan mata karena itu akan membuat mata cepat lelah.

4. Istirahatkan mata

Biasanya manusia akan berkedip 18 kali selama satu menit, tetapi ketika kita melihat layar monitor, mata kita jarang berkedip. Karenanya cobalah untuk beristirahat setiap jam selama 5 menit tanpa melihat monitor, sehingga mata Anda tidak mudah teriritasi atau mudah lelah. Lakukan Latihan Mata sebagai tindakan pencegahan.

Baca juga :   Bulu Mata Palsu Agar Bulu Mata Terlihat Lebih Panjang Dan Tebal

5. Lihatlah pemandangan disekitar anda sesekali

Ketika Anda melihat monitor, mata Anda akan terfokus pada satu objek, yaitu monitor. Cobalah mengalihkan pandangan Anda dari monitor sejenak, lihat pemandangan di sekitar Anda, terutama pepohonan hijau jika ada. Ini dilakukan agar mata Anda tidak cepat lelah, dan juga bisa menangkal pusing.

6. Konsumsi Buah dan Sayuran

Buah-buahan yang mengandung vitamin A sangat baik dan baik untuk kesehatan mata Anda, perbanyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran agar Anda tidak kekurangan vitamin A sehingga Anda tidak memiliki kelainan mata nantinya.

7. Periksa Mata

Sangat penting untuk mengetahui kondisi mata Anda, jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan mata (check up) dan berkonsultasi dengan dokter mata spesialis. Usahakan setiap 3 bulan Anda memeriksakan kondisi mata Anda, jika suatu hari Anda memiliki keluhan maka akan segera mendapatkan perawatan yang tepat dari para ahli.

Baca juga : Kebiasaan Ini Bikin Mata Minus Tambah Parah, Yuk Waspada

Cara memelihara kesehatan mata

Mencegah lebih baik daripada mengobati, tidak terkecuali kesehatan mata. Banyak cara sederhana untuk melakukannya seperti menjaga kesehatan mata secara alami yang sering dilakukan oleh banyak orang. Berikut yang merupakan cara memelihara kesehatan organ mata yang tepat adalah :

1. Makan banyak buah dan sayuran

Wortel dikenal sangat membantu dalam menjaga kesehatan mata. Karena ia memiliki antioksidan yang dapat mengurangi risiko degenerasi makula atau beta karoten.

2. Hindari memakai lensa kontak lebih dari 19 jam

Baca juga :   Agar Mata Sehat Sampai Tua, Hindari Melakukan Hal Ini

Ini dapat menyebabkan kerusakan mata permanen dan ketidaknyamanan pada mata Anda. Jangan juga memakai kacamata terlalu lama.

3. Kurangi penggunaan obat tetes mata

Mengurangi penggunaan obat tetes mata. Menggunakan tetes mata untuk mengobati mata merah tidak apa-apa, tetapi hanya sesekali saja. Jika berlebihan, justru akan merusak kesehatan mata Anda.

4. Gunakan mentimun

Gunakan mentimun untuk mengompres kelopak mata Anda. Tempatkan irisan mentimun yang dingin dan lembut di kelopak mata selama 10 menit sebelum tidur di malam hari untuk mencegah pembengkakan.

5. Kenakan kacamata pelindung UV

Gunakan lensa terpolarisasi, bukan hanya lensa gelap. Kacamata pelindung UV dibutuhkan untuk melawan paparan sinar matahari.

6. Hindari duduk terlalu lama di depan komputer

Untuk menjaga kesehatan mata selanjutnya, cobalah untuk tidak menghabiskan terlalu banyak waktu di depan layar komputer sehingga tidak membuat mata anda terlalu lelah.

7. Kenakan kacamata pada waktu yang tepat

Pastikan untuk memakai kacamata atau memakai pelindung mata lainnya saat bekerja di sekitar bahan kimia atau tempat-tempat dengan partikel berbahaya di udara.

8. Jangan membaca dalam cahaya rendah

Untuk menjaga kesehatan mata, hindari membaca dalam cahaya rendah yang dapat menyebabkan ketegangan mata. Jika mata terasa lelah, berhentilah sejenak dan istirahatlah.

9. Jangan langsung melihat cahaya yang terlalu terang

Jangan langsung melihat cahaya yang terlalu terang. Jangan memfokuskan mata Anda pada matahari, karena dapat merusak mata Anda.

10. Latih mata untuk rileks

Cobalah memfokuskan mata Anda pada benda yang dekat dengan Anda, benda yang agak jauh. Ulangi proses ini beberapa kali.

Makanan untuk kesehatan mata minus

Baca juga : Anda Wajib Tahu, Kapan Tanda Kacamata Harus Segera Diganti

Baca juga :   Tips Menjaga Kesehatan Mata Anak, Bunda Harus Tahu

Makanan untuk kesehatan mata minus

Mungkin anda juga pingin mengetahui makanan untuk kesehatan mata minus, jika begitu berikut lima makanan yang baik untuk anda coba.

1. Wortel

Wortel adalah makanan yang kandungan gizinya bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Wortel mengandung beta-karoten yang tinggi. beta-karoten ini dapat mempertahankan dan meningkatkan fungsi mata.

2. Ikan

Ikan yang mengandung asam lemak omega-3 seperti salmon, tuna, sarden, dan mackerel membantu menjaga kesehatan mata. Nutrisi ini bisa melumasi mata sehingga terhindar dari mata kering. Konsumsi ikan secara teratur juga membantu mengurangi risiko penyakit mata seperti katarak dan degenerasi makula.

3. Kacang

Kacang seperti almond, pistachio, dan kenari baik untuk kesehatan mata anak-anak. Dikutip dari Myopia Institute, kacang-kacangan kaya akan vitamin E yang memiliki antioksidan yang membantu penglihatan. Studi menunjukkan bahwa makan kacang setiap hari efektif untuk mengendalikan mata minus atau miopia. Tetapi harus terlebih dahulu jika anak tidak alergi kacang.

4. Sayuran

Sayuran hijau seperti kangkung dan bayam mengandung lutein dan zeaksantin tinggi. Karotenoid ini memiliki sifat antioksidan yang menangkal radikal bebas di mata. Konten ini juga membantu mencegah katarak dan degenerasi makula saat dewasa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *