Cara Mengobati Mata Minus Dengan Wortel Yang Efektif

Banyak pengunjung situs kami menanyakan cara mengobati mata minus dengan wortel, oleh sebab itu dalam postingan kali ini kami ingin sekali mengulas tentang ini, jika anda tertarik silakan lanjut baca postingan ini. Sebagai pemulaan mari kita mulai dengan wortel dan kandungan nutrisinya.

Wortel dan kandungan nutrisinya

Sayuran yang bernama latin Daucus carota ini memiliki beragam nutrisi yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi manusia. Dalam 100 gram wortel terdapat 41 kalori; 0,24 gram (gr) lemak; 9,58 gram karbohidrat; dan 0,93 gram protein. Selain itu, wortel juga mengandung kalsium dan fosfor.

Wortel mengandung berbagai vitamin, seperti 12.000 IU vitamin A, 0,06 miligram vitamin B1, dan 6 miligram vitamin C.Karena memiliki kadar vitamin A yang cukup tinggi, wortel dinilai sangat baik untuk kesehatan mata.

Kandungan nutrisi pada wortel yang bermanfaat untuk kesehatan mata seperti:

Vitamin A

Vitamin A dapat mencegah kekeringan pada kornea yang dapat mempengaruhi penglihatan. Selain itu, vitamin A juga dapat mencegah radikal bebas yang dapat merusak sel retinal dan lensa, yang dapat menurunkan ketajaman penglihatan.

Lutein dan zeaxanthin

Lutein dan zeaxanthin merupakan jenis karotenoid yang sangat berguna untuk mencegah penyakit mata degenerasi makula terkait usia (AMD). Ini adalah penyakit yang mempengaruhi retina dan menyebabkan gejala penglihatan menurun.

Satu studi yang diterbitkan pada Oktober 2015 menyatakan bahwa orang yang mengonsumsi lutein dan zeaxanthin memiliki risiko 40 persen lebih rendah terkena AMD. Kedua komponen ini dapat menangkal sinar yang berbahaya bagi penglihatan dan melindungi dari kerusakan akibat radikal bebas.

Beta karoten

Wortel juga kaya akan beta karoten, yang memberi warna oranye cerah. Beta karoten juga sangat bermanfaat bagi kesehatan mata karena ia menambahkan kadar vitamin A dengan cepat.

Efektifkah Mengobati Mata Minus Dengan Wortel ?

Wortel sering dikatakan sangat penting untuk kesehatan mata. Ini tidak salah. Khususnya pada anak-anak, kandungan karotenoid pada wortel dapat membantu menjaga ketajaman penglihatan.

Baca juga :   Kacamata Untuk Mata Juling Dapat Membantu Mengobati Mata anda

Kandungan dalam wortel seperti vitamin A juga bermanfaat untuk mencegah kekurangan vitamin A atau yang disebut Xeroftalmia. Namun, tidak ada tempat bagi vitamin A dan karotenoid untuk mengobati mata minus.

Selain itu, salah satu penyebab mata minus adalah bola mata yang lebih panjang. Kandungan nutrisi yang ada pada wortel tidak dapat mengubah bentuk bola mata Anda.

Wortel memang bisa membantu anda untuk mengobati mata minus. Karena didalamnya sudah ada kandungan wortel seperti vitamin A dan beta karoten tetap baik untuk mata.

Anda juga bisa mengobati mata minus dengan berbagai cara. Misalnya membaca di tempat terang dan tidak berbaring, tidak terlalu lama menatap layar komputer, dan tidak membaca di mobil yang sedang berjalan. Selain itu, perhatikan jarak aman membaca, yaitu sekitar 30 cm.

Bagi anda ingin mencoba mengobati mata minus dengan wortel tentu saja wartel ini bisa dikonmsi langsung atau dibuat kan dalam bentuk jus.

Cara membuat jus wortel untuk mata minus

Untuk membuat jus wortel untuk mata minus anda membutuhkan bahan-bahan seperti berikut ini:

Bahan-bahan

  • 1 porsi
  • 1 bh wortel bandung/wortel brastagi ukuran sedang
  • 1 bh tomat
  • 2 bh kurma
  • 1/8 lemon, ambil airnya (boleh skip)
  • secukupnya es batu

Lahkah-Langakah:

  • Cuci wortel & tomat, lalu potong-potong agar mudah diblender
  • Masukkan semua bahan ke dalam blender.
  • Lalu blender dengan kecepatan rendah hingga halus. Jangan diblender dengan kecepatan tinggi karena panasnya blender dapat mengurangi vitamin buah.

Tidak perlu menambahkan gula karena kurma sudah menjadi pemanis alami. Tuang jus ke dalam gelas, siap dinikmati setiap hari.

Cara menyembuhkan mata minus dalam 1 minggu

Mata minus bisa disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya kebiasaan buruk yang sering dilakukan seperti; membaca dalam gelap, membaca sambil berbaring, dan terlalu sering menatap monitor. Tapi tenang, mata minus bisa berkurang dalam waktu seminggu. Berikut cara menyembuhkan mata minus dalam 1 minggu :

Baca juga :   Ciri-Ciri Mata Iritasi Softlens Dan Cara Mengatasinya

Pijat mata

Aktivitas pijat tidak hanya dilakukan pada tubuh, tetapi juga pada area mata. Fungsi pijat mata sendiri adalah untuk memperbaiki dan mengendurkan otot mata, sehingga dapat menjadi salah satu cara untuk menyembuhkan mata minus. Pijat dengan lembut titik-titik di sekitar mata. Pijatan dilakukan dengan menekan dan memutar.

Mengeringkan Mata di Pagi Hari

Mengeringkan mata di pagi hari bisa menjadi salah satu cara untuk menyembuhkan mata minus. Seperti yang Anda ketahui, sinar matahari pagi sangat baik untuk tubuh, termasuk mata. Lakukan aktivitas ini dengan menutup kedua mata dan mengarahkannya ke matahari hingga mata terasa hangat.

Palming Mata

Teknik Mata palming bisa menjadi salah satu cara untuk menyembuhkan mata minus. Teknik ini dilakukan dengan menggosokkan kedua tangan Anda hingga hangat, lalu meletakkannya di atas mata yang tertutup. Energi hangat dari menggosok kedua tangan bisa membantu proses penyembuhan mata minus.

Cara mengurangi mata minus menurut dokter

Bagi Anda yang semakin risih dengan memakai kacamata atau lensa kontak, namun belum memiliki pilihan yang bagus untuk mengurangi mata minus, berikut penjelasan singkat tata cara mengurangi mata minus yang bisa Anda pertimbangkan:

Terapi refraksi kornea atau ortokeratologi

Terapi mata minus ini tidak memerlukan pembedahan, tetapi Anda harus memakai lensa kontak khusus. Lensa ini anda membantu untuk memperbaiki kelengkungan kornea mata dengan cara menekan kornea mata secara bertahap.

Dengan metode ini, cahaya jatuh tepat di retina dan Anda dapat melihat jauh lebih jelas. Lensa kontak ini digunakan pada malam hari dan dipakai seperti lensa kontak biasa.

laser mata

Prinsip laser mata adalah memperbaiki bentuk kornea mata dengan menggunakan sinar laser. Kornea mata terdiri dari dua lapisan, yaitu lapisan dalam (stroma) dan lapisan luar (epitel).

Baca juga :   Cara Menghilangkan Bintitan Dalam Semalam Terbukti Ampuh

Mata minus bisa disebabkan oleh bentuk kornea mata yang terlalu cembung. Dengan terapi laser, kornea mata bisa dibuat lebih rata, sehingga cahaya bisa langsung jatuh ke retina.

Menyembuhkan mata minus menurut islam

Setiap kali anda berwudhu tetes air sisa wudhu yang menepel di wajah atau dikulit anda ke mata, hal diyakini dapat mempercerah penglihatan anda.

Cara selanjutnya yaitu membaca selawat sambil membasahi ibu jari dan telunjuk sedikit saja dengan air ludah sebanyak tiga kali sehabis solat, cara ini juga bisa untuk mempercerah penglihatan anda.

Cara mengobati mata minus dengan daun sirih

Menyembuhkan mata minus dengan daun sirih juga menjadi solusi. Minyak atsiri pada daun sirih mengandung beberapa jenis zat seperti kavikol. Zat kavikol bermanfaat sebagai anti oksidan pada mata sehingga dapat melindungi dan menyembuhkan mata dari minus.

Berikut cara menyembuhkan mata minus dengan daun sirih:

  • Siapkan 2 lembar daun sirih
  • cuci daun sirih
  • tempelkan daun sirih pada kedua mata
  • biarkan saat tidur, dan lepas keesokan harinya.

Kesimpulan

Demikialan postingan tentang cara mengobati mata minus dengan wortel yang bisa kami bagikan dalam postingan ini, bagi anda ingin mengetahui makanan agar mata sehat yang wajib anda konsumsi ada di postingan ini yah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *