Keriting Bulu Mata Lebih Praktis Dan Bisa Lebih Awet

Memiliki bulu mata yang panjang tapi tidak melengkung, rasanya tidak enak. Tetapi jika Anda harus melengkungkan bulu mata Anda setiap kali dan memulasinya dengan maskara, Anda merasa tidak punya cukup waktu.

Selain itu, menjepit bulu mata juga berisiko membuat bulu mata menjadi rapuh dan mudah patah. Sementara itu, memakai bulu mata palsu juga bisa menimbulkan risiko kerusakan bulu mata asli jika bulu mata palsu tidak dilepas dengan cara yang benar. Jika ini masalah yang Anda alami, mungkin Anda bisa mencoba solusi lain yaitu bulu mata keriting.

Keriting bulu mata

Dengan bulu mata keriting semi permanen, bulu mata keriting bisa lebih awet. Layanan potong bulu mata ini sudah lama tersedia di salon kecantikan.

Teknologi lash-curling ini disebut eyelash perming atau eyelash curling. Teknik ini bisa menjaga efek pengeritingan bulu mata selama dua atau tiga bulan, jadi Anda tidak memerlukan penjepit bulu mata dan maskara saat merias mata.

Proses pengeritingan ini bisa dilakukan di klinik kecantikan dan ditangani oleh ahli kecantikan terpercaya. Biasanya biaya proses pengeritingan bulu mata berkisar Rp. 100.000 – Rp. 200.000.

Tahapan Proses Pengeritingannya Seperti Ini:

Ahli kecantikan akan menyiapkan penjepit bulu mata khusus yang berbentuk seperti roller mini, kemudian roller ini diletakkan di bawah kelopak mata. Kemudian lanjutkan dengan proses pengeritingan helai bulu mata.

Ahli kecantikan akan mengoleskan gel bulu mata khusus, agar bulu mata tidak lepas dan memudahkan pengaplikasian obat keriting. Gel ini dioleskan ke bulu mata dan diamkan selama 2-3 detik.

Kemudian potong bulu mata per helai agar tetap melengkung ke atas dengan sempurna.

Langkah selanjutnya adalah pengaplikasian obat pengeriting bulu mata khusus pada setiap helai. Kemudian mata ditutup dengan bungkus plastik selama 15-20 menit.

Setelah itu, baru dimasukkan cairan penetral selama 20 menit.

Penutup mata kemudian dilepas dan dibersihkan dari sisa obat pengeriting menggunakan minyak zaitun murni.

Nah, setelah bulu mata melengkung secara alami, yang harus Anda lakukan hanyalah mengoleskan maskara agar bulu mata Anda terlihat tebal selamanya.

Eyelash Bulu Mata

Sebagai cara mempercantik tampilan mata, extension bulu mata juga menjadi pilihan bagi sebagian wanita. Pasalnya, Anda tidak perlu lagi repot mengaplikasikan maskara karena eyelash extension sudah membuat bulu mata Anda melengkung dan tebal secara instan.

Baca juga :   Obat Infeksi Mata Untuk Mengatasi Keluhan Yang Muncul Pada Mata

Eyelash Bulu Mata

Apakah Anda tertarik melakukan extension bulu mata? Tunggu dulu, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu informasi lengkapnya tentang perawatan bulu mata ini. Mulai dari proses pemasangan, perawatan, hingga kelebihan dan kekurangannya. Dengan begitu, Anda dapat menghindari semua efek samping yang tidak diinginkan.

Apa Itu Ekstensi Bulu Mata?

Extension bulu mata merupakan proses mempercantik tampilan bulu mata dengan cara menempelkan untaian bulu mata palsu dan membuatnya tampil semi permanen tanpa maskara.

Berbeda dengan penggunaan bulu mata palsu yang bisa langsung ditempelkan ke kelopak mata dengan menggunakan lem, eyelash extension dipasang langsung ke bulu mata alami Anda satu per satu. Itu sebabnya proses penginstalan bisa memakan waktu hingga 2-3 jam.

Ada beberapa jenis bahan yang biasanya digunakan untuk membuat bulu mata untuk perawatan ini. Mulai dari bahan sintetis seperti serat plastik dan bulu palsu, hingga bahan alami seperti bulu dan sutra.

Perawatan bulu mata ini dirancang untuk menempel pada bulu mata Anda dan mengikuti siklus pertumbuhan bulu mata alami. Biasanya bulu mata bisa bertahan dari satu setengah bulan hingga dua bulan.

Selain memastikan dikerjakan oleh orang yang memiliki lisensi dan ahli, pastikan juga bahwa perekat yang digunakan adalah lem bedah yang tidak menyebabkan iritasi yang dirancang untuk menahan keringat, minyak, dan bulu mata yang kedap air.

Bagaimana Proses Pengaplikasian Extension Bulu Mata?

Sebelum memulai proses extension bulu mata, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menentukan jenis lingkaran dan ketebalan yang Anda inginkan, beserta bahannya. Anda disarankan untuk memilih salah satu yang sesuai dengan aktivitas sehari-hari dan nyaman digunakan.

Agar proses pemasangan bulu mata berjalan aman dan nyaman, umumnya Anda akan diminta untuk berbaring di tempat yang telah disediakan.

Langkah pertama dalam mengaplikasikan eyelash extension adalah mata Anda akan dibersihkan, kemudian bagian bawah bulu mata Anda akan ditutup menggunakan selotip bedah.

Setelah itu, bulu mata palsu akan dipatahkan menggunakan pinset. Sepasang pinset untuk melonggarkan bulu mata alami Anda, sementara yang lainnya untuk mengambil bulu mata ekstensi yang direkatkan. Bulu mata ini kemudian akan menempel kembali dengan bulu mata alami Anda.

Baca juga :   Manfaat Masker Mata Dapat Menunda Tanda - Tanda Penuaan

Efek Samping Ekstensi Bulu Mata

Meski bisa membuat Anda terlihat cantik, extension bulu mata juga bisa memiliki efek samping yang mungkin terjadi. Lem yang digunakan pada extension bulu mata, misalnya, dapat menyebabkan iritasi jika Anda tidak menggunakan lem khusus.

Biasanya efek samping tersebut akan muncul sekitar tiga hari setelah pengobatan. Anda mungkin mengalami gatal-gatal, mata merah, ruam, nyeri, iritasi pada kelopak mata, dan bengkak.

Pada beberapa orang, extension bulu mata bahkan dapat menyebabkan reaksi alergi. Jika sudah begini, maka Anda harus segera melepas bulu mata dengan bantuan ahlinya. Gejala alergi biasanya muncul beberapa jam setelah pengobatan, ketika salah satu atau kedua mata Anda tampak merah, gatal, berair, dan bengkak.

Selain itu, perawatan ini juga dapat membuat bulu mata Anda tampak lebih tipis atau bahkan pecah-pecah. Meski begitu, efek samping yang satu ini sebenarnya bisa dihindari dengan tidak mengusap atau menarik bulu mata.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang extension bulu mata. Meski bisa membuat mata Anda terlihat lebih cantik, namun Anda perlu lebih berhati-hati dan cermat sebelum melakukan perawatan kecantikan ini, agar bisa terhindar dari efek samping yang bisa membahayakan kesehatan mata Anda.

Jenis Bulu Mata Eyelash Extension

Memperkuat bulu mata memang menjadi salah satu pilihan para wanita agar tampil lebih menarik. Saat ini banyak salon kecantikan yang menawarkan eyelash extension untuk membuat bulu mata Anda terlihat lebih tebal dan panjang.

Jenis Bulu Mata Eyelash Extension

Pemilihan bulu mata pun tidak sembarangan. Karena biasanya jenis extension bulu mata perlu disesuaikan dengan bentuk wajah dan mata aslinya. Agar tidak salah pilih, sebaiknya kenali dulu kelima jenis bulu mata dan berikut aplikasi yang tepat, sesuai referensi salon kecantikan.

1. Silk

Sutera disini memiliki dua macam yaitu sutera sintetis dan sutera premium. Silk sintetis berbahan sintetis dengan tekstur agak kaku dengan efek natural. Sedangkan Silk premium terbuat dari bahan sintetis dengan tekstur yang lebih lembut namun tetap menghasilkan efek yang natural.

Ada beberapa jenis aplikasi yaitu tipe c dan d. Tipe c (natural) cocok untuk mereka yang memiliki banyak bulu mata natural dan bentuk mata kecil. Kemudian jika tipe d (lentik) cocok untuk mereka yang memiliki banyak bulu mata alami dan mata bulat dan besar.

Baca juga :   Kacamata Untuk Buta Warna Dapat Melihat Spektrum Warna Lebih Akurat

Untuk bulu mata asli, Anda bisa mengaplikasikannya dua kali lipat (tergantung hasil yang Anda inginkan agar terlihat tebal atau natural).

2. Mink

Mink jenis ini memiliki tekstur yang lembut dan halus, 99 persen menyerupai bulu mata manusia asli sehingga berpasangan terlihat sangat natural. Penerapannya mirip dengan sutra di atas, yaitu berdasarkan tipe c (alami) dan d (lentik).

3. Russian Volume

Russian Volume, memiliki tekstur yang sangat lembut dan memiliki diameter 0.07mm diaplikasikan 3-5 helai untuk setiap 1 helai bulu mata natural. Hasilnya memberikan efek volume. Volume Rusia juga memiliki tipe c dan d.

Russian volume type C (natural), cocok untuk mereka yang memiliki sedikit bulu mata alami dan mata sipit dan kecil. Sedangkan Rusia volume tipe d (lentik), cocok untuk mereka yang memiliki sedikit bulu mata alami dan mata bulat dan besar.

Bagi yang memiliki banyak bulu mata natural dan tidak ingin terlihat terlalu tebal bisa diminta untuk menempelkannya secara natural (tidak terlalu penuh).

4. Light Volume

Tekstur bulu mata jenis ini jauh lebih lembut, karena diameternya yang diaplikasikan 0,05mm, sekitar 2-4 helai per bulu mata natural. Efek yang dihasilkan adalah volume tetapi ringan dan sangat alami.

Volume light cocok untuk orang yang menginginkan volume tetapi tidak terlalu tebal efek bulu mata. Bagi yang memiliki banyak bulu mata natural dan tidak ingin terlihat terlalu tebal bisa diminta untuk menempelkannya secara natural (tidak terlalu penuh).

5. Volume 6D

Volume 6D

Volume 6D, bertekstur seperti volume Rusia hanya berbeda dalam aplikasinya. Untuk Volume 6D, diterapkan 6 helai per kelopak mata alami. Efeknya adalah volume tetapi terlihat alami karena mengembang.

Cocok untuk orang yang menginginkan bulu mata bervolume tapi tidak terlalu tebal dan ingin matanya terlihat lebih besar (doll eye effect). Bagi yang memiliki banyak bulu mata natural dan tidak ingin terlihat terlalu tebal bisa diminta untuk menempelkannya secara natural (tidak terlalu penuh).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.