Cara Merawat Rambut Rusak Akibat Smoothing Yang Efektif

Penting bagi yang melakukan teknik perawatan rambut ini. Smoothing adalah teknik meluruskan rambut keriting dengan obat – obatan yang dapat merusak kesehatan rambut. Ladies, yuk simak penjelasan di bawah ini tentang Cara merawat rambut rusak akibat smoothing.

Cara merawat rambut rusak akibat smoothing Efek samping smoothing yang paling umum adalah rambut rontok. Ini karena penggunaan panas yang berlebihan dan bahan kimia berbahaya dapat melemahkan folikel rambut dan menyebabkannya terlepas dari akar, sehingga menyebabkan kerontokan rambut.

Setelah dihaluskan, kerapatan atau volume rambut bisa berkurang karena penipisan dan kerusakan. Efek samping lainnya termasuk hilangnya atau kerusakan tekstur alami rambut, kekeringan, ketombe, kerapuhan, dan ujung bercabang. jika ini terjadi, penting untuk melakukan pengobatan. Berikut cara merawat rambut rusak akibat smoothing :

1. Santan

Santan

Kandungan asam kaprat dan asam laurat yang terkandung dalam kelapa kaya akan antijamur, sifat antimikroba, hal ini penting untuk mencegah radikal bebas yang menghambat pertumbuhan rambut. Untuk mendapatkan manfaat dalam kesehatan rambut, gunakan santan. Anda bisa menggunakan santan di rumah.

Berikut cara membuatnya: Parut kelapa. Tambahkan air dan didihkan dalam panci selama beberapa menit. Saring dan biarkan dingin. Tambahkan satu sendok makan fenugreek (methi) dan lada hitam, dan aduk rata. Oleskan ke seluruh kulit kepala dan rambut dan biarkan setelah 30 menit. Bilas dengan sampo setelah 30 menit.

2. Lidah Buaya

Lidah Buaya

Lidah buaya alias aloe vera dapat membantu mengatasi berbagai masalah yang berhubungan dengan kulit kepala dan rambut rontok. Menggunakan lidah buaya juga merupakan salah satu cara untuk merawat rambut rusak akibat smoothing.

Ramuan ini mengandung enzim proteolitik, yang membantu memperbaiki sel – sel yang rusak dan meningkatkan folikel rambut yang sehat.

Berikut cara penggunaan lidah buaya untuk rambut: Siapkan ekstrak daging lidah buaya. Oleskan pada kulit kepala secara merata dan biarkan selama 1 jam. Bilas dengan air setelah 1 jam.

3. Amla

Amla

Amla adalah buah yang dapat membantu memperkuat kekebalan alami dan merupakan pilihan yang baik untuk menjaga kesehatan rambut. Buah amla mengandung banyak asam amino esensial, yang memperkuat folikel rambut dan membuat rambut kuat dan berkilau.

Berikut cara membuat pasta amla: Campurkan bubuk amla dan jus lemon, lalu aduk hingga menjadi pasta. Pijat pasta ini pada kulit kepala Anda dan biarkan selama 1 jam. Bilas dengan air biasa setelah 1 jam.

4. Shikakai

Shikakai

Shikakai adalah jenis kacang dari tanaman semak yang kaya akan antioksidan dan vitamin esensial D, K, A dan C, yang semuanya dapat membantu menjaga nutrisi rambut. Berkat sifat pembersih rambut, ramuan yang populer di India ini sering dianggap sebagai alternatif alami untuk sampo.

Berikut cara membuat ramuan shikakai untuk rambut: Keringkan kacang shikakai selama beberapa hari hingga kering. Giling dalam mixer. Campurkan dua sendok makan bubuk shikakai dengan minyak kelapa, dan aduk rata. Simpan di tempat yang sejuk dan kering selama dua minggu. Kocok dengan baik sebelum mengoleskannya ke kulit kepala.

5. Menurunkan Suhu

Alat Perawatan Rambut Pengeriting rambut, pelurus, dan pengering rambut alias hair dryer, dan smoothing, adalah perawatan rambut yang mengubah rambut normal atau tidak teratur menjadi bergelombang dan keriting, serta bervolume atau mengembang.

Baca juga :   Cara Merawat Rambut Gimbal Dan Model Rambut Gimbal

Tetapi dengan panas dari semua alat ini datang kerusakan panas, termasuk rambut kering, rapuh dan rambut rontok. Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan orang adalah mengatur suhu terlalu tinggi saat menata rambut mereka dengan alat panas. Untuk itu, sebaiknya hindari menata rambut dengan suhu panas sama sekali jika memungkinkan.

6. Masker Rambut

Masker Rambut

Masker rambut adalah produk perawatan kecantikan yang mengandung konsentrasi tinggi bahan reparatif dan pelembab, seperti vitamin, minyak dan unsur – unsur alami. Menggunakan masker rambut juga menjadi pilihan untuk merawat rambut rusak akibat penghalusan dan pewarnaan.

Masker rambut jenis ini juga lebih tebal dari kondisioner biasa, jadi saat mengaplikasikannya pada rambut basah, pastikan masker rambut tetap menempel. Masker ini memberikan formula waktu untuk menembus lebih dalam ke permukaan rambut dan mengisi celah yang berkembang di permukaan rambut rusak.

7. Memotong Ujung Rambut Bercabang

Memotong Ujung Rambut Bercabang

Ujung rambut bercabang karena menghaluskan membuat rambut menempel di pakaian. Tak hanya itu, ujung rambut bercabang juga menyebabkan rambut menjadi kusut, rusak, dan sulit tumbuh kembali. Untuk mencegah rambut bercabang sejak awal, jaga agar rambut Anda tetap tebal dan kuat dengan sampo, kondisioner, dan krim tanpa bilas yang menguatkan.

Jika sudah rusak dengan teknik pelurusan rambut, memangkas ujung rambut adalah cara alami untuk merawat rambut rusak akibat smoothing. Agar ujung rambut bercabang terlihat rapi, kunjungi salon rambut untuk dipangkas. Anda tidak perlu memotong banyak rambut sama sekali, stylist hanya memotong ujung rambut yang bercabang agar rambut Anda tetap sehat, kuat, dan bebas kusut.

8. Memilih Shampo Yang Tepat

Pilih shampo bebas sulfat yang diformulasikan untuk rambut rusak, terutama karena smoothing. Menggunakan sampo yang mengandung bahan alami akan membantu memperbaiki rambut rusak. Pastikan untuk tidak terlalu sering mencuci rambut.

Jika Anda ingin menyegarkan rambut dan kulit kepala, cobalah sampo kering pada hari kedua atau ketiga. Langkah terakhir, cuci rambut dengan air hangat atau dingin, dan bilas dengan air dingin. Air dingin dapat membantu mencegah dan menutup kutikula rambut pada rambut rusak.

9. Melembabkan Rambut

Kulit kering terlihat pecah – pecah dan kusam, makanya jangan lupa untuk melembapkan rambut. Rambut kering adalah penyebab utama kerusakan dan kerontokan rambut. Hal ini dikarenakan jika rambut tidak memiliki kelembapan yang optimal maka akan menjadi rapuh dan rontok, seperti halnya kulit.

Smoothing juga bisa menyebabkan rambut terasa kering. Jika rambut Anda rentan terhadap kekeringan, gunakan bahan pelembab yang mencakup sampo yang menghidrasi, kondisioner, masker, dan produk tanpa bilas. Ini adalah cara yang sangat mudah untuk mencegah rambut kering.

Cara Menghilangkan Rambut Smoothing Secara Alami

Smoothing adalah solusi pelurusan dan pelembutan rambut termudah, tercepat dan terbaik. Hal ini karena obat dan teknik pelurusan smoothing diprediksi lebih lembut dari pada rebonding. Tapi, meski begitu, smoothing tetap menggunakan bahan kimia yang tentunya bisa menimbulkan efek samping pada rambut.

Terkadang orang yang telah merapikan rambutnya malah menjadi lepek, berminyak, kering, dan kerusakan lainnya. Tapi, tenang saja, karena ada cara menghilangkan obat penghalus pada rambut, agar rambut menjadi lembut kembali secara alami.

Baca juga :   Tips Kesehatan Mata Agar Terhindari Masalah Mata Di Kemudian Hari

Baca juga : Cara Merawat Rambut Smoothing Berjilbab Agar Tidak Berketombe

Cara Menghilangkan Obat Pelembut Rambut

Cara Menghilangkan Obat Pelembut Rambut

1. Kenali Masalah Rambut

Cara menghilangkan obat penghalus rambut yang pertama adalah dengan mengidentifikasi masalah rambut Anda terlebih dahulu. Setiap orang memiliki masalah rambut yang berbeda – beda, terutama setelah dilakukan smoothing. Mungkin rambut Anda menjadi lemas, berminyak, atau menjadi kering dan kusut.

Namun, rata – rata masalah rambut bisa diobati dengan cara yang sama, hanya obatnya saja yang berbeda.

2. Shampo Pelembab

Semua rambut, baik berminyak atau kering setelah dihaluskan, membutuhkan sampo yang sama, yaitu sampo yang dapat melembabkan. Pelembab alami dalam sampo dapat mengembalikan kelembapan dan kelembutan alami rambut Anda.

Cuci maksimal 2 hari dengan sampo pelembab agar rambut Anda selalu bersih. Membersihkan rambut adalah langkah awal sebelum memulai perawatan.

3. Jangan Sering Mencuci Rambut

Jangan Sering Mencuci Rambut

Memang, keramas merupakan langkah awal cara menghilangkan obat penghalus dari rambut. Tapi, sebaiknya jangan mencuci rambut setiap hari, apalagi dua kali sehari setiap kali mandi.

Mencuci terlalu sering akan menghilangkan minyak alami yang membuat rambut lembut. Berikan waktu pada rambut Anda untuk membuat minyak alami untuk melapisi rambut Anda, waktu maksimum untuk keramas adalah setiap dua hari sekali.

4. Kondisioner Dalam

Setelah selesai keramas, jangan hanya mengeringkan rambut. Cara menghilangkan obat penghalus rambut yang ketiga adalah dengan menggunakan kondisioner. Tapi, jika bisa, gunakan kondisioner yang bertuliskan “deep conditioning”.

Kondisioner dalam dapat bekerja lebih baik dari pada kondisioner biasa. Anda tidak perlu menggunakan deep conditioner terlalu sering. Anda dapat menggunakannya hanya seminggu sekali, dan di antara Anda menggunakan kondisioner biasa. Anda juga bisa pergi ke salon untuk perawatan deep conditioning.

Atau, apakah Anda ingin melakukan life hack? Mayones, yang biasanya digunakan sebagai saus dalam kentang goreng atau saus salad, dapat digunakan untuk deep conditioning rambut rusak Anda. Gunakan mayones seperti masker rambut biasa, diamkan selama 30 menit, lalu bilas rambut hingga bersih.

5. Melembabkan Rambut

Tidak hanya tubuh dan kulit yang membutuhkan hidrasi yang baik, rambut juga membutuhkannya. Jika rambut Anda terhidrasi dengan baik, rambut Anda akan terlindungi dari kerusakan seperti rambut kering dan rambut rontok. Kondisioner dalam di atas adalah yang terbaik jika rambut Anda sangat rusak. Nah, untuk pencegahan, gunakan kondisioner biasa.

Selain conditioner, sebaiknya Anda juga melakukan conditioning menggunakan bahan – bahan alami seperti minyak kelapa atau minyak zaitun. Caranya, oleskan minyak kelapa atau minyak zaitun ke rambut Anda, lalu diamkan selama 30 menit – 1 jam. Minyak ini berfungsi untuk memberikan kelembapan pada kulit kepala dan rambut, serta dapat memperkuat garis rambut (tempat tumbuhnya rambut).

6. Beri Nutrisi

Cara menghilangkan obat penghalus rambut yang ke 6 adalah dengan memberikan nutrisi pada rambut anda. Nutrisi ini dapat dilakukan setiap hari dengan menggunakan sampo yang mengandung alfa tokoferol, beta karoten, dan vitamin E tingkat tinggi. Kedua zat ini memiliki khasiat untuk mengembalikan kandungan protein rambut dan menyehatkan rambut.

Baca juga :   10 Manfaat Energi Matahari Sangat Nyata Bagi Tubuh Manusia

7. Pijat Rambut

Pijat Rambut

Pijat rambut merupakan cara selanjutnya untuk menghilangkan obat penghalus pada rambut. Memijat rambut dapat meningkatkan sirkulasi darah di sekitar kepala, sehingga rambut yang rusak berangsur – angsur membaik.

Anda dapat memijat rambut Anda dengan apa saja mulai dari minyak kelapa, minyak zaitun, minyak alpukat, minyak almond, minyak kemiri, minyak lavender, minyak argan, dan minyak lainnya.

8. Masker Rambut

Selain menggunakan minyak  Anda juga bisa memijat rambut menggunakan masker rambut dan krim mandi. Jika Anda tidak tahu cara memijat rambut dengan benar, Anda dapat mencari tutorial di YouTube. Anda juga bisa datang langsung ke ahli perawatan rambut atau ke salon untuk mendapatkan perawatan creambath atau masker rambut.

Namun tentu saja produk krim rambut dan masker rambut yang dijual di pasaran masih mengandung bahan kimia. Jadi, akan lebih baik jika Anda membuat krim masker sendiri dengan menggunakan bahan – bahan alami.

Anda bisa menggunakan masker telur. Seperti yang diketahui bahwa telur sangat kaya akan protein, sehingga dapat memberikan nutrisi yang baik untuk rambut. Anda bisa mencampur putih telur dengan perasan lemon atau jeruk nipis.

Lidah buaya juga bisa menjadi masker rambut yang bagus untuk menghilangkan obat penghalus. Anda bisa langsung mengoleskan lidah buaya ke kulit kepala dan rambut atau mengolahnya terlebih dahulu menjadi masker gel.

9. Jangan Terlalu Sering Menyisir

Jangan Terlalu Sering Menyisir

Menyisir rambut adalah kegiatan sehari – hari, terutama jika Anda memiliki rambut lurus dan panjang. Mungkin Anda akan merasa senang setelah menyisir rambut, karena rambut Anda akan lebih lembut dan rapi. Namun, ada bahaya dari menyisir rambut terlalu sering. Menyisir rambut terlalu sering dapat menyebabkan rambut rontok dan dapat membuat rambut menjadi keriting.

Perhatikan juga cara menyisir yang benar. Anda tidak boleh menyisir rambut saat basah, karena risiko kerontokan rambut meningkat jika Anda menyisir rambut saat basah. Kemudian, Anda mungkin menyisir rambut Anda dari atas (akar) ke bawah, bukan? Nah, cara itu sangat salah. Sisir rambut dari bawah, naik ke tengah, lalu ke atas. Hal ini untuk meminimalisir terjadinya keriting dan kerontokan rambut.

10. Hindari Penataan Gaya

Jika Anda menginginkan rambut yang sehat, kuat, indah, tentunya Anda harus menjauhi penataan rambut yang berlebihan. Jika Anda terlalu sering melakukan penataan rambut, apalagi menggunakan alat yang membutuhkan panas tinggi, seperti pengering rambut, alat pelurus rambut, dan alat pengeriting rambut, berpotensi membuat rambut Anda semakin rusak.

Anda juga tidak boleh terlalu sering mengepang dan mengikat rambut. Jadikan rambut Anda “bernafas” dengan membiarkannya lepas tanpa beban ikatan, peniti, apalagi hair extension. Kemudian, jangan pernah mengepang apalagi mengikat rambut saat akan tidur, hal ini akan menyebabkan rambut rontok dan kerusakan rambut lainnya.

Ya, itulah cara menghilangkan obat penghalus rambut dan menjaga kesehatan rambut. Obat penghalus lama, seperti beberapa bulan lalu, terkadang bisa merusak rambut. Tapi, jangan putus asa, lakukan cara di atas untuk membuat rambut Anda sehat dan cantik alami. Cara diatas juga bisa dicoba untuk kegagalan dalam proses smoothing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.