Sayuran Untuk Mata Sehat Ternyata Sangat Banyak di Desa loh

Sayuran untuk mata sehat ada banyak sekali ragamnya. Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di lingkungan sekitar dengan harga yang murah. Mata sendiri merupakan salah satu organ tubuh yang penting untuk dijaga serta dirawat dengan baik. Jangan sampai mata anda mengalami gangguan hingga menyebabkan ketajamannya menjadi berkurang.

Menghindari penurunan kesehatan mata bisa dilakukan dengan cara rutin mengonsumsi beragam jenis sayuran sehat. Adapun jenis sayuran yang dimaksud antara lain adalah sebagai berikut.

1. Wortel

Sayuran untuk mata sehat yang pertama adalah wortel. Jenis sayur yang satu ini memang sering kali diidentikkan dengan kesehatan mata. Hal ini tidak lepas dari kandungan wortel yang kaya akan beta karoten di dalamnya. Beta karoten dari wortel nantinya akan diubah menjadi vitamin A yang bagus untuk mata.

Keuntungan lain dari konsumsi wortel adalah untuk melepaskan radikal bebas. Radikal bebas sendiri menjadi salah satu alasan kenapa tubuh mudah sakit.

2. Brokoli

Selanjutnya adalah brokoli. Jenis sayur yang satu ini memiliki banyak manfaat yang cukup kaya lantaran banyaknya kandungan sehat di dalamnya. Brokoli juga dikenal bagus untuk mata karena kandungan vitamin C, lutein, kalsium, sulforaphane hingga zeaxanthin di dalamnya. Anda bisa mengonsumsinya secara rutin untuk mendapatkan khasiatnya secara optimal.

Baca juga :   Biaya Operasi Retina Mata Tergantung Dari Kondisi Pasien

Selain bagusuntuk mata, brokoli juga memiliki manfaat lain yakni mencegah serangan kanker payudara hingga berperan sebagai antioksidan bagi tubuh. Sayangnya, beberapa orang beralasan untuk tidak mengonsumsi brokoli lantaran rasanya yang dianggap kurang enak. Terutama pada anak-anak jenis sayuran yang satu ini kurang diminati.

Baca juga : Makanan Agar Mata Sehat Yang Wajib Anda Konsumsi, Simak Yuk

3. Bayam

Bayam termasuk ke dalam salah satu jenissayuran yang bagus untuk mataselanjutnya. Bayam sendiri banyak digemari lantaran bisa diolah menjadi sayur berkuah hingga digoreng menjadi keripik. Rasanya yang enak membuat banyak orang ketagihan untuk mengonsumsinya lagi dan lagi. Belum lagi harganya yang murah hingga membuat sayur ini menjadi favorit para ibu.

Baca juga :   Tingkatan Mata Minus Yang Masih Terendah Hingga Serius

Bayam memiliki banyak kandungan nutrisi yang bagus untuk kesehatan tubuh termasuk juga untuk kesehatan mata. Hal ini tidak lepas dari kandungan bayam yang berupa vitamin A di dalamnya. Bayam juga mengandung nutrisi lain yang sama baiknya untuk mata yakni lutein dan zeaxanthin.

4. Kol

Kol merupakan salah satu sayuran yang banyak dijadikan sebagai campuran dalam masakan. Kol sendiri bagus untuk mata dengan kandungan lutein dan zeaxanthin di dalamnya. Kedua nutrisi tersebut berguna untuk melindugi mata agar tetap sehat dan jauh dari yang namanya gangguan penyakit. Konsumsi kol secara rutin juga bagus untuk menghindarkan anda dari resiko terkena katarak.

5. Kubis

Sayuran yang bagus untuk matayang terakhir adalah kubis. Jenis sayur yang satu ini memiliki kandungan yang bagus untuk mata berupa beta karoten. Beta karoten berguna untuk mencegah katarak hingga jenis gangguan yang lain.

Baca juga :   Yuk Intip,Tips Aman Bermain Ponsel Agar Tidak Merusak Mata

Ada begitu banyak sayuran yang bagus untuk mata yang bisa anda biasakan untuk dikonsumsi. Selain ragam sayuran di atas, anda juga bisa mengonsumsi sayuran hijau lainnya yang bagus untuk kesehatanmata hingga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Berbeda dengan jenis makanan yang lain, sayuran merupakan produk alam yang kaya akan vitamin, mineral hingga serat di dalamnya. Ragam kandungan tersebut sangatlah dibutuhkan oleh kesehatan tubuh manusia. Selain itu, akan lebih baik jika jenis sayuran yang anda pilih adalah jenis sayur organik yang tidak tersentuh pestisida.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *