Tips Menjaga Kesehatan Mata Anak, Bunda Harus Tahu

Cara menjaga kesehatan mata anak penting diketahui oleh para orang tua. Hal ini dilakukan agar mata anak selalu sehat dan pastinya jauh dari yang namanya penyakit. Sayangnya, ada banyak kebiasaan yang bisa merusak mata seperti membaca buku dengan jarak terlalu dekat, berlama-lama di depan komputer sertakebiasaan buruk lainnya. Jika dilakukan secara terus menerus, hal ini bisa berakibat pada penurunan kesehatan mata pada buah hati anda.

Padahal, di masa perkembangan, anak-anak membutuhkan kemampuan mata yang optimal untuk membantu mereka dalam proses belajar. Mulai dari mengenal warna, membaca angka, membaca huruf berikut dengan pelajaran yang lainnya. Lantas bagaimana cara menjaga kesehatan mata anak agar selalu sehat dan jauh dari penyakit? Berikut ulasannya.

1. Jauhkan anak dari kebiasaan yang merusak mata

Ketajaman mata bisa saja menurun akibat kebiasaan yang tidak baik. Beberapa kebiasaan tersebut antara lain adalah membaca buku terlalu dekat, menonton TV berlama-lama hingga kebanyakan menggunakan gadget. Anak-anak sebaiknya dijauhkan dari beragam hal tersebut. Karena jika dibiarkan berlarut-larut, maka kemungkinan anak untuk menggunakan kacamata sejak dini akan semakin meningkat.

Baca juga :   Mata Kabur Sebelah Penyebab Mata Kabur Dan Cara Mengatasinya

Pastikan jika buah hati anda membaca buku dengan penerangan yang cukup dengan jarak sekitar 30 centimeter. Hal ini juga berlaku saat si buah hati menonton televisi. Pastikan jika ia mengatur duduknya sejauh 5 kali lipat lebarnya dari diagonal ukuran televisi. Hal ini dilakukan agar mata tetap tajam dan optimal hingga ia dewasa nantinya.

2. Makanan yang bernutrisi

Tips menjaga kesehatan mata anak yang selanjutnya adalah memberikannya makanan yang bergizi. Jenis makanan yang bagus untuk mata antara lain adalah makanan yang mengandung vitamin C, vitamin E, asam lemak omega 3, seng, antioksidan dan juga lutein. Anda bisa mendapatkan ragam kandungan tersebut pada beberapa jenis produk alam seperti halnya ikan salmon, stoberri, wortel, tomat hingga udang.

3. Pemeriksaan rutin

Jika ingin terhindar dari ragam gangguan mata maka pemeriksaan rutin sebaiknya dilakukan. Pemeriksaan dilakukan agar beragam jenis gangguan mata bisa dideteksi sejak dini. Jika sudah demikian, maka gangguan mata seperti hyperopia, amblyopia hingga mata minus tentu bisa dirawat secara lebih optimal.

Baca juga :   Cara Mengatasi Rabun Jauh Sesuai Dengan Tingkat Keparahan

Anda juga harus tahu jika semakin cepat dideteksinya suatu penyakit maka semakin mudah pula tahap penyembuhannya.

4. Jauhkan anak dari sumber penyebab cedera mata

Ada beberapa hal yang bisa menjadi sumber terjadinya gangguan mata. Beberapa sumber yang dimaksud antara lain adalah sampo, karbon, kosmetik semprot ataupun jenis bahan kimia yang lain. Selain itu, pastikan jika buah hati anda selalu menggunakan pelindung mataseperti halnya kacamata saat berada di luar ruangan.

Penggunaan kacamata bagus untuk menghindarkan kornea mata anak terhindar dari debu hingga terpaan langsung dari sinar matahari.

Selain saat berada di luar ruangan, anda juga bisa memberikan kacamata pada anak saat berenang. Jangan sampai mata buah hati anda menjadi sakit lantaran terpapar air kolam yang berkaporit.

Baca juga :   Krim Mata Yang Bagus Dan Murah Dapat Menghilangkan Mata Panda

5. Lakukan aktivitas di luar

Aktivitas di luar ruangan merupakan salah satu tips menjaga kesehatan mata anak yang penting untuk orang tua lakukan. Dibandingkan anak terus berkutat dan tidak mau lepas dengan gadgetnya, sesekali keluar adalah tips yang baik. Langkah ini juga bisa menurunkan resiko buah hati dari rabun dekat akibat terlalu sering bermain di dalam ruangan.

Selain beberapa tips menjaga kesehatan mata anak di atas, tips lainnya adalah dengan tidak membiarkan buah hati anda mengucek mata secara kasar saat terasa gatal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.