Perawatan Rambut Lepek Yang Bisa Dicoba Sangat Ampuh

Rambut dan kulit kepala yang sehat akan membuat aktivitas sehari – hari lebih nyaman untuk dilakukan. Namun jika kondisi rambut lepek tentu sangat mengganggu penampilan Anda bukan? Apa saja penyebab dan cara perawatan rambut lepek? Yuk cari tahu jawabannya di sini.

Penyebab Rambut Lepek

Penyebab Rambut Lepek

1. Terlalu Menyentuh Rambut

Kebiasaan menyentuh rambut terlalu sering dapat memindahkan minyak alami dari tangan ke rambut.

2. Menggunakan Produk Yang Salah

Bukan tidak mungkin jika Anda memilih produk yang tidak sesuai dengan rambut Anda. Maka gunakan produk perawatan rambut ringan dan hindari label yang mengatakan “bersinar” atau “kelembaban”. Kedua bahan ini lebih cocok untuk rambut kering.

3. Terlalu Sering Mencuci

Mencuci rambut setiap hari sebenarnya dapat menghilangkan minyak alami pada rambut Anda. Nah, rambut sendiri menggantikan semua minyak yang terbuang, dengan memproduksi minyak berlebih. Alhasil, kulit kepala akan semakin lepek dan berminyak!

4. Berlebih Menggunakan Conditioner

Conditioner berguna untuk melembapkan rambut. Tapi, hati – hati saat menggunakannya. Ini karena jenis kondisioner Anda mungkin terlalu berat untuk rambut Anda dan membuatnya lepek.

Selain itu, saat Anda membilasnya ada kemungkinan Anda tidak membersihkannya secara menyeluruh, sehingga masih ada sisa conditioner. Inilah yang membuat rambut Anda berminyak. Gunakan kondisioner yang benar, yaitu hanya pada ujung rambut dan hindari kulit kepala untuk hasil yang maksimal.

5. Menyisir Rambut Berlebihan

Menyisir rambut justru akan merangsang produksi minyak kulit kepala yang pada akhirnya akan memberikan efek berkilau pada rambut. Namun, efeknya akan terlihat berminyak. Jangan terlalu sering menyisir rambut. Jika terpaksa, sebaiknya sisir saja ujung rambutnya.

6. Sisir Kotor

Sisir merupakan salah satu benda yang rawan kotor akibat sisa produk rambut atau debu. Kotoran tersebut pasti akan berpindah ke rambut Anda saat Anda sedang menyisir. Jadi usahakan untuk membersihkan sisir Anda maksimal seminggu sekali.

7. Mengikat Rambut Saat Basah

Mengikat Rambut Saat Basah

Tak jarang karena kondisinya yang terburu – buru, membuat Anda sering mengikat rambut saat masih basah setelah keramas. Tindakan ini akan membuat lebih banyak minyak rambut muncul. Hal ini dikarenakan jika rambut diikat, tidak bisa bernafas dan terkena udara segar hingga kering. Tentunya kondisi ini akan membuat kulit kepala menjadi lebih lembab dan berminyak.

8. Terlalu Lama Terkena Matahari

Jika Anda terlalu lama beraktivitas di luar dan tidak menutupi rambut, keringat akan keluar melalui pori-pori rambut. Inilah yang menyebabkan minyak berlebih keluar dari akar rambut dan membuat rambut mudah lepek.

9. Sters

Stres tidak hanya berdampak negatif pada kesehatan tubuh, tetapi juga kesehatan rambut. Stres bisa memicu berminyak, lemas, rambut rontok, uban dan kebotakan. Oleh karena itu, lebih baik meminimalkan stres dengan menghibur diri sendiri, misalnya jalan – jalan, melakukan hobi, atau melakukan perawatan tubuh.

Baca juga :   Klinik Kecantikan Yang Tepat Dan Hasil Yang Memuaskan

Cara Mengatasi Rambut Lepek

Itulah penyebab rambut lepek yang perlu Anda ketahui. Nah, yuk simak cara perawatan rambut lepek yang bisa kamu coba.

Cara Mengatasi Rambut Lepek

1. Memakai Masker Rambut

Cara pertama untuk perawatan rambut lepek  adalah dengan menggunakan masker rambut. Hal ini untuk melengkapi kinerja sampo dan kondisioner yang selama ini Anda gunakan. Menggunakan masker rambut secara rutin akan mengatasi masalah rambut lepek dan membuat rambut lebih sehat dan berkilau.

2. Keringkan Rambut Sebelum Tidur

Apakah Anda memiliki kebiasaan tidur dengan rambut basah? Sebaiknya jangan lakukan ini lagi. Hal ini dikarenakan di pagi hari rambut akan langsung lemas akibat ditekan bantal dalam waktu yang sangat lama.

3. Jangan Ikat Rambut Saat Basah

Perawatan rambut lepek selanjutnya, sebisa mungkin hindari mengikat rambut saat rambut masih basah setelah keramas. Alasannya karena rambut membutuhkan udara segar untuk tumbuh dengan baik. Sebaliknya, ketika rambut basah diikat, itu membuat minyak menggumpal di kulit kepala dan menyatu dengan helai rambut.

4. Mencuci Rambut Dengan Air Hangat

Ternyata salah satu cara untuk perawatan rambut lepek adalah dengan mencuci rambut dengan air hangat. Air hangat lebih efektif menghilangkan minyak berlebih. Tapi, ingat, jangan gunakan air yang terlalu panas karena bisa menyebabkan rambut rontok.

5. Potong Rambut Yang Terlalu Panjang

Rambut panjang memang indah, tapi terlalu panjang bisa menyebabkan rambut menjadi lepek. Oleh karena itu, tidak ada salahnya melakukan rutinitas, misalnya setiap 2-3 bulan sekali untuk memotong rambut.

6. Jangan Ganti Gaya Dan Warna Rambut

Ada beberapa wanita yang suka mengubah warna dan bentuk rambutnya, apakah itu lurus atau keriting. Sepertinya rambut akan bagus dan indah. Namun jika tidak dirawat dengan baik justru akan semakin merusaknya, termasuk membuatnya semakin berminyak.

Perawatan Rambut Secara Alami

Rambut sehat dan berkilau merupakan dambaan setiap orang, terutama wanita. Bagi wanita, memiliki rambut yang sehat dan berkilau memberikan rasa percaya diri yang lebih dalam setiap penampilannya. Akhir – akhir ini banyak sekali tawaran dari salon kecantikan untuk perawatan rambut. Hal ini membuat beberapa wanita tertarik untuk mencobanya.

Bukannya ingin melakukan perawatan rambut, namun hasilnya tidak sesuai harapan. Tak sedikit perawatan rambut di salon membuat rambut yang semula sehat dan berkilau menjadi kusam seolah tidak terawat. Padahal kita sendiri bisa melakukannya di rumah dengan bahan – bahan alami. Bagaimana cara merawat rambut dengan baik dan benar? Berikut simak ulasannya di bawah ini.

Perawatan Rambut Secara Alami

Baca juga : Cara Merawat Rambut Berwarna Agar Warna Bertahan Lama

Baca juga :   Cara Membuat Alis Mata Agar Penampilan Terlihat Sempurna

Cara Merawat Rambut Secara Alami

Faktanya, tidak semua produk perawatan rambut yang kita tawarkan cocok untuk jenis kulit kepala dan rambut kita. Karena itulah setelah melakukan perawatan rambut, alih – alih menjadi lebih sehat, justru sebaliknya. Melakukan perawatan rambut di salon sebenarnya tidak masalah. Namun penggunaan bahan yang mengandung bahan kimia dan alat perawatan rambut seperti pengering rambut yang terlalu lama bisa membuat rambut kita rapuh.

1. Lidah Buaya & Alpukat

Cara merawat rambut yang pertama adalah dengan membuat sampo sendiri dari bahan – bahan alami. Seperti lidah buaya dan alpukat.  Cara untuk membuatnya, yaitu ambil daging lidah buaya dan haluskan bersama buah alpukat, lalu oleskan pada rambut Anda. Lakukan seperti melakukan keramas biasa. Untuk hasil yang maksimal, lakukan perawatan ini setiap 2-3 minggu sekali.

2. Jus Daun Seledri

Daun seledri sangat baik sebagai cara merawat rambut agar lembut. Caranya cukup mudah, buat jus daun seledri dan biarkan semalaman, Anda bisa memasukkan jus daun seledri ke dalam botol. Keesokan paginya oleskan jus ke rambut Anda secara merata dan biarkan selama sekitar 10-15 menit lalu bilas sampai bersih. Anda bisa melakukan cara ini 2 kali dalam seminggu atau sesuai kebutuhan.

3. Cuka Sari Apel & Air Hangat

Apakah rambut Anda lemas bahkan setelah dicuci? 2 bahan di atas dapat membuat rambut Anda tumbuh. Caranya campurkan cuka sari apel dengan air hangat, bisa menggunakan perbandingan 1:1. Campuran bahan ini digunakan untuk membasahi rambut. Diamkan selama 5 menit lalu bilas hingga bersih hingga bau cuka hilang dari rambut Anda.

4. Jus Lemon

Jus Lemon

Mungkin sebagian dari Anda suka membuat atau membeli jus lemon untuk dikonsumsi, tapi tahukah Anda? selain baik untuk tubuh kita, jus lemon juga sangat baik untuk perawatan rambut kita.

Anda bisa menggunakan jus lemon untuk merawat rambut kusam. Caranya, setelah melakukan bilasan terakhir saat keramas, oleskan air perasan lemon ke rambut Anda, diamkan selama kurang lebih 5-10 menit, bilas kembali rambut Anda hingga bersih. Itulah cara merawat rambut dengan air jeruk lemon.

5. Minyak Almond

Rambut kering dan kusam bisa membuat rambut Anda rapuh. Untuk itu, Anda bisa menggunakan minyak almond sebagai cara merawat rambut kering dan kusam. Anda bisa menggunakan minyak almond sebagai vitamin rambut.

Caranya sangat sederhana, tuangkan minyak almond ke dalam mangkuk setelah itu panaskan selama kurang lebih 40 menit, lalu oleskan pada rambut Anda secara merata. Diamkan selama 15-30 menit, lalu bilas rambut Anda sampai Anda bisa. Anda bisa melakukannya dengan menggunakan sampo dan kondisioner.

6. Jus Labu Botol

Ambil beberapa potong labu botol dan haluskan seperti jus. Setelah itu, oleskan ke seluruh rambut Anda secara merata. Diamkan jus labu botol selama kurang lebih 30 menit agar ramuan jus labu kuning ini meresap ke dalam kulit kepala. Setelah 30 menit bilas rambut Anda secara menyeluruh dengan air atau Anda dapat menambahkan sampo ke rambut Anda.

Baca juga :   Warna Soflen Yang Bagus Dapat Membuat Anda Lebih Percaya Diri

7. Soda Kue

Siapa bilang baking soda hanya bisa digunakan untuk membuat kue? Selain membuat kue. Baking soda dapat digunakan sebagai perawatan rambut alami.

Caranya adalah dengan melarutkan 3 sendok makan soda kue ke dalam air lalu gunakan campuran ini untuk membilas rambut Anda. Fungsi soda kue adalah untuk mengurangi kandungan kimia dalam sampo atau sisa produk penataan rambut yang Anda lakukan.

8. Pangkas Rambut

Rambutmu terbelah? Ini dia tipsnya. Rambut bercabang merupakan salah satu masalah kerusakan pada rambut, oleh karena itu cara merawat rambut rusak akibat rambut bercabang bisa anda lakukan dengan cara memotong rambut secara rutin, rambut bercabang biasanya terjadi di sekitar ujung rambut.

Oleh karena itu, rajin – rajinlah merapikan rambut minimal 3 bulan sekali untuk memotong rambut. Selain menghindari masalah ujung bercabang, memotong secara teratur akan menjaga bentuk potongan rambut Anda.

Sebagai informasi tambahan, sinar ultraviolet yang berlebihan dapat menjadi salah satu konsekuensi dari rambut Anda yang bercabang. Ada baiknya sebelum melakukan aktivitas di luar ruangan Anda bisa memberikan serum yang mengandung keratin yang baik untuk rambut Anda.

9. Teknik Menyisir yang Benar

Menyisir rambut merupakan hal yang selalu dilakukan setiap hari. Namun untuk menyisir rambut sebenarnya ada teknik tersendiri agar rambut tidak kusut atau rontok. Saat menyisir, lakukan gerakan menyisir dari bawah rambut terlebih dahulu kemudian dari atas, hal ini berguna untuk meminimalisir terjadinya kerontokan rambut akibat rambut kusut.

Tahukah kamu? Sisir yang terbuat dari bahan plastik dapat menghantarkan listrik statis? ini akan merusak rambut Anda. Karena itu, hindari menggunakan sisir bergigi yang terbuat dari plastik.

10. Konsumsi Makanan Sehat

Konsumsi Makanan Sehat

Tips perawatan rambut yang terakhir adalah makan makanan yang sehat. Apa yang Anda konsumsi akan terlihat dari luar diri Anda. Oleh karena itu usahakan selalu untuk mengkonsumsi makanan yang sehat seperti banyak minum air putih, buah – buahan dan sayur  -sayuran yang baik untuk tubuh dan rambut anda.

Itulah beberapa Cara Merawat Rambut Secara Alami yang bisa anda coba Anda bisa memilih salah satu tips di atas untuk perawatan rambut Anda. Jangan malas untuk merawat rambut secara alami. Semoga tips cara merawat rambut diatas bisa membantu anda mengatasi masalah rambut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.