Cara Merawat Rambut Agar Sehat Dan Tebal Dengan Cara Sederhana

Setiap wanita menginginkan rambut yang sehat, tebal dan berkilau. Namun banyak yang tidak menyadari bahwa ada hal yang sering dilakukan wanita yang justru membuat rambut rusak. maka dari itu cara merawat rambut agar sehat dan tebal sagat penting untuk dilakukan, berikut ada beberapa langkah sederhana untuk menjaga kesehatan dan kecantikan rambut Anda.

1. Basahi rambut Anda dengan cuka setelah keramas dan biarkan selama beberapa menit sebelum membilasnya. Rambut Anda akan terlihat lebih berkilau dari sebelumnya.

2. Sebulan sekali, gunakan masker yang terbuat dari alpukat.

3. Sesekali, selain menggunakan sampo, Anda juga bisa mencuci rambut dengan putih telur. Mungkin terdengar aneh bagi Anda, tetapi produk alami ini dapat melembabkan rambut Anda lebih baik dari pada produk komersial lainnya, tanpa efek samping pada kondisi rambut Anda.

4. Jangan terlalu sering keramas karena akan menghilangkan minyak dari kulit yang dibutuhkan rambut sebagai nutrisi untuk pertumbuhannya.

5. Gunakan sampo bebas sulfat. Sulfat adalah zat yang dapat merusak rambut karena menghilangkan kelembapan alami dari kulit kepala.

6. Kepang rambut Anda dengan longgar sebelum tidur. Rambut Anda akan tampak bergelombang alami di pagi hari dan ini juga akan mencegah rambut kusut dan patah serta membuatnya tumbuh lebih panjang.

cara merawat rambut agar sehat dan tebal

7. Pijat kulit Anda setiap hari dengan sisir kayu untuk meningkatkan sirkulasi darah dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

8. Melindungi rambut dari sinar matahari. Anda dapat menggunakan tabir surya atau produk rambut khusus yang akan melindungi rambut Anda dari klorin atau air garam.

9. Jangan terlalu sering mengeringkan rambut. Biarkan rambut Anda kering secara alami atau gunakan pelindung panas sebelum mengeringkan rambut.

10. Pastikan rambut Anda benar – benar kering sebelum tidur jika tidak ingin mengalami bad hair day keesokan harinya. Rambut basah lebih rentan dan cenderung mudah patah.

Baca juga :   Lowongan Kerja Di Bidang Kesehatan Dengan Profesi Lainnya

11. Jangan gunakan pelurus atau pengeriting rambut sebelum menerapkan pelindung panas. Panas yang tinggi dari alat penata rambut ini dapat merusak serat helaian rambut.

12. Minyak argan memiliki banyak manfaat untuk rambut, misalnya untuk rambut patah atau kulit kepala kering. Anda juga bisa menggunakannya sebagai kondisioner yang tidak perlu dibilas lagi.

13. Jangan menyisir rambut saat masih basah karena akan melemahkan serat dan menyebabkan rambut mudah patah. Anda dapat menggunakan sisir jari setelah mengoleskan kondisioner.

14. Sebisa mungkin, jangan mewarnai atau memutihkan rambut. Produk – produk ini mengandung bahan kimia seperti amonia yang dapat menyebabkan kerusakan pada rambut dan kulit kepala.

15. Gunakan sarung bantal satin atau sutra pada bantal Anda. Bahan ini dapat mengurangi kerusakan pada rambut Anda karena tidak akan tersangkut atau tertarik saat Anda menggerakkan kepala di atas bantal sepanjang malam.

16. Jika rambut Anda pecah – pecah di ujungnya, sebaiknya potong rambut setiap 8 minggu sekali agar tetap sehat.

17. Konsumsi biotin, vitamin yang dapat untuk meningkatkan pertumbuhan kuku dan juga rambut serta regenerasi kulit.

18. Tenang! Tingkat stres juga mempengaruhi kondisi rambut. Tidak peduli seberapa baik Anda merawat rambut Anda, jika Anda stres, itu tidak akan menjadi seindah yang Anda inginkan.

19. Perhatikan nutrisi yang Anda konsumsi setiap hari. Untuk rambut sehat, Anda membutuhkan protein, lemak alami, dan vitamin.

20. Manjakan rambut secara rutin dengan menggunakan masker alami atau masker yang dijual di toko – toko yang kaya akan vitamin dan minyak.

Baca juga : Perawatan Keratin Rambut Yang Dapat Menjaga Kesehatan Rambut

Apa Yang Membuat Rambut Menjadi Tebal?

Rambut tebal seringkali dipengaruhi oleh faktor genetik. Namun kita juga bisa membuat rambut lebih tebal dengan berbagai cara merawat rambut agar sehat dan tebal. Sama seperti cara menebalkan rambut bayi, nutrisi penting diperhatikan. Ketika usaha dari dalam dan luar seimbang, rambut tebal dan sehat bukan lagi impian. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat rambut lebih tebal adalah:

Baca juga :   Bisul Tidak Ada Matanya Dan Pengobatan Yang Optimal

Apa Yang Membuat Rambut Menjadi Tebal

1. Tingkatkan Asupan Seng Anda.

Kekurangan zinc dapat menyebabkan rambut rontok. Untuk itu, maka perbanyak untuk mengkomsumsi kacang – kacangan, sayur, buah, dan juga pastikan asupan cairan tercukupi. Jika tidak mungkin mendapatkan asupan zinc dari makanan, suplemen juga bisa menjadi pilihan.

2. Omega-3 Untuk Kesehatan Kulit Kepala

Asupan asam lemak omega-3 tidak dapat membuat rambut tumbuh lebih tebal, tetapi dapat meningkatkan kesehatan folikel rambut dan kelenjar sebaceous. Artinya, kondisi kulit kepala juga menjadi lebih optimal. Sumber asupan asam lemak omega-3 bisa didapat dari ikan seperti salmon dan sarden. Selain itu, asupan lain bisa didapatkan dari yogurt, keju, salad, dan sereal.

3. Protein

Protein merupakan faktor penting Selain seng dan asam lemak omega-3, protein juga merupakan faktor penting untuk kesehatan rambut dan kulit kepala. Idealnya, konsumsi protein per hari adalah 45 gram. Sumbernya bisa berupa daging rendah lemak, ayam, ikan, biji – bijian, telur, dan produk susu rendah lemak. Diet dengan asupan protein rendah dapat menyebabkan rambut menjadi lemah, rapuh, dan rontok.

4. Pilih Sampo Dan Kondisioner Yang Tepat

Setiap orang memiliki jenis rambut dan kondisi kulit kepala yang berbeda. Temukan jenis sampo dan kondisioner yang tepat untuk jenis rambut Anda, apakah itu berminyak, normal, atau kering. Tidak masalah menggunakan merek kondisioner yang berbeda dengan sampo, jika memang cocok dan sesuai dengan keluhan yang dialami. Tidak harus mahal, tapi mencari sampo dan kondisioner tidak bisa instan.

Baca juga :   Cara Merawat Rambut Agar Cepat Panjang Yang Praktis

5. Mencuci Dengan Benar

Mencuci Dengan Benar

Setelah mengantongi sampo dan kondisioner yang tepat, jangan lupa untuk mempelajari cara mencuci rambut yang benar. Aturan umumnya adalah Anda tidak boleh mencuci rambut lebih dari sekali sehari, dan menghindari air yang terlalu dingin atau panas.

Saat mengeringkan rambut, lakukan secara perlahan. Rambut basah tiga kali lebih rentan patah dari pada rambut kering. Jangan menggosok rambut Anda dengan handuk untuk mengeringkannya. Kemudian, dari pada menggunakan pengering rambut, biarkan rambut Anda kering secara alami.

6. Memotong Rambut

Cara membuat rambut lebat juga berkaitan dengan kapan waktu yang tepat untuk memotong rambut. Biasanya, setiap 10-12 minggu adalah waktu yang tepat untuk kembali ke salon dan potong rambut. Tujuannya agar rambut tetap sehat dan mencegah munculnya ujung bercabang.

Selain pergi ke salon, hal sederhana yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah adalah memijat kulit kepala dengan lembut. Hal sederhana ini dapat merangsang pertumbuhan rambut dan meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala.

7. Tinggalkan Gaya Hidup Tidak Sehat

Sudah melakukan beberapa cara merawat rambut agar sehat dan tebal  di atas tapi belum melihat hasilnya? Bisa jadi akar masalahnya terletak pada gaya hidup yang tidak sehat. Mulai dari bahaya alkohol jika dikonsumsi berlebihan, merokok, diet rendah kalori, dan stres. Selain tujuh hal di atas, kondisi medis seperti hipotiroidisme dan mengonsumsi obat pengencer darah serta antidepresan juga bisa memicu kerontokan rambut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.