Daun Kelor Untuk Mata Penglihatan Mata Menjadi Lebih Baik

Ukurannya memang kecil, namun daun kelor memiliki banyak manfaat untuk tubuh, terutama kesehatan. Daun yang satu ini dikenal memiliki banyak vitamin dan mineral. Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO pun mengakui manfaat daun kelor untuk mata. Konon, daun kelor bisa dijadikan obat tradisional. Salah satunya menyembuhkan kanker.

Daun Kelor Untuk Mata

Tanaman yang memiliki nama latin Moringa oleifera ini berasal dari Asia Selatan. Ciri khas daun kelor adalah ukurannya yang kecil, bentuknya lonjong dan bertangkai.

Tingginya bisa mencapai 11 meter dengan ujung dahannya dihiasi bunga kuning dengan aroma yang harum. Untuk dapat mengetahui lebih lanjut tentang manfaat daun kelor untuk mata dan untuk kesehatan, simak ulasannya berikut ini.

Daun Kelor Untuk Mata

Tak hanya vitamin A pada wortel, daun kelor juga dikenal memiliki kesehatan mata. Kandungan antioksidan yang tinggi pada daun kelor mampu mengurangi munculnya gangguan penglihatan.

Selain itu, daun kelor juga mencegah pelebaran pembuluh retina, penebalan selaput kapiler, dan menghambat kerusakan retina.

Menurunkan Gula Darah

Gula darah tinggi menjadi hal yang dihindari banyak orang karena dapat memicu penyakit diabetes. Padahal, daun kelor bisa menjadi obat alternatif untuk menurunkan kadar gula darah.

Sebuah penelitian di Mumbai, India telah membuktikan bahwa daun kelor dapat diolah menjadi teh atau sayuran. Olahan ini jika dikonsumsi bisa membantu menurunkan kadar gula darah secara signifikan. Tak heran, daun kelor kerap dijadikan obat herbal oleh masyarakat di India untuk menurunkan kadar gula.

Anti Penuaan

Daun kelor mengandung hormon melimpah yang disebut zeatin dan dihyrozeatins. Sehingga bila dikonsumsi manusia, kedua hormon ini juga bisa memperlambat penuaan. Selain itu daun kelor yang dikenal sebagai kandungan antioksidan yang tinggi.

Pencernaan

Pencernaan

Bagi anda yang memiliki penyakit maag, daun kelor juga bisa menjadi obat alternatif untuk dapat menyembuh penyakit maag. Daun kelor diketahui memiliki fungsi anti inflamasi yang jika dikonsumsi secara rutin dapat meningkatkan pencernaan dan gejala penyakit maag secara signifikan.

Selain itu, ekstrak di dalam daun kelor yang mampu membantu mengobati beberapa gangguan pada lambung seperti sembelit, gastritis, dan kolitis ulserativa. Adanya antibiotik dan sifat antibakteri dari tanaman kelor dapat membantu menghambat pertumbuhan berbagai patogen. Sedangkan kandungan vitamin B yang tinggi yang ada di dalamnya juga dapat membantu melancarkan pencernaan.

Mengurangi Peradangan

Jika tubuh mengalami infeksi atau cedera, maka akan menimbulkan peradangan. Kondisi bisa menjadi masalah serius jika berlangsung lama, seperti penyakit jantung dan kanker.

Namun untuk menghindarinya bisa diobati dengan daun kelor. Senyawa isothiocyanate yang terdapat pada daun kelor yang mampu menjadi anti inflamasi utama untuk dapat mencegah peradangan.

Menjaga Fungsi Otak

Kandungan vitamin C dan E yang tinggi pada daun kelor efektif melawan stres oksidatif yang berhubungan dengan penyakit otak, yaitu Alzheimer. Ini telah diuji dalam penelitian hewan yang menunjukkan hasil yang menjanjikan.

Baca juga :   Penyebab Mata Gatal Setiap Malam Dan Cara Mengatasi Mata Gatal

Tak hanya itu, daun kelor juga bisa meningkatkan dopamin dan serotonin, dua hormon peningkat kebahagiaan. Dengan demikian, daun kelor mampu menjaga fungsi otak agar tidak mudah mengalami depresi.

Mengobati Kanker

Salah satu manfaat daun kelor yang paling terkenal adalah mengobati kanker. Ini karena kandungan niazimicin pada ekstrak daun kelor yang dapat membantu mencegah perkembangnya kanker.

Tak hanya itu, beta-sitosterol dalam daun kelor juga telah terbukti dapat mengobati pembesaran prostat dan membantu mengurangi pertumbuhan sel kanker prostat dan usus besar.

Manfaat Daun Kelor Untuk Mata Dan Cara Pengolahannya

Daun kelor memang menjadi menu langka yang jarang tersaji dalam daftar sayuran pilihan. Namun tahukah Anda jika kandungan daun kelor justru saat yang baik untuk kesehatan mata, lho. Hal ini tentunya penting, dimana di era sekarang ini anak-anak sudah melekat dengan gadget yang dapat menurunkan fungsi mata.

Manfaat Daun Kelor Untuk Mata Dan Cara Pengolahannya

Tanaman kelor merupakan salah satu tanaman tropis yang banyak ditemukan di negara Asia. Tanaman kelor jarang dikonsumsi karena kalah dengan jenis sayuran lainnya. Namun berdasarkan penelitian daun kelor termasuk dalam makanan bergizi yang dianjurkan (Recommended Dietary Allowance -RDA) karena kandungan vitamin A dan zat gizi pendukung lainnya.

Manfaat Daun Kelor Untuk Mata

Seperti diketahui, banyak penelitian yang menunjukkan bahwa manfaat daun kelor sangat banyak, salah satunya untuk kesehatan mata. Manfaat daun kelor untuk mata pertama adalah membantu mempertajam penglihatan bagi penderita minus dan rabun senja, Bahkan katarak dan glaukoma bisa dicegah dengan daun kelor.

Dengan mengkonsumsi daun kelor secara rutin penglihatan akan menjadi lebih baik dan jelas. Berdasarkan penelitian, kandungan vitamin C yang tinggi pada daun kelor tujuh kali lipat lebih banyak dibandingkan buah jeruk. Nah, vitamin C inilah yang berperan sangat penting dalam menjaga kesehatan mata kita secara keseluruhan, termasuk dengan mata minus. Lihat juga : Mata Tiba Tiba Bengkak Sangat Mengganggu Penampilan

Vitamin C pada daun kelor kaya akan antioksidan alami untuk melawan radikal bebas sehingga masalah mata dapat ditangani dengan baik. Daun kelor juga mengandung mineral dan nutrisi lainnya, serta kaya akan anti oksidan yang dapat memperbaiki sel sehingga dapat mendukung pemulihan fungsi mata.

Manfaat daun kelor yang lain adalah mencegah penyakit mata. Hal tersebut bisa terjadi berkat kandungan vitamin A dan retinol yang tinggi di dalamnya. Bisa katarak, rabun dekat, dan rabun dekat. Retinol dalam daun kelor berfungsi pada batang retina dan membuat penglihatan mata menjadi lebih baik.

Cara Menggunakan Daun Kelor untuk Perawatan Mata

Cara penggunaan daun kelor untuk pengobatan mata sangatlah sederhana, bahkan hanya menjadikannya sebagai lalapan sehari-hari saja anda bisa langsung mendapatkan manfaat daun kelor. Namun untuk mendapatkan hasil yang optimal, Anda bisa membuat ramuan daun kelor untuk obat tetes mata sehari-hari.

Baca juga :   Masker Penghilang Mata Panda Dengan Berbagai Bahan Alami

Caranya siapkan 3-4 lembar daun kelor yang sudah dicuci bersih, lalu haluskan hingga benar-benar empuk. Campur daun kelor dengan 1 gelas air aduk lalu diamkan hingga ampas daun kelor mengendap di dasar gelas. Gunakan air yang telah diendapkan tadi sebagai obat tetes mata secara rutin setiap hari. Dan dalam 3-4 minggu penglihatan mata Anda akan membaik.

Nah, itulah tadi manfaat daun kelor untuk mata. Meski pesona daun kelor sebagai sayuran sudah pudar, manfaatnya tetap prima. Maka dari itu, jangan ragu untuk mengonsumsi daun kelor ya Moms.

Cara Memasak Daun Kelor Yang Benar

Cara mengolah daun kelor tidak hanya dimasak sebagai sayuran. Selain dijadikan teh, daun ini juga bisa diolah menjadi permen jelly, lho! Dibalik kesederhanaan daun kelor ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Cara mengolah daun kelor cukup mudah dan bervariasi,

Cara Memasak Daun Kelor Yang Benar

Mudah dijumpai, daun Moringa Oleifera merupakan tanaman hijau dengan kandungan nutrisi yang sangat baik. Daun kecil ini memiliki 46 antioksidan kuat yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas.

Untuk anda mendapatkan kandungan nutrisi tersebut, Maka cara mengolah daun kelor penting dilakukan agar nutrisinya tidak hilang Dan Seperti apa bentuk pengolahan daun kelor yang tepat? berikut adalah penjelasannya.

Cara Menyiapkan Daun Kelor

Daun kelor juga mengandung 18 asam amino, 8 di antaranya dibutuhkan tubuh untuk membangun sel baru. Dalam 100 gram daun kelor terdapat kandungan vitamin C yang setara dengan 7 kali lipat vitamin C pada jeruk, 4 kali lipat kalsium pada susu, 4 kali lipat vitamin A pada wortel, 3 kali lipat kalium pada pisang, dan 2 kali lipat kalsium pada buah pisang. protein dalam telur.

Kandungan nutrisi daun kelor yang tinggi membuatnya banyak digunakan dalam industri jamu modern dalam bentuk bubuk untuk suplemen.

Meski begitu, manfaat daun kelor bisa Anda dapatkan dengan pengolahan sederhana di rumah. berikut beberapa cara mengolah daun kelor yang bisa Anda coba.

1. Rebus

Cara mengolah daun kelor yang paling tradisional adalah dengan merebusnya, kemudian memakannya seperti lalapan pada pecel atau lalap. Namun, sebaiknya daun kelor tidak direbus terlalu lama, agar kandungan antioksidan di dalamnya tidak larut dalam air yang dibuang setelah Anda selesai merebus daun tersebut.

2. Masak Dengan Saus

Memasak daun kelor dengan kuah pada prinsipnya mirip dengan memasak bayam. Anda harus merebus air hingga mendidih, lalu tambahkan daun kelor, jagung muda kupas, daun salam, serta garam dan gula sesuai selera.

Makan sayur kelor selagi masih hangat agar Anda bisa mendapatkan efek kesehatan dari antioksidan yang ada di dalam daun kelor. Selain itu, mengonsumsi sayur berdaun kelor saat masih hangat juga akan menambah cita rasa yang nikmat, lho.

Baca juga :   Cara Membersihkan Mata Kelilipan Yang Aman Dan Ampuh

3. Jadikan Sebagai Teh

Jadikan Sebagai Teh

Cara mengolah daun kelor cukup variatif yaitu dengan membuatnya diseduh teh atau dicelupkan. Pilih daun kelor yang masih berada di dalam batang agar mudah saat digantung nanti dengan tali di ruangan tertutup yang berventilasi. Proses pelayuan ini memakan waktu tiga hari.

Jangan biarkan daun kelor di bawah terik matahari, karena akan merusak kandungan nutrisi di dalamnya. Setelah layu, daun kelor yang baik (tidak menguning dan tidak terinfeksi) dikeringkan dalam oven.

Selanjutnya, haluskan daun dalam blender sehingga Anda bisa memasukkannya ke dalam kantong teh dan membuat kantong teh. Namun daun kering ini juga bisa diseduh langsung dengan air panas menjadi seduh teh.

4. Mengolahnya Menjadi Permen Jelly

Ingin mencoba cara mengolah daun kelor kekinian? Daun ini bisa Anda jadikan sebagai produk permen jelly yang bergizi tinggi dan enak di lidah, bahkan untuk anak-anak.

Untuk membuat permen jelly dari daun kelor, Anda harus menyiapkan agar-agar bubuk, bubuk daun kelor (dalam proses pembuatan seperti teh), air, gula, dan (jika ada) sirup glukosa. Caranyapun sangat mudah, panaskan air, gula, dan sirup glukosa, kemudian campur bubuk daun kelor dan masak hingga mendidih.

Setelah itu tambahkan jelly powder dan pewarna makanan, jika mau. Setelah mendidih, tuang adonan ke dalam wadah atau cetakan, tutupi dengan aluminium foil, dan simpan pada suhu ruang selama 24 jam. Kemudian permen jelly bisa dikeluarkan dari cetakan atau dipotong sesuai selera.

Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan

Melakukan cara mengolah daun kelor yang benar akan memberikan berbagai manfaat daun kelor untuk kesehatan, di antaranya:

Mengurangi gejala asma. Daun kelor dipercaya dapat meningkatkan fungsi paru-paru pada orang dewasa jika dikonsumsi secara rutin selama 3 minggu.

Mencegah penyakit diabetes. Saat dikonsumsi dengan obat tertentu, daun kelor dapat menghambat penyerapan gula oleh tubuh sehingga kadar gula darah tidak langsung naik setelah mengonsumsi makanan tertentu.

Tingkatkan produksi ASI. Daun kelor juga bermanfaat bagi ibu menyusui, karena tanaman ini dapat meningkatkan produksi ASI (ASI) dalam jangka pendek setelah 1 minggu konsumsi.

Perbaiki status gizi anak. Manfaat daun kelor juga dapat dirasakan oleh anak-anak, karena mengandung banyak nutrisi dan baik untuk si kecil.

Mengurangi gejala menopause. Menopause biasanya ditandai dengan hot flushes dan insomnia. Namun konsumsi daun kelor yang direbus dipercaya dapat menguranginya.

Perlu diketahui bahwa manfaat daun kelor memang belum terbukti secara medis. Anda bisa mendiskusikan penggunaan serta cara mengolah daun kelor dengan dokter, agar tidak bertentangan dengan pengobatan yang sedang Anda jalani.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.