Cara Merawat Rambut Rontok Parah Yang Mudah

Jika Anda memiliki masalah rambut rontok, ada banyak cara alami untuk mengatasi rambut rontok yang mudah dilakukan. Cara merawat rambut rontok parah secara alami tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan bahan – bahan alami atau asupan nutrisi tertentu yang cukup untuk memperkuat akar rambut dan merangsang pertumbuhan rambut.

Rambut rontok adalah kondisi umum. Dalam 1 hari, biasanya akan ada sekitar 50-100 rambut rontok. Jika jumlahnya lebih dari itu dan berlangsung terus menerus, kondisi kerontokan rambut dianggap berlebihan dan perlu diwaspadai.

Rambut rontok memang bisa diatasi dengan perawatan medis, misalnya dengan obat penumbuh rambut, terapi laser, atau prosedur transplantasi rambut. Namun, Anda juga bisa untuk mencoba berbagai cara merawat rambut rontok parah yang mudah dilakukan di rumah.

Berbagai Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok

Berbagai Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok

Meski terkesan sederhana, beberapa cara alami ini cukup efektif untuk dapat mengatasi rambut rontok. Berikut ini beberapa cara alami yang bisa Anda coba untuk mengurangi kerontokan rambut:

1. Jangan Terlalu Sering Mencuci Rambut

Banyak orang beranggapan bahwa keramas setiap hari dapat menjaga kesehatan rambut. Padahal, menggunakan sampo terlalu sering dapat menyebabkan rambut menjadi rusak, kering, mudah patah, dan terlihat lebih tipis.

Tidak hanya itu, mengeringkan rambut setelah keramas dengan menggosoknya dengan kuat menggunakan handuk juga bisa menyebabkan rambut rontok.

Oleh karena itu, agar rambut Anda tidak mudah rontok, Anda disarankan untuk mencucinya hanya 1-3 kali seminggu dan mengeringkan rambut dengan handuk lembut.

2. Tata Rambut Dengan Lembut

Berbagai metode penataan, seperti mewarnai, menyetrika, dan mengeriting rambut, dapat membuat rambut kering dan rusak serta mengiritasi kulit kepala.

Sementara itu, kebiasaan mengikat dan mengepang rambut terlalu kencang juga bisa menyebabkan akar rambut tercabut, sehingga rambut menjadi mudah rontok.

Untuk mengurangi kerontokan rambut dan menjaga kesehatan kulit kepala, sebaiknya hindari gaya rambut yang disebutkan di atas.

Jika Anda ingin mengeringkan rambut dengan pengering rambut, hindari menggunakan suhu panas karena dapat merusak rambut dengan cepat.

3. Terapkan Gaya Hidup Sehat

Beberapa jenis penyakit, seperti malnutrisi dan anemia atau kekurangan darah, dapat menyebabkan rambut rontok. Selain itu, stres yang berlebihan juga sering menjadi biang kerok kerontokan rambut.

Oleh karena itu, untuk mencegah dan mengatasi kerontokan rambut, cobalah menjalani gaya hidup sehat, yaitu dengan mengurangi stres, berolahraga secara teratur, meluangkan waktu untuk meditasi, dan tidur yang cukup.

4. Gunakan Bahan Alami

Lidah buaya dan minyak kelapa sudah lama dipercaya berkhasiat mengobati rambut rontok dan merawat kulit kepala. Bahkan, lidah buaya juga dipercaya dapat mengurangi ketombe dan produksi minyak berlebih pada kulit kepala.

Baca juga :   Tips Diet Sehat Alami Dengan Pilihan Makanan Yang Tepat

Di sisi lain, minyak kelapa juga mengandung asam lemak yang dapat menyerap ke dalam rambut dan menggantikan protein rambut yang hilang. Minyak kelapa juga dipercaya mampu menutrisi rambut.

Selain lidah buaya dan minyak kelapa, ada beberapa bahan alami lain yang bisa Anda coba untuk dapat mengatasi rambut rontok, di antaranya:

1. lemon

lemon

Kandungan vitamin C dalam lemon bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan merangsang pertumbuhan rambut. Untuk menggunakannya, Anda bisa mengoleskan jus lemon atau minyak ke kulit kepala setelah keramas.

2. Kuning Telur

Kuning telur adalah sumber vitamin A, biotin, asam amino, dan folat yang baik untuk melembabkan rambut kering dan membuat rambut tumbuh lebih cepat dan kuat. Hal inilah yang dapat menjadikan kuning telur sebagai salah satu bahan alami yang baik untuk mengatasi rambut rontok.

3. Minyak Rosemary Dan Minyak Geranium

Minyak rosemary dan geranium juga dapat digunakan untuk merangsang pertumbuhan dan untuk memperkuat rambut. Untuk menggunakannya, oleskan minyak ini ke kulit kepala sebelum atau sesudah keramas.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen ginseng yang dipercaya dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan memperlancar aliran darah ke kulit kepala, sehingga baik untuk mengatasi rambut rontok.

5. Asupan Nutrisi Yang Cukup

Tidak hanya untuk kesehatan tubuh, pemenuhan asupan nutrisi juga baik untuk menjaga kesehatan rambut. Asupan nutrisi yang sehat dan seimbang merupakan bagian dari cara alami mengatasi rambut rontok dari dalam.

Beberapa jenis nutrisi yang penting untuk rambut rontok antara lain:

1. Protein Dan Omega-3

Konsumsi makanan yang cukup mengandung protein dan asam lemak omega-3, seperti telur dan salmon, agar kulit kepala menjadi lebih sehat dan rambut tumbuh kuat dan berkilau.

2. Vitamin

Ada banyak jenis vitamin yang baik untuk dapat menjaga kesehatan rambut, di antaranya vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, dan vitamin E. Asupan vitamin tersebut diketahui dapat mencegah dan mengobati kerontokan rambut, menjaga kesehatan kulit kepala, dan menyuburkan rambut.

3. Seng

Zinc berperan penting dalam pertumbuhan dan perbaikan jaringan rambut serta menjaga kelembapan alami rambut. Kurangnya asupan zinc dapat menyebabkan rambut mudah rontok.

Baca juga :   Batas Kadar Gula Darah Normal Untuk Orang Tanpa Diabetes
4. Besi

zat besi

Selain dapat menyebabkan anemia, kekurangan zat besi juga bisa menjadi penyebab utama kerontokan rambut, terutama sering terjadi pada wanita.

Masalah rambut rontok juga tidak bisa diatasi hanya dalam waktu singkat. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, Anda perlu untuk mencoba beberapa cara alami untuk dapat mengatasi rambut rontok secara rutin dan berkala.

Jika rambut Anda masih rontok meskipun Anda telah mencoba semua cara alami untuk mengatasi rambut rontok seperti yang disebutkan di atas, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk pemeriksaan dan perawatan yang tepat.

Vitamin Untuk Rambut Rontok Parah

Mengalami kerontokan rambut yang membuat Anda terlihat rusak? Jangan khawatir! Yuk, atasi dengan menggunakan berbagai vitamin rambut rontok terbaik yang dibahas dalam artikel ini!

Pernahkah Anda mendengar ungkapan rambut adalah mahkota wanita? Mendengar ungkapan tersebut tentu membuat banyak orang ingin merawat rambutnya dengan baik agar selalu terlihat cantik, lebat, dan sehat.

Vitamin Untuk Rambut Rontok Parah

Namun, banyak orang sering mengalami kerontokan rambut yang jika tidak dirawat bisa membuat kepala menjadi botak. Oleh karena itu, yuk segera atasi hal tersebut dengan menggunakan vitamin rambut rontok terbaik di bawah ini!

Baca juga : Perawatan Rambut Berketombe Agar Ketobe Hilang Selamanya

Vitamin Rambut Rontok Terbaik

1. Sunsilk Soft & Smooth Vitamin

Sunsilk Soft & Smooth Vitamin

Untuk kamu yang memiliki rambut kering dan mudah rontok, produk ini solusinya! Vitamin dari Sunsilk mampu membuat rambut lebih halus dan menjaga kelembapan rambut. Harga yang murah dan aplikasi yang mudah adalah alasan mengapa Anda harus membeli produk ini!

2. Ellips Hair Vitamin Hair Vitality

Ellips Hair Vitamin Hair Vitality

Kandungan morrocan oil dan argan oil pada produk ini ternyata mampu untuk memperbaiki struktur rambut dan melembutkan rambut, lo!

Selain itu, kandungan minyak ginseng dan madu pada produk Ellips ini dapat membuat rambut lebih kuat dan tidak mudah rontok. Produk ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki budget terbatas namun ingin rambut tampak lebih sehat!

3. Dove Intense Repair Daily Hair Vitamin

Dove Intense Repair Daily Hair Vitamin

Rambut rontok adalah akibat dari rambut yang rusak dan mudah patah. Nah, untuk mengatasinya, kamu bisa menutrisi rambutmu dengan menggunakan vitamin dari Dove ini. Formula ekstrak botaninya mampu memperbaiki rambut rusak dan jarang dirawat.

4. Makarizo Hair Vitamin Long & Strong

Makarizo Hair Vitamin Long & Strong

Untuk kamu yang mengalami kerontokan rambut karena sering menggunakan alat styling, produk ini adalah jawabannya! Vitamin ini mengandung vitamin A, C, E, dan protein sutra yang dapat menutrisi rambut. Kandungan minyak argan dalam produk ini juga bisa membuat rambut lebih kuat dan mudah diatur, lo!

Baca juga :   Manfaat Buah Naga Cukup Beragam

5. Miranda Hair Multivitamin Water

Miranda Hair Multivitamin Water

Kandungan pro-keratin dalam multivitamin ini dapat menutrisi dan menjaga kesehatan kulit. Kandungan protein sutra dalam vitamin ini juga dapat mengurangi kerusakan rambut dan ujung bercabang.

6. Minyak Cem-ceman Mustika Ratu

Minyak Cem-ceman Mustika Ratu

Selain terkenal di bidang kosmetik, Mustika Ratu juga menawarkan rangkaian produk untuk menutrisi rambut. Salah satunya adalah vitamin Cem-ceman Oil yang mampu merawat rambut berkilau dan membuat akar rambut tidak mudah kusut. Selain itu, vitamin ini juga bisa mengatasi masalah kerontokan rambut di kulit kepala lho!

7. Natur Hair Tonic Ginseng Extract

Natur Hair Tonic Ginseng Extract

Hair tonic ini cocok untuk Anda yang mengalami kerontokan rambut karena stres. Ekstrak ginseng dalam produk ini dapat merawat rambut rapuh dan menyuburkan rambut.

8. Miranda Hair Vitamin Bottle Kukui Nut

Miranda Hair Vitamin Bottle Kukui Nut

Vitamin dalam kemasan ini mengandung morrocan oil yang dapat melembabkan dan menghaluskan rambut. Selain itu, ada juga kandungan kemiri dalam produk ini yang terkenal dengan khasiatnya untuk menyuburkan rambut. Jika digunakan secara rutin, vitamin ini bisa membuat rambut kuat, ternutrisi, dan tidak mudah rontok!

9. Garnier Neril Serum Anti-Loss Guard

Garnier Neril Serum Anti-Loss Guard

Salah satu produk vitamin rambut yang paling efektif untuk mengatasi rambut rontok adalah Garnier Neril Serum. Vitamin ini mengandung bahan – bahan alami yang dapat menyehatkan dan menjaga kekuatan akar rambut.

10. Rudy Hadisuwarno Cosmetics Hair Growth Serum

Rudy Hadisuwarno Cosmetics Hair Growth Serum

Mengalami kebotakan karena faktor genetik? Produk ini jawabannya! Bahan alami dalam produk ini dapat membentuk dyhdrotestosterone (DHT) yang menjadi penyebab kebotakan rambut. Produk ini dapat memperkuat akar rambut, mencegah rambut rontok, dan mempercepat pertumbuhan rambut!

11. L’Oreal Professionel Mythic Oil

L’Oreal Professionel Mythic Oil

Rambut menjadi kasar dan juga mudah patah karena terkena sinar matahari atau hair dryer? Atasi dengan produk ini! Kandungan minyak argan dalam vitamin ini mampu melembabkan kulit dan menguatkan akar rambut. Jika digunakan secara rutin, vitamin ini bisa menghaluskan rambut hingga ujungnya, lo!

12. Sugar Bear Hair Vitamin

Sugar Bear Hair Vitamin

Berbeda dengan produk lain yang merupakan produk luar, Sugar Bear Hair Vitamin adalah vitamin yang dikonsumsi langsung oleh Anda.

Produk ini mengandung biotin, asam folat, dan vitamin D yang meningkatkan pertumbuhan rambut, menutrisi dan menguatkan rambut! Itulah daftar rekomendasi vitamin rambut rontok terbaik untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.