Cara Menjaga Sistem Imun Tubuh Agar Tidak Mudah Sakit

Bagaimana cara menjaga sistem imun tubuh? Sistem imunitas tubuh merupakan perlindungan bagi tubuh supaya tidak mudah sakit, apalagi saat musim penghujan datang. Ketika cuaca hujan, banyak orang jatuh sakit lantaran sistem imun yang menurun. Untuk itu diperlukan kiat menjaga imunitas tubuh agar tetap kuat melalui konsumsi makanan yang sehat serta rutin berolahraga. Menjaga sistem imun sendiri bisa dilakukan dengan beberapa kebiasaan sehat.

Adapun beragam kebiasaan sehat yang dimaksud antara lain adalah sebagai berikut:

1. Berjemur di bawah sinar matahari pagi

Cara menjaga sistem imun tubuh yang pertama adalah dengan membiasakan diri berjemur di bawah sinar matahari. Anda harus tahu jika matahari merupakan sumber vitamin D yang baik untuk kesehatan.

Meski demikian, anda tidak boleh berada di bawah sinar matahari terlalu lama. Lakukan dalam waktu singkat antara 15 sampai dengan 20 menit saja. Jangka waktu tersebut merupakan jangka waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan vitamin D sesuai kebutuhan.

2. Nikmati teh

Apakah anda salah satu penikmat teh? Teh sendiri merupakan salah satu minuman sehat yang kaya akan nutrisi. Adapun waktu yang baik untuk mengonsumsi teh adalah pada saat pagi hari atau sebelum tidur.

Baca juga :   Tips Mengatasi Perut Buncit yang Mengganggu Penampilan

Salah satu jenis teh yang bisa dikonsumsi adalah teh mint yang bagus untuk membantu kinerja pencernaan serta mengatasi perut kembung. Ada juga teh hijau dan teh oolong yang bagus untuk mencegah kanker dan memiliki antioksidan yang tinggi.

3. Jangan enggan makan bawang putih

Cara menjaga sistem imun yang selanjutnya adalah dengan mengonsumsi bawang putih. Sayangnya, banyak orang tidak menyukai bawang putih lantaran rasanya yang dianggap tidak enak hingga aromanya yang tajam. Meski demikian, anda bisa mengonsumsi bawang putih dengan mencampurnya dengan bahan makanan lainnya.

Bawang putih dikenal sebagai salah satu bumbu dapur yang kaya akan manfaat. Selain untuk meningkatkan sistem imun, jenis bawang yang satu ini juga mampu mencegah terjadinya penyakit jantung. Dengan beragam manfaatnya tersebut, akan lebih baik jika anda membiasakan diri untuk menyukai bawang putih sebagai konsumsi mulai dari sekarang.

Baca juga :   Pengalaman Pribadi Mengobati Mata Minus Berhasil Sembuh

Baca juga : Cuci Tangan 6 Langkah Paling Mudah Supaya Terhindar dari Kuman

4. Cukupi waktu tidur anda

Tidur yang cukup sangat penting bagi kesehatan secara keseluruhan. Sayangnya, tugas yang menumpuk hingga acara favorit di TV membuat banyak orang rela begadang hingga mengabaikan jam tidur mereka. Anda harus tahu jika kurang tidur bisa berdampak pada kelelahan hingga menurunkan sistem imun tubuh. Mereka yang kurang tidur mudah terserang virus akibat kondisi tubuh yang lelah.

Mencukupi kebutuhan akan tidur memiliki ragam manfaat yang tidak boleh disepelekan. Selain meningkatkan sistem imun, anda juga akan mendapatkan pikiran yang lebih fresh untuk digunakan kembali bekerja.

5. Konsumsi buah dan sayuran sehat

Buah dan sayur merupakan salah satu cara menjaga sistem imun tubuh yang perlu dicukupi. Kedua bahan pangan ini memiliki banyak kandungan sehat berupa nutrisi juga senyawa penting yang dibutuhkan oleh kesehatan tubuh. Konsumsi secara rutin untuk hasil yang maksimal. Meski demikian, akan lebih baik jika anda memilih jenis buah dan sayur yang organik sehingga bebas dari pestisida.

Baca juga :   Cuci Tangan 6 Langkah Paling Mudah Supaya Terhindar dari Kuman

Buah dan sayur organik bisa didapat dimana saja, bahkan kini bisa juga dibeli secara online. Pembelian secara online cocok bagi anda yang tidak punya waktu untuk belanja sendiri di pasar.

Ingin tubuh selalu sehat dan kuat? ada baiknya untuk melakukan beberapacara menjaga sistem imun di atas. Selain jangan lupa untuk melengkapinya dengan berolahraga. Tidak perlu jenis olehraga yang berat. Lakukan olahraga yang ringan asal teratur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *