Cara Merawat Rambut Rusak Agar Kembali Sehat Dan Ternutrisi

Semua orang tahu bahwa rambut adalah mahkota wanita. dan dengan rambut yang indah dapat menunjang penampilan. Tentunya untuk memiliki rambut yang indah, setiap wanita wajib untuk selalu menjaga penampilan rambutnya agar tetap sehat. Namun, seringkali proses penataan rambut membuat penampilan rambut menjadi rusak secara perlahan.  Jika Anda salah satu yang mengalami kerusakan pada rambut, ikuti beberapa cara merawat rambut rusak agar kembali sehat yang bisa langsung Anda coba.

1. Makan Makanan Sehat

Sangat penting untuk Anda lakukan, cara merawat rambut rusak agar kembali sehat harus didukung dari dalam terlebih dahulu. Hal ini dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan sehat bergizi seperti sayuran, buah – buahan, dan berbagai jenis makanan organik. Vitamin yang terkandung dalam makanan sehat dapat menjaga kesehatan rambut dan memperbaiki tekstur rambut rusak.

2. Banyak Minum Air Putih

Banyak Minum Air Putih

Selain mengonsumsi makanan sehat, banyak minum air putih juga menjadi salah satu cara merawat rambut rusak agar kembali sehat. Air sangat baik untuk tubuh dan tentunya dapat menghidrasi dan mengunci kelembapan pada folikel rambut sehingga rambut rusak Anda dapat kembali sehat.

3. Pilih Produk Sampo Dengan Bahan Lembut

Selain cara dari dalam, tentunya cara merawat rambut rusak agar kembali sehat juga harus dilakukan dari luar. Langkah pertama yang perlu Anda perhatikan adalah memilih produk sampo dengan cukup cermat. Sebaiknya pilih produk sampo dengan formula yang lembut sehingga dapat menutrisi rambut dan mengembalikan tekstur rambut rusak menjadi sehat.

4. Lakukan Perawatan Krim Atau Masker Rambut

Produk sampo saja tidak cukup, tentunya rambut Anda juga membutuhkan perawatan tambahan seperti creambath atau masker rambut. Cara ini termasuk dalam salah satu cara merawat rambut rusak agar kembali sehat. Creambath dan masker rambut bekerja dengan menutrisi akar rambut sehingga tidak hanya memulihkan kesehatan rambut tetapi juga menumbuhkan rambut baru yang berkilau.

5. Gunakan Bahan Alami Untuk Rambut

Bagi Anda yang lebih menyukai bahan – bahan alami, tentunya Anda juga bisa melakukan cara merawat rambut rusak agar kembali sehat yang satu ini. Banyak sekali bahan – bahan alami yang sudah terbukti ampuh merawat rambut seperti minyak zaitun, lidah buaya, kunyit, dan bahan – bahan alami lainnya. Cara ini sangat aman dan memiliki hasil yang tahan lama.

6. Gunakan Serum Rambut Setelah Keramas

Gunakan Serum Rambut Setelah Keramas

Selanjutnya cara merawat rambut rusak agar kembali sehat yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan serum rambut setelah keramas. Dibandingkan produk perawatan rambut lainnya, serum rambut terbukti lebih optimal dalam memperbaiki tekstur, akar, dan folikel rambut yang rusak serta mencegahnya dari kerusakan. Gunakan serum rambut sesaat setelah keramas pada akar rambut dan sedikit di rambut.

7. Hindari Menggunakan Alat Penata Rambut

Nah, selain beberapa cara merawat rambut rusak agar kembali sehat, tentunya Anda juga harus menghindari penggunaan alat penata rambut agar rambut Anda bisa beristirahat dari suhu panas yang bisa merusak rambut. Cukup rajin menyisir rambut dan merawatnya agar rambut tetap rapi.

Baca juga :   Cara Menggobati Gangguan Pencernaan Tanpa Perlu Keluar Biaya Besar

Bagaimana Cara Memperbaiki Rambut Kering Dan Rusak?

Rambut kering dan rusak bisa disebabkan oleh rambut yang sering diwarnai atau karena seringnya menggunakan alat dan produk untuk rambut panas seperti pengering rambut dan pelurus rambut, yang dapat menghilangkan kelembapan rambut. Rambut juga cenderung menjadi lebih kasar dan rapuh seiring bertambahnya usia, sehingga tak heran jika rambut kita terasa kering, rapuh dan rusak.

Ikuti langkah – langkah berikut untuk melindungi dan mengembalikan kelembapan alami rambut Anda tanpa harus pergi ke salon mahal.

Bagaimana Cara Memperbaiki Rambut Kering Dan Rusak

Cara Merawat Rambut Kering Dan Rusak

Rambut akan menjadi kering jika tidak mendapatkan kelembapan yang cukup sehingga akan kehilangan kilau alaminya dan terlihat kusam. Agar kondisinya tidak semakin parah, ada beberapa cara mengatasi rambut kering dan kasar, di antaranya:

1. Jangan Terlalu Sering Mencuci Rambut

Usahakan untuk tidak mencuci rambut setiap hari. Lakukan setiap dua hari sekali untuk mempertahankan minyak alami di rambut Anda. Jika Anda memiliki minyak di kulit kepala yang tidak dapat Anda tahan, coba gunakan sampo kering untuk mengatasi masalah ini.

2. Gunakan Shampo Dan Kondisioner Yang Tepat

Saat Anda menggunakan sampo, cuci hanya di bagian akar rambut, karena semua minyak terkonsentrasi di sana. Jadi Anda cukup menggunakan kondisioner pada ujung rambut Anda dan hindari akarnya, karena akarnya bisa menjadi berminyak.

3. Gunakan Masker Rambut

Gunakan Masker Rambut

Untuk melembutkan rambut kasar dan menambah kelembapan, gunakan masker rambut minimal seminggu sekali. Oleskan masker ke rambut Anda, ratakan masker ke seluruh rambut Anda dan biarkan selama 20 hingga 30 menit sebelum membilasnya.

4. Rajin Memotong Rambut

Jika Anda memiliki rambut rusak dengan tekstur seperti jerami, hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah memangkas ujung rambut yang rusak atau bercabang agar terlihat lebih baik dan sehat. Rajin memotong rambut juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi rambut rontok dan kering.

5. Pastikan Rambut Anda Tetap Ternutrisi

Rambut kering dan rapuh perlu memperhatikan bahan – bahan dalam produk rambut yang Anda gunakan, dan hidrasi adalah kuncinya. Anda bisa menggunakan produk yang mengandung bahan – bahan seperti shea butter, minyak zaitun, minyak argan, atau minyak kelapa yang terbukti dapat meningkatkan kelembapan rambut.

6. Kurangi Penggunaan Pelurus dan Pengering Rambut

Kurangi Penggunaan Pelurus dan Pengering Rambut

Alat penata rambut yang panas dan sinar matahari bisa menjadi penyebab utama kerusakan rambut. Lindungi rambut Anda dengan mengenakan topi saat berada di luar. Selain itu, sebelum menggunakan alat penata rambut, jangan lupa untuk selalu menggunakan pelindung panas untuk rambut Anda agar tidak rusak. Anda juga harus memastikan rambut 100% kering sebelum menggunakan alat penata rambut apa pun.

Baca juga :   Lidah Sakit Seperti Sariawan? Atasi dengan Cara Gampang Ini

7. Hindari Pewarnaan Rambut

Memiliki gaya rambut yang sama itu membosankan. Tak heran jika Anda memiliki keinginan untuk mewarnai rambut untuk mengubah penampilan. Namun, jika Anda memiliki rambut kering, Anda harus lebih berhati – hati. Karena bahan kimia dalam pewarna dapat membuat rambut Anda lebih kering dan mudah rontok.

8. Banyak Mengkonsumsi Air Putih

Menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan bisa menjadi salah satu cara agar rambut rusak kembali sehat. Sama seperti tubuh, rambut juga dipengaruhi oleh apa yang Anda konsumsi setiap hari. Jadi, pastikan untuk banyak minum air putih agar rambut tetap kuat, tidak kering dan bercabang.

Baca juga : Cara Merawat Rambut Panjang Pria Agar Terlihat Sempurna

9. Ketahui Waktu Mencuci Yang Tepat

Ketahui Waktu Mencuci Yang Tepat

Mungkin banyak dari Anda yang berpikir bahwa keramas setiap hari dapat membuat rambut Anda lebih bersih dan sehat. Padahal, cara ini kurang tepat lho. Melakukan keramas setiap hari justru akan membuat rambut kehilangan minyak alaminya, menyebabkan rambut kering dan mudah rontok. Mencuci rambut 2 hari sekali juga bisa jadi cara mengatasi rambut rontok dan kering lho,

10. Perawatan Keratin

Perawatan keratin bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi rambut kering dan mengembang. Perawatan rambut yang satu ini bisa Anda dapatkan di salon kecantikan. Keratin berfungsi untuk melindungi batang rambut dan menutrisinya agar tidak mudah rontok.

Selain itu, dengan melakukan perawatan keratin, rambut Anda akan terasa lebih lembap dan mudah diatur. Jika budget Anda terbatas, coba gunakan produk perawatan rambut keratin yang bisa Anda beli di supermarket untuk melakukannya di rumah.

Bagaimana Cara Merawat Rambut Rusak Secara Alami?

Memiliki rambut hitam, panjang, dan tebal merupakan dambaan setiap orang, terutama para wanita. Ada banyak cara yang dilakukan seseorang hanya untuk mendapatkan rambut indah yang diinginkannya.

Maka tidak heran jika seseorang yang memiliki masalah rambut, selalu berusaha mencari cara untuk mengatasinya. Misalnya, mereka yang memiliki masalah rambut tipis yang menyebabkan kerontokan. Seseorang bisa menghabiskan banyak uang untuk mendapatkan rambut yang indah, tebal dan tidak rontok.

Bagi Anda yang ingin memiliki rambut panjang dan tebal dengan cara alami yang pasti murah, sebaiknya simak 8 cara merawat rambut rusak secara alami berikut ini yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Bagaimana Cara Merawat Rambut Rusak Secara Alami

Menggunakan Minyak Kelapa

Cara pertama untuk merawat rambut rusak secara alami adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Beberapa kandungan dalam minyak kelapa berfungsi efektif dalam menjaga dan melindungi kesehatan rambut.

Caranya cukup mudah, oleskan minyak kelapa ke kulit kepala secukupnya, lalu pijat perlahan dan lakukan secara rutin.

Memijat Rambut Secara Teratur

Cara merawat rambut alami selanjutnya adalah dengan memijat kulit kepala secara rutin. Hal ini dipercaya berfungsi untuk mengembalikan pertumbuhan rambut dengan cepat karena selama proses pemijatan kepala terjadi peregangan yang membantu pertumbuhan dan ketebalan rambut.

Baca juga :   Berbahaya TBC Dari Pada Batuk Biasa Dan Pengobatan Yang Tepat

Agar mendapatkan hasil yang optimal, disarankan oleh para ahli untuk memijat kepala secara teratur. Selain bisa membantu merawat rambut rusak, cara ini juga bisa memanjangkan rambut dan berfungsi menghilangkan stres akibat ketegangan.

Menggunakan Lidah Buaya

Menggunakan Lidah Buaya

Lidah buaya telah lama dikenal memiliki manfaat yang baik untuk rambut. Pasalnya, lidah buaya mengandung zat yang penting untuk kesehatan dan kesuburan rambut, seperti kalsium, fosfor, vitamin A, B1, karbohidrat, lemak, dan protein.

Oleh karena itu, selain mampu merawat rambut rusak, lidah buaya juga mampu menghitamkan, menghaluskan dan menyuburkan rambut.

Menggunakan Madu

Madu memiliki rasa manis yang juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan rambut. Banyak sekali produk sampo yang menggunakan madu sebagai bahannya. Hal ini karena madu mengandung zat yang baik untuk melindungi rambut dari kerusakan.

Caranya juga mudah seperti bahan – bahan lainnya. Oleskan madu ke seluruh rambut dan diamkan beberapa menit, lalu bilas dengan air bersih secukupnya

Putih Telur

Putih telur merupakan salah satu bahan yang dapat digunakan untuk mengobati berbagai macam masalah rambut. Salah satunya adalah mengatasi rambut tipis dan mudah rontok.

Hal ini dikarenakan telur memiliki kandungan yang sangat baik untuk menyuburkan dan menebalkan rambut. Bagi Anda yang ingin mencoba, siapkan putih telur lalu oleskan pada kulit kepala dan diamkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air bersih secukupnya.

Buah Jeruk

Buah Jeruk

Buah jeruk kaya akan vitamin C yang juga bekerja efektif untuk merawat rambut dari kerusakan. Caranya juga cukup mudah, belah jeruk menjadi dua bagian, lalu oleskan irisan tersebut ke seluruh kulit kepala dan diamkan beberapa menit.

Lakukan perawatan ini 2 hingga 3 kali seminggu. Jika Anda melakukan aktivitas ini secara rutin, maka memiliki rambut indah dan lebat bukan lagi sekedar impian.

Teh Hijau

Cara merawat rambut rusak secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan teh hijau. Seperti diketahui jika teh hijau memang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, tak terkecuali untuk perawatan rambut.

Teh hijau mengandung vitamin C, polifenol, antioksidan, mangan, L-theanine yang berfungsi efektif dalam menutrisi rambut. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu menyeduh teh hijau tersebut, lalu diamkan selama 30 menit dan bilas hingga bersih.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung asam lemak omega-3 yang berfungsi baik untuk menjaga kesehatan dan memberikan manfaat untuk mengatasi kerusakan rambut dan penebalan rambut.
Kandungan dalam minyak zaitun dapat menjaga kelembapan rambut.

Cara menggunakan minyak zaitun untuk perawatan rambut sangatlah mudah, cukup panaskan minyak zaitun dan diamkan selama beberapa menit. Kemudian oleskan dan pijat ke seluruh kulit kepala dan biarkan selama kurang lebih 30 menit dan bilas dengan air bersih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.