Cara Merawat Rambut Berwarna Agar Warna Bertahan Lama

Mewarnai rambut kini telah menjadi salah satu mekanisme penghilang stres bagi seseorang. Mengubah gaya dan warna pada rambut biasanya sering dilakukan oleh para wanita. Selain mempercantik penampilan, mewarnai rambut juga bisa meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Apalagi sekarang sudah banyak produk pewarna rambut yang bisa dibeli dimana saja. Penggunaannya juga mudah, tidak perlu bantuan profesional atau salon. Anda dapat melakukannya sendiri Cara merawat rambut berwarna di rumah dalam waktu singkat.

Masalah memiliki hobi mewarnai rambut adalah kondisi rambut akan rentan rusak dan kering. Rambut yang sering terkena bahan kimia dari produk pewarna dapat menyebabkan rambut menjadi rapuh, kusam, dan mudah patah.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui Cara merawat rambut berwarna agar selalu sehat dan warnanya dapat menempel lebih lama. Berikut Ada beberapa cara merawat rambut diwarnai yang bisa Anda ikuti.

1. Gunakan Clarifying Sampo

Cara pertama untuk merawat rambut diwarnai adalah dengan mencucinya dengan Clarifying Sampo. Biasanya, setelah menerapkan pewarna rambut, ada bagian rambut yang lebih gelap di satu sisi dari pada yang lain.

Tujuan penggunaan clearing shampoo adalah untuk meratakan warna rambut sehingga gradasi cat terlihat rapi dan rata. Clarifying shampoo juga berguna untuk membersihkan rambut dari kotoran akibat produk hairstyling dan polusi udara.

2. Gunakan Masker Rambut

Cara untuk merawat rambut yang diwarnai yang selanjutnya adalah dengan rajin mengaplikasikan masker rambut minimal seminggu sekali. Masalah paling umum dengan pewarnaan rambut adalah rambut menjadi kering setelahnya. Oleh karena itu, diperlukan perawatan tambahan untuk menjaga kelembapan rambut agar tetap sehat dan berkilau.

Baca juga :   Jerawat Di Mata Dapat Terjadi Karena Infeksi Tertentu

Oleskan masker rambut alami yang dibuat sendiri atau masker rambut siap pakai yang banyak dijual di pasaran. Gunakan secara rutin minimal seminggu sekali. Hasilnya, rambut Anda akan selalu sehat, lembap, dan terhindar dari rambut bercabang. Masker rambut berfungsi untuk memberikan nutrisi agar rambut tetap sehat meski telah terpapar zat kimia.

3. Gunakan Serum Rambut

Cara merawat rambut diwarnai yang ketiga adalah dengan menggunakan serum khusus rambut secara rutin. Terkadang, menggunakan pewarna rambut bisa membuat rambut Anda terlihat kusam dan kering. Apalagi jika Anda sering melakukan aktivitas di bawah sinar matahari langsung. Penggunaan alat penata rambut seperti curling iron atau pengering rambut juga bisa menambah kekeringan pada rambut.

Anda bisa mengatasi hal tersebut dengan rajin menggunakan serum khusus untuk rambut diwarnai. Selain menjaga kesehatan rambut, serum khusus ini juga bisa menjaga warna cat rambut Anda agar tidak mudah luntur. Serum yang mengandung banyak vitamin yang berguna untuk dapat memperbaiki kondisi rambut. Gunakan saat rambut Anda setengah kering, agar serum menyerap lebih baik ke dalam folikel rambut.

4. Cuci Dengan Air Dingin

Cuci Dengan Air Dingin

Cara merawat rambut berwarna yang keempat adalah dengan mencuci rambut atau keramas menggunakan air dingin. Ini adalah salah satu pengobatan rumahan termudah untuk mempertahankan warna rambut Anda. Dengan keramas menggunakan air dingin, kutikula rambut lebih terjaga sehingga hasilnya rambut lembut dan berkilau.

Mencuci rambut dengan air hangat menghilangkan kelembapan alami rambut dan membuatnya kering. Untuk itu, hindari keramas dengan air panas jika Anda memiliki rambut yang diwarnai.

5. Gunakan Minyak Zaitun

Cara merawat rambut diwarnai yang kelima adalah dengan menggunakan minyak zaitun atau olive oil. Minyak zaitun memang sudah sangat terkenal dengan berbagai macam manfaatnya untuk mempercantik penampilan. Minyak zaitun yang diketahui banyak mengandung nutrisi yang baik dan dibutuhkan untuk menjaga kesehatan pada rambut.

Baca juga :   Batas Kadar Gula Darah Normal Untuk Orang Tanpa Diabetes

Cara menggunakannya cukup mudah, Anda hanya perlu mengoleskan satu hingga dua sendok teh minyak zaitun pada kulit kepala. Pijat dengan lembut dan perlahan, lalu diamkan selama 20-30 menit. Setelah itu, cuci rambut seperti biasa dengan air dingin dan sampo hingga bersih. Rambut Anda yang diwarnai akan berkilau, sehat dan lembut.

6. Gunakan Pisang Dan Yogurt

Cara merawat rambut diwarnai yang keenam adalah dengan menggunakan masker bahan alami dari campuran pisang dan yogurt. Selain enak untuk disantap, pisang juga bisa dimanfaatkan untuk dapat menjaga kecantikan rambut. Untuk menjaga rambut Anda bebas dari masalah kering dan rusak akibat penggunaan pewarna rambut, Anda bisa mengikuti cara berikut ini.

Hancurkan satu buah pisang, campurkan pisang yang sudah dihaluskan dengan yogurt. Oleskan pada rambut secara merata, mulai dari ujung hingga pangkal rambut. Diamkan selama kurang lebih 20 menit, lalu cuci seperti biasa dengan air dingin dan sampo hingga bersih.

Baca juga : Cara Mengatasi Rambut Bergelombang Agar Lebih Mudah Ditata

Bagaimana Cara Agar Rambut Tidak Rusak Setelah Dicat?

Pewarnaan rambut adalah salah satu cara termudah dan paling efektif untuk memperbarui tatanan rambut Anda. Namun masalah yang sering terjadi setelah pengecatan adalah rambut menjadi rusak yang ditandai dengan kekeringan dan pecah – pecah.

Baca juga :   Pengalaman Pribadi Mengobati Mata Minus Berhasil Sembuh

Masalah kerusakan rambut akibat pewarnaan bisa dicegah dan diminimalisir jika rajin melakukan perawatan ekstra setelahnya. Berikut ini adalah tips merawat rambut setelah diwarnai.

Bagaimana Cara Agar Rambut Tidak Rusak Setelah Dicat

1. Hindari Menggunakan Shampoo yang Membuat Kering

Jangan gunakan sampo yang mengandung formula untuk mengeringkan rambut, seperti yang terdapat pada sampo anti ketombe dan rambut berminyak. Selain itu, sampo jenis ini bisa memudarkan warna rambut.

2. Gunakan Shampo & Kondisioner Berwarna Khusus

Dengan menggunakan sampo yang didesain khusus untuk rambut diwarnai, warna rambut Anda akan bertahan lebih lama.

3. Serum

Untuk rambut diwarnai penggunaan serum sangat penting. Serum mengandung banyak vitamin untuk memperbaiki kondisi rambut. Gunakan serum saat rambut masih setengah kering, agar kandungan serum masuk ke dalam folikel rambut.

4. Masker Rambut

Masker Rambut

Perawatan rambut mingguan juga perlu dilakukan agar rambut tetap berkilau. Masker rambut Anda dengan produk khusus untuk pewarnaan atau masker yang mengandung pelembab ekstra. Fungsinya tidak hanya untuk menjaga agar rambut tetap berkilau tetapi juga memberikan nutrisi.

5. Jangan Terlalu Sering Menggunakan Produk Styling

Jangan terlalu sering menggunakan produk penataan rambut, seperti pengering rambut, pelurus rambut, alat pengeriting rambut, hairspray, dan gel rambut. Rambut yang diwarnai kemungkinan besar akan mengalami kekeringan, agar kerusakan rambut tidak semakin parah, hindari produk penataan rambut ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.