Cara Merawat Rambut Tebal Dan Mengembang Yang Susah Diatur

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rambut mengembang sering membuat kesal banyak orang. Bagaimana tidak kesal, jika pada momen – momen penting yang seharusnya menuntut Anda tampil sempurna, tiba – tiba rambut Anda terlihat mengembang dan sulit diatur. Rambut yang mengembang juga bisa menjadi tanda bahwa rambut Anda mulai rontok. Pasalnya, saat rambut rusak dan terlalu kering, lapisan luar atau kutikula rambut akan terangkat dan menyebabkan rambut kehilangan kelembapannya. Sebelum masalah yang kamu hadapi semakin parah, yuk segera cari tahu berbagai cara merawat rambut tebal dan mengembang berikut ini.

1. Memilih Potongan Rambut Yang Tepat

Memilih Potongan Rambut Yang Tepat

Anda bisa merasa bangga jika memiliki rambut tebal dan lebat. Namun, di sisi lain, Anda juga dituntut untuk lebih berhati – hati dalam memilih model potongan rambut yang tepat. Salah satu cara sederhana yang bisa dilakukan pemilik rambut tebal untuk menghindari masalah rambut mengembang adalah dengan menghindari potongan rambut layer.

Hal ini semakin penting bagi pemilik rambut pendek. Ini karena potongan layer yang tidak rata biasanya dimaksudkan untuk menambah volume pada orang yang memiliki rambut tipis. Jika Anda memiliki rambut pendek yang tebal, menambahkan lapisan justru berisiko membuatnya mengembang dan sulit untuk ditata.

2. Lakukan Teknik Blow Dry Dengan Benar

Beberapa orang memiliki kebiasaan mengeringkan rambut, terutama saat ingin pergi ke acara – acara tertentu. Melakukan blow dry untuk menata rambut setelah keramas boleh saja dilakukan, asalkan tidak terlalu sering.

Meski begitu, Anda harus selalu melakukan blow dry dengan teknik yang tepat untuk menghindari masalah rambut mengembang. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan sisir berbentuk pipih atau sisir sikat bulat besar. Pastikan angin yang keluar dari pengering rambut mengarah dari atas ke bawah setiap helai rambut. Ini membantu menghaluskan kutikula rambut dan mencegah rambut kusut.

3. Gunakan Minyak Atau Masker Rambut Secara Teratur

Gunakan Minyak Atau Masker Rambut Secara Teratur

Tips selanjutnya agar rambut tidak mengembang adalah dengan rutin menggunakan minyak atau masker rambut. Pasalnya, rambut yang cenderung mudah mengembang memang membutuhkan sedikit perawatan khusus.

Anda bisa menggunakan minyak rambut setelah keramas saat rambut masih basah. Dengan begitu, minyak bisa lebih baik mengunci kelembapan pada rambut Anda. Selain minyak, penggunaan masker rambut juga bisa digunakan sebagai cara lain untuk mengatasi rambut mengembang. Gunakan masker rambut sesuai dengan jenis rambut Anda, dan oleskan secara merata setelah keramas. Biarkan selama beberapa menit sebelum membilasnya lagi dengan air.

Baca juga :   Sulam Alis Dengan Hasil Yang Sempurna Dan Natural

4. Menerapkan Teknik Plopping Dan Twisting

Cara termudah untuk mencegah rambut Anda tumbuh adalah dengan menerapkan teknik plopping dan twisting. Plopping adalah teknik membungkus rambut basah dengan handuk atau kaos katun untuk mengeringkan rambut. Biasanya plopping dilakukan oleh pemilik rambut keriting.

Teknik ini efektif mencegah rambut keriting menjadi keriting dan mudah rontok setelah keramas. Sedangkan bagi pemilik rambut lurus, Anda bisa menerapkan teknik twisting. Caranya, oleskan sedikit serum setelah Anda blow dry dan bagi rambut menjadi dua bagian.

Selanjutnya, putar perlahan rambut agar kedua bagian tersebut dapat disatukan dan diikat di bawah dagu. Biarkan selama sekitar 10-20 menit sebelum mengurai rambut. Saat kumparan dilepas, rambut Anda akan lebih rapi dan tidak terlalu mengembang.

5. Gunakan Shampo Yang Melembutkan Rambut

Gunakan Shampo Yang Melembutkan Rambut

Berbicara tentang rambut, produk sampo yang Anda gunakan setiap hari tidak bisa dilupakan. Untuk mengatasi rambut mengembang, ada baiknya memilih sampo yang didesain dengan manfaat melembutkan. Sebab, salah satu penyebab utama tumbuhnya rambut adalah kondisi yang kasar dan kaku. Jika rambut selalu dijaga halus dan lembut, risiko rambut mengembang bisa dikurangi.

Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan TRESemmé Keratin Smooth Shampoo. Didesain dengan kandungan utama Hydrolyzed Keratin dan Micro Smoothing Particles yang mampu menyerap hingga 10 lapis rambut secara mendalam. Tidak hanya itu, TRESemmé Keratin Smooth memberikan kelembutan rambut berkualitas salon yang tahan lama (hingga 48 jam) setiap hari.

6. Jangan Lewatkan Menggunakan Kondisioner Setelah Keramas

Satu hal yang terkadang terlewatkan setelah Anda selesai keramas adalah penggunaan kondisioner. Padahal, menggunakan kondisioner bisa menjadi cara mengatasi rambut gebu yang juga efektif dan mudah dilakukan, lho.

Dengan menggunakan kondisioner maka kelembapan rambut akan lebih terjaga dan tidak mudah kering. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kondisi kering ini juga bisa menjadi salah satu penyebab tumbuhnya rambut.

Cara Mengatasi Rambut Mengembang Menjadi Lurus Alami

Setiap orang pasti ingin memiliki rambut yang sehat dan indah. Sayangnya, rambut seringkali membandel dan sulit diatur, terutama saat bangun tidur. Untungnya, ada beberapa cara untuk meluruskan rambut keriting agar Anda tidak mengalami bad hair day.

Cara Mengatasi Rambut Mengembang Menjadi Lurus Alami

Cara Meluruskan Rambut Mengambang

Rambut yang tumbuh dan terlihat kusut sebenarnya disebabkan oleh keadaan rambut yang terlalu kering.

Baca juga :   Cara Perawatan Rambut Rusak Yang Tepat Agar Sehat Dan Indah

Sayangnya, masalah ini tidak bisa diselesaikan dengan tinggal di tempat yang lembab, karena rambut akan menyerap kelembapan dari udara dan menyebabkan kutikula (lapisan pelindung) rambut membengkak.

Hal ini menyebabkan kutikula membentuk sisik yang tumpang tindih, membuat rambut rusak dan terlihat kusut.

Namun, jangan khawatir, karena ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meluruskan atau melembutkan rambut yang mengembang dan berantakan.

1. Menggunakan Kondisioner

Menggunakan kondisioner setelah menggunakan sampo merupakan salah satu langkah perawatan rambut yang tidak boleh dilewatkan jika Anda memiliki rambut kering.

Kondisioner rambut adalah produk yang diciptakan untuk membuat rambut lebih mudah diatur. Tujuan utamanya adalah untuk mengurangi gesekan pada helaian rambut saat menyikat atau menyisir.

Baca juga : Kacamata Untuk Wajah Oval Hidung Pesek Dengan Model Yang Tepat

Tidak hanya membuat rambut lebih halus, jika digunakan dengan benar, kondisioner juga dapat mengurangi jumlah ujung bercabang dan memperkuat folikel rambut sehingga tidak mudah rontok.

Selain kondisioner yang harus dibilas setelah keramas, Anda juga bisa menggunakan kondisioner tanpa bilas yang cukup didiamkan pada rambut sepanjang hari.

2. Jangan Terlalu Sering Mencuci Rambut

Jangan Terlalu Sering Mencuci Rambut

Memang, keramas bisa membersihkan kotoran yang menempel di rambut, terutama setelah Anda bepergian dan terkena polusi.

Sayangnya, keramas juga akan menghilangkan minyak alami yang dibutuhkan untuk menjaga rambut tetap lembut. Dengan kata lain, terlalu sering keramas juga bisa membuat rambut mengembang dan kering.

Sebenarnya frekuensi keramas yang tepat tergantung dari kondisi dan jenis rambut masing – masing. Namun, biasanya disarankan untuk rambut kering setiap dua atau tiga hari sekali.

3. Menyisir Rambut Saat Kering Atau Lembab

Menyisir rambut yang langsung basah setelah keramas akan membuat rambut lebih lemah, rapuh, dan mudah patah.

Menyisir rambut saat basah membuat helaiannya lebih tegang, sehingga saat kering rambut akan menjadi rusak, kusut, dan bergoyang. Karena itu, tunggulah beberapa saat sebelum rambut mengering baru mulailah menyisir.

Baca juga :   Cara Merawat Mata Rabun Tergantung Dari Penyebab Utamanya

Jika rambut Anda lurus, biarkan sedikit mengering lalu sisir dengan lembut menggunakan sisir bergigi jarang. Sedangkan untuk rambut keriting, sisir rambut dalam keadaan lembap dengan sisir bergigi jarang.

4. Menggunakan Cuka Sari Apel

Cara lain untuk meluruskan rambut keriting adalah dengan menggunakan cuka sari apel. Cuka sari apel berfungsi untuk menyeimbangkan keasaman rambut (pH). Normalnya, pH rambut berkisar antara 4,5 hingga 5,5.

Jika pH rambut terlalu tinggi, kutikula bisa terbuka dan membuat rambut Anda membengkak. Karena itu, rambut membutuhkan asam, misalnya dari cuka sari apel.

Selain itu, cuka sari apel juga bermanfaat untuk kesehatan rambut karena sifat antibakteri dan antijamurnya yang berpotensi mencegah Anda dari masalah ketombe.

Untuk hasil terbaik, aplikasikan pada rambut dua kali seminggu secara teratur dengan menggunakannya sebagai kondisioner rambut.

5. Menggunakan Masker Rambut

Anda juga bisa menggunakan masker khusus untuk rambut. Cara ini cukup efektif untuk meluruskan dan menutrisi rambut kering dan mengembang.

Tidak harus selalu membeli, Anda juga bisa membuat masker rambut sendiri dari bahan sehari – hari seperti alpukat atau putih telur.

Kandungan pada vitamin A dan vitamin E yang ada dalam alpukat dapat membantu meluruskan rambut Anda. Sedangkan pada putih telur bisa membuat rambut Anda terlihat lebih berkilau.

Buat bahan – bahan ini menjadi pasta, lalu oleskan ke rambut Anda dan diamkan selama 15 menit. Anda juga bisa menambahkan minyak rambut alami seperti minyak kelapa atau minyak argan ke dalam campuran masker rambut Anda.

Apa Yang Harus Dihindari Saat Rambut Tumbuh

Apa Yang Harus Dihindari Saat Rambut Tumbuh

Tidak hanya melakukan langkah – langkah di atas, ada beberapa hal yang harus dihindari jika ingin mengatasi rambut mengembang.

Pertama, kurangi penggunaan pengering panas seperti hair dryer atau pelurus rambut. Jika perlu, atur tingkat panas ke terendah.

Kedua, hindari melakukan terlalu banyak prosedur yang dapat mengubah struktur rambut dalam satu waktu, seperti meluruskan, mengeriting, atau mewarnai rambut.

Sebaiknya, lakukan berbagai prosedur secara bertahap dengan memberikan jeda waktu sekitar 8 sampai 10 minggu.

Terakhir, jika cara dan tindakan pencegahan sudah dilakukan tetapi tidak membuahkan hasil, jangan ragu untuk pergi ke dokter rambut untuk mengatasi masalah Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.