Perawatan Rambut Berketombe Agar Ketobe Hilang Selamanya

Apakah Anda memiliki serpihan putih kecil yang jatuh saat Anda menggaruk kulit kepala yang gatal? Bisa jadi Anda memiliki ketombe. Ketombe adalah kondisi kulit umum yang mempengaruhi kulit kepala, juga dikenal sebagai dermatitis seboroik. Ketombe juga dapat disebabkan oleh eksim, psoriasis, atau pertumbuhan berlebih dari jamur ragi yang disebut Malassezia. Lantas, bagaimana Perawatan rambut berketombe agar tidak kembali lagi selamanya?

Perawatan Rambut Berketombe Efektif Di Rumah

Perawatan Rambut Berketombe Efektif Di Rumah

Beberapa perawatan bebas tersedia untuk mengatasi masalah ini, termasuk sampo yang mengandung bahan pembunuh jamur atau memperlambat pertumbuhan dan mengendurkan sel – sel kulit. Namun, sebelum menggunakan bahan – bahan tersebut, ada baiknya Anda mencoba mengobati ketombe Anda dengan bahan – bahan alami. Berikut adalah pilihan untuk Perawatan rambut berketombe.

1. Tea Tree Oil

Minyak pohon teh adalah minyak esensial yang berasal dari Melaleuca alternifolia. Minyak ini yang telah lama digunakan sebagai antiseptik dan juga antijamur. Ada banyak sampo yang mengandung minyak pohon teh di pasaran dan banyak orang melaporkan bahwa produk ini membantu mengatasi ketombe.

2. Baking Soda

Soda kue adalah bahan alami lain untuk perawatan rambut berketombe. Baking soda bertindak sebagai exfoliant ringan yang dapat membantu menghilangkan kulit mati. Selain itu, ia juga bertindak sebagai zat pengering yang dapat mengurangi minyak berlebih di kulit kepala. Karena bersifat basa, baking soda dapat menetralkan kulit kepala dan menyeimbangkan pH.

Untuk menggunakannya, campurkan soda kue dengan beberapa tetes air. Kemudian gosok dan pijat bahan kombinasi ini pada kulit kepala. Bilas bersih dengan air hangat. Jangan gunakan sampo, karena rambut Anda mungkin akan kering untuk pertama kalinya. Setelah beberapa minggu kulit kepala akan mulai memproduksi minyak alami, membuat rambut Anda lebih lembut dan juga bebas dari ketombe.

3. Cuka Sari Apel (Apple Cider Vinegar)

Membilas rambut dengan cuka, bukankah rambut akan berbau tidak enak? Tidak, jika Anda memang menginginkan cara yang efektif untuk mengatasi ketombe. Menggunakan cuka sari apel adalah salah satu caranya. Cuka sari apel tinggi asam dan mengandung enzim yang membunuh jamur dan bakteri.

Keasamannya dapat menghilangkan penyumbatan di pori – pori kulit kepala dan menyeimbangkan pH. Anda dapat menggunakan 60 ml cuka sari apel dengan 60 ml air dalam botol semprot. Semprotkan kulit kepala Anda secara menyeluruh kemudian tutup kepala Anda dengan handuk selama 15 menit hingga satu jam. Setelah itu, cuci rambut Anda seperti biasa. Lakukan ini dua kali seminggu.

4. Lidah Buaya

Meski lidah buaya lebih umum digunakan untuk mengobati luka bakar ringan, gel serbaguna ini juga bisa digunakan untuk membantu meredakan gatal akibat ketombe.

Lidah buaya mengandung zat antiseptik yang dapat membunuh jamur dan zat anti inflamasi yang dapat menenangkan kulit kepala yang gatal. Anda bisa menggunakan sampo yang mengandung lidah buaya atau menggunakan gel lidah buaya yang dioleskan pada rambut semalaman. Cara ini akan membantu melembapkan kulit kepala sehingga terbebas dari rasa gatal.

5. Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah obat yang telah lama digunakan untuk mengobati ketombe. Saat Anda mengoleskan minyak zaitun ke kulit kepala, itu akan melembabkan area kulit kepala yang kering. Minyak zaitun juga dapat menyerap ke bagian tebal kulit kepala yang menyebabkan masalah ketombe. Cobalah memijat rambut Anda dengan minyak zaitun dan biarkan semalaman.

Baca juga :   Senam Aerobik Dapat Menyehatkan Mata Pada Pasien Glaukoma

Cukup tuangkan 8 sampai 10 tetes minyak zaitun ke telapak tangan Anda dan pijat ke kulit kepala Anda. Gunakan topi mandi di kepala Anda agar tidak meninggalkan noda di seprai. Di pagi hari, cuci rambut Anda dengan sampo anti ketombe. Perlu juga dicatat bahwa minyak zaitun dapat membuat rambut Anda cukup berminyak. Jadi, pastikan Anda punya banyak waktu untuk mencuci rambut keesokan harinya.

Obat Ketombe Parah Di Apotik

Meski tidak berbahaya, rambut dan kulit kepala yang berketombe tentu bisa membuat Anda tidak nyaman bahkan minder, bukan? Nah, Anda bisa memilih beberapa obat ketombe berikut ini untuk mengobati ketombe di rambut dan kulit kepala secara efektif. Ketombe adalah serpihan kulit mati yang tampak berwarna putih atau abu – abu.

Obat Ketombe Parah Di Apotik

Penyebab Ketombe

Penyebab pasti ketombe belum diketahui dengan jelas. Namun, munculnya ketombe biasanya dikaitkan dengan faktor – faktor berikut:

  • Jarang mencuci atau mandi
  • Kulit kepala berminyak, terlalu lembab, atau hanya kering
  • Dermatitis pada kulit kepala, misalnya karena penggunaan produk perawatan rambut yang mengiritasi
  • Penyakit tertentu, seperti dermatitis seboroik, eksim, psoriasis, dan infeksi jamur atau bakteri pada kulit kepala
  • Menekankan
  • Sistem kekebalan tubuh lemah

Berbagai Pilihan Obat Untuk Ketombe

Berbagai Pilihan Obat Untuk Ketombe

Ketombe bukanlah kondisi yang berbahaya dan juga tidak menular ke orang lain, namun kehadirannya dapat mempengaruhi rasa percaya diri penderitanya. Nah, untuk mengatasi ketombe yang membandel, coba gunakan jenis obat ketombe berikut ini:

1. Seng Pyrithione

Shampo anti ketombe yang dijual di pasaran biasanya mengandung zinc pyrithione sebagai bahannya.

Bahan aktif ini yang berfungsi untuk dapat mengurangi rasa gatal dan perih di kepala, serta menghambat pertumbuhan jamur dan juga bakteri di kulit kepala yang dapat memicu munculnya ketombe. Kandungan ini juga banyak digunakan untuk dapat mengobati ketombe akibat dermatitis seboroik.

Baca juga : Cara Merawat Rambut Smoothing Berjilbab Agar Tidak Berketombe

Saat menggunakannya, kocok terlebih dahulu botol sampo yang mengandung zinc pyrithione, lalu oleskan pada rambut dan kulit kepala yang basah (sama seperti keramas). Biarkan selama sekitar 10 menit dan kemudian bilas sampo dengan air bersih.

Namun, perlu diingat, sampo jenis ini tidak disarankan untuk digunakan pada kondisi kulit kepala kering, ya.

2. Asam Salisilat

Sampo yang mengandung asam salisilat juga dapat untuk membantu menghilangkan ketombe pada kulit kepala anda. Kandungan ini bekerja dengan cara mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di kulit kepala.

Cara menggunakan sampo asam salisilat sama seperti sampo biasa. Oleskan minimal 2 kali seminggu atau sesuai petunjuk dokter. Anda juga bisa menggunakan kondisioner setelah keramas untuk menghindari kulit kepala kering dan iritasi. Namun, jangan gunakan sampo jenis ini jika Anda mengalami ruam dan luka di kulit kepala.

3. Selenium Sulfida

Selenium sulfida bekerja dengan cara mengurangi iritasi, peradangan, dan membasmi jamur di kulit kepala penyebab ketombe.

Untuk menggunakannya, aplikasikan sampo ini pada kulit kepala dengan cara dipijat. Diamkan selama 2-3 menit, Dan kemudia bilas dengan air hingga bersih. Anda bisa keramas menggunakan sampo ini 1-2 kali seminggu atau sesuai anjuran dokter.

Hindari penggunaan sampo yang mengandung selenium sulfida terlalu sering, karena dapat menyebabkan rambut rontok, kulit kepala kering, dan iritasi.

4. Ketoconazole

Ketoconazole merupakan salah satu jenis obat antijamur yang banyak digunakan untuk mengatasi ketombe di kulit kepala. Cara menggunakan sampo ini sama seperti saat Anda mencucinya dengan sampo biasa. Namun, Anda harus menunggu sekitar 5 menit sebelum membilas rambut dengan air bersih.

Baca juga :   Merawat Rambut Agar Lebat Hingga Ke Akar

5. Tar Batubara (Coal Tar)

Kandungan ini dapat menghambat pertumbuhan sel kulit yang tumbuh terlalu cepat dan mengelupas, membasmi jamur, dan meredakan peradangan pada kulit kepala. Karena memiliki efek tersebut, tar batubara banyak digunakan untuk pengobatan ketombe, dermatitis seboroik, dan juga psoriasis.

Sampo yang mengandung bahan – bahan tersebut digunakan dengan cara memijat ke kulit kepala dan diamkan selama 5-10 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih. Namun, jika Anda memiliki rambut pirang atau berwarna terang, berhati – hatilah, karena sampo ini dapat membuat rambut Anda lebih gelap.

Selain itu, obat ketombe yang mengandung bahan coal tar juga bisa membuat kulit semakin teriritasi saat terkena sinar matahari.

Nah, itulah beberapa pilihan obat ketombe yang bisa Anda coba untuk mengatasi masalah ketombe di rambut dan kulit kepala. Ingat, saat menggunakan obat ketombe di atas, baca petunjuk penggunaan dengan seksama ya. Hindari juga penggunaan obat ketombe di luar dosis atau lama penggunaan yang tertera pada produk.

Untuk memastikan obat atau sampo ketombe cocok untuk Anda atau tidak, coba oleskan sampo pada kulit tangan Anda terlebih dahulu, lalu tunggu beberapa menit.

Jika Anda memiliki reaksi alergi, seperti gatal, ruam, atau benjolan, jangan gunakan produk dan coba jenis obat ketombe lainnya. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan obat ketombe yang tepat dan aman, terutama jika obat tersebut akan digunakan pada anak – anak, ibu hamil, dan ibu menyusui.

Obat Alami Ketombe Berkerak

Sudah berapa lama Anda menghindari mengenakan pakaian gelap atau menguatkan diri untuk tidak menggaruk kulit kepala yang sangat gatal? Ini terjadi karena ketombe berkerak yang menempel di kulit kepala Anda. Kini Anda tidak perlu khawatir lagi, ada beberapa perawatan rambut berketombe dengan cara sederhana namun efektif untuk merawat rambut Anda yang bisa dilakukan di rumah dengan mudah dan murah. Puaskan rasa penasaran Anda dengan menyimak cara menghilangkan ketombe parah berikut ini.

Obat Alami Ketombe Berkerak

1. Ketahui Penyebab Ketombe

Sebelum menggunakan berbagai obat ketombe, Anda harus memahami penyebab ketombe itu sendiri. Ketombe kronis adalah kondisi infeksi yang disebabkan oleh infeksi pada kulit kepala. Ini juga bisa menjadi akibat dari kondisi yang lebih parah, seperti dermatitis. Tak hanya gatal yang mengganggu, namun jika dibiarkan bisa menyebabkan jerawat di kulit kepala.

2. Bilas Ketombe Dengan Air Lemon

Lemon sudah terbukti manfaatnya dalam merawat kesehatan dan kecantikan rambut. Sebagai cara alami menghilangkan ketombe, Anda hanya membutuhkan 3-4 buah jeruk lemon, kupas atau parut kulitnya, lalu masukkan ke dalam air dan didihkan. Tunggu hingga dingin, lalu gunakan untuk membilas rambut setiap hari. Lakukan secara rutin dalam seminggu dan lihat perbedaannya.

3. Jahe Dan Bit

Kombinasi yang tidak biasa ini bisa menjadi obat ketombe yang ampuh untuk ketombe berkerak. Giling jahe dan bit bersama – sama untuk membentuk pasta, lalu oleskan pada kulit kepala Anda setiap malam, dan cuci rambut Anda keesokan harinya dengan sampo anti ketombe berkualitas baik. Dijamin rambut akan terlihat indah, sehat, dan Anda bisa mengucapkan selamat tinggal pada ketombe yang parah.

Baca juga :   Cara Mengikat Rambut Panjang Saat Berjilbab Yang Benar

4. Gel Lidah Buaya

Lidah buaya telah digunakan dalam metode perawatan rambut tradisional untuk mengobati rambut rontok atau sebagai cara alami untuk menumbuhkan rambut. Namun ternyata, Anda juga bisa memanfaatkan kandungan antibakteri dan antijamur di dalamnya, sebagai cara alami menghilangkan ketombe.

Oleskan gel lidah buaya langsung pada kulit kepala, lalu biarkan selama setengah jam, lalu bilas menggunakan sampo ringan. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan rambut yang sehat dan bebas dari ketombe yang membandel.

5. Lulur Kulit Kepala Kelapa Dan Madu

Minyak kelapa dan madu sama – sama memiliki sifat antimikroba, yang dibutuhkan sebagai cara yang cepat untuk dapat menghilangkan penyebab ketombe. Ini cukup mudah. Campurkan masing – masing 2 sendok teh minyak kelapa, minyak zaitun, dan madu, dan 3 sendok teh yogurt untuk membentuk pasta. Oleskan pada kulit kepala dan gosok dari akar hingga ujung rambut. Berikan pijatan lembut selama 10 menit lalu diamkan hingga 45 menit. Bilas sampai bersih.

6. Tips Menghilangkan Ketombe Dengan Aspirin

Selain dikenal dapat meredakan sakit kepala, aspirin sebenarnya bisa digunakan sebagai cara menghilangkan ketombe yang parah. Kandungan salisilat di dalamnya yang membantu regenerasi kulit kepala dan menghilangkan ketombe. Sederhana saja, hancurkan 2 aspirin dan campur dengan sedikit sampo, aduk rata. Gunakan seperti sampo biasa dan diamkan selama 2 menit, sebelum membilasnya dengan air. Lakukan di pagi hari secara rutin untuk mendapatkan hasil yang luar biasa.

7. Soda Kue dan Obat Ketombe Alami Lemon

Kombinasi baking soda dan lemon tidak hanya efektif sebagai pembersih alami, tetapi juga cara alami menghilangkan ketombe. Berkat kandungan baking soda yang membasmi jamur penyebab ketombe di kulit kepala.

Cukup campurkan soda kue dan jus lemon, masing – masing 3 sendok makan. Oleskan pasta ini ke kulit kepala dan biarkan selama 10 menit, atau sampai kulit kepala terasa gatal. Bilas dengan air sampai bersih.

8. Pisang Dan Cuka Sari Apel Menghilangkan Ketombe Yang Membandel

Ketombe berkerak biasanya muncul pada rambut yang kering, oleh karena itu penggunaan kombinasi pisang dan cuka sari apel bisa menjadi cara menghilangkan ketombe dengan cepat. Cara yang digunakan adalah dengan menumbuk 1 buah pisang dan 2 cangkir cuka sari apel, hingga terbentuk adonan yang kalis. Oleskan ke rambut secara merata, sambil diberi pijatan ringan. Biarkan selama 20 menit, sebelum dibilas hingga bersih.

9. Yogurt Dan Jus Lemon

Perpaduan asam sitrat dan probiotik menjadikan campuran kedua bahan ini sebagai cara alami menghilangkan ketombe secara efektif, jika dilakukan 3-4 kali dalam seminggu. Campur jus setengah lemon ke dalam semangkuk yogurt dan aduk rata. Oleskan dan biarkan selama 10 menit, lalu lanjutkan keramas dengan sampo, untuk menghilangkan bau yang menyengat.

10. Beberapa Tetes Minyak Pohon Teh Yang Efektif Untuk Menghilangkan Ketombe

Beberapa penelitian telah membuktikan khasiat tea tree oil sebagai salah satu solusi terbaik untuk mengatasi ketombe, karena memiliki sifat anti inflamasi yang dapat menembus kulit kepala. Caranya cukup mudah, cukup campurkan sampo dan beberapa tetes minyak pohon teh, lalu gunakan seperti biasa. Biarkan selama 5 menit, sebelum dibilas hingga bersih.

Hal terbaik tentang perawatan rambut berketombe ini adalah Anda dapat menemukannya dengan mudah, murah, tanpa efek samping karena perawatan kimia, dan dalam waktu singkat. Ucapkan selamat tinggal pada ketombe berkerak!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.