Cara Merawat Rambut Gondrong Dan Cara Menata Yang Keren

Cara merawat rambut gondrong tentu tidak semudah merawat rambut pria yang biasanya pendek. Apalagi, tidak seperti kebanyakan wanita yang terbiasa dengan rambut gondrong, pria kebanyakan dan lebih sering memotong pendek rambutnya.

Namun, rambut gondrong merupakan gaya yang cukup digandrungi saat ini. Pastinya pria dengan rambut gondrong yang bisa merawat rambutnya dengan baik akan memiliki penampilan yang luar biasa. Jika Anda ingin mendapatkan rambut gondrong yang sehat, tentunya Anda harus memahami cara merawatnya.

Cara merawat rambut gondrong tidak begitu sulit. Selama Anda memperhatikan perawatan yang tepat setiap hari, maka rambut gondrong Anda akan tetap sehat. Namun, jika Anda tidak merawatnya, tentunya akan banyak masalah yang akan menimpa rambut Anda.

1. Mencuci Secara Teratur Dengan Cara Yang Benar

Mencuci Secara Teratur Dengan Cara Yang Benar

Cara merawat rambut gondrong yang paling penting adalah dengan mencucinya secara rutin. Anda mungkin dapat mencuci rambut seminggu sekali jika Anda memiliki rambut pendek, tetapi jika rambut Anda menutupi telinga, Anda harus mencuci rambut setidaknya dua hari sekali untuk rambut berminyak, atau setiap dua hari untuk rambut kering.

Memilih sampo dan kondisioner yang tepat juga akan mempengaruhi kesehatan rambut Anda nantinya. Anda harus melakukan keramas dengan benar, yaitu dengan membagikan sampo dengan benar saat keramas, dan memijat kulit kepala agar aliran darah lancar. Setelah itu, bilas rambut Anda hingga bersih dan jangan tinggalkan sampo di rambut Anda karena akan menyebabkan ketombe dan masalah lainnya.

Kunci untuk menjaga rambut gondrong tetap sehat adalah menjaganya agar tetap terhidrasi. Namun, jika Anda memiliki rambut gondrong yang cenderung kering, Anda bisa menggunakan sampo yang juga berfungsi sebagai kondisioner yang dapat menghidrasi kulit kepala yang kering dan memperbaiki rambut rusak.

2. Gunakan Peralatan Yang Tepat

Cara merawat rambut gondrong selanjutnya adalah dengan menggunakan peralatan yang tepat. Jika tidak menggunakan peralatan yang tepat untuk merawatnya, tidak akan menghasilkan perubahan yang lebih baik.

Baca juga :   Jerawat Di Mata Dapat Terjadi Karena Infeksi Tertentu

Anda harus menggunakan peralatan yang tepat dan baik seperti sisir bergigi jarang dan sikat berkualitas dengan bulu alami. Juga, jika Anda mengikat rambut Anda, jangan gunakan karet gelang karena dapat merusak rambut Anda. Sebagai gantinya Anda bisa menggunakan gelang berlapis kain.

Jangan menggosok rambut dengan handuk dan menggunakan pengering rambut saat mengeringkan. Mengeringkan rambut Anda dengan menggosoknya dengan handuk adalah penyebab terbesar kerusakan pada rambut panjang Anda. Selain membuat rambut kusut, rambut juga lebih mudah bercabang.

Saat menggunakan handuk, sebaiknya buang dulu air yang ada di rambut dengan cara digoyang – goyangkan, setelah itu Anda bisa mengelus rambut secara perlahan, bukan dengan cara digosok.

Anda bisa meletakkan handuk di kepala Anda lalu meremasnya perlahan agar handuk menyerap air di rambut Anda. Dengan begitu, rambut akan lebih sehat dan aman dari berbagai masalah.

Selain itu, jangan terlalu sering menggunakan pengering rambut, karena itu juga merupakan penyebab umum lainnya yang dapat merusak rambut. Menggunakan hair dryer terlalu sering juga akan membuat rambut menjadi kering, rusak, dan bercabang. Panas yang dikeluarkan oleh pengering rambut akan berdampak buruk bagi kesehatan rambut. Jadi lebih baik mengeringkan rambut menggunakan handuk, tapi dengan cara yang benar.

Cara merawat rambut gondrong

3. Kendurkan Ikat Rambut Dan Topi

Selanjutnya dalam merawat rambut gondrong, Anda juga harus memperhatikan penggunaan kepala atau aksesoris rambut. Jika Anda sering menggunakan topi atau mengikat rambut, jangan terlalu ketat dan biarkan longgar. Jika rambut terlalu kencang atau rambut ditarik terlalu kencang, hal ini dapat menyebabkan kondisi yang disebut traction alopecia, yaitu kerontokan rambut akibat kerusakan pada akar rambut.

4. Potong Ujungnya Secara Teratur

Cara merawat rambut gondrong selanjutnya adalah dengan memotong ujungnya secara rutin. Setidaknya sebulan sekali atau dua bulan sekali Anda perlu memotong ujung rambut Anda beberapa sentimeter saja agar rambut Anda tetap sehat. Hal ini agar tidak ada ujung bercabang yang bisa membuat rambut menjadi tidak sehat.

Baca juga :   Di Dalam Hati Karbohidrat Disimpan Dalam Bentuk

Cara Menata Rambut Gondrong Pria

Siapa bilang cowok berambut panjang hanya identik dengan penampilan yang dekil? Jika Anda melihat daftar kami di bawah ini, maka anggapan itu pasti akan hilang dari pikiran  Anda!

Bisa dibilang begini, gaya rambut panjang ini akan membuatmu terlihat lebih manly alias lebih maskulin. Tidak percaya? Simak beberapa gaya yang bisa Anda tiru untuk menata rambut panjang.

1. Long Hair+Fade

Long Hair+Fade

Anda pasti sudah paham bahwa rambut dengan potongan fade kini sedang menjadi tren di masyarakat. Jadi, tak ada salahnya memadukan potongan rambut panjang dengan sentuhan fade di satu sisi.

Dijamin, penampilan kamu akan semakin menarik dan super unik. Cewek mana sih yang gak mau deketin kamu kalau model rambut kamu kayak gini bro?

Baca juga : Cara Merawat Rambut Berwarna Agar Warna Bertahan Lama

2. Man Braid+Bun

Man Braid+Bun

Jika gaya rambut panjang + fade hanya mengandalkan satu sisi rambut yang dipotong dengan gaya fade. Nah, jika model kepang pria + sanggul memotong seluruh bagian bawah rambut dengan gaya fade alias skinhead.

Agar tidak terkesan norak, Anda bisa mengikat rambut panjang bagian atas menjadi sanggul dan mengepang beberapa bagian rambut agar menjadi aksen yang menarik. Jangan lupa, kamu juga bisa menumbuhkan janggut agar terlihat lebih laki!

3. Long Hair+Low Fade

Long Hair+Low Fade

Sama seperti model man braid + bun cut, gaya rambut ini mengandalkan fade cut di bagian bawah rambut namun dengan area yang tidak terlalu lebar. Potongan model ini sangat cocok untuk kamu yang ingin tampil keren tapi tetap kurang percaya diri alias percaya diri maksimal.

Sesekali, Anda bisa mengikat bagian atas rambut panjang Anda dengan sanggul gaya samurai Jepang.

4. Greaser Style

Greaser Style

Rambut panjang dengan berbagai gaya. Salah satunya adalah model panjang sebahu dengan potongan faceted. Nah, agar kamu tidak terlihat seperti perempuan, kamu bisa menata rambutmu dengan Greaser Style ini.

Baca juga :   Cara Merawat Rambut Kering Dan Rontok Dengan Cara Sederhana

Jadi, gunakan pomade dengan kekuatan tertinggi agar rambut Anda tidak menjuntai. Oleskan pomade ke seluruh rambut dan mulailah menarik bagian bawah rambut sebahu ke atas, agar terlihat lebih mengembang dan rapi.

5. Afro

Afro

Rambut panjang hanya cocok untuk pria dengan rambut lurus! Siapa bilang? Cowok berambut keriting juga bisa bergaya dengan rambut panjang, asalkan menganut gaya rambut Afro Amerika-Negro-Amerika.

Anda bisa menata rambut keriting sedemikian rupa, sehingga membentuk semacam tumbuhan atau perdu. Jangan ketawa dulu, model rambut ini justru akan membuatmu terlihat lebih keren dan anti mainstream.

6. Shulder Length Side Part

Shulder Length Side Part

Untuk kamu yang memiliki rambut sebahu, sedikit bergelombang, kamu bisa mengaplikasikan tatanan rambut berikut ini. Anda bisa mengoleskan hair foam pada rambut agar rambut lebih mengembang dan lekukan atau gelombang di ujung rambut menjadi lebih tegas.

Setelah itu, lengkapi gaya rambut dengan menyisir rambut dari satu sisi ke sisi lainnya. Dijamin, kamu akan terlihat seperti bikers Amerika.

7. Dashing Wavy Long Locks

Rambut panjang dengan potongan bob (bahu atau di atas bahu) bukan berarti tidak bisa ditata, gan! Anda bisa menyisir rambut bob panjang Anda ke belakang.

Gunakan pomade dengan kekuatan sedang agar rambut bagian depan lebih rapi dan garis rambut Anda lebih terlihat. Jangan jadi cewek, calon mertua kamu mungkin juga tertarik sama kamu, nih!

8. Long Curly Faux Hawk

Long Curly Faux Hawk

Anda juga bisa menata rambut panjang dengan potongan fade di bagian bawah rambut Anda dengan model berikut ini. Dengan bantuan pomade, Anda bisa mengatur bagian atas rambut agar terlihat mengembang dan tertata di tengah.

Arahkan helai ke satu sisi dan ratakan rambut dengan jari – jari Anda. Kenapa dengan jari? Sehingga garis rambut terlihat jelas dan penampilan menjadi lebih maskulin dan tentunya keren.

Bagaimana bro, berani mencoba tampil beda dengan model rambut panjang di atas?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.