Cara Merawat Rambut Pendek Yang Sesuai Dengan Jenisnya

Rambut merupakan mahkota wanita, memiliki rambut panjang merupakan dambaan semua wanita, namun memiliki rambut panjang tentunya membutuhkan perawatan yang tidak mudah agar rambut panjang sehat dan indah. Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin modern, wanita juga memiliki jadwal padat yang menyita waktu sehingga sulit meluangkan waktu untuk merawat rambut, sehingga wanita seringkali memilih rambut pendek sebagai solusinya karena Cara merawat rambut pendek sangat mudah.

Rambut pendek bukan berarti wanita kehilangan kecantikan dan keanggunannya, ada banyak model rambut pendek yang bisa kamu sesuaikan dengan karakter wajahmu. Memiliki rambut pendek bukan berarti melupakan perawatan rambut, hanya saja rambut pendek tidak membutuhkan waktu lama untuk perawatan rambut.

Ada beberapa jenis rambut, lurus, bergelombang dan keriting, semua jenis rambut memiliki kebutuhan perawatan rambut sesuai dengan jenisnya. Misalnya, rambut lurus yang biasanya cenderung mudah berminyak, maka sebaiknya gunakan sampo dengan kelembapan rendah agar tidak cepat berminyak, sedangkan rambut bergelombang disarankan menggunakan sampo yang mengandung minyak agar rambut tidak cepat berminyak. mengering.

Merawat rambut tidak melihat panjang atau pendeknya rambut anda, walaupun anda memiliki rambut pendek, anda tetap ingin memiliki rambut yang indah bukan? Berikut ada beberapa cara merawat rambut pendek agar rambut pendek Anda tetap sehat.

Cara Merawat Rambut Pendek

1. Tidak Perlu Sering – Sering Menyisir

Keuntungan sekaligus keuntungan memiliki rambut pendek adalah tidak perlu sering – sering menyisir rambut. Berbeda dengan rambut panjang yang harus sering disisir untuk menghindari kusut, rambut pendek tidak perlu sering disisir untuk menghindari kusut. Anda dapat menggunakan jari Anda untuk mengembalikan bentuk rambut Anda, bukan?

Anda bisa memilih berbagai jenis sisir rambut atau sisir kecil, jika ingin rambut bervolume sebaiknya menggunakan sisir rambut, jika ingin rambut terlihat tipis coba gunakan sisir kecil saat mengeringkan rambut.

2. Kurangi Penggunaan Pengering Rambut

Rambut pendek lebih baik jika Anda tidak menggunakan pengering rambut atau alat lain yang sering menggunakan panas. Jangan sering menggunakan hair iron, curling iron dan styling rambut menggunakan panas, hal ini dapat menyebabkan rambut mudah patah dan membuat rambut menjadi tidak sehat.

Anda dapat memilih produk untuk menata rambut Anda, seperti busa atau gel rambut. Kesehatan kulit kepala juga penting untuk diperhatikan, jangan sampai kulit kepala Anda mengalami iritasi. Pilih produk yang sesuai dengan kondisi dan juga kebutuhan rambut Anda.

Baca juga :   Senam Aerobik Dapat Menyehatkan Mata Pada Pasien Glaukoma

3. Potong Rambut Secara Teratur

Bahkan jika rambut Anda pendek, Anda juga perlu memangkasnya secara teratur, potong rambut setiap 3 hingga 6 minggu sekali. Hal ini perlu dilakukan agar Anda tidak perlu lagi berusaha keras untuk merawat rambut dan menata rambut sehingga lebih menghemat produk perawatan, waktu dan menghindari ujung rambut yang mulai rewel.

Gaya rambut juga merupakan kunci penting untuk penampilan, pastikan Anda memilih gaya rambut yang sesuai dengan jenis rambut, wajah Anda dan jangan lupa untuk memastikan seberapa pendek rambut yang Anda inginkan.

4. Sering – Seringlah Mencuci Rambut

Tidak seperti rambut panjang, rambut pendek harus sering dicuci. Rambut pendek biasanya lebih cepat berminyak, tetapi ini kembali lagi ke jenis rambut Anda. Jenis rambut yang lurus biasanya mudah berminyak, apalagi dengan potongan rambut pendek, sedangkan rambut keriting biasanya cenderung lebih kering.

Jika Anda mencuci rambut setiap hari, sebaiknya Anda juga rutin menggunakan masker rambut agar tidak mengalami rambut kering.

5. Mencuci Dengan Air Dingin

Jika Anda ingin rambut pendek Anda berkilau, Maka jangan gunakan air hangat pada saat anda keramas. Air hangat bisa membuat kutikula pecah dan rambut bisa cepat rusak, apalagi jika Anda sering keramas. atau bilas rambut Anda dengan air dingin untuk bilasan terakhir.

Perawatan rambut tentu menjadi kunci utama untuk memiliki rambut pendek yang sehat dan indah, namun perlu Anda ketahui juga bahwa rambut pendek juga dapat memberikan berbagai gaya yang tidak kalah indahnya dengan rambut panjang. Berikut beberapa model rambut pendek yang bisa Anda sesuaikan dengan keinginan Anda.

Baca juga : Cara Merawat Rambut Agar Sehat Dan Tebal Dengan Cara Sederhana

Tampilan Basah

Gaya wet look membuat kamu terlihat segar, kamu bisa menggunakan produk seperti gel khusus atau sedikit serum rambut untuk menata tampilanmu yang basah.

Gunakan Aksesoris Rambut

Rambut pendek Anda bisa terlihat lebih menarik dengan menambahkan aksesoris rambut, seperti jepit rambut mutiara misalnya. Anda juga bisa membuat rambut Anda bertekstur dan kemudian menambahkan jepit rambut yang menarik.

Rambut Pendek Bergelombang

Jika Anda memiliki tipe rambut lurus, maka jangan ragu jika rambut pendek Anda sesekali ditata menjadi bergelombang. Gunakan curling wand untuk membuat rambut Anda bergelombang, gunakan juga hair spray untuk membuat rambut Anda tahan lama.

Baca juga :   Bisnis Di bidang Kesehatan Yang Patut dikembangkan

Pendek Bervolume

Rambut pendek dan tipis Anda dapat ditata agar terlihat bervolume, keringkan rambut Anda menggunakan pengering rambut dan sisir ke atas agar rambut Anda mengembang.

Cara Merawat Rambut Pendek Yang Mengembang

Memiliki rambut indah dan berkilau adalah dambaan semua wanita. Apalagi jika rambut Anda bervolume dan mudah diatur, itu pasti dapat mempercantik penampilan Anda. Dan membuat Anda lebih percaya diri, bukan?

Tapi, bagaimana jika Anda memiliki volume rambut yang berlebihan dan terlalu mengembang? Pasti membuat Anda tidak nyaman, karena cenderung sulit diatur bahkan terlihat seperti bulu singa jantan.

Kondisi yang seperti ini biasanya terjadi karena rambut terlalu kering dan juga kehilangan kelembapan. Penyebabnya, bisa terjadi karena terlalu sering keramas dan terkena bahan kimia dari sampo, terkena pelurus setiap hari, atau karena alat lain yang merusak kesehatan rambut.

Nah, jika Anda mengalami masalah ini, jangan khawatir. Anda bisa mengatasinya dengan beberapa cara efektif di bawah ini!

Cara Mengatasi Rambut Keriting Dan Bergelombang

Cara Merawat Rambut Pendek Yang Mengembang

1. Pilih Shampo Dan Kondisioner Yang Tepat

Memilih produk sampo yang salah justru bisa membuat rambut Anda membengkak dan patah. Karena kandungannya tidak sesuai dengan jenis rambut Anda. Akibatnya, kelembapan alami rambut terganggu.

Karena itu, rambut menjadi lebih mengembang dari waktu ke waktu. Untuk itu, Anda harus cermat dalam memilih jenis sampo dan kondisioner yang tepat untuk langkah awal mengatasi rambut mengembang.

Untuk memudahkan dalam memilih, sesuaikan dengan varian jenis produk yang tertera di setiap deskripsi kemasan.

2. Rajin Menggunakan Masker Rambut

Rajin merawat dengan menggunakan masker rambut tidak hanya bisa mengatasi rambut mengembang, tapi juga bisa mengatasi masalah rambut lainnya, seperti rambut patah dan cambang.

Jika Anda rajin mengaplikasikannya, hal ini akan memberikan nutrisi pada akar rambut. Dan membuat rambut lebih halus dan sehat.

3. Manfaatkan Vitamin Rambut

Meski masker rambut bisa memberikan nutrisi yang baik untuk rambut Anda, Anda hanya bisa melakukannya sekali atau dua kali seminggu. Lain halnya bila menggunakan vitamin rambut.

Baca juga :   Jenis Jenis Mata Dan Kepribadian Berdasarkan Bentuk Mata

Dengan vitamin khusus rambut, Anda bisa melakukannya setiap hari. Karena produk ini justru bisa mengubah tekstur rambut halus menjadi lebih lembut dan halus setiap hari.

4. Kurangi Catok

Jika cara Anda adalah mengurangi volume rambut dengan meluruskannya, hal ini justru akan membuat rambut Anda semakin rusak. Menggunakan pelurus atau jenis lainnya akan membuat rambut Anda kering.

Ini terjadi karena panas yang dihasilkan oleh catok. Untuk itu, sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan alat ini.

5. Rambut Kering Secara Alami

Sama seperti menggunakan pelurus rambut, pengering rambut juga dapat mengurangi kelembapan pada rambut Anda. Sebagai solusinya, Anda bisa mengeringkan rambut secara alami dengan angin alami atau kipas angin.

Meski prosesnya memakan waktu lama, namun cara ini cukup akurat. Terutama untuk menjaga kelenturan dan kelembapan rambut.

6. Jangan Terlalu Sering Mencuci Rambut

Jika menurut Anda mencuci rambut bermanfaat untuk membersihkan kulit kepala dan membuat rambut lebih sehat, maka pikirkan lagi. Sesuatu yang jika dilakukan secara berlebihan akan menimbulkan efek buruk.

Begitu juga dengan terlalu sering keramas, yang jika dilakukan setiap hari dapat mengangkat kelembapan alami rambut, sehingga terlihat mengembang dan kering. Sebaiknya Anda mencuci rambut setiap dua hari sekali.

7. Gunakan Tonik Rambut

Jika Anda rutin melakukan masker dan menggunakan vitamin rambut, jangan lupa juga untuk menggunakan hair tonic. Produk ini berguna untuk melembabkan akar rambut dan juga menumbuhkan rambut lebih cepat.

Selain itu, efek sejuk yang diberikan setelah menggunakan hair tonic juga akan membuat Anda merasa lebih segar. Gunakan secara teratur setelah mencuci rambut.

8. Pilih Sisir Bergigi Lebar

Yang satu ini jangan dianggap enteng. Menggunakan sisir yang salah juga bisa menjadi salah satu penyebab tumbuhnya rambut. Sebaiknya, hindari menggunakan sisir yang jari – jarinya terlalu kencang.

Solusinya pilihlah sisir bergigi lebar alias yang memiliki gigi pisah yang jelas. Menggunakan sisir jenis ini akan mencegah rambut Anda tumbuh dan membuatnya lebih mudah untuk ditata.

Nah, itulah beberapa cara jitu yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi pertumbuhan rambut yang berlebihan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.