Cara Merawat Rambut Kering Dan Kusam Dengan Perawatan Yang Tepat

Semua wanita menginginkan rambut yang berkilau dan lembut. Oleh karena itu, kebanyakan dari kita akan menghabiskan waktu untuk pergi ke salon. Sayangnya, tanpa perawatan yang tepat, efek perawatan rambut di salon ini akan hilang dalam satu hingga dua minggu. Jadi, tak jarang rambut justru kembali terlihat kusam dan kekurangan energi. Tapi, bagaimana cara menghindarinya? Langsung saja simak penyebab dan cara merawat rambut kering dan kusam berikut ini, yuk!

Berbagai Penyebab Dan Cara Mengobati Rambut Kering Dan Kusam

Berbagai Penyebab dan Cara Mengobati Rambut Kering dan Kusam

Secara garis besar, rambut terdiri dari dua jenis, yaitu batang dan akar. Untuk memahami masalah rambut kering dan kusam, Anda perlu memperhatikan hal – hal yang berkaitan dengan batang dan akar rambut yang mungkin menjadi penyebab rambut kering dan kusam. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Pola Makan Tidak Sehat

Salah satu bagian rambut, yaitu akar, tidak hanya menjalankan fungsinya sebagai perekat rambut di folikel kulit kepala Anda. Pasalnya, akar juga berfungsi untuk mendapatkan nutrisi dan oksigen yang didistribusikan tubuh dalam peredaran darah. Karena itu, kekurangan nutrisi tertentu bisa menjadi penyebab rambut kering dan kusam.

Cara mengatasi rambut kering dan kusam yang dapat dilakukan melalui asupan nutrisi adalah dengan memperbanyak makan ikan yang mengandung Omega-3 yang dapat membuat rambut tampak berkilau. Selain kandungan tersebut, ada juga vitamin A, vitamin C, zat besi, dan biotin yang sekaligus dapat menjaga kesehatan rambut.

2. Kebiasaan Mencuci Yang Salah

Kalau keramas rambut masih sering pake air hangat gak? Perlu disadari bahwa air hangat mampu membersihkan minyak alami yang dihasilkan oleh kelenjar sebaceous. Dalam tingkat yang berlebihan, ini mungkin sah untuk dilakukan. Namun, jika minyaknya rendah, rambut Anda bisa kehilangan minyak alami yang membuat rambut berkilau dan lembap.

Cuci secara teratur dan bilas dengan air dingin. Setelah selesai, Anda bisa menggunakan kondisioner untuk menambah kelembapan ekstra. Selain mengandung nutrisi yang dibutuhkan rambut, kondisioner juga mengandung humektan dan emolien yang berfungsi menjaga kelembapan dan kelembutan alami rambut.

3. Penerapan Penataan Rambut Yang Tidak Tepat

Penerapan Penataan Rambut Yang Tidak Tepat

Mengeringkan rambut setelah keramas dengan pengering rambut atau meluruskan rambut dengan setrika juga dapat membuat rambut menjadi kering. Kedua alat ini menghasilkan panas yang dapat menghilangkan kelembapan alami rambut.

Cara merawat rambut kering dan kusam yang harus Anda terapkan adalah dengan berhenti menggunakan pengering atau pelurus rambut. Namun, jika tidak memungkinkan, Anda juga dapat mengurangi dampaknya dengan menurunkan suhu atau mengurangi frekuensi penggunaan.

4. Sinar UVA dan UVB

Matahari memancarkan sinar yang dapat membantu produksi vitamin D dalam tubuh Anda. Namun, jika terkena rambut dan dalam keadaan lama, sinar UVA dan UVB dari matahari bisa membuat rambut terlihat kusam dan rapuh.

Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung antioksidan untuk membantu menangkal radikal bebas yang dihasilkan oleh sinar UVA dan UVB. Kemudian, ketika keluar, gunakan topi atau payung, terutama jika cahayanya paling terang.

5. Faktor Biologis

Jika tidak ada masalah dari dalam dan masalah dari luar, bisa jadi penyebab rambut kering adalah faktor biologis. Misalnya, Anda mungkin memiliki faktor genetik yang menyebabkan kulit kepala Anda menghasilkan lebih sedikit kelembapan. Kemudian, Anda mungkin berada pada usia di mana rambut Anda cenderung lebih kering karena kelenjar sebaceous yang menyempit.

Baca juga :   Cara Membedakan Bercak Putih di Mata Akibat Ulkus Kornea dan Katarak

Anda perlu menerapkan perawatan ekstra untuk rambut kering dan kusam. Misalnya, berikan nutrisi rambut dari luar dengan rutin menggunakan vitamin rambut, masker rambut, atau minyak rambut. Kemudian Anda juga bisa melakukan deep conditioning (membiarkan conditioner selama 30 menit agar menyerap lebih banyak) seminggu sekali. Namun, jika faktor biologis bukan penyebabnya, Anda perlu memahami bahwa cara ini juga bisa digunakan.

Itulah penyebab dan cara merawat rambut kering dan kusam yang perlu Anda ketahui. Kesimpulannya, banyak sekali faktor yang membuat rambut terlihat kering dan kusam, jadi perlu dipahami penyebabnya agar bisa dilakukan solusi dengan tepat.

Cara Agar Rambut Pria Tidak Kering Dan Kusam

Rambut kering pria bisa terjadi karena terlalu sering keramas, paparan sinar matahari, dan perawatan rambut yang tidak tepat. Simak cara agar rambut pria tidak kering dan kusam yang tepat.

Merawat rambut bukan hanya wajib bagi wanita. Pria juga membutuhkan perawatan agar rambut tetap sehat dan indah alami. Tanpa perawatan rambut yang tepat, berbagai masalah rambut akan muncul, termasuk rambut kering. Lantas, bagaimana cara mengatasi rambut kering pada pria?

Cara Agar Rambut Pria Tidak Kering Dan Kusam

Penyebab Rambut Kering Pada Pria

Sebelum mengetahui cara mengatasi rambut kering pada pria, alangkah baiknya untuk mengetahui lebih dalam mengenai penyebab rambut kering pada pria. Pada dasarnya, rambut kering adalah masalah umum bagi wanita dan pria dari segala usia.

Penyebab rambut kering pada pria adalah saat kulit kepala kering sehingga tidak bisa memproduksi cukup minyak alami. Padahal, keberadaan minyak alami bertujuan untuk melembapkan rambut.

Kelenjar sebaceous atau juga dikenal sebagai sebum di folikel rambut berfungsi untuk menghasilkan minyak alami dan melembabkan serta melindungi helai rambut Anda. Umumnya, pria dengan rambut yang keriting cenderung lebih sering mengalami rambut kering.

Hal ini karena sebum tidak dapat mencapai ujung rambut seperti pada pria dengan rambut lurus atau bergelombang. Meski menjengkelkan, rambut kering pria bukanlah pertanda kondisi medis yang serius. Berikut penyebab rambut kering pada pria selengkapnya.

Baca juga : Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata Agar Selalu Sehat Dan Terjaga

1. Terlalu Sering Keramas

Salah satu penyebab rambut kering pada pria adalah terlalu sering keramas. Mencuci rambut terlalu sering dapat menghilangkan minyak alami di kulit kepala, menyebabkan rambut mudah kering. Ini terutama berlaku untuk pria dengan rambut keriting.

2. Paparan Sinar Matahari

Penyebab rambut kering pada pria selanjutnya adalah paparan sinar matahari. Paparan sinar matahari yang terlalu lama dapat merusak lapisan luar rambut Anda yang dikenal sebagai kutikula.
Kutikula melindungi dan mengunci kelembapan pada rambut. Saat kutikula rambut rusak, rambut Anda bisa rentan kering, bahkan rapuh.

3. Perawatan Rambut Yang Tidak Tepat

Penyebab rambut kering pada pria selanjutnya adalah kebiasaan mengeringkan rambut menggunakan pengering rambut atau mencuci rambut dengan air panas.

Selain itu, jika Anda sering menggunakan produk rambut, seperti gel rambut atau pomade yang mengandung bahan keras, dapat meningkatkan risiko rambut kering pada pria. Penggunaan shampo dengan bahan keras dan alkohol juga dapat menyebabkan rambut kering.

4. Usia

Penyebab rambut kering selanjutnya adalah usia. Seiring bertambahnya usia, tubuh Anda mungkin menghasilkan lebih sedikit sebum atau minyak alami. Akibatnya, rambut Anda menjadi lebih rentan terhadap kekeringan.

Baca juga :   Jelaskan Gangguan Pada Tulang Yang Diakibatkan Oleh Infeksi

5. Kondisi Medis Tertentu

Selain hal – hal yang menyebabkan rambut kering yang telah disebutkan di atas, kondisi medis tertentu juga membuat rambut kering pada pria sulit diatur.

Misalnya, penderita gangguan makan anoreksia nervosa berisiko mengalami rambut kering karena penyerapan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh berkurang.

Rambut kering pada pria dengan hipoparatiroidisme dan hipotiroidisme juga dapat terjadi. Pada hipoparatiroidisme, kelenjar paratiroid di leher menghasilkan terlalu sedikit hormon paratiroid.

Rendahnya kadar hormon ini menyebabkan penurunan kadar kalsium, yang merupakan mineral penting untuk kesehatan rambut.

Pada hipotiroidisme, kelenjar tiroid tidak dapat menghasilkan cukup hormon tiroid. Salah satu gejala kekurangan hormon tiroid adalah dapat membuat rambut kering dan rapuh.

Kondisi medis lain yang menyebabkan rambut kering adalah sindrom Menkes. Kondisi langka ini terjadi karena sel – sel tubuh tidak dapat menyerap mineral tembaga dengan cukup. Kekurangan tembaga bisa membuat rambut tidak sehat, termasuk membuatnya kering.

Cara Mengatasi Rambut Kering Pada Pria

Cara Mengatasi Rambut Kering Pada Pria

Setelah mengetahui penyebab rambut kering pada pria, kini Anda bisa menerapkan cara mengatasi rambut kering yang tepat, di antaranya:

1. Jangan Sering Mencuci Rambut

Salah satu cara mengatasi rambut kering pada pria adalah dengan menghindari keramas terlalu sering. Mencuci rambut terlalu sering dapat mengurangi produksi minyak atau sebum alami rambut. Anda dapat mencuci rambut dengan benar 2-3 kali seminggu.

2. Pilih Sampo Untuk Rambut Kering

Jika Anda memiliki rambut kering, pastikan untuk menggunakan sampo yang dirancang khusus untuk rambut kering untuk pria. Umumnya sampo untuk rambut kering mengandung zat yang dapat melembabkan rambut, seperti dimethicone dan cyclomethicone.

Tidak hanya itu, penggunaan sampo untuk rambut kering juga berperan dalam menjaga kutikula rambut agar mengunci minyak alami agar tetap lembab.

3. Gunakan Kondisioner Rambut

Selain sampo, cara mengatasi rambut kering pada pria selanjutnya adalah dengan menggunakan kondisioner.

Seorang penata rambut terkemuka menunjukkan bahwa kondisioner tidak hanya digunakan untuk wanita, tetapi juga diperlukan untuk merawat rambut kering pria. Pasalnya, sampo bisa menyebabkan rambut kering karena mengikis minyak alami dan nutrisi rambut.

Nah, penggunaan kondisioner berfungsi seperti pelembab yang bertujuan untuk melembapkan kulit kepala, memperlancar aliran darah, serta menjaganya agar tetap sehat dan berkilau. Apalagi, rambut pria biasanya lebih pendek dan tipis. Jadi, Untuk penggunaan kondisioner rambut sangat penting untuk dapat mengembalikan volume rambut pria.

Cara menggunakan kondisioner adalah dengan mengoleskannya ke ujung rambut dan batang rambut yang biasanya lebih mudah kering. Diamkan selama 20-30 menit, jangan langsung dibilas agar kandungan conditioner bisa terserap dengan baik oleh helaian rambut.

Usahakan untuk tidak mengoleskan terlalu banyak kondisioner rambut ke kulit kepala.
Sebab, hal ini justru bisa membuat kulit kepala berminyak.

4. Cuci Dengan Air Dingin

Setelah menggunakan sampo dan kondisioner rambut, bilas rambut Anda dengan air dingin untuk memperbaiki helaian rambut agar tidak mengering dan menyegarkan kulit kepala Anda. Mencuci rambut dengan air dingin juga bisa membuat rambut lebih lembap dan tumbuh lebih cepat.

5. Keringkan Rambut Dengan Lembut

Setelah keramas, keringkan rambut dengan menepuk – nepuk kepala dan biarkan kering. Hindari penggunaan pengering rambut terlalu sering karena suhu panas dapat membuat rambut dan kulit kepala lebih mudah kering.

Jangan juga menggunakan handuk untuk menggosok rambut jika ingin cepat kering. Pasalnya, menggosok rambut yang masih basah justru berisiko merusak kutikula rambut.

Baca juga :   Hipnoterapi Jogja Dapat Membantu Mengatasi Masalah Anda

6. Potongan Rambut Biasa

Cara mengatasi rambut kering pada pria selanjutnya adalah dengan rutin memotong rambut.
Potongan rambut adalah cara yang bagus untuk menghilangkan rambut rusak, termasuk rambut kering pria.

Oleh karena itu, potonglah rambut Anda secara rutin sebagai cara mengatasi ujung rambut yang kering dan bercabang.

Jika Anda ingin menumbuhkan rambut lebih lama, ada baiknya untuk terus memangkas ujung rambut secara teratur setiap 6-8 minggu untuk mencegah dan menghilangkan bagian rambut yang kering, kasar, dan sulit diatur.

7. Batasi Penggunaan Produk Rambut

Penggunaan produk rambut yang berlebihan, seperti gel rambut, semprotan rambut, pewarna, pomade, dan produk rambut lainnya juga dapat meningkatkan risiko pria mengalami rambut kering.

Hal ini tentu saja dapat mengganggu kenyamanan dan penampilan Anda. Jadi, sebisa mungkin batasi penggunaan produk rambut saat menata atau menyisir rambut.

Jika tetap ingin menggunakan produk rambut, hindari memilih bahan – bahan keras untuk rambut, seperti yang mengandung alkohol, antara lain isopropil alkohol, propanol, propil alkohol.

8. Gunakan Vitamin Rambut

Cara mengatasi rambut kering juga membutuhkan vitamin agar lebih sehat dan kuat. Menggunakan vitamin rambut dapat membantu rambut kering Anda terlihat lebih bernutrisi.

Ada berbagai produk vitamin rambut untuk dipilih, tetapi pastikan untuk menggunakan vitamin khusus untuk rambut kering.

9. Gunakan Minyak Esensial

Cara alami lainnya untuk mengatasi rambut kering pada pria adalah dengan menggunakan minyak esensial.  Anda dapat mencuci rambut menggunakan beberapa jenis minyak esensial yang kaya akan vitamin E dan molekul antioksidan.

Jenis minyak ini dapat membantu menyegel lapisan luar rambut dengan kelembapan, sehingga memperbaiki rambut yang rusak.

Beberapa jenis minyak yang bisa Anda gunakan, yaitu minyak zaitun, minyak jojoba, minyak jagung, dan minyak kelapa. Anda bisa mencuci rambut dengan minyak hangat (tidak panas), memijat kulit kepala dengan lembut, dan membungkusnya dengan handuk selama 30 menit.
Terakhir, bilas rambut Anda dengan air dan sampo hingga bersih.

10. Pakailah Topi

Cara mengatasi rambut kering pada pria selanjutnya adalah dengan membatasi paparan sinar matahari menggunakan topi saat melakukan aktivitas di luar ruangan.

Paparan sinar UV dapat merusak rambut Anda sehingga terlihat kering dan kusam. Anda juga bisa mengoleskan lidah buaya untuk meredakan kerusakan rambut, termasuk rambut kering, dari paparan sinar UV.

11. Perhatikan Asupan Makanan

Nutrisi yang berasal dari makanan juga menjadi cara mengatasi rambut kering pada pria, yang tak kalah pentingnya. Nutrisi untuk perawatan rambut bisa berasal dari berbagai vitamin dan protein.
Beberapa vitamin dan mineral yang berperan dalam kesehatan rambut adalah vitamin A, vitamin C, biotin (vitamin H), dan zat besi.

Selain itu, sumber protein hewani dapat menjaga rambut agar tidak rontok dan membuatnya berkilau karena kandungan peptida dan omega-3 di dalamnya. Sumber protein hewani bisa berasal dari tiram, salmon, makarel, tuna, dan sarden.

Berbagai cara mengatasi rambut kering pria di atas bisa Anda lakukan untuk mendapatkan rambut yang sehat, halus, kuat, dan berkilau. Namun, jika rambut kering pria disertai dengan gejala kerusakan rambut lainnya, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mengetahui penyebab dan pengobatan yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.