Penyebab Kantung Mata Hitam Dan Cara Mengatasinya

,Kantung mata hitam memang bukan masalah bagi satu atau dua orang saja, Namun akan tetapi hampir semua orang pernah merasakannya. Kita sering menyelesaikan masalah tetapi tidak memahami penyebab masalahnya sendiri.

Ketidaktahuan ini dapat membawa kita ke solusi yang salah. Suka menggunakan produk sembarangan atau justru tetap mempertahankan kebiasaan buruk yang justru memperburuk kondisi kantung mata.

Penyebab kantung mata hitam

Karena itu, kenali penyebab kantung mata hitam. Berikut 10 penyebab kantung mata hitam.

1. Minum Kopi Terlalu Banyak

Hidup di masa ketika kopi sangat populer dan digila oleh hampir semua lapisan masyarakat sehingga ada yang tertarik, bahkan hobi minum kopi. Meski kopi membuat mata terjaga, kebiasaan minum 4-5 cangkir kopi sehari justru akan membuat tubuh Anda dehidrasi, cepat lelah, dan memengaruhi kondisi mata.

Jika Anda tidak bisa mengurangi kafein, ada baiknya mulai mengganti kopi dengan teh hijau tanpa gula karena mengandung banyak antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit dan dapat membuat kulit tampak lebih cerah.

2. Alergi

Alergi terhadap sesuatu dapat menyebabkan lingkaran hitam pada mata, terutama jika Anda tidak tahan dan menggaruknya.

Satu-satunya cara Anda dapat mencoba untuk mengatasi masalah ini adalah dengan sepenuhnya menghindari barang-barang yang dapat menyebabkan alergi.

3. Faktor Genetik

Jika Anda pernah mengalami lingkaran hitam sejak Anda masih kecil, artinya lingkar hitam yang Anda alami adalah faktor genetik. Secara umum, faktor genetik bisa berkisar dari pigmentasi hingga bentuk tulang mata yang pada akhirnya membuat mata terlihat lebih gelap.

Tidak ada cara untuk sepenuhnya menghilangkan faktor genetik ini. Namun Anda bisa melakukan perawatan kulit di area mata agar kulit tampak lebih cerah.

4. Malas Membersihkan Riasan Mata

Kamu termasuk orang yang suka make up tapi sering malas membersihkannya? Tahukah Anda kalau kebiasaan ini bisa menjadi penyebab munculnya lingkaran hitam di bawah mata.

Apalagi jika hal tersebut sering terjadi, tidak menutup kemungkinan akan membuat kondisi di bawah mata semakin gelap.

5. Kurang Tidur

Kurang tidur adalah faktor yang dikenali kebanyakan orang sebagai penyebab mata hitam kandung kemih.

Anda bisa mengatasinya dengan tidur yang cukup dan mengompresnya dengan air dingin agar lebih rileks dan tidak menghitam.

6. Kurangi Minum

Saat tubuh mengalami dehidrasi, tidak hanya rasa haus yang muncul, tetapi juga dapat memicu tubuh untuk mudah lelah.

Salah satu bagian tubuh yang mudah lelah adalah mata. Dehidrasi bisa membuat mata mudah terasa lelah, sehingga melebarkan pembuluh darah di sekitar mata sehingga membuat area mata menjadi hitam.

7. Paparan Sinar Matahari

Baca juga :   Benjolan Di Sudut Mata Terasa Perih Atau Nyeri Saat Disentuh

Disadari atau tidak, paparan sinar matahari akan membuat kulit berubah warna dan bisa menunjukkan tanda-tanda penuaan dini. Salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan mengoleskan tabir surya di bawah mata untuk melindunginya dari sinar matahari.

8. Tidur Tengkurap

Tidur tengkurap juga bisa menyebabkan lingkaran hitam pada mata anda.

Cobalah tidur miring untuk meningkatkan sirkulasi darah dan mencegah masalah seperti lingkaran hitam dan mata bengkak.

9. Membasuh Wajah dengan Air Panas

Kulit di sekitar mata sangat tipis dan sensitif. Oleh karena itu, Anda harus sangat berhati-hati dalam merawatnya. Mencuci wajah dengan air panas dapat mempercepat pigmentasi. Ini adalah kebiasaan buruk yang bisa membuat lingkaran hitam di bawah mata semakin sulit dihilangkan.

10. Terlalu Sering Menggosok Mata

Kulit halus di bawah mata sangatlah halus dan sensitif, sehingga rentan terhadap kerusakan. Menggosoknya terlalu sering dapat menyebabkan reaksi peradangan dan menyebabkan kulit menjadi gelap.

Cara Menghilangkan Mata Panda Dalam Semalam

Kurang tidur atau begadang biasanya menyebabkan mata panda. Mata panda atau lingkaran hitam pada mata juga bisa disebabkan oleh beberapa hal lain seperti dehidrasi atau kekurangan vitamin, stres dan bahkan penuaan.

Cara Menghilangkan Mata Panda Dalam Semalam

Tip alami untuk menghilangkan mata panda

pertama yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan kentang. Oleskan sedikit kentang ke kantung mata dan biarkan selama 15 menit atau semalaman. Sifat pemutihan atau pencerahan alaminya akan memudarkan mata panda dalam semalam.

Air mawar juga memiliki manfaat memudarkan mata panda dalam semalam. Caranya cukup usapkan air mawar menggunakan kapas. Kulit gelap di kelopak mata juga akan hilang.

Tomat juga akan membuat mata panda langsung menghancurkan. Giling tomat dan kemudian oleskan di kelopak mata bawah untuk dapat mencerahkan kulit semalaman.

Madu juga dikenal sebagai pencerah kulit. Cara menggunakan nya oleskan madu pada kelopak mata anda di bagian bawah dan diamkan selama sekitar 20 menit atau semalaman.

Salah satu solusi sederhana dan populer adalah dengan menggunakan mentimun. Potong saja mentimun dan letakkan di atas mata. maka kantung mata akan hilang, dan juga akan menyegarkan area mata.

Hancurkan daun mint lalu oleskan pada area kantung mata. Biarkan selama kurang lebih 30 menit lalu bilas. Ini akan membantu mencerahkan dan menghilangkan kantung mata.

Sama seperti mentimun, lidah buaya juga memiliki fungsi yang sama lho, Potong lidah buaya dan oleskan gel pada kelopak mata selama beberapa menit sebelum dibilas.

Mata Hitam Semua

Mata hitam terlihat seperti memar di sekitar mata. Ketika pembuluh darah kecil atau kapiler, di permukaan kulit, pecah, darah akan bocor ke jaringan sekitarnya. Ini menyebabkan perubahan warna atau memar.

Baca juga :   Obat Mata Merah Yang Aman Dan Sangat Cocok Untuk Anda

Mata Hitam Semua

Kebanyakan warna hitam tidak serius tetapi terkadang bisa menjadi indikator keadaan darurat medis seperti patah tulang pada tengkorak. Mata hitam juga disebut sebagai mata memar dan di sekitar mata.

Mata hitam bisa muncul setelah prosedur pembedahan seperti operasi hidung atau facelift. Mata hitam bisa terjadi ketika darah dari dahi atau hidung turun di bawah mata karena gravitasi.

Mata rakun berarti darah yang menetes ke mata dan dikaitkan dengan retakan di dasar tengkorak. Selama beberapa hari, warna hitam dan biru dari memar di sekitar mata akan berubah menjadi kuning atau hijau.

Ini karena darah di bawah kulit akhirnya pecah dan diserap ke jaringan sekitarnya. Bergantung pada jumlah darah yang terkumpul di kulit, diperlukan waktu sekitar dua minggu sampai jaringan kembali ke warna normal.

Mata hitam juga bisa menjadi tanda seseorang dengan riwayat alergi (alergi shinner).

Penting untuk diperhatikan bahwa memar yang tidak dapat dijelaskan pada seseorang yang Anda kenal mungkin merupakan tanda kekerasan dalam rumah tangga. Penyedia layanan kesehatan Anda diharuskan oleh hukum untuk mengajukan pertanyaan untuk memastikan Anda aman dalam situasi rumah tangga.

Diagnosis Mata Hitam

Mereka akan menanyakan bagaimana cedera itu terjadi dan menanyakan tentang cedera terkait.

Dokter akan menguji penglihatan Anda dengan menyinari mata Anda dan juga meminta mata Anda mengikuti gerakan jari mereka. Jika diduga patah tulang, Anda akan diminta untuk melakukan CT scan dan rontgen pada wajah dan kepala.

Jika dicurigai cedera mata, Anda akan diminta untuk menemui dokter mata. Spesialis mungkin mengoleskan pewarna ke mata untuk menguji cedera pada bola mata.

Jika diduga terjadi cedera kepala, Anda akan dirujuk ke ahli bedah saraf. Jika diduga patah tulang, Anda akan dirujuk ke spesialis THT.

Kondisi lain yang mungkin terkait dengan mata hitam meliputi:

  • Tulang hidung patah;
  • Menderita dampak yang keras;
  • Demam berdarah;
  • Hemofilia tipe A atau B;
  • Hematoma epidural;
  • Mata darurat;
  • Cedera kepala;
  • Kekurangan faktor II, V, VII atau X;
  • Sindrom yang disebabkan oleh bayi yang terguncang;
  • Tengkorak retak;
  • Hematoma subdural
  • Penyakit Von Willebrand.
  • Reaksi alergi

Perawatan Mata Gelap

Mata gelap akibat luka ringan bisa diobati dengan es, istirahat dan obat pereda nyeri. Pemeriksaan rutin dengan dokter Anda disarankan jika Anda mengalami perubahan penglihatan atau nyeri yang tidak kunjung hilang.

Jika pembengkakan berkurang, Anda bisa mengoleskan kompres hangat untuk membantu memperlancar aliran darah.

Untuk nyeri dan denyutan, Anda bisa menggunakan pereda nyeri seperti ibuprofen atau acetaminophen. Hindari menekan area yang nyeri.

Baca juga :   Produk Menghilangkan Mata Panda Kulit Menjadi Lembab Dan Kencang

Ada beberapa pengobatan rumahan yang dapat Anda gunakan untuk mengobati mata gelap. Kompres es adalah metode terbaik. Terkadang orang langsung menggunakan daging beku. Sebaiknya hindari penggunaan ini, karena daging mengandung bakteri berbahaya.

Arnica adalah ramuan yang bagus untuk mengobati atau mengurangi pembengkakan. Pilihan lainnya adalah mencampurkan 5 sendok makan vaseline encer dengan cabai rawit untuk membuat salep alami.

Tapi hati-hati dengan obat ini. Salep dapat membuat mata Anda terbakar jika bersentuhan satu sama lain. Vitamin C dan K juga membantu meredakan dan mengurangi pembengkakan.

Anak kecil perlu mengoleskan kompres dingin ke mata mereka selama 15 menit sehari. Mereka juga perlu memakai penutup mata karena pembengkakan memaksa mata mereka untuk menutup.

Di rumah, tempatkan kepala anak lebih tinggi dari jantungnya selama satu atau dua hari. Cobalah untuk mencegah mereka menjadi terlalu aktif. Juga cegah anak Anda untuk mengucek mata.

Mata hitam yang disertai gejala lain yang membutuhkan perhatian medis perlu mendapat perhatian medis. Mata hitam juga bisa menjadi tanda patah tulang wajah.

Jika Anda merasakan patah tulang di wajah atau tengkorak. Jika sakit kepala terus berlanjut atau Anda mengalami kehilangan penglihatan atau kehilangan kesadaran, mata hitam mungkin merupakan gejala retakan. Gejala lain dari retakan termasuk mual, muntah, pusing, lesu dan kehilangan ingatan.

Hal serius lainnya adalah darah atau cairan bening mengalir dari hidung atau telinga Anda. Darah di bola mata juga perlu diperhatikan. Ini bisa menjadi tanda jaringan bola mata robek atau kerusakan darah di mata.

Hal ini menyebabkan peradangan dan infeksi, yang dapat membuat mata Anda sulit untuk bergerak dan mengaburkan penglihatan Anda.

Komplikasi Mata Hitam

Jika Anda memiliki alergi yang parah, Anda mungkin mengalami pembengkakan mata alergi.

Mata sembab ini menyebabkan lingkaran hitam atau munculnya mata gelap karena aliran darah agak terhambat. Pembuluh darah kecil di bawah mata akan dibanjiri darah dan membesar karena darah yang kembali ke jantung lebih lambat.

Meski kemungkinannya tinggi, mata hitam pada anak tanpa tanda trauma bisa menjadi gejala leukemia tipe myeloid.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *