Jus Wortel Untuk Mata Dan Juga Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Wortel yang merupakan salah satu sayuran yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Oleh karena itu, kita harus sering untuk mengkonsumsi secara rutin jus wortel untuk mata. Meski dikenal sangat baik dalam menjaga kesehatan mata, ternyata manfaat jus wortel sangat beragam lho.

Wortel yang kaya akan berbagai vitamin, mulai dari vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, dan juga vitamin K. Selain itu, wortel juga merupakan sumber karotenoid atau beta – karoten, kalium, serat, dan antioksidan. Semua kandungan yang baik tersebut tentunya sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.

Menjaga Kesehatan Tubuh Tingkatkan Kekebalan

Menurut Database Nutrisi Nasional Departemen Pertanian Amerika Serikat, nutrisi dalam satu gelas jus wortel umumnya mengandung:

  • 94 kilokalori
  • 2,24 gram protein
  • 1,35 gram lemak
  • 21,9 g karbohidrat
  • 1,89 g serat
  • 689 mg kalium
  • 20,1 g Vitamin C
  • 0,217 mg Vitamin B (tiamin)
  • 0,512 mg Vitamin B6
  • 2.256 mcg Vitamin A
  • 36,6 mcg Vitamin K

Agar lebih yakin untuk mengonsumsi jus wortel, yuk lanjutkan membaca artikel ini untuk dapat mengetahui manfaat jus wortel sebagai sumber nutrisi, vitamin, dan serat!

1. Menjaga Kesehatan Tubuh Tingkatkan Kekebalan

Jus wortel yang merupakan sumber beta – karoten yang merupakan salah satu antioksidan yang paling kuat. Oleh karena itu, jus wortel dipercaya sangat baik untuk kesehatan mata dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Nutrisi pada jus wartel berkontribusi pada kesehatan tulang, sistem saraf yang lebih kuat, dan membantu meningkatkan kekuatan otak. Antioksidan yang ada dalam wortel, selain dapat membantu tubuh melawan kerusakan akibat radikal bebas, juga dapat melindungi tubuh dari bakteri berbahaya, virus, dan juga peradangan.

2. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Apakah Anda memiliki metabolisme yang buruk? Coba untuk, rutin untuk mengosumsi jus wortel, tidak hanya jus wortel untuk mata, jus wortel juga dapat membantu sekresi empedu, sehingga metabolisme akan meningkat.

Jika Anda juga ingin menghilangkan kebiasaan minum soda atau minuman manis, jus wortel juga bisa menjadi pilihan. Hasil? Tubuh yang lebih sehat dan proses penurunan berat badan yang lebih cepat bagi Anda yang sedang diet.

3. Menurunkan Risiko Kanker

Terbentuknya sel – sel abnormal yang berkembang biak tak terkendali akibat kanker, membuat tubuh kewalahan untuk mengalahkannya. Untuk dapat mengurangi risiko terkena kanker,maka dengan mengonsumsi jus wortel bisa menjadi salah satu hal yang bisa Anda lakukan.

Baca juga :   Cara Menghilangkan Mata Panda Permanen Yang Ampuh

Pasalnya, Kandungan antioksidan yang terdapat pada jus wortel yang dapat membantu untuk menghentikan kerusakan sel sehingga dapat memberikan perlindungan terhadap berbagai jenis kanker.

4. Memperbaiki Masalah Kulit

Manfaat jus wortel selanjutnya adalah terkait dengan kesehatan kulit. Kandungan vitamin C yang ada pada wortel memiliki manfaat untuk penyembuhan, sehingga dapat membantu kulit pulih lebih cepat dari luka luar. Padahal, kandungan betakarotennya juga membantu mengurangi peradangan kulit lho.

Jika Anda memiliki riwayat masalah pada kulit seperti dengan ruam atau juga psoriasis, Maka sangat di sarankan untuk anda selalu meminum jus wortel untuk dapat memperbaiki masalah pada kuli.

5. Kehamilan Lebih Sehat

Kehamilan Lebih Sehat

Jus wortel sarat dengan kalsium, folat, kalium, magnesium, serta vitamin A dan C. Semua ini bermanfaat selama kehamilan – bahkan setelah kehamilan.

Kalsium membantu perkembangan tulang janin yang lebih kuat, sementara folat mencegah cacat lahir. Vitamin A dan vitamin C yang ada didalam jus wortel juga mampu melindungi ibu hamil dan juga janin dari radikal bebas, memperkuat kekebalan tubuh dan mengurangi risiko infeksi pada janin.

6. Mengontrol Kolesterol Tubuh

Kendalikan kolesterol tubuh Anda tanpa obat? Tentu saja bisa, silakan. Tambahkan jus wortel yang mengandung potasium ke dalam diet Anda. Namun, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum menghentikan obat yang sudah diresepkan, ya.

7. Memperkuat Fungsi Otak

Tingkatkan fungsi kognitif dan kurangi risiko masalah memori dan demensia terkait dengan usia dengan anda mengonsumsi jus wortel secara teratur, yang kaya akan beta – karoten.

8. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Apakah Anda mudah terkena flu? Tingkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dan bantu tubuh Anda melawan infeksi dengan mengonsumsi jus wortel. Kandungan antioksidannya dapat membantu melawan radikal bebas, kerusakan sel, dan peradangan, serta kandungan vitamin C-nya juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Berbagai manfaat yang ada pada jus wortel seperti yang telah dijelaskan di atas, pasti dapat membuat Anda ingin untuk mengonsumsinya secara rutin untuk mendapatkan manfaat baiknya.

Bahaya Jus Wortel

Wortel yang memiliki kandungan vitamin A yang tinggi yang dapat membuat wortel semakin digemari. Namun, meski memberikan nutrisi, makan wortel terlalu banyak akan memiliki efek samping. Karena itu, penting untuk mengonsumsinya dalam jumlah sedang, ya. Wortel memili beberapa efek samping atau bahaya jika wortel terlalu banyak dikonsumsi.

Baca juga : Cara Mengobati Mata Minus Dengan Wortel Yang Efektif

Baca juga :   Serum Alis Dan Bulu Mata khusus Untuk Menebalkan Dan Melebatkan

Bahaya wortel Jika Dikonsumsi Berlebihan

Selain kandungan nutrisi dan vitamin yang bermanfaat bagi tubuh, berikut adalah efek samping atau bahaya wortel yang bisa dialami tubuh jika terlalu banyak mengonsumsi wortel.

Bahaya Jus Wortel

1. Menyebabkan Keracunan Vitamin A

Wortel adalah sayuran yang kaya akan vitamin A, namun akan tetapi jika dikonsumsi terlalu banyak juga dapat menyebabkan keracunan makanan. Bahaya wortel ini disebut hipervitaminosis A.

The SAGE Journal mencatat bahwa gejala keracunan vitamin A dapat mencakup kehilangan nafsu makan, mual, muntah, rambut rontok, kelelahan, dan mimisan.

Keracunan terjadi karena vitamin A larut dalam lemak. Kelebihan vitamin A yang tidak dibutuhkan oleh tubuh akan disimpan di hati atau jaringan lemak. Hal inilah yang dapat menyebabkan penumpukan vitamin A dari waktu ke waktu dan pada akhirnya dapat menyebabkan keracunan.

Menurut jurnal Vitamin A Toxicity, keracunan vitamin A kronis dapat mengganggu sistem organ. Termasuk dapat menghambat pembentukan tulang, dan dapat menyebabkan tulang patah dan menjadi lemah, dan jika terjadi dalam jangka panjang juga dapat mempengaruhi fungsi ginjal.

2. Perubahan Warna Kulit

Bahaya wortel jika Anda makan terlalu banyak dapat menyebabkan karotenemia, suatu kondisi tidak berbahaya yang mengubah kulit menjadi oranye karena terlalu banyak beta-karoten dalam aliran darah.

Satu wortel ukuran sedang mengandung sekitar 4 miligram beta – karoten. Mengambil lebih dari 20 miligram beta – karoten setiap hari selama beberapa minggu dapat menyebabkan perubahan warna kulit.

Kelebihan beta – karoten dalam darah juga akan membuat kulit lebih tebal, seperti pada telapak tangan, telapak kaki, lutut, siku, dan bahkan lipatan di sekitar hidung.

Ini adalah area pertama yang biasanya dilihat orang ketika berubah menjadi oranye. Dan itu bisa lebih terasa pada orang dengan kulit yang lebih cerah. Perubahan warna kulit akan terus menggelap seiring kita lebih banyak mengonsumsi makanan yang kaya akan beta – karoten. Karotenemia biasanya didiagnosis dengan meninjau riwayat diet Anda dan menguji kadar darah.

Baca juga :   Minyak Zaitun Untuk Bulu Mata Agar Bulu Mata Sehat Dan Cantik Alami

3. Dapat Menyebabkan Reaksi Alergi

Alergi wortel dapat mempengaruhi lebih dari 25 persen orang dengan alergi makanan. Gejala alergi pada wortel termasuk dengan gatal atau bisa juga menyebabkan pembengkakan pada bibir dan iritasi pada mata dan juga hidung.

4. Masalah Perut

Salah satu efek samping dari makan banyak wortel atau bahaya wortel, termasuk bisa menyebabkan perut kembung.

Wortel juga mengandung serat yang tidak larut. Jika ada peningkatan sementara dalam konsumsi serat makanan, ini dapat mengiritasi usus, dan dapat menyebabkan sembelit jika Anda tidak minum cukup cairan untuk membantu serat bergerak melalui saluran usus.

5. Mungkin Tidak Aman Untuk Bayi

Mungkin Tidak Aman Untuk Bayi

Ini lebih berkaitan dengan ukuran wortel. Tongkat wortel membawa risiko bayi tersedak. Karena itu, Anda mungkin ingin membatasi jumlah wortel yang Anda berikan kepada bayi Anda.

Jus wortel memang memiliki beberapa manfaat yang baik untuk tubuh kita, namun jika dikonsumsi dalam jumlah sedang.

6. Kurang Serat Makanan

Menurut Database Nutrisi Nasional USDA, wortel secara alami kaya akan serat, satu porsi wortel cincang mengandung 3,6 gram serat.

Namun, salah satu kelemahan pada jus wortel adalah kehilangan sebagian besar kandungan serat wortel, dan hanya menyisakan kandungan serat larut nabati. Ini membuat nutrisi jus wortel lebih rendah kualitasnya dari pada wortel mentah utuh.

7. Kalori Tinggi Dalam Jus Wortel

Bahaya lainnya yang terdapat pada jus wortel yang tinggi kalori, karbohidrat, dan juga gula dibandingkan dengan wortel cincang dalam jumlah yang sama.

Jus wartel tidak hanya mempengaruhi berat badan Anda, tetapi juga dapat menyebabkan masalah jika Anda penderita diabetes dan khawatir dengan kadar gula darah Anda.

8. Pentingnya Varietas Sayuran Mentah dan Wortel

Pentingnya Varietas Sayuran Mentah dan Wortel

Penting juga untuk mengkonsumsi sayuran dari kategori lain, seperti dengan sayuran hijau tua, sayuran bertepung, kacang – kacangan, yang akan membantu kita mendapatkan berbagai nutrisi penting yang tidak bisa diberikan oleh jus wortel saja.

Itulah beberapa bahaya wortel dan jus wortel jika dikonsumsi secara berlebihan. Makan wortel secukupnya saja, dan Anda bisa mengombinasikannya dengan sayuran lain untuk asupan sayur harian Anda, bukan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.